5 Tips Traveling di Musim Dingin Agar Tetap Sehat dan Nyaman


sisil angelin  October 31, 2018  0 Comment

Banyak sekali travel agen yang menawarkan promo paket liburan musim dingin. Hal ini dikarenakan musim dingin bukan wisata favorit banyak orang karena suasana yang kurang mendukung oleh karena itu ada baiknya baca Tips Traveling di Musim Dingin  berikut biar liburna menyenangkan. Suhu udara yang bisa mencapai minus derajat celsius menjadi alasan banyak orang tak menyukai liburan musim dingin. Namun, musim dingin menjadi musim yang paling dinanti traveler dari negara tropis. Berburu salju yang tidak ditemukan di negara tropis menjadi alasan tips traveling musim dingin diperlukan.

Kalau Anda baru pertama kali hendak menjelajah Eropa pada musim dingin, sebaiknya tahu beberapa hal penting seputar tips traveling musim dingin berikut ini.

Duh, musim dingin memang identik dengan suasana yang nyaman untuk tidur bukan menjelajah ke luar negeri. Tetapi, traveling ke Eropa atau negara yang memiliki empat musim tentu memberikan pengalaman berharga. Tak hanya soal salju, Anda juga bisa menikmati festival atau kuliner khas musim dingin. Misalnya Anda bisa menikmati festival es di Sapporo, Jepang, yang menawarkan unsur seni dan alam.

Selain itu, budget musim dingin cenderung lebih murah dibandingkan Anda memilih liburan saat peak season seperti musim semi, gugur atau panas. Kalau Anda membidik liburan ke luar negeri dengan budget terbatas, bisa memilih liburan musim dingin. Berikut tips traveling musim dingin yang harus Anda persiakan dengan baik.

1. Menyiapkan rencana keuangan selama traveling

Menyiapkan rencana keuangan selama traveling

magazine.job-like.com

Tak ada salahnya tetap membuat daftar prioritas agar keuangan Anda tetap stabil saat traveling musim dingin. Anda bisa memanfaatkan banyak promo dari pihak travel serta membeli suvenir yang banyak didiskon saat musim dingin tiba. Rencana keuangan ini bisa menjadi patokan jelas agar Anda bisa menghandle pengeluaran selama berwisata ke negara bersalju. Jika Anda memang berniat menghabiskan waktu liburan akhir tahun di Eropa, sebaiknya menabung jauh-jauh hari. Pasalnya, Anda harus memiliki asuransi perjalanan senilai 52 ribu euro agar bisa menikmati wisata nyaman di benua biru tersebut.

Baca juga :  Nilai Tukar Rupiah Melemah? Berikut Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

Jalan Jalan Seru Ke Kota Binjai, Sumatera Utara

2. Mempersiapkan akomodasi jauh hari

Mempersiapkan akomodasi jauh hari

Viva.co.id

Bisa jadi menjelang musim dingin, banyak sekali promo yang gencar dilakukan pihak travel atau jasa akomodasi yang ada. Anda bisa memanfaatkan hal ini dengan baik karena harga yang ditawarkan sangat menggiurkan lho! Promo yang berlaku biasanya memiliki jangka waktu mengingat pesanan bisa saja membludak dari traveler negara tropis seperti Indonesia. Ada baiknya Anda melakukan tips traveling musim dingin dengan memesan akomodasi jauh hari. Persiapan lebih awal jelas akan memberikan kenyamanan perjalanan Anda.

3. Memiliki solusi alternatif transportasi

Memiliki solusi alternatif transportasi

J-CUL.com

Bagaimana jika akomodasi seperti hotel atau penginapan sudah dipesan namun pesawat tidak bisa berangkat akibat cuaca buruk? Jangan mendadak kecewa lebih dulu, tips traveling musim dingin yang tak kalah penting adalah Anda harus memiliki solusi alternatif transportasi lain yang hendak digunakan seperti kereta api.

4. Memilih destinasi wisata dengan bijak

Memilih destinasi wisata dengan bijak

idntimes.com

Tanyakan pada diri Anda sendiri mengenai apa yang hendak Anda lakukan selama traveling di Eropa atau negara empat musim lain? Ya, pilihan destinasi wisata juga mempengaruhi anggaran lho! Tak hanya itu saja, tips traveling musim dingin yang tak kalah penting adalah menyesuaikan destinasi wisata dengan kondisi tubuh lebih dulu. Jika Anda memang fit banget, bisa mencoba jet ski yang cukup ekstrem. Namun, bagi Anda yang tidak bisa berada pada suhu dingin terlalu lama, jalan-jalan di seputar kota melihat museum atau atraksi festival lain bukan hal yang buruk.

5. Persiapan kebutuhan selama musim dingin

Persiapan kebutuhan selama musim dingin

lifestyle.okezone.com

Tips traveling musim dingin yang harus dipersiapkan secara maksimal adalah soal kebutuhan selama berada di negara tersebut. Pastikan Anda telah menyiapkan pakaian pendukung atau pakaian tebal seperti jaket, sweater, kaos kaki, penutup kepala, syal, sarung tangan dan lain-lain. Selain aksesoris musim dingin, Anda juga harus membawa kotak obat serta pelembab untuk kulit. Pelembab berfungsi menjaga kulit Anda tetap baik selama menghadapi musim dingin yang ekstrem. Pastikan selalu membawa lip balm, pelembab wajah dan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit Anda masing-masing.
5 tips traveling musim dingin di atas bisa menjadi bahan referensi Anda yang hendak melakukan liburan ke Eropa atau negara empat musim lain. Penting sekali menjaga kesehatan selama Anda berlibur ke negara musim dingin. Pasalnya, suhu udara yang ekstrem rentan membuat kulit Anda kering, gatal-gatal bahkan mengalami gejala penyakit yang lebih serius seperti alergi. Anda memerlukan tips traveling musim dingin yang bisa dipersiapkan jauh hari yaitu persiapan fisik dan membawa kotak obat lengkap.

Baca juga :  10 Daftar Negara Paling Aman Untuk Cewek Solo Traveller

Sudah nekat jauh-jauh datang dari negara tropis demi menikmati salju turun, ternyata kondisi tubuh Anda sangat tidak mendukung. Tentu hal ini akan membuat Anda kecewa, bukan? Berikut tips traveling musim dingin seputar mempersiapkan fisik yang prima

1. Persiapan fisik menjelang keberangkatan

Persiapan fisik menjelang keberangkatan

SolusiSehatku.com

Selain menyiapkan semua kebutuhan perjalanan baik dana, tiket, pakaian dan lain-lain, Anda tidak boleh mengabaikan kesehatan fisik lho! Pastikan menyiapkan stamina prima agar aktivitas Anda selama musim dingin di luar negeri terjaga dengan baik. Lakukan olahraga teratur, istirahat cukup, minum banyak air putih dan pola hidup sehat lain agar keberangkatan Anda ke negara musim salju berjalan lancar. Tak ada salahnya mengkonsumsi suplemen vitamin yang bisa meningkatkan ketahanan tubuh.

2. Persiapkan obat-obatan lengkap dalam koper

ersiapkan obat-obatan lengkap dalam koper

hellosehat.com

Memang koper atau bagasi perjalanan wisata cukup terbatas untuk membawa berbagai kebutuhan musim dingin Anda. Pakaian yang tebal tentu membuat koper terpenuhi dengan kebutuhan aksesoris musim dingin. Tetapi, Anda tidak boleh mengabaikan kotak obat-obatan ya!
Antisipasi terhadap perubahan kondisi tubuh dengan cuaca dingin luar negeri, tips traveling musim dingin yang penting adalah membawa obat-obatan, suplemen vitamin dan pelembab kulit. Obat-obatan yang mungkin Anda butuhkan antara lain obat sakit kepala, obat flu, obat nyeri atau pegal-pegal dan multivitamin. Jangan lupa untuk membawa antiseptic dan pembalut luka atau band aid. Selain itu, bawa tisu basah serta pembalut jika jadwal traveling berdekatan dengan jadwal menstruasi Anda.
Kalau memiliki riwayat penyakit tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini lebih baik dibandingkan terjadi masalah yang tidak diinginkan selama berada di negeri orang. Jika persiapan sudah matang, Anda bisa berangkat menikmati salju dengan nyaman dan lancar. Bagaimana dengan tips traveling musim dingin dengan anak kecil atau balita? Tentu Anda membutuhkan persiapan yang jauh lebih matang, ya!
Nah, beberapa tips traveling musim dingin yang telah diulas tersebut bisa Anda jadikan referensi menikmati salju tanpa terkendala masalah. Tinggal tentukan saja mulai sekarang, destinasi wisata pilihan mana yang bakal Anda kunjungi. Mau menikmati musim dingin di Eropa, Amerika atau wisata salju di negara Asia saja. Yuk, tentukan destinasimu mulai sekarang ya!



Leave a Reply