Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Naik Gunung Pertama Kali? Perhatikan 5 Hal Berikut


sisil angelin  January 16, 2019  0 Comment

Setiap orang memiliki tujuan berbeda saat naik gunung. Mulai dari sekedar travelling hingga hanya ingin eksis di sosial media. Namun dibalik tujuan itu semua, kegiatan naik gunung merupakan kegiatan yang cukup ekstrem dan berbahaya, terlebih yang belum memiliki pengalaman sama sekali. Medan yang berat hingga udara dingin menusuk tulang menjadi makanan sehari – hari pendaki gunung. Nah, bagi kamu yang memang ingin merasakan sensasi naik gunung pertama kali, berikut ini tips naik gunung pertama kali.

Cari informasi sebanyak – banyaknya

tips naik gunung pertama kali
anekatempatwisata.com

Tips naik gunung pertama kali yang utama adalah mencari informasi sebanyak – banyak tentang gunung yang akan kamu tuju. Banyak informasi yang bisa kamu gali, mulai dari titik kumpul, jam mulai pendakian, trek pendakian, berapa lama pendakian, suhu udara di sana dan masih banyak lagi. Terlebih lagi, dengan medan pendakian yang akan kamu lewati nantinya.

Pastinya jika sudah mendapatkan informasi sebanyak – banyaknya, kamu akan lebih siap untuk mendaki gunung nantinya. Informasi yang didapatkan bisa melalui internet, pengalaman teman yang pernah mendaki gunung tersebut hingga komunitas pencinta alam. Namun, bagi pemula untuk benar – benar melatih, gunung yang dituju adalah gunung yang mudah saja. Jangan gunung dengan medan berat dan membutuhkan waktu berhari – hari untuk sampai ke puncaknya.

Lengkapi perlengkapan mendaki kamu

Tips naik gunung pertama kali berikutnya juga tidak kalah penting, yakni melengkapi peralatan atau perlengkapan mendaki kamu. Kamu bisa mendaftar berang – barang apa saja yang diperlukan untuk mendaki, baik melalui gagdet atau secarik kertas. Perlengkapan mendaki yang wajib adalah tas gunung, sepatu gunung, jaket, sleeping bad, kompor, tenda, track pole, senter, topi dan masih banyak lagi.

Semua perlengkapan tersebut bisa kamu sewa, terkecuali untuk jaket dan sepatu gunung. Oleh karena itu, jika benar – benar ingin mendaki lengkapi dulu semua barang tersebut. Menabung untuk mendapatkan barang – barang tersebut menjadi solusinya. Jangan sampai karena tidak ada uang, kamu hanya menggunakan barang seperlunya saja.

Ingat, gunung bukan tempat untuk ditaklukkan, tapi bagaimana kita bisa menikmati ciptaan Tuhan. Tujuan utama naik gunung bukanlah puncak, namun tujuan utama adalah bagaimana kita kembali selamat hingga rumah.

Jaga kesehatan dan kebugaran tubuh kamu

tips naik gunung pertama kali
hellosehat.com

Tips naik gunung pertama kali yang berikutnya dan tidak kalah penting adalah menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Beberapa gunung memiliki medan yang cukup sulit dan menguras fisik dan tenaga. Apabila fisik dan tenaga kamu tidak dijaga, maka kamu akan mudah merasa kelelahan. Bahkan, banyak kasus orang meninggal di gunung hanya karena kelelahan.

Hal ini benar – benar harus kamu perhatikan, yang tahu akan fisik kamu adalah diri kamu sendiri. Sebelum naik gunung dilakukan, benar – benar lakukan aktivitas fisik. Salah satu aktivitas fisik yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga. Setidaknya, minimal 1 bulan berolahraga sebelum naik gunung dilakukan. Olahraga yang bisa dilakukan adalah dengan berlari, push up, sit up, back up atau bersepeda.

Hal terpenting sebelum naik gunung adalah menguatkan otot – otot kaki dan menjaga pernafasan. Namun jangan anggap remeh olahraga lainnya. Jangan lupa untuk melengkapi dengan vitamin dan suplemen dengan begituk kesehatan dan kebugaran tubuh kamu akan terjaga hingga kamu siap untuk naik gunung nantinya.

Atur logistik dengan baik

tips naik gunung pertama kali
ruangpendaki.com

Tips naik gunung pertama kali yang selanjutnya adalah atur barang bawaan dengan baik, terlebih untuk makanan dan minuman. Pasalnya, saat naik gunung dilakukan tenaga yang dibutuhkan haruslah cukup bahkan lebih. Usahakan membawa makanan dan minuman yang manis sebagai penambah tenaga, lebih baik madu atau permen. Jadi selama berjalan kamu bisa makan permen atau madu agar tenaga tidak terkuras habis.

Selain itu, usahakan jangan terlalu banyak membawa mie. Kebanyakan dari pendaki akan membawa mie sebagai makanan utama mereka. Padahal hal tersebut tidak dianjurkan. Memang mie menjadi makanan yang mudah untuk dibawa. Namun mie tidak baik untuk kesehatan. Walaupun memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi untuk penambah tenaga. Makan mie saja hanya akan membuat kamu cepat lapar dan terkuras tenaga.

Setidaknya bawa satu atau dua bungkus nasi. Selain itu, bawa juga coklat dan air mineral setidaknya 2 liter untuk mendaki. Bukan hanya makanan dan minuman saja, kamu juga harus membawa pakaian yang akan kamu kenakan nantinya. Lebih baik, pakaian untuk mendaki adalah pakaian yang bisa menyerap keringat dengan baik.

Selain itu, hindari menggunakan celana jeans atau tebal karena bisa bikin kamu susah gerak. Lagi pula, celana jeans yang basah karena keringat akan susah kering dan berat. Hal terpenting adalah pakaian yang kamu kenakan nyaman dan tidak bikin kamu susah gerak

Niat, doa dan restu orang tua sebelum pendakian

tips naik gunung pertama kali
besttutorial.net

Tips naik gunung pertama kali yang satu ini sangat penting untuk kamu lakukan. Semua  yang ada di alam merupakan ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, maka dari itu sangat penting untuk memintak perlindungan-Nya, keselamatan-Nya serta dihindarkan dari hal – hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu, agar semua bisa berjalan sesuai dengan rencana tentunya berdoa kepada Tuhan menjadi hal wajib yang harus kamu lakukan.

Dengan begitu, kamu akan tetap selamat dan senantiasa dalam perlindungan-Nya. Selain itu, dengan berdoa hati dan pikiran kamu juga akan lebih tenang dan tenteram. Sehingga nantinya saat akan mendaki gunung kamu akan lebih siap, nyaman dan lebih berpikir logis, jernih dan rasional. Dengan begitu, bisa menikmati kenikmatan Tuhan yang satu ini.

Namun berdoa saja tidak cukup, sebelum benar – benar mendaki gunung, kamu juga harus meminta restu dan doa dari kedua orang tua. Dengan adanya doa dan restu orang tua akan memperlancar perjalanan kamu nantinya. Pastikan juga bahwa orang rumah, teman atau keluarga tahu akan jadwal pendakian kamu.

Mulai dari kapan pendakian akan dilakukan, berapa lama dan kapan kamu akan kembali. Jangan lupa juga untuk memberitahu lokasi gunung yang akan kamu daki dan siapa saja yang akan ikut dalam rombongan pendakian. Sebelum benar – benar memulai pendakian, kabari orang lain. Ingat, luangkan waktu untuk memberitahu akan kabar kamu secara terperinci dari perjalanan. Dengan begitu, apabila mereka tidak mendengar kabar kamu dari kurun waktu yang sudah ditentukan, maka bisa memberitahukan pihak yang berwenang.

Itulah beberapa tips naik gunung pertama kali yang perlu kamu persiapkan. Sebenarnya masih banyak tips yang harus kamu persiapkan, salah satunya adalah surat ijin mendaki. Namun tips di atas merupakan tips utama bagi kamu yang pertama kali mendaki. Ingat, selama mendaki selalu ikuti peraturan yang ada, jangan ragu untuk meminta istirahat apabila kamu kelelahan dan selalu jaga kebersihan alam. Jangan mengambil apapun selain foto dan jangan meninggalkan apapun selain jejak.

Leave a Reply