Tips

Tips Menjaga Uang Tetap Aman Selama Travelling

Menikmati liburan Anda dengan berkunjung ke suatu kota tentu menjadi momen yang sangat menyenangkan. Namun tentu saja sebagai wisatawan Anda tidak boleh lenggah, pastikan jika Anda tetap menjaga keselamatan diri dan juga barang-barang bawaan Anda termasuk juga dengan uang Anda. Nah ini dia beberapa tips aman travellling yang wajib untuk Anda ketahui.

 

Tempatkan Barang Bawaan Termasuk Uang Di Dekat Anda

idntimes.com

Meskipun suatu daerah terkenal dengan kota yang aman dan juga memiliki penduduk yang ramah, pastikan ini tidak menjadi indikator bagi Anda untuk meletakkan barang berharga seperti uang sembarangan dan juga jauh dari jangkauan Anda. Tahukah Anda jika tips aman travellling pertama yang wajib untuk Anda lakukan yaitu dengan cara menempatkan atau meletakkan barang bawaan dan barang berharga termasuk uang yang Anda kantongi atau simpan sedekat mungkin di dalam dekapan Anda.

Tidak ada salahnya jika Anda menyimpannya di tempat yang susah dijangkau oleh orang lain, seperti dengan membuat kantong khusus di dalam baju dalam Anda, sehingga tidak akan mudah diambil oleh dan tidak akan mudah diketahui oleh orang yang berniat jahat. Anda juga harus selalu membawa barang-barang berharga tersebut, sekalipun Anda ingin ke toilet.

 

Gunakan Money Belt

phinemo.com

Tahukah Anda jika tidak ada yang bisa memastikan jika Anda akan aman berada di daerah baru, bahkan di daerah tempat tinggal Anda saja yang sudah Anda kenal baik, Anda bisa saja mengalami nasib yang malang. Nah tahukah Anda jika tips aman travellling lainnya yang harus Anda lakukan yaitu dengan cara menggunakan money belt. Anda bisa mengenakan money belt ini sebelum Anda menggunakan pakaian Anda. Tidak perlu khawatir, karena saat ini Anda bisa dengan mudah untuk menemukan dan membeli money belt yang ada dipasaran.

Selain menyimpan uang Anda selama liburan atau travelling, tahukah Anda jika money belt ini juga ternyata memiliki fungsi lainnya. Salah satunya yaitu, Anda bisa menyimpan barang berharga lainnya, seperti kunci, kartu atm atau kartu debit hingga Anda juga bisa menyimpan paspor dan visa Anda sekaligus jika Anda berlibur ke luar negeri.

 

Simpan Uang di Banyak Tempat dan Secara Terpisah

journal.sociolla.com

Agar liburan Anda terasa aman dan nyaman dan juga terhindar dari hal yang tidak diinginkan seperti kemalingan, maka tips aman travellling lainnya yang harus Anda ketahui yaitu dengan menyimpan uang Anda secara terpisah dan juga simpan di banyak tempat. Misalnya, Anda bisa menyimpan uang untuk kebutuhan belanja Anda pada tempat yang mudah Anda jangkau, misalnya di dalam dompet Anda yang ada di bagian depan. Selanjutnya untuk uang tiket atau juga uang membayar penginapan Anda bisa menyimpannya di tempat lainnya. Seperti simpan pada money belt pada bagian sisi kanan dan kiri. Anda juga bisa menyimpan beberapa uang lainnya di bagian tas yang sudah terkunci dengan aman.

Tahukah Anda jika menyimpan uang di tempat yang berbeda ini sangat membantu Anda selama berlibur. Hal ini jika nantinya uang Anda dicuri, maka Anda masih punya persediaan uang lainnya yang sudah Anda simpan di tempat yang berbeda. Namun yang perlu Anda perhatikan juga, jika jumlah yang Anda simpan di tempat terpisah tersebut pastikan tidak dalam jumlah atau nominal yang tinggi. Selain itu dengan uang yang tersisa lainnya, Anda bisa tetap melanjutkan perjalanan Anda sembari melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

 

Tidak Menggunakan ATM dalam Keadaan Yang Sepi

jalan2kejepang.com

Bagi Anda yang berada di daerah yang baru, pastikan jika Anda meningkatkan kewaspadaan Anda. Salah satunya Anda juga haruslah jeli ketika Anda nantinya ingin menggunakan ATM atau mengambil uang di atm. Pastikan pada saat Anda mengambil uang di ATM tersebut tidak dalam keadaan yang sepi. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan seperti halnya kecopetan. Tidak ada salahnya jika Anda mengambil uang di lokasi umum yang ada satpamnya sekaligus.

Anda juga harus memastikan jika tidak ada orang lain dibelakang Anda saat Anda mengambil uang di mesin atm tersebut. Hal ini agar menghindari orang lain melihat pin ATM Anda. Selain itu bagi Anda yang menggunakan ATM drive through, Anda juga harus waspada. Seperti mengunci pintu mobil Anda ketika Anda sedang mengambil uang. Karena sering sekali orang banyak yang lengah ketika sedang fokus mengambil uang di atm. Anda juga tidak boleh meninggalkan mesin ATM dalam kondisi nomor resi masih tertera di layar mesin ATM tersebut. Tips aman travellling lainnya yang juga harus Anda ketahui yaitu tidak membiarkan dan meminta orang lain untuk mengambil uang Anda di mesin atm jika Anda tidak mengerti cara kerja mesinnya.

 

Kenakan Tampilan Sesederhana Mungkin

Bagi Anda yang sedang berlibur ke luar negeri, tentu juga harus memperhatikan penampilan yang Anda kenakan dan juga tunjukkan. Tahukah Anda jika hal ini menjadi hal yang sangat penting dalam tips aman travellling. Berpenampilanlah sesederhana mungkin agar Anda tidak menarik perhatian orang yang berniat jahat kepada Anda. Tidak perlu rasanya jika Anda menggunakan dan memakai semua perhiasan terbaik yang Anda miliki. Karena jika Anda menggunakan perhiasan yang banyak dalam hal ini perhiasan yang memiliki nilai jual tinggi seperti emas dan berlian, maka Anda akan menjadi sasaran empuk para pencopet.

 

Tetap Tenang dan Tidak Terlihat Mencolok

idntimes.com

Selain berpenampilan sederhana, maka penting juga bagi Anda untuk tidak terlihat mencolok, dan tidak mengundang perhatian banyak orang termasuk perhatian para pelaku kejahatan. Pastikan jika Anda tidak bertingkah konyol dan juga tidak menghitung uang Anda di depan umum. Bahkan Anda juga tidak boleh bersikap tidak tenang seperti melihat atau mengecek dompet atau uang Anda terlalu sering.

 

Batasi Menggunakan Uang Tunai

Pegipegi.com

Saat Anda berlibur ke suatu tempat, maka sebaiknya jika Anda tidak terlalu banyak membawa uang tunai. Pastikan jika Anda membatasi berbelanja atau menggunakan uang tunai tersebut. Hal ini untuk menghindari agar Anda tidak perlu membawa uang dalam jumlah yang banyak setiap harinya di kantong atau juga dompet Anda. Tidak ada salahnya jika Anda menggunakan kartu kredit atau kartu debit selama Anda berlibur bersama keluarga tercinta. Cara yang satu ini juga akan sangat memudahkan Anda. Misalnya ketika Anda dicopet, maka Anda bisa segera melaporkannya ke Bank tempat Anda menyimpan uang, sehingga nantinya pihak bank akan memblokir atm Anda dan juga tidak disalah gunakan oleh pencopet tersebut.

Nah itu dia beberapa hal mengenai tips aman travellling yang bisa Anda ketahui dan juga lakukan. Pastikan jika pada saat Anda kehilangan barang berharga Anda, Anda segera melaporkannya kepada pihak yang berwajib dalam hal ini pihak polisi sehingga nantinya akan segera dicarikan jalan keluarnya.

Join The Discussion