10 Tips Staycation Selama Pandemi Agar Tetap Nyaman, Sehat dan Menyenangkan


prita  July 23, 2020  0 Comment

Setelah beberapa bulan menjalani karantina di rumah dan beberapa daerah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar, sekarang kita telah memasuki era new normal. Era dimana kita diperbolehkan untuk beraktivitas diluar ruangan namun tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Banyak orang yang merasa bosan terlalu lama berdiam diri di rumah dan ingin pergi berlibur. Banyak juga yang memilih staycation sebagai cara untuk melepas penat. Nah, jika kamu lebih memilih staycation untuk melepas penat dari kejenuhan selama di rumah, baiknya perhatikan

Tips staycation selama pandemi ini agar liburan kamu tetap terasa aman dan menyenangkan.

1. Pastikan Kamu Dalam Kondisi Sehat

Tips Staycation Selama Pandemi
ekrut.com

Tips staycation selama pandemi yang pertama adalah pastikan kondisi badan kamu dalam keadaan yang sehat. Tak hanya kondisi kamu, kamu juga perlu memastikan kondisi kesehatan keluarga atau teman-teman yang ingin kamu ajak untuk staycation.

Jika kamu merasa tidak enak badan atau kurang sehat, baiknya ditunda terlebih dahulu. Apalagi jika menunjukkan gejala yang mirip COVID-19, seperti batuk, demam, diare dan lainnya.

Gotravelly

Liburan Singkat Di Malaysia 4 Hari – Hari Pertama

Terpesona Oleh Megahnya Amer Fort Jaipur

Berkunjung Ke Kelenteng Kwan Sing Bio, Klenteng Terbesar Se Asia Tenggara

2. Pilihlah Hotel yang Menerapkan Standar Kebersihan Tinggi

Tips Staycation Selama Pandemi
traveling.bisnis.com

Tips staycation selama pandemi yang kedua adalah kamu harus memilih hotel yang telah menerapkan standar kebersihan sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh WHO dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia. Biasanya, hotel yang telah menerapkan kebijakan tersebut memiliki tanda yang bisa dilihat saat kamu membuka aplikasi travel online.

Tak hanya itu, kamu pun harus membaca ulasan hotel yang akan kamu pilih tersebut berdasarkan ulasan kebersihannya. Ulasan tentang kebersihan ini biasa ditulis oleh tamu-tamu hotel yang pernah menginap di hotel tersebut, sehingga kamu bisa mengetahui seberapa bersih kamar yang akan kamu tempati dan seluruh area hotel.

3. Hindari Kontak Fisik Saat Proses Check In

hindari kontak fisik saat proses check in
traveling.bisnis.com

Tips staycation selama pandemic yang ketiga yaitu sebisa mungkin kamu menghindari kontak fisik saat melakukan proses check in. Biasanya saat proses check in, reseptionis akan membutuhkan tanda tangan kamu sebagai persetujuan untuk menginap di hotel. Daripada kamu menggunakan pulpen milik resepsionis yang telah digunakan banyak orang, baiknya kamu membawa pulpen kamu sendiri agar lebih aman.

Atau kamu bisa memilih melakukan proses check in online atau self check in jika hotel yang kamu kunjungi sudah menyediakannya. Hal ini tentu saja mengurangi kontak fisik kamu dengan orang lain saat proses check in.

4. Pilih Room Service Untuk Makanan

Tips Staycation Selama Pandemi
peninsula.com

Tips staycation selama pandemic yang keempat, kamu bisa memilih untuk menggunakan room service saat memesan makanan. Biasanya hotel akan menyajikan makanan dalam bentuk buffet saat sarapan dimana semua tamu hotel akan menikmati sarapan di restoran hotel tersebut pada jam yang telah ditentukan.

Dibandingkan kamu harus berkumpul dengan banyak orang di restoran untuk sarapan, kamu bisa memanfaatkan layanan kamar atau room service untuk meminta makanan diantar ke dalam kamar. Atau kamu juga bisa mengambil sarapan buffet dan membawanya ke kamar untuk dinikmati di dalam kamar. Tentunya menyantap makanan di kamar akan lebih aman dibandingkan harus berada di area restoran hotel yang ramai oleh tamu hotel lainnya.

5. Hindari Tempat Ramai

Tips Staycation Selama Pandemi
tirto.id

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, tips staycation selama pandemic selanjutnya adalah tetap untuk menghindari area hotel yang ramai. Hotel memiliki beberapa area public yang bisa digunakan oleh semua tamu, seperti restoran, kolam renang, pusat kebugaran, sauna, spa hingga area bermain anak. Biasanya banyak tamu yang mencari fasilitas tersebut saat menginap di hotel.

Nah, selama pandemi ini, baiknya kamu menghindari area-area tersebut yang memungkinkan untuk berkumpul dengan banyak orang. Karena semakin lama kamu berada di ruangan yang dipenuhi banyak orang, maka semakin besar juga resiko tertular penyakit. Begitu juga saat kamu akan menggunakan lift, baiknya kamu hindari untuk menggunakan lift yang terlalu penuh. Kamu bisa mengantri sebentar atau bisa menggunakan tangga darurat jika kamarmu tidak terlalu tinggi.

6. Request Kamar yang Telah Kosong Selama 3 Hari

Tips Staycation Selama Pandemi
booking.com

Tips staycation selama pandemi selanjutnya adalah meminta kamar yang telah kosong selama tiga hari. Hal ini karena menurut penelitian virus Corona yang menjadi penyebab Covid-19 bisa bertahan hingga lima hari.

Untuk itu, kamu bisa meminta kepada pihak hotel untuk mendapatkan kamar yang telah dikosongkan selama tiga hari. Biasanya kamu bisa meminta ini saat proses pemesanan kamar hingga 7 hari sebelum tanggal check in. Dengan menempati kamar yang telah kosong selama 3 hari, tentu bisa memperkecil kemungkinan tertular virus yang menempel pada permukaan benda yang ada di kamar. Namun jika pihak hotel tidak bisa memenuhi permintaanmu, kamu bisa kok menggunakan layanan cleaning room untuk memastikan lagi kamar tersebut bersih sebelum kamu tempati.

7. Pilih Kamar Dengan Balkon atau Jendela

Tips Staycation Selama Pandemi
blog.antavaya.com

Tips staycation selama pandemic selanjutnya adalah dengan memilih kamar yang ada balkon atau jendelanya. Dengan balkon atau jendela kamu bisa mendapatkan sirkulasi udara yang bagus dan lebih segar dibandingkan kamar tanpa balkon atau jendela.

Tak hanya bisa mendapatkan sirkulasi udara yang baik, tentunya kamu juga bisa mendapatkan pemandangan bagus ke area hotel atau sekitarnya. Mungkin kamar dengan balkon atau jendela dipatok harga yang lebih mahal, namun tentu akan lebih baik untuk kesehatan.

8. Membawa Peralatan Kebersihan

Tips Staycation Selama Pandemi
tirto.id

Kebersihan memang menjadi tips utama agar terhindar dari virus Corona. Nah, tips staycation selama pandemi selanjutnya adalah tetap menjaga kebersihan kamar yang kamu dengan membawa peralatan kebersihan kamu sendiri.

Mungkin petugas kebersihan di hotel sudah membersihkan kamar hotel dengan teliti, namun tidak ada salahnya kamu memastikan setiap sudut kamar sudah bersih. Kamu bisa membawa cairan disinfektan berukuran kecil untuk membersihkan permukaan yang sering disentuh oleh orang lain. Seperti remote TV, Remote AC, Kran shower, gagang pintu hingga sekelar lampu. Kamu bisa membersihkan benda-benda tersebut dengan cairan disinfektan agar lebih bersih.

9. Membawa Peralatan Mandi Sendiri

Tips Staycation Selama Pandemi
smartertravel.com

Tips staycation selama pandemic selanjutnya adalah bawalah peralatan mandi milikmu sendiri. Memang hotel telah menyiapkan peralatan mandi di setiap kamar mandi hotel, namun lebih baik kamu membawa peralatan mandi kamu sendiri saat staycation ditengah pandemic.

Kamu tidak perlu membawa peralatan mandi yang ribet. Cukup membawa sikat gigi, pasta gigi ukuran kecil, shampoo dan sabun mandi berukuran kecil. Kamu pun bisa membawa skincare berukuran kecil untuk menghemat space. Jika perlu, kamu bisa membawa handuk sendiri dari rumah.

10. Patuhi Protokol Kesehatan

Tips Staycation Selama Pandemi
ilovelife.co.id

Tips staycation selama pandemi yang terakhir adalah tetap mematuhi protocol kesehatan saat berada diluar ruangan. Gunakan masker, menjaga jarak dan cuci tangan sesering mungkin. Kamu bisa membawa hand sanitizer atau sabun cuci tangan berukuran kecil di dalam tas jika sewaktu-waktu dibutuhkan.



Leave a Reply