Wisata Dekat Stasiun Pasar Senen, Memanjakan Mata dan Hati


Rio Handika  October 27, 2023  0 Comment

Berada di daerah Jakarta pasti akan terasa pengap bagi orang yang belum terbiasa. Sering kali pengunjung dari Stasiun Pasar Senen dan ingin langsung mencari tempat wisata. Tenang saja berikut terdapat rekomendasi wisata dekat Stasiun Pasar Senen yang dijamin memanjakan mata dan hati:

Wisata Dekat Stasiun Pasar Senen :

1. Delta Spa and Lounge Harmoni

delta spa and lounge gallery
tripadvisor.co.id

Pertama ada Delta Spa and Lounge Harmoni yang cocok ketika kamu lelah ingin meredakan rasa lelah. Tempatnya sangat nyaman dengan harga masih terjangkau untuk ukuran spa ibu kota. Karena lokasinya yang strategis maka pada hari libur banyak pendatang dari luar daerah.

Mayoritas pengunjung adalah mereka yang lelah bekerja satu harian penuh. Pijat di area badan khususnya punggung menjadi treatment paling banyak dipilih oleh pengunjung. Soal pelayanan memang perlu ditingkatkan tapi secara keseluruhan sudah bagus.

Lokasi Delta Spa and Lounge Harmoni di Jl.Suryopranoto No.2 RT.2/RW.8, Petojo Utara, Kec.Gambir, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: setiap hari pukul 12.00-02.00 WIB

2. Katedral Jakarta – Wisata Dekat Stasiun Pasar Senen

gereja katedral
travel.kompas.com

Kedua ada Katedral Jakarta bagi cocok dikunjungi bagi umat Nasrani. Banyak penganut Nasrani ingin datang ke Katedral demi melihat tempat ibadah yang sangat bersejarah itu. Suasana di dalam Katedral sangat khusyuk meski areanya ada di pinggir jalan raya.

Gereja Katedral dibuka untuk umum sehingga bisa jadi wisata dekat Stasiun Pasar Senen dengan tema rohani. Banyak turis asing serta umat muslim yang sekedar ingin melihat keindahan gereja. Siapa saja yang ingin berfoto di sini diperbolehkan asal tetap sopan.

Lokasi Gereja Katedral Jakarta ada di Jl.Katedral No.7B Pasar Baru, Kec.Sawah Besar Kota Jakarta Pusar 

Jam operasional Minggu-Kamis pukul 08.00-22.00 WIB sedangkan Rabu tutup

Catatan tambahan kamu bisa juga datang ke Masjid Istiqlal yang letaknya dekat dengan Katedral.

3. Wayang Orang Bharata

wayang orang bharata
kompas.id

Siapa yang punya cita-cita ingin menonton pertunjukan wayang orang?. Jika kamu memiliki cita-cita tersebut maka kamu bisa datang ke Wayang Orang Bharata. Secara keseluruhan dari penampilan hingga kualitas gedungnya sangat bagus.

Baca juga :  9 Cafe Hits di Makassar Tempat Nongkrong Anak Milenial

Hanya saja area parkirnya sangat sempit sehingga jika kamu membawa kendaraan pribadi akan sulit untuk parkir. Para disabilitas dan lansia mendapat tempat khusus sehingga bisa lebih nyaman dan aman. Untuk mencari lokasinya sedikit sulit karena tidak ada di pinggir jalan raya.

Lokasi Wayang Orang Bharata di Jl.Kali Lio No.15 RT.10/RW.4, Senen, Kec.Senen, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: setiap hari buka namun tidak selalu menayangkan pertunjukan wayang orang

4. Indonesia Heritage Society Museum Tours

indonesia heritage society museum
google.com

Bagi kamu yang mencari wisata dekat Stasiun Pasar Senen untuk menambah wawasan bisa ke Indonesia Heritage Society Museum Tours. Lokasi tepatnya ada di lantai 17 gedeung Sentral Senayan dengan perpusatakaan yang cozy dan homey. 

Ketika ada tamu yang datang petugas akan langsung menyerahkan buku tamu untuk diisi. Lalu kamu juga akan ditanya suka membaca buku apa untuk diarahkan. Para pemandu juga akan menjelaskan museum dengan baik sehingga pengunjung akan puas.

Lokasi Indonesia Heritage Society Museum Tours di Sentral Senayan I, Jl.Asia Afrika No.8 Gelora, Tanah Abang

Jam operasional tutup pada hari Sabtu, Minggu, Selasa dan Kamis. Lalu pada hari Senin, Rabu dan Jumat buka pukul 09.30-15.30 WIB

5. Plaza Atrium – Wisata Dekat Pasar Senen

plaza atrium
google.com

Kelima kamu bisa ke Plaza Atrium jika ingin memanjakan mata dengan wisata perbelanjaan. Masuk kategori sebagai pusat perbelanjaan Plaza Atrium memang tidak terlalu besar. Tapi ada banyak pengunjung yang datang mencari peralatan sesuai kebutuhan.

Kamu juga bisa sekedar mengisi perut dengan makanan dan minuman lezat. Di dalam Plaza Atrium menjual makanan seperti roti sampai dengan makanan berat seperti nasi. Tenang saja, soal harga di Plaza Atrium masih tergolong wajar dan masuk akal.

Lokasi Plaza Atrium ada di Jl.Senen Raya No.135, Senen, Kec.Senen, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: setiap hari pukul 10.00-21.30 WIB 

6. Galeri Nasional Indonesia

galeri nasional indonesia
cnnindonesia.com

Wisata dekat Stasiun Pasar Senen berikutnya ada Galeri Nasional Indonesia yang di dalamnya menyajikan berbagai lukisan. Tak ketinggalan juga ada banyak patung termasuk Patung Loro Blonyo. Fasilitas di galeri cukup lengkap sampai dengan area parkir yang luas.

Harga tiket masuk Galeri Nasional Indonesia sangat terjangkau yakni hanya biaya parkir saja. Untuk motor biayanya Rp4.000 sedangkan untuk mobil Rp8.000. Kamu bisa belajar sejarah dan nilai seni yang ditunjukkan di Galeri Nasional Indonesia.

Lokasi Galeri Nasional Indonesia ada di Jl.Medan Merdeka Timur No.14 RT.6/RW.1, Gambir

Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 09.00-16.00 WIB

Baca juga :  7 Wisata Alam di Jambi Pesonanya Segarkan Mata

Pameran temporer buka setiap hari pukul 10.00-19.00 WIB

7. Museum Kebangkitan Nasional – Wisata Dekat Stasiun Pasar Senen

museum kebangkitan nasional
bobo.grid.id

Butuh perjuangan lebih ekstra ketika kamu ingin mengunjungi Museum Kebangkitan Nasional. Letaknya tidak berada di pinggir jalan layaknya museum kebanyakan di Jakarta. Tapi pengguna busway tetap bisa mengakses Museum Kebangkitan Nasional dengan mudah.

Dahulu kala Museum Kebangkitan Nasional dipakai untuk rumah sakit saat zaman penjajahan Belanda dengan nama STOVIA. Banyak bangunan yang menggambarkan suasana saat itu serta kesan nostalgia yang cocok mengenal sejarah.

Alamat Museum Kebangkitan Nasional di Jl.Abdul Rachman Saleh No.26, Senen, Kec.Senen, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: Setiap hari kecuali Senin pukul 08.00-16.00 WIB

8. Museum Sumpah Pemuda

museum sumpah pemuda
jambi.antaranews.com

Wisata dekat Stasiun Pasar Senen yang punya nuansa sejarah memang cukup banyak. Salah satunya adalah Museum Sumpah Pemuda yang bisa kamu datangi. Bagi pengunjung internasional yang datang ke sini akan dijelaskan oleh pemandu menggunakan bahasa Inggris.

Fasilitas di area museum juga sangat lengkap mulai dari kamar mandi hingga mushola semuanya bersih. Pengunjung wajib membayar iuran kebersihan kamar mandi ketika memakainya. Di dalam museum pengunjung bisa melihat peninggalan sejarah masa perjuangan pemuda.

Lokasi Museum Sumpah Pemuda Jakarta di Jl.Kramat Raya No.106, RT.2/RW.9, Kwitang, Kec.Senen, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: Minggu-Sabtu pukul 08.00-16.00 WIB sedangkan pada Senin tutup

9. Taman Suropati – Wisata Dekat Stasiun Pasar Senen

taman suropati
travel.kompas.com

Jika setelah turun di Stasiun Pasar Senen kamu langsung ingin menikmati wisata alam maka bisa ke Taman Suropati. Menjadi salah satu taman di pusat kota, lokasinya sangat terawat dan dekat dengan Masjid Sunda Kelapa. Bagi umat Muslim bisa sekaligus beribadah di masjidnya.

Kamu bisa sekedar duduk menikmati udara segar di taman ini. Banyak pepohonan besar di sekitar taman menjadikan suasana taman tidak panas sama sekali. Belum lagi hadirnya berbagai macam burung yang berkicau menambah suasana asri.

Lokasi Taman Suropati ada di Jl.Taman Suropati No.5 RT.5/RW.5 Menteng, Kec.Menteng, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: setiap hari mulau pukul 10.00 WIB

10. Rumah Makan Kuliner Bandung

rumah makan kuliner bandung
google.com

Untuk kategori lima wisata terakhir akan diisi dengan wisata kuliner yang ada di kawasan Pasar Senen. Ada Rumah Makan Kuliner Bandung yang menunya khas Sunda. Dari review para pengunjung rumah makan di sini menyajikan rasa yang nikmat dan pelayannya ramah.

Bukan hanya menu makanan berat tapi kamu juga bisa menikmati makanan ringan. Ada somay, batagor dan menu lain yang khas dengan menu sunda. Harga yang ditawarkan masih sangat terjangkau untuk pasaran harga makanan di daerah Jakarta.

Baca juga :  Unik Berselimut Sejarah Berikut 10 Kuil Tertua di Dunia

Lokasi Rumah Makan Kuliner Bandung di Jl.Kramat III No.7 RT.5/RW.9, Kwitang, Kec.Senen, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional Setiap hari kecuali Minggu pukul 07.00-21.00 WIB

11. Waroenk Babe 

Selanjutnya masih seputar wisata dekat Stasiun Pasar Senen kamu bisa mengunjungi Waroeng Babe.Tempatnya yang luas layaknya kantin terbuka membuat pengunjung merasa leluasa. Menu yang ditawarkan variatif sehingga pengunjung tidak perlu pusing memilihnya.

Satu keuntungan jika kamu memilih makan di sini adalah semua menunya halal. Bagi masyarakat muslim yang turun dari Pasar Senen dan langsung ingin menikmati hidangan bisa langsung ke sini. Lokasinya sangat mudah ditemukan bahkan menggunakan transportasi umum.

Alamat Waroenk Babe di Jakarta Pusat 9 1, RT.9/RW.1, Senen, Kec.Senen, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional Setiap hari kecuali Kamis pukul 10.00-21.00 WIB, Kamis pukul 09.00-21.00 WIB

12. Es Teler 77

es teler 77
tripadvisor.co.id

Khusus untuk kamu yang ingin melepas dahaga setelah turun dari stasiun maka bisa minum Es Teler 77. Menu yang ditawarkan tidak hanya es meski nama kedainya adalah Es Teler 77. Ada berbagai macam menu pilihan serta makanan lezat mulai dari Rp20 ribu saja.

Tempatnya tidak seperti tempat jualan es di pinggiran melainkan seperti café. Wajar jika untuk kategori harga esnya tidak semurah dengan harga es teller yang sering dijual di pasar. Tapi tenang saja harga yang dibayar akan setara dengan kualitas.

Lokasi Es Teler 77 ada di Jl.Bungur Besar No.162 RW.3, Bungur Kec.Senen, Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: setiap hari 24 jam

13. Nasi Kapau Sabana Bana Asli Bukit Tinggi

nasi kapau sabana bana
harianhaluan.com

Untuk kamu yang mencari wisata dekat Stasiun Pasar Senen dengan nuansa nusantara bisa ke Nasi Kapau Sabana. Menunya dipajang layaknya nasi padang pada umumnya. Pada jam makan siang atau makan malam warung makan akan ramai pengunjung.

Harga yang ditawarkan sangat merakyat sesuai dengan tema warungnya sendiri. Menu favorit yang sering dibeli adalah bebek cabe ijo yang jarang ditemui di tempat makan lainnya. Kamu akan merasakan suasana makan di Bukit Tinggi saat datang ke sini.

Lokasi Nasi Kapau Sabana Bana ada di Jl.Kramat Raya No.15, RT.4/RW.2, Kramat, Kec. Senen

Jam operasional: setiap hari 24 jam

14. Soto Betawi Senen Jaya

soto betawi senen jaya
food.detik.com

Terakhir rasanya tidak pas jika tidak mencicipi Soto Betawi ketika berada di Stasiun Pasar Senen. Letaknya berada di jalan parkir mobil Pasar Senen sehingga udah ditemukan. Selain soto betawinya yang khas juga ada es campur yang bisa meredakan dahaga di siang hari.

Kamu bisa memesan dua porsi jika satu porsi saja kurang. Daging paru di sotonya sangat terasa dan sudah banyak dijadikan tempat langganan oleh para artis.Mengenai harganya jangan khawatir karena sangat terjangkau dibandingkan dengan soto betawi lainnya.

Lokasi Soto Betawi Senen Jaya ada di Jl.Pasar Senen RT.3/RW.3, Senen, Kec.Senen Kota Jakarta Pusat

Jam operasional: Setiap hari pukul 07.00-16.30 WIB

source : https://www.youtube.com/@queen_2910

Nah itu dia rekomendasi wisata dekat Stasiun Pasar Senen yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari wisata sejarah sampai wisata kuliner semuanya lengkap. Jangan lupa juga untuk membeli baju atau belanja di pasarnya jika ingin beli oleh-oleh.



Leave a Reply