11 Tempat Wisata di Sulawesi Paling Indah Recommended


sisil angelin  April 24, 2018  0 Comment

Tempat wisata di Sulawesi sangat bervariasi, dimulai dari wisata alam hingga ke wisata budayanya yang sangat unik. Kamu akan menemukan berbagai jenis wisata yang sangat menarik dan berbeda dengan yang kamu temukan di pulau lainnya. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Sulawesi yang wajib kamu coba saat berkunjung ke pulau tersebut!

1. Taman Nasional Bantimurung – Bulusaraung

Taman Nasional Bantimurung

Infopedia.co.id

Tempat ini berlokasi di karst yang terletak di Sulawesi Selatan. Karst ini merupakan nomor dua terbesar setelah karst yang ada di daerah sekitar Barat Daya Cina. Apabila kamu memulai perjalanan dari daerah Makassar, maka kamu akan menempuh kurang lebih 42 Km untuk bisa sampai di wilayah taman nasional ini.
Salah satu hal yang menarik dari taman nasional yang didominasi hawa sejuk ini adalah adanya Museum Kupu-Kupu. Dahulu kala, ada seorang penjelajah berkebangsaan Inggris Alfred Wallace mengeksplorasi tempat ini pada tahun 1852. Berdasarkan kutipan jurnal perjalanannya, ia menceritakan pengalamannya yang menemukan berbagai jenis kupu-kupu di wilayah ini dibandingkan dengan wilayah lainnya. Seiring dengan berjalannya waktu, kemudian dibangunlah Museum Kupu-Kupu di dalam taman nasional ini.
Selain untuk digunakan sebagai fasilitas edukasi, dapat juga digunakan sebagai tempat penyimpan sejarah. Mengingat beberapa jenis kupu-kupu kini jumlahnya semakin berkurang.
Apabila kamu berkunjung ke wilayah ini, tidak hanya museum, kamu juga akan dapat menikmati air terjun yang ada di sekitar kawasan sejuk ini sembari beristirahat.

Review kuliner

Menjelajah Sulawesi Bagian Utara, Wajib Banget Ke Danau Linow

Akhir Pekan Sambil Trekking Menyenangkan Di Bukit Teletabis Rongi

2. Benteng Fort Rotterdam Bugis

Benteng Fort Rotterdam Bugis

dolandolen.com

Wisata sejarah yang satu ini menyimpan banyak sekali cerita mengenai pasukan katak Kerajaan Gowa hingga Bangsa Belanda yang menempatinya di kemudian hari. Awalnya benteng ini dibangun oleh Kerajaan Gowa untuk digunakan sebagai tempat persembunyian pasukannya yang bernama Pasukan Panyyua (Penyu). Mungkin nama ini juga mengilhami bentuk fisik dari bangunan benteng yang menyerupai punggung penyu apabila dilihat dari bagian atas.
Seiring dengan semakin luasnya penjajahan Belanda pada zaman itu, Kerajaan Gowa kemudian berhasil diduduki oleh Belanda. Sehingga, benteng kini tak lagi diisi oleh Pasukan Panyyua, melainkan beralih fungsi menjadi markas pasukan Belanda. Sejak saat itulah, nama Benteng Panyyua ini berubah menjadi Benteng Fort Rotterdam hingga saat ini. Lokasi dari wisata yang satu ini dapat dengan mudah kamu temukan di dalam Kota Makassar.

3. Pantai Losari

Pantai Losari

anekatempatwisata.com

Untuk masyarakat Makassar, Pantai Losari merupakan salah satu tempat wisata di Makassar yang lokasinya sangat strategis. Ia terletak tidak jauh dari kawasan kota Makassar, tepatnya di bagian timur kota Makassar. Begitu populernya pantai ini, sehingga kota Makassar pun menjadikannya sebagai salah satu ikon wisata.
Pantai ini juga terkenal sebagai pemenang tempat makan terpanjang di dunia karena lokasi tempat makan yang saling menyambung sepanjang pantai. Karena begitu dijaga, Pantai Losari ini terkenal sebagai salah satu pantai yang bersih. Apabila berkunjung ke tempat wisata di Sulawesi, tentu tidak akan sah tanpa mengambil foto yang bagus. Kamu dapat dengan mengambil foto yang bagus di wilayah pantai ini. Rekomendasi waktu terbaiknya adalah sekitar pukul 4 sore hingga 9 malam. Kamu akan menemukan pemandangan yang sangat indah.

4. Taman Nasional Taka Bonerate

Taman Nasional Taka Bonerate

traveltodayindonesia.com

Taman nasional yang satu ini merupakan salah satu taman wisata yang dianggap wajib dikunjungi di Indonesia oleh Kementerian Pariwisata. Tentu saja, taman nasional yang satu ini memiliki kualitas internasional dan keindahan yang sulit untuk ditandingi.
Lokasi Taman Nasional Taka Bonerate ini terhampar sepanjang Laut Flores. Di sana kamu akan menemukan keindahan kehidupan bawah laut yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Kamu dapat berenang dan menyelam diantara koral-koral indah yang hidup di dalam air yang sangat jernih.
Waktu terbaik untuk mendapatkan cuaca yang mendukung saat mengunjungi wilayah ini adalah pada bulan April hingga pertengahan Mei dan pada bulan Oktober hingga pertengahan November.

5. Museum Balla Lampoa

Museum Balla Lampoa

anekawisatanusantara.blogspot.co.id

Museum ini menyimpan banyak sekali saksi sejarah dari keberadaan Kerajaan Gowa di Sulawesi. Museum ini terletak di Kota Sungguminasa yang berbatasan dengan wilayah Kota Makassar. Pembangunan dari museum ini dimulai sejak tahun 1936. Di dalamnya kamu tidak hanya akan menikmati berbagai keindahan barang peninggalan yang berharga dari Kerajaan Gowa. Namun, kamu juga dapat menikmati keindahan arsitektur museum yang sangat khas dengan budaya Gowa.

6. Air Terjun Saluopa

Air Terjun Saluopa

KSMTour.com

Kalau melihat air terjun yang turun dari satu titik, deras, dan besar, tentunya sudah sangat biasa. Di Air Terjun Saluopa kamu akan melihat penampakan alam yang sangat menakjubkan. Air terjun tersebut turun dari 12 tingkatan bebatuan. Seperti halnya menuruni anak tangga. Dari setiap bebatuan kamu akan melihat air yang meloncat lincah di antaranya.
Lokasi dari air terjun ini ada di Kota Poso. Kebanyakan orang yang telah berkunjung ke lokasinya mengatakan bahwa air terjun ini adalah air terjun terbaik yang pernah dilihat di Indonesia. Kamu pasti penasaran kan?

7.  Taman Nasional Tangkoko

Taman Nasional Tangkoko

202.72.206.26

Taman Nasional Tangkoko ini memiliki berbagai jenis binatang yang sangat unik. Kebanyakan binatang tersebut tentu saja adalah binatang tropis. Didominasi oleh primata dan burung. Apabila kamu mengunjungi taman nasional yang satu ini kamu akan diberikan beberapa pilihan.
Pertama, melakukan tur singkat selama dua jam, dimana kamu akan diajak berkeliling melihat-lihat area seluas lebih dari 8700 hektar itu dengan cepat. Kedua, melakukan tur 2 hari satu malam, dimana kamu akan mengelilingi area ini selama dua hari dan tentunya dapat melihat-lihat berbagai binatang konservasi dengan lebih seksama. Ketiga, menghabiskan tiga hari dua malam berkeliling di wilayah ini. Apabila kamu memang hanya ingin berkunjung dan berfoto-foto, opsi pertama sangat cocok untuk kamu. Namun, kalau kamu bertujuan untuk berburu foto binatang-binatang tropis, opsi kedua dan ketiga adalah yang lebih cocok untuk kamu.
Taman Nasional ini dapat dengan mudah kamu temukan di kaki gunung Dua Saudara di Sulawesi.

8. Gunung Mahawu

Gunung Mahawu

travel.kompas.com

Pada ledakan gunung tahun 1994, salah satu bagian dari Gunung Mahawu kemudian memiliki lubang yang cukup besar. Lebarnya sekitar 180 meter dengan kedalaman 140 meter dari permukaan gunung. Menyisakan, sebuah bentuk curam yang sangat unik untuk dijadikan foto-foto perjalanan turis yang melewatinya.
Apabila kamu mampir di wilayah gunung ini kamu juga akan menemukan berbagai spesies burung yang sangat unik.

9. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira

piknikasik.com

Tanjung Bira adalah salah satu pantai yang sangat eksotis di wilayah Sulawesi Selatan. Tidak hanya karena pemandangannya, namun permukaannya pun sangat unik. Pasir yang ada di pantai Tanjung Bira terkenal sangat berbeda dibandingkan dengan pasir di wilayah lainnya. Pasirnya memiliki tekstur yang sangat halus hampir seperti tepung. Dikombinasikan dengan air yang sangat jernih. Membuat pantai ini terlihat begitu memesona. Bahkan turis internasional pun tertarik untuk mengunjunginya. Lokasi pantai ini kurang lebih sekitar 200 Km dari Kota Makassar.

10. Bugis Waterpark

Bugis Waterpark

hargatiketmasuk.info

Untuk kamu yang berwisata bersama keluarga, Bugis Waterpark dapat menjadi salah satu pilihan untuk wisata keluargamu. Di dalam Bugis Waterpark ini kamu akan menemukan berbagai ciri arsitektur dan motif-motif dari suku Bugis yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Selain itu, wahana air dari Bugis Waterpark ini dapat dikatakan lengkap karena setidaknya kamu akan menemukan lebih dari 6 wahana air yang dapat kamu nikmati bersama keluarga.

11. Taman Nasional Lore Lindu

Taman Nasional Lore Lindu

id.wikipedia.org

Kalau taman nasional yang satu ini, tidak boleh kamu lewatkan! Berbeda dengan taman nasional lain, Taman Nasional Lore Lindu merupakan taman nasional yang dideklarasikan oleh UNESCO untuk menjadi taman reservasi biosfer sejak tahun 1978. Di taman ini kamu akan menemukan berbagai binatang mamalia endemik (jenis binatang yang hanya dimiliki di wilayah itu dan tidak ada lagi di dunia) seperti Babirusa, Macaca tonkeana tonkeana, Baruang Sulawesi, dan lainnya. Selain binatang endemik, kamu juga akan menemukan berbagai bebatuan yang digunakan pada masa peradaban purba Megalithikum. Hal ini menjadikan Taman Nasional Lore Lindu sebagai tempat wisata di Sulawesi yang wajib kamu datangi!



Leave a Reply