Wisata

10 Tempat Wisata di Slovenia Favourite Wisatawan Mancanegara



Slovenia adalah salah satu negara republik yang ada di dataran Eropa, tepatnya di Eropa Tengah. Berada tepat di persimpangan jalur perdagangan dan juga kebudayaan Eropa. Negara dengan ibukota di Ljubljana ini menggunakan bahasa resmi yang bernama bahasa Slovenia. Selain itu negara ini baru saja mendapatkan kemerdekaannya pada tahun 1991 silam, setelah sebelumnya termasuk dalam negara bgian Yugoslavia. Sama dengan negara lainya di dataran Eropa, negara ini juga mempunyai beberapa tempat wisata Slovenia yang harus Anda kunjungi :

1. Bled

tempat wisata slovenia


Ini adalah sebuah kota kecil, yang berada di tepi danau Bled, dan berada di bagian barat laut Slovenia. Kota ini sendiri berada di ketinggian sekitar 507 m, dan termasuk region Upper Carniolan. Berlokasi di kaki selatan pegunungan Karawang, danau Bled memang mempunyai wisata yang cukup menarik. Salah satunya adalah danau Bled, danau yang sering dikunjungi oleh para wisatawan ini, termasuk danau gletser dengan pulau kecil dan juga menara tinggi di bagian tengahnya.
Tepat di tepi danau Bled, Anda akan menemukan Bled Castle, yang tidak kain adalah kastil tertua yang ada di Slovenia. Di kota ini, Anda akan menemukan kuliner unik yang bernama kremna Rezina, adalah sejenis kue kering dengan lapisan krim dna juga vanilla.

2. Ljubljana

tempat wisata di slovenia

YouTube


Adapun tempat wisata Slovenia berikutnya adalah Ljubljana, yang tidak lain adalah ibukota negara tersebut, sekaligus kota terbesar yang ada di Slovenia. Jika dilihat secara geografis, kota yang satu ini terletak di bagian tengah Slovenia, dan berada di sepanjang sungai Ljubljanica, dan terletak diantara pegunungan Southern Limestone Alps dan juga pegunungan Karst.
Sebagai ibukota, tempat ini juga dijadikan sebagai pusat pemerintahan, politik, ekonomi, pendidikan, dan juga kebudayaan. Sejak merdeka pada tahun 1991 silam. Negara ini, kini mempunyai beberapa landmark dan objek wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan, seperti Ljubljana castle, sungai Ljubljanica, Tivoli City Park, Dragon Bridge, dn juga Metelkova. Selain itu, ada juga sebuah stasiun kereta api yang menghubungkan negara ini dengan beberapa negara lain di Eropa.

3. Slovebe Istria

tempat wisata di slovenia
ekorna.com


Adapun tempat wisata Slovenia yang dapat Anda kunjungi berikutnya adalah Slovebe Istria. Sebuah region yang letaknya di bagian barat daya Slovenia. Region ini mendapat julukan Slovene Riviera atau Slovenska Obala, karena letaknya yang berada di tepi laut Adriatik. Mempunyai garis pantai sepanjang 43 m, membuat region ini mempunyai beberapa buah teluk, tebing, dan hal lainnya. Tempat ini juga mempunyai beberapa objek wisata menarik yang sering dikunjungi oleh wisatawan, seperti cagar alam, Teluk Koper, Strunjan Nature Reserve, Semenanjung Ankaran, dan juga Secovije Salina Nature Park. Untuk mencapai region ini, Anda dapat menggunakan bus dari arah ibukota, menuju Koper.

4. Trizlav National Park

tempat wisata di slovenia
getbybus.com


Tempat wisata Slovenia lainnya adalah Trizlv National Park, yang tidak lain adalah satu-satunya taman nasional yang ada di Slovenia. Terletak di bagian barat laut, tepatnya di bagian pegunungan Julian Alps. Nama taman nasional ini berasal dari nama gunung Triglav (2.864 m), sekaligus gunung tertinggi di Slovenia. Taman nasional ini sendiri mulai diresmikan pada 1924, ketika masih menjadi bagian dari Alpine Conservation Park. Sedangkan pada tahun 1961, diganti menjadi Triglav National Park. Di tempat ini, ada beberapa destinasi wisata menarik yang dapat Anda kunjungi seperti mengunjungi gunung Triglav, gunung Spik, gunung Jalovec, dll. Ini adalah salah satu destinasi menarik untuk Anda para pecinta hikers. Paling pas mengunjungi objek wisata tersebut, ketika masuk musim panas. Di sepanjang perjalanan, Anda akan menemukan berbagai penginapan, pondok peristirahatan, dan yang lainnya.

5. Kranjska Gora

tempat wisata di slovenia

Booking.com


Ini adalah kota kecil lain yang dimiliki oleh Slovekia. Walaupun kecil, kota ini tidak kalah menarik, dan pastinya mempunyai objek wisata yang pas untuk Anda kunjungi. Kota cantik ini terletak di pegunungan Julian Apls, dan juga berada di tepi sungai Sava Dolinka. Sudah sejak dahulu, kota cantik ini dikenal dengan wisata ski, terutama pada saat musim salju. Bahkan ada tahun 2012 silam, tempat ini pernah digunakan sebagai event FIS Alpine Ski World Cup. Terdapat sekitar 18 jalur ski, dengan ketinggan sekitar 800 m hingga 1,215 m. Di tempat ini, juga sudah disediakan fasilitas 6 Chairlift dan jua 13 drag lift yang dapat digunakan oleh pengunjung. Yang perlu Anda ketahui, salah satu jalur yang cukup populer adalah Pianica, yang letaknya di dekat tamar valley.

6. Maribor


Tempat wisata Slovenia Lainnya adalah Maribor. Kota yang terletak di sepanjang sungai Drava, bagian timur laut Slovenia ini, mempunyai pulau kecil yang dikenal dengan nama Mariborski otok, atau pulau Marbor. Dari pulau utama, ke pulau tersebut, sudah dibangun jembatan penghubung dengan jarak sekitar 5 km.
Di dalam pulau tersebut, Anda akan menemukan sebuah pemandian umum tertua yang ada di negara tersebut. Selain itu, Anda juga akan menemukan calvary Hill dan juga Pyramid Hill, yang keduanya dikelilingi oleh perkebunan anggur. Tepat di bagian ujung utara, terdapat reruntuhan Maribor Castle yang dibangun pada abad ke 11. Sedangkan dari atas bukit, Anda dapat menikmati keindahan kota Maribor dan juga pedesaannya.

7. Postonia


Ada yang unik ketika Anda mengunjungi tempat wisata Slovenia yang satu ini. Terletak di kota kecil yang bernama Postonia, di bagian barat daya Slovenia, dan terletak di tepi sungai Pivka. Kota kecil ini mempunyai objek wisata unik yaitu Postojna Cave, ini adalah sebuah gua kapur dengan saluran gua sepanjang lebih dari 24 km.
Ini adalah salah satu gua terpanjang kedua setelah Migovec cave, yang ada di Slovenia. Memasuki gua tersebut, Anda akan menikmati keindahan stalagmit dan juga stalagtit, yang terjadi akibat aktivitas sungai Pivka. Yang menarik adalah di dalam gua tersebut, Anda juga dapat melihat jalur kereta sepanjang 5 km, yang biasanya digunakan oleh para pengunjung untuk menjelajah beberapa lokasi gua.

8. Museum of illusions

tempat wisata di slovenia
visitljubljana.com


Mengunjungi museum ini membuat Anda akan berbagi pengalaman yang menyenangkan sekaligus mendidik. Bagaimana tidak, di museum ini, Anda akan menguji batas persepsi, ilusi dan relativitas. Anda dapat mengunjungi museum ini bersama keluarga, karena ini akan menjadi cara terbaik untuk menikmati museum tersebut.
Ada sekitar 40 pameran, ilusi dan juga hologram optic yang disuguhkan di museum tersebut. Mulai dari instalasi yang lebih kecil, seperti cermin kebenaran, ada juga Rubin’s Vase, dan yang lainnya. Bahkan ada juga foto dan hologram yang akan muncul dan berubah di depan mata Anda.

9. Cekin Mansion

tempat wisata menarik di slovenia

visitljubljana.com


Ini adalah museum nasional sejarah kontemporer yang dimiliki oleh Slovenia, museum ini sengaja didirikan sebagai warisan sejarah Slovenia. Bangunan ini sendiri terbilang baru, dan didirikan pada awal abad ke-20. Ada cukup banyak koleksi yang dapat Anda nikmati di museum tersebut, seperti berbagai koleksi pada saat perang dunia 1 dan juga perang dunia 2. Ada juga periode sosialis, hingga pendirian Slovenia yang independen. Selain itu Anda juga akan menemukan berbagai macam arsip, perpustakaan, karya seni rupa, serta juga foto di dalam museum tersebut. Sebagai tambahan di tempat ini, Anda juga akan melihat kehidupan sehari-hari masyarakat Slovenia.

10. Alpen

tempat wisata pegunungan Alpen

Pixabay


Tempat wisata Slovenia berikutnya adalah Alpen. Ini adalah pegunungan besar yang ada di kawasan Eropa. Slovenia sendiri berada di Alpen timur, tempat ini mempunyai pemandangan yang indah, serta udara yang sejuk. Pas untuk Anda yang ingin beristirahat dengan panorama alam menarik.

Join The Discussion