Wisata

Mengenal 7 Negara Balkan dan Tempat Wisata yang Menawan

Semenanjung Balkan merupakan salah satu tempat yang menyajikan pemandangan alam terbaik di tanah Eropa. Namun, pesona negara-negara Balkan kurang populer dibandingkan dengan negara di Eropa lain seperti Inggris, Perancis, Spanyol, Italia dan lain-lain. Negara Balkan atau Eropa Timur memiliki potensi wisata alam, sejarah, budaya dan kuliner yang tak kalah menarik. Toh, Anda bakal mendapatkan keuntungan memilih liburan ke daerah Balkan yaitu budget akomodasi yang lebih terjangkau.

Daftar lokasi liburan di negara negara Balkan
Mana saja negara-negara Balkan yang rekomended untuk dikunjungi? Yuk, simak beberapa info liburan menarik berikut ini!

1. Rumania

negara balkan
thegoldenscope.com


Mendengar nama Rumania mungkin membuat Anda bergidik ngeri dengan kisah Drakula yang begitu populer. Tenang saja, Rumania hanya memiliki kastil Drakula yang terkenal kok. Bran Castle merupakan salah satu ikon negara yang wajib Anda kunjungi. Selain itu, Anda juga harus berkunjung ke Timisoara yang merupakan kota pertama di Eropa yang memiliki lampu jalan pada tahun 1889.
Jangan lewatkan pula berkunjung ke Maramures yang memiliki landscape pemandangan terindah. Anda bisa melihat kereta uap narrow-gauge dari Viseu de Sus termasuk menikmati kuliner lezat di Rumania. Sebaiknya Anda mencicipi semua aneka kuliner khas Rumania seperti Mititei, Sarmale dan Papanasi.

2. Republik Makedonia

tempat wisata negara balkan
getbybus.com


Negara pecahan dari Yugoslavia ini memiliki keindahan alam terbaik di antara negara-negara Balkan. Makedonia memiliki pegunungan Sara yang menjangkau negara lain di Balkan. Anda bisa mencoba aktivitas hiking, menyaksikan hijau lembah, danau alpine dan lain-lain.
Selain itu, anda tidak boleh melewatkan waktu menyenangkan di ibukota Skopje. Anda bisa berjalan kaki menyusuri jalanan di tengah kota sembari menikmati keindahan arsitektur bangunan termasuk mencoba kuliner khas Makedonia bernama Pastarmajlija atau semacam pie goreng ditutupi garam dan potongan daging dadu lezat menggoda.

3. Montenegro

negara balkan
earthtrekkers.com


Negara-negara Balkan memiliki keindahan alam yang luar biasa namun Montenegro masuk dalam satu wilayah dengan pariwisata alam paling pesat. Tempat wajib yang harus Anda kunjungi adalah Danau Skadar yang memiliki berbagai macam satwa liar seperti burung. Selain itu, pantai eksotis, pegunungan cantik serta kawasan kota tua bersejarah menjadi daya tarik utama.
Di Montenegro, Anda harus mencicipi kuliner khas bernama Lignje yaitu makanan seafood dari bahan dasar cumi-cumi. Kuliner di negara ini tak jauh dari pengaruh Italia dan Turki seperti minyak zaitun, buah zaitun serta keju. Dijamin Anda bakal puas berlibur di Montenegro saat musim panas tiba. Hanya saja persiapkan dana akomodasi dua kali lipat sebab musim panas di Montenegro lebih ramai dibandingkan hari biasa ya!

4. Albania

negara balkan

InfoGlobe.CZ


Negara-negara Balkan memang terkenal memiliki sejarah yang tak kalah dengan wisata sejarah di negara Eropa lain. Destinasi wisata di Albania sangat menarik mulai kota tua penuh sejarah atau kota pesisir dengan pemandangan pantai terindah di dunia. Anda bisa melihat langsung toleransi umat beragama di Albania yang sudah diakui di seluruh belahan dunia termasuk pengaruh Ottoman Turki.
Kota tua yang masuk dalam situs warisan UNESCO seperti Gjirokastra dan Berat harus Anda kunjungi bersama pasangan tercinta. Tentu masih ada banyak tempat menarik lain seperti Tirana, Durres, Popgradec dan Albanian Riviera. Anda juga bisa mempertimbangkan bermalam di Dhermi yang memiliki hotel nyaman dengan pamandangan Pantai Torquise yang eksotis.

5. Kroasia

negara balkan

Lonely Planet


Negara yang menjadi runner up Piala Dunia pada 2018 lalu ini memang wajib masuk dalam daftar kunjungan negara-negara Balkan Anda. Pasalnya, Kroasia memiliki destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan. Anda bisa menikmati liburan musim panas dengan berkunjung ke Rovinj yaitu sebuah kota kuno di Laut Adriatik. Anda bisa mencoba aktivitas seperti menyelam atau sekadar bersantai saja.
Selain itu, Anda juga bisa berkunjung ke Dubrovnik sebagai kota mengesankan yang masuk dalam situs warisan UNESCO. Tak hanya arsitektur sejarah, Anda juga bisa menikmati pemandangan alam berupa pantai dengan hamparan lautan yang biru. Mau bersantai sembari merelaksasi pikiran, kenapa tidak?

6. Bulgaria

negara balkan
getyourguide.com


Beberapa waktu lalu, Bulgaria dilaporkan sebagai tempat wisata paling hemat selama Anda berkunjung ke negara-negara Balkan. Sunny Beach merupakan rekomendasi liburan yang menyenangkan dengan biaya terbatas. Tak hanya bisa bersantai di resor tepi Laut Hitam saja, Anda juga harus menjelajah negara yang memiliki kota menarik seperti Sofia, Melnik, Shirolaka Laka dan lain-lain.
Jangan melewatkan waktu liburan Anda untuk menyaksikan pemandangan alam terbaik yang ada di Belogradchik. Tempat ini telah menjelma menjadi destinasi wisata andalan yang terletak di perbatasan Serbia dan barat laut Bulgaria. Pemandangan formasi bebatuan yang luar biasa menyatu dengan Benteng Kaleto akan membuat Anda takjub dilengkapi panorama matahari terbenam.

7. Kosovo

negara balkan


Dibandingkan dengan negara-negara Balkan yang lain, nama Kosovo mungkin masih terdengar cukup asing. Negara yang berada di daerah Balkan ini memang negara termuda yang ada di dunia. Kosovo sendiri merupakan pecahan dari negara Serbia yang merdeka pada tanggal 17 Februari 2008 lalu. Lalu, apa yang membuat Kosovo wajib Anda singgahi sejenak kala memutuskan liburan keliling Eropa?
Kosovo memiliki kota Prizren yang menjadi destinasi favorit saat musim dingin tiba. Anda bisa menikmati suasana kota yang tenang dengan deretan kafe atau restoran yang menyajikan minuman harga murah. Apalagi keramahan penduduk Kosovo sudah tidak diragukan lagi. Jika Anda memutuskan liburan ke Eropa Timur pada musim dingin, jangan lupa mengunjungi Pegunungan Rugova sebagai Taman Nasional terbaik yang ada di Kosovo.


7 negara balkan

paling favorit di atas bisa masuk dalam daftar kunjungan Anda selama liburan ke Balkan. Selain itu, negara-negara Balkan lain masih memiliki deretan tempat wisata favarit wisatawan baik lokal dan mancanegara lho! Mana saja yang tak kalah rekomended untuk Anda kunjungi bersama keluarga atau pasangan? Kunjungi saja Piran di Slovenia, Mostar, Bosnia dan Herzegovnia, Ukrania, Serbia dan lain-lain.

Kenapa Anda harus memilih liburan ke negara-negara Balkan?
Negara-negara Balkan tak hanya memiliki pesona wisata alam eksotis atau keindahan kota kuno yang dilengkapi bangunan dengan arsitektur menawan. Ada alasan kuat yang membuat liburan ke Eropa Timur bisa menjadi pilihan Anda menghabiskan akhir pekan atau libur akhir tahun bersama keluarga. Ya, akomodasi liburan di Eropa Timur terkenal lebih murah dibandingkan negara Eropa lain.
Berdasarkan laporan pariwisata, biaya menghabiskan liburan menyenangkan di negara-negara Balkan tidak akan menguras kantong Anda. Setidaknya hampir semua akomodasi liburan seperti tiket transportasi, makanan dan hotel dibandrol dengan harga murah dibawah USD 100. Anda bakal puas menikmati sensasi mengunjungi benua biru tanpa harus mengeluarkan banyak biaya tambahan. Keren, bukan?
Segera rencanakan agenda liburan Anda ke negara-negara Balkan ya! Urus visa Schengen Anda sekarang juga untuk bisa menikmati keindahan wisata yang dimiliki oleh negara di Eropa Timur. Nah, negara mana yang bakal Anda kunjungi bersama orang tersayang tahun ini?

Join The Discussion