5 Kuil di Penang Malaysia Yang Menarik Untuk Dikunjungi


Altesa  September 7, 2022  0 Comment

Kuil adalah bangunan yang di buat atau di bangun untuk melaksanakan rituak atau sembahyang yang berkaitan dengan kegiatan spiritual seperti doa hingga pengorbanan. Kuil sendiri memiliki bentuk dan fungsi yang bervariasi, di sesuaikan dengan tujuan dari pembangunan kuil tersebut, misalnya kuil yang dibangun untuk menyembah dewa – dewa tertentu akan menggambarkan dan dipenuhi dengan pernak – pernik patung dari dewa yang disembah. Beberapa kuil bahkan memiliki bangunan yang indah dan megah untuk menunjukan dan ungkapan kasih sayang mereka kepada dewa atau tuhan yang disembah. Saat ini kuil yang memiliki ciri khas dan keindahan tersendiri juga banyak menarik wisatawan lokal maupun asing dari berbagai negara untuk pergi mengunjungi kuil – kuil indah. Salah satu negara yang terkenal akan kuil – kuilnya yang indah dan banyak dikunjungi sebagai salah satu wisata adalah kuil paling menarik di Penang Malaysia.

Meskipun rata – rata penduduknya beragama muslim, namun Malaysia memiliki penduduk yang beragama non muslim, seperti Budha, Kristen, Hindu, dan Tionghoa. Sehingga tempat ibadah di Malaysia juga tidak hanya masjid namun juga gereja, hingga kuil. Kuil – kuil di Malaysia sendiri merupakan salah satu bukti sejarah peradaban dan perkembangan agama sejak dulu di Negara ini. Kali ini gotravelly akan memberikan kamu rekomendasi kuil paling menarik di Penang Malaysia, sebagai salah satu rekomendasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Malaysia khususnya di daerah Penang. Berikut adalah 5 Kuil paling menarik di Penang Malaysia ;

1. Kuil Wat Chayamangkalaram

Kuil Wat Chayamangkalaram
tripadvisor.co.id

Kuil Wat Chayamangkalaram merupakan salah satu kuil paling menarik di Penang Malaysia yang populer dikunjungi wisatawan. Kuil Wat Chayamangkalaram adalah kuil untuk masyarakat beragama budha. Kuil Wat Chayamangkalaram juga disebut dengan Kuil Budha Tidur, kuil ini sangat populer karena memiliki bangunan yang indah dan megah serta patung emas budha tidur yang besar. Patung Budha berbaring di dalam kuil ini disebut merupakan salah satu patung budhaa berbaring yang terpanjang di dunia. Kuil ini berlokasi di Jalan Kelawei, Pulau Tikus Penang Malaysia. Kuil ini merupakan destinasi wajib saat kamu berkunjung ke Malaysia. Untuk masuk ke Kuil Wat Chayamangkalaram kamu tidak perlu merogoh kocek yang dalam, karena tiket masuknya gratis.

Gotravelly

Mengeksplor Wonderfood Museum Penang, Awas Tambah Laper

Dibikin Ketagihan Sama Pedas Dan Segarnya KFC Green Chilly Crunch

2. Kuil Dhammikarama Burmese

Kuil Dhammikarama Burmese
istockphoto.com

Kuil Dharmmikarama Burmese merupakan kuil paling menarik di Penang Malaysia yang berlokasi di 24, Jalan Burma, Pulau Tikus, 10250 George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Kuil Dharmmikarama Burmese buka setiap hari dari jam 9.00 AM hingga 2.00 PM. Lokasi Kuil ini tidak jauh dari Kuil Wat Chayamangkalaram, sehingga jika kamu mengunjungi wilayah ini kamu bisa mengunjungi 2 kuil yang indah dan menarik di Penang. Bagian bangunan paling tua dari kuil ini adalah stupanya yang di tahbiskan pada tahun 1805. Kuil Dharmmikarama Burmese menyimpan lukisan besar yang menggambarkan kegiguhan Budha Gautama yang menolak setan jahat yang berusaha menghalangi dalam menyebarkan agama budha di dunia. Selain lukisan besar yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, kamu juga bisa melihat berbagai koleksi lukisan lainnya yang menggambarkan kisah hidup dari Budha. Disini kamu tidak hanya bisa berwisata namun, juga bisa belajar mengenai sejarah dari Budha itu sendirii.

3. Kuil Kek Lok Si

Kuil Kek Lok Si
travel.tribunnews.com

Kuil Kek Lok Si atau biasa di sebut juga dengan wihara Kek Lok Si merupakan salah satu kuil paling menarik di Penang Malaysia yang memiliki pemandangan yang luar biasa. Kuil Kek Lok Si memiliki pemandangan menghadap laut yang indah dan merupakan salah satu daya tarik dari kuil ini. Kuil Kek Lok Si dibangun dari tahun 1890 dan selesai di tahun 1930. Selain memiliki daya tarik pemandangan laut yang menakjubkan kuil ini memiliki Pagoda Rama VI yang merupakan Pagoda Sepuluh Ribu Budha yang terdiri dari 7 lantai dengan 10.000 patung Budha di dalam pualam dan perunggu. Kuil Kek Lok Si  berlokasi di Jalan Balik Pulau, 11500, Air Itam, Penang, Malaysia. Kuil Kek Lok Si bujka setiap hari pukul 8.30 AM hingga 5.30 PM. Kuil Kek Lok Si merupakan salah satu lokasi ziarah yang sangat penting bagi masyarakat yang beragama Budha. Banyak lokasi indah dan instagramable membuat kuil ini juga banyak dikunjungi oleh masyarakat maupun wisatawan yang Bergama lain.

4. Kuil Hean Boo Thean (Kuan Yin)

Kuil di Penang Malaysia
travelmalaysia.me

Kuil Hean Boo Thean merupakan salah satu kuil paling menarik di Penang Malaysia karena merupakan salah satu kuil “mengapung” yang indah. Kuil Hean Boo Thean di bangun untuk didedikasikan kepada Kuan Yin yaitu dewi pengampunan. Kuil ini berlokasi di tepi sunga sehingga menyuguhkan oemandangan sungai beserta pemandangan kota yang indah dari kejauhan. Kuil Hean Boo Thean di bangun pada tahun 1972 dan beberapa kali melakukan pelebaran dan pembangunan lagi. Kuil Hean Boo Thean berlokasi di 52, Weld Quay, 10300 George Town, Penang, Malaysia. Kuil Hean Boo Thean buka setiap hari mulai pukul 9.00 AM hingga 6.00 PM.

5. Kuil Khoo Kongsi

Kuil Khoo Kongsi
bartzap.com

Kuil Khoo Kongsi merupakan salah satu kuil paling menarik di Penang Malaysia. Kuil Khoo Kongsi terkenal dengan kemegahan dan sejarahnya yang menarik untuk di kunjungi. Kuil Khoo Kongsi berlokasi di Dataran Cannon, 10200George Town, Pulau Pinang, Malaysia. Kuil Khoo Kongsi byka setiap hari dari pukul 9.00 AM hingga 5PM. Daya tarik wisatawan untuk mengunjungi kuil ini adalah dari bangunan dan arsitekturnya saja sudah indah untuk di telisik dan dinikmati. Selain itu, lokasinya yang tidak jauh dari Lebuh Cannon yang terkenal dengan street art nya, membuat kuil ini juga bisa dikunjungi sebagai lokasi wisata selanjutnya. Sebelum menjadi kuil sebelumnya kuil ini merupakan rumah adat keluarga besar KHOO yang berada di Penang. Klan Khoo atau Keluarga besar Khoo juga terkenal memiliki kekayaan yang sangat besar di Malysia, dan merupakan salah satu penyumbang terbesar di Malaysia. Bangunan kini di bangun pada tahun 1906 dan merupakan salah satu kuil terbesar di Penang. Kuil Khoo Kongsi ini juga menjadi salah satu lokasi film The King and I yang dibintangi oleh Jodie Foster dan Chow Yon Fat.

Nah itulah dia 5 Kuil paling menarik di Penang Malaysia yang bisa kamu kunjungi saat berada disana. Beberapa kuil memiliki berbagai ciri khas tersendiri yang membuat daya tarik yang susah untuk dilewatkan saat kamu pergi mengunjungi daerah Penang Malaysia. Meskipun banguna kuil kuil ini sudah ada sejak lama dan tua namun bangunan – bangunan dan pernak – pernik arsitekturnya masih terjaga dengan baik hingga sekarang. Mengunjungi berbagai tempat ibadah negara lain yang indah juga menarik untuk dilakukan saat liburan. Karena selain kamu bisa dimanjakan dengan arsitektur bangunan dan pemandangan yang ada di sana, kamu juga bisa belajar tentang sejarah dan informasi lain tentang agama dan bangunan tersebut. Mengetahui informasi dan sejarah dari agama lain juga memberikan kamu rasa saling menghargai dan toleransi yang tinggi antara umat beragama.



Leave a Reply