11 Kota Tertua di Indonesia Tawarkan Daya Tarik Tersendiri


prita  March 16, 2022  0 Comment

Tak hanya Benua Eropa saja yang memiliki deretan kota tertua yang indah dan penuh sejarah. Indonesia yang merupakan negara kepulauan dengan sejarah yang panjang juga memiliki deretan kota tua yang indah dan menarik untuk dikunjungi. Kota tertua di Indonesia memang punya daya tarik tersendiri dan pastinya cocok untuk dikunjungi sebagai destinasi wisata kamu. Mana sajakah? Berikut ini adalah daftarnya.

1. Palembang

Palembang
palembang.go.id

Kota tertua di Indonesia yang pertama adalah Palembang. Kota yang terkenal dengan pempeknya ini memiliki usia sekitar 1337 tahun berdasarkan prasasti Sriwijaya yang terkenal sebagai prasasti Kedukan Bukit.

Menurut prasasti yang berangka 16 Juni 682, saat itu penguasa Sriwijaya didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai Kota Palembang. Menurut tipografi, kota ini dikeliling oleh air, bahkan terendam air yang mana air tersebut bersumber dari sungai, rawa dan air hujan. Dalam Bahasa Melayu, Pa atau Pe merupakan kata tunjuk suatu keadaan atau tempat, sedangkan lembang atau lembeng berarti genangan air. Jadi, jika diartikan Palembang adalah sebuah tempat yang digenangi oleh air.

GoTravelly

Berjalan Menikmati Alam Di Bukit Selogajah

Menikmati Senja Di Rustic Republic

2. Salatiga

Salatiga
id.wikipedia.org

Menempati posisi kedua sebagai kota tertua di Indonesia, Salatiga juga menjadi salah satu kota yang cukup menarik untuk dikunjungi. Kota ini telah ada sejak 24 Juli 750 M sebagai wilayah perdikan. Perdikan adalah suatu wilayah kerajaan tertentu yang dibebaskan pajak dan upeti karena kekhususan.

Dikutip dari situs resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Kota Salatiga, sejarah Kota Salatiga bersumber dari Prasasti Plumpungan yang berada di Dukuh Plumpungan, Kelurahan Kauman Kidul,, Kecamatan Sidorejo.

3. Malang

Malang
gotravelly.com

Kota tertua di Indonesia selanjutnya adalah Malang. Meskipun secara administratif keberadaan Kota Apel ini baru diresmikan pada 1 April 1914, namun kota ini telah ada sejak tahun 760 Masehi yang didasarkan dari Prasasti Dinoyo.

Merujuk pada isi dari prasasti yang ditemukan di Desa Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru tersebut, wilayah yang menjadi keseluruhan dari kota maupun Kabupaten Malang disebut sebagai Kerajaan Kanjuruhan yang diperintah oleh Raja Simha.

4. Kediri

Kediri
oyorooms.com

Kalau kamu penggemar sejarah, pastinya sudah paham jika mengapa Kediri menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Kediri ini menjadi sentral perkembangan kerajaan-kerajaan di Jawa Timur,

Menurut literatur, Kediri telah ada sejak abad ke-11 atau sekitar tahun 1041 saat Raja Airlangga berkuasa. Dulunya, kota ini bernama Kahuripan dan memiliki peran sentral tersendiri, dimana menjadi sebuah kota industri pusat perdagangan gula dan rokok.

5. Magelang

Magelang
radarsemarang.jawapos.com

Kota tertua di Indonesia selanjutnya adalah Magelang. Kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini memiliki usia sekitar 1.114 tahun karena berdasarkan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 6 Tahun 1989, hari jadi Kota Magelang ditetapkan pada tanggal 11 April 907.

Sejarah dari Kota Magelang ini diawali dengan kota ini ditetapkan sebagai desa perdikan Mantyasih yang saat ini dikenal dengan Kampung Meteseh di Kelurahan Magelang. Penetapan ini semakin diperkuat dengan adanya penemuan lumping batu yang diyakini sebagai tempat upacara penetapan Sima atau Perdikan.

6. Banda Aceh

Banda Aceh
diskominfo.bandaacehkota.go.id

Banda Aceh juga dikenal sebagai salah satu kota tertua di Indonesia yang dibangun oleh Sultan Johan Syah pada 22 April 1205 Masehi. Kota yang berusia sekitar 814 tahunan ini tak hanya menjadi kota paling tua di Indonesia, namun juga menjadi salah satu kota Islam tertua di Asia Tenggara.

Banda Aceh ini memang memiliki peranan penting dalam penyebaran agama Islam di Indonesia, tak heran jika kota ini dijuluki sebagai Serambi Mekkah.

7. Surabaya

Surabaya
gotravelly.com

Kota tertua di Indonesia berikutnya adalah Surabaya. Ibu kota Provinsi Jawa Timur ini memang dikenal sebagai salah satu kota dengan sejarah yang panjang dengan usia yang mencapai 729 tahun.

Hari jadi Kota Pahlawan ini ditetapkan pada tanggal 31 Mei 1293 yang mana hari tersebut bertepatan dengan kemenangan Majapahit yang dipimpin oleh Raden Wijaya atas Pasukan Mongol utusan Kubilai Khan. Sejak era Majapahit hingga saat ini, Surabaya dikenal sebagai kota pelabuhan dan perdagangan yang cukup penting di Pulau Jawa.

8. Bau Bau

Bau Bau
travel.okezone.com

Berlokasi di Pulau Buton, Sulawesi Utara, kota Bau Bau ini juga menjadi salah satu kota tertua di Indonesia yang menawarkan banyak sekali keindahan. Meskipun baru mendapat status kota pada 21 Juni 2001, kota ini sebenarnya sudah didirikan pada tanggal 17 Oktober 1541.

Kota Bau Bau ini diyakini merupakan pusat Kerajaan Buton (Wolio) yang berdiri pada awal abad ke-15 atau sekitar tahun 1401 hingga 1499. Salah satu bukti peninggalan yang bisa ditemukan adalah objek wisata Kompleks Keraton Buton yang menjadi bukti peninggalan sejarah kejayaan Kesultanan Buton yang ada pada ratusan tahun lalu.

9. Ambon

Ambon
bisniswisata.co.id

Kota tertua di Indonesia berikutnya adalah Kota Ambon. Sejarah terbentuknya Kota Ambon ini bermula pada tahun 1575 saat Benteng Portugis yang disebut Benteng kota Laha atau Ferangi dibangun di Pantai Honipopu.

Setelah dibangun, ada berbagai kelompok masyarakat yang dikenal dengan nama Soa Ema, Soa Kilang, Soa Silale, Hative, Urimessing dan sebagainya yang mendalami daerah sekitar benteng. Lalu, dalam perkembangannya, kelompok-kelompok masyarakat tersebut berkembang menjadi masyarakat teritorial yang teratur. Dengan begitu, hari jadi kota Ambon ini pada 7 September 1575 dan sekarang usianya memasuki 447 tahun.

10. Tegal

Tegal
wartabahari.com

Berlokasi di Provinsi Jawa Tengah, Tegal juga menjadi salah satu kota tertua di Indonesia yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Kota ini diresmikan pada tanggal 12 April 1580 dan usianya telah memasuki 442 tahun. Tanggal peresmian kota ini bertepatan dengan pengangkatan Ki Gede Sebayu sebagai Demang atau pemimpin daerah karena keberhasilannya membangun kota Tegal.

11. Pontianak

Kota Tertua di Indonesia
indonesia.travel

Kota tertua di Indonesia yang terakhir adalah Pontianak. Kota yang didirikan oleh Syarif Abdurrahman pada tanggal 23 Oktober 1771 ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi.

Pada tanggal tersebut, Syarif Abdurrahman Alkadrie beserta rombongannya membuka hutan di persimpangan tiga Sungai Landak, Sungai Kapuas Kecil dan Sungai Kapuas untuk mendirikan balai dan rumah sebagai tempat tinggal yang diberi nama Pontianak.

Pada tahun 1778, Syarif Abdurrahman dinobatkan menjadi sultan Pontianak pertama. Letak pusat pemerintahannya ditandai dengan berdirinya Masjid Jami yang sekarang dikenal dengan nama Masjid Sultan Syarif Abdurrahman dan Istana Kadariah yang sekarang berada di Kelurahan Dalam Bugis, Kecamatan Pontianak Timur.

Itulah tadi daftar 11 kota tertua di Indonesia yang usianya ratusan hingga ribuan tahun. Apakah kota tempat tinggalmu termasuk?



Leave a Reply