10 Tempat Wisata di Ciwidey yang Tersembunyi dan Indah


sisil angelin  August 7, 2018  0 Comment

Jalan – jalan ke Ciwidey memang tidak lengkap jika kamu tidak singgah di berbagai tempat wisata yang memang sangat terkenal indahnya. Lokasinya yang ada di kabupaten Bandung, Jawa Barat, kawasan wisata yang sering kali dijadikan sebagai tujuan wisata akhir pekan sekaligus saat libur panjang, tempat wisata di Ciwidey ini memiliki ragam spot mengagumkan, mulai dari wisata budaya, sejarah hingga wisata alam yang sangat menakjubkan.

Jika di akhir pekan kali ini kamu memiliki rencana untuk berlibur di wilayah Ciwidey, kamu bisa singgah di berbagai tempat wisata di Ciwidey yang notabene tidak hanya sebatas kawah putih saja. bahkan, keindahan tempat wisata di lokasi Ciwidey ini juga tidak kalah menariknya dengan tempat wisata di beberapa kota di Indonesia. berikut ini beberapa tempat wisata menarik yang bisa kamu jadikan sebagai referensi wisata di Ciwidey.

1. Glamping Lakeside

Glamping Lakeside

Nyikreuh.com

Liburan akhir pekan kamu bakalan menyenangkan jika kamu menghabiskannya dengan mengunjungi tempat wisata di Ciwidey yang dikenal dengan sebutan Glamping Lakeside. Sebuah tempat wisata yang memberikan penawaran menarik atas penginapan ala camping yang sesuai dengan standard hotel ini juga akan memanjakan kamu dengan pemandangan yang sangat indah berupa deretan pegunungan.
Menariknya lagi, di tempat wisata di Ciwidey ini kamu juga bisa mengabadikan setiap moment indah dengan berfoto berlatar belakang pemandangan deretan gunung yang sangat berkesan. Kombinasi air yang sangat tenang dengan tanaman hijau di sekelilingnya menjadikan tempat wisata ini banyak diminati oleh wisatawan yang ingin berlibur di Ciwidey. Jangan lupa untuk merasakan ragam kuliner yang ada di lokasi sembari menikmati pemandangan alam di sekitarnya.

Baca juga :  6 Kastil di London Yang Tak Hanya Megah Tapi Juga Bersejarah

review kuliner

Al-Amar Express: Puas Dikerjain Penjual Ice Cream Turki

Hara Cafe & Bistro Bandung

2. Situ Patenggang

Situ Patenggang

Pegipegi.com

Lokasinya yang ada di kaki gunung Patuha, Kabupaten Bandung, tempat wisata ini dikenal dengan nama Situ Patenggang ini merupakan salah satu obyek wisata yang sangat populer di kalangan para masyarakat. Salah satu hal yang menjadi primadona dari keindahan obyek wisata ini adalah adanya aktivitas berkeliling danau dengan menggunakan perahu. Untuk kegiatan ini, kamu diminta membayar uang sebesar Rp 20,000.

3. Batu Cinta

Batu Cinta

pariwisatabandung.info

Daya tarik lain yang juga menjadi magnet bagi wisatawan yang berkunjung ke Situ Patenggang adalah hadirnya sebuah pulau yang lokasinya ada di tengah Situ Patenggang. Dikenal dengan tempat wisata Batu Cinta, keberadaan batu ini telah menjadi tonggak sejarah mencuatnya Situ Patenggang. Selanjutnya, tempat wisata di Ciwidey yang dikenal dengan sebutan Pulau Sasuka atau Pulau Asmara ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan.
Legenda tersebut bermula pada kisah percintaan antara Ki Santang dan juga Dewi Rengganis yang terpisah selama beberapa waktu hingga pada akhirnya mereka dipertemukan kembali untuk saling mengikat janji di Batu Cinta. Dari pertemuan mereka, Dewi Rengganis minta untuk dibuatkan perahu dan danau yang kemudian hal ini menjadi tonggok dari kemunculan tempat wisata di Ciwidey, yang dikenal dengan nama situ patenggang.

4. Agrowisata kawah rengganis

Agrowisata kawah rengganis

infobdg.com

Terbentuk dari adanya proses alam pada jutaan tahun silam, Kawah Rengganis adalah salah satu tempat wisata di Ciwidey yang muncul setelah adanya letusan Gunung Sunda Purba. Lokasi wisata yang lebih dikenal dengan sebutan Kawah Cibuni ini berlokasi di Desa Cibuni, Kabupaten Bandung. Saat ini, tempat wisata tersebut ada di bawah pengelolaan pihak Agrowisata Rancabali yang kemudian dikenal dengan nama Agrowisawa Kawah Rengganis.
Salah satu keindahan dari tempat wisata di Ciwidey ini adalah bau belerang yang tidak terlalu kuat dengan pemandangan alam berupa hutan yang terlihat sangat hijau dengan di tengahnya mengalir sebuah sungai ataupun aliran air panas yang cocok digunakan untuk mandi. Di lokasi wisata ini, kamu pun juga bisa melakukan sauna alami di dekat sumber air panas yang menyembur ke atas.

Baca juga :  6 Es Legendaris di Bandung Tawarkan Berjuta Rasa

5. Punceling Pass Ciwidey

Punceling Pass Ciwidey

familyciwidey.com

Bisa dibilang tidak banyak wisatawan yang mengenal tempat wisata di Ciwidey ini. lokasinya yang ada di lereng Gunung Patuha ini sering kali menjadi destinasi wisata populer yang akan memanjakan diri kamu dengan kolam renang air panas yang mengalir langsung dari Gunung Patuha. Di lokasi ini, kamu bisa menikmati kolam renang yang dikelilingi oleh pepohonan yang sangat rindang.
Selain memberikan fasilitas pemandian air panas, tempat wisata di Ciwidey ini juga menawarkan fasilitas berupa kolam terapi air panas yang memiliki ragam manfaat untuk kulit. Di sini, kamu akan merasakan bagaimana kaki kamu akan dikerubuti oleh ikan nilem untuk membersihkan kotoran pada kaki.

6. Perkebunan Teh Rancabali

Perkebunan Teh Rancabali

GueBanget.com

Untuk kamu yang ingin berwisata di alam terbuka di antara perkebunan teh, kamu bisa singgah di tempat wisata di Ciwidey yang dikenal dengan sebutan Perkebunan Teh Rancabali. Berada pada ketinggian 1,628mdpl dengan suhu udara di bawah 20 derajat celcius, Perkebunan Teh Rancabali ini merupakan salah satu spot terbaik untuk kamu yang memang suka selfie. Di sini, kamu juga bisa menikmati teh hangat sembari memetik daun teh langsung dari kebunnya.

7. Perkampungan Cai Ranca Upas

Perkampungan Cai Ranca Upas

indonesia.biz.id

Tempat wisata  yang satu ini dikenal sebagai bumi perkemahan yang lokasinya ada di Jalan Raya Ciwidey Petnggang KM11, Alam Endah, Ciwidey, Kabupaten Bandung. Untuk sampai di lokasi ini, diperlukan waktu selama 90 menit dengan jarak 50km. berada di tengah hutan lindung seluas 215H, kawasan ini adalah rumah bagi flora ataupun fauna seperti kitambang, huru, kiujan dan masih banyak lagi.

secara umum, tempat wisata ini pada hakikatnya merupakan tempat konservasi fauna yaitu rusa di mana mereka dibiarkan hidup bebas di alam. Sembari menikmati pemandangan alam yang luar biasa indahnya, kamu bisa melakukan aktivitas member makan rusa.

Baca juga :  8 Wisata Dekat Candi Borobudur, Wajib Masuk Bucketlist!

8. Barusen Hills

Barusen Hills

Wisatakaka.com

Salah satu tempat wisata  yang sedang nge-hits dikenal dengan sebutan Barusen Hills yang menawarkan pemandangan alam berupa taman bunga yang romantis. Lokasi yang didesain dengan mengusung konsep “love” ini sering kali dikunjungi oleh mereka para muda mudi hingga para calon pengantin yang melakukan foto pre-wedding.
Romantisme dari Barusen Hills ini juga bisa kamu rasakan dengan mengunjungi beberapa spot foto terbaik yang ada di lokasi wisata berupa miniature kincir air, dll.

9. Bukit Jamur Rancabolang

Bukit Jamur Rancabolang

tempatwisatamu.com

Asal usul nama bukit jamur ini pada hakikatnya berasal dari desain taman yang dipenuhi dengan pohon cemara yang dibentuk layaknya jamur. tempat wisata di Ciwidey yang selanjutnya dikenal dengan nama bukit jamur tersebut lokasinya berada pada Dataran Tinggi Ciwidey. Untuk menikmati pemandangan indah ini, kamu bisa meluncur ke Desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Bandung Selatan.

10. Curug Cipanji

Curug Cipanji

hayutravelling.blogspot.com

Salah satu tempat wisata yang lain adalah Curug Cipanji yang lokasinya tersembunyi di wilayah Bandung Selatan, tepatnya di tengah perkebunan teh. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan air terjun dengan udara sekitar yang sangat sejuk karena lokasinya yang ada di kaki Gunung Cipanji. Pesona indah alam wisata ini ada pada 4 aliran air terjun dengan salah satu spot menariknya untuk digunakan sebagai tempat seluncuran.

Ada berbagai tempat wisata di Ciwidey yang memang bisa kamu jadikan sebagai rekomendasi tujuan wisata liburan akhir pekan ataupun libur panjang. Untuk itu, jika memang kamu bingung dengan tujuan wisata, kamu bisa mengunjungi salah satu dari beberapa rekomendasi tempat wisata yang tersebut di atas. Dengan mengunjungi tempat wisata tersebut, kamu akan menjadi lebih dekat dengan alam dan pastinya tidak terlalu menguras budget perjalanan kamu.



Leave a Reply