Backpaking ke China? Kamu Wajib Kunjungi 10 Tempat Wisata di Beijing


Reni  January 18, 2019  0 Comment

Apakah anda memiliki rencana untuk liburan ke luar negeri? Salah satu destinasi wisata luar negeri yang highly recommended untuk anda kunjungi adalah Beijing, China. Beijing memiliki banyak tempat menarik mulai dari keindahan alam yang memesona, bangunan bersejarah yang masih berdiri kokoh, hingga pusat perbelanjaan murah meriah dan kuliner ekstrem. Ibu kota China ini memiliki tata kota yang menarik, yakni menggabungkan bangunan tempo dulu dan bangunan modern. Berikut ini merupakan Tempat wisata di Beijing yang wajib anda kunjungi.

Destinasi Wisata di Beijing

1. Great Wall of China

Great Wall of China

iexplore.com

Ketika berbicara China, Great Wall of China atau Tembok Besar Cina menjadi salah satu hal yang terlintas dalam pikiran anda bukan? Salah satu keajaiban dunia ini memiliki bentuk dan ukuran yang besar serta membentang luas dari timur ke barat wilayah Cina. Pada awalnya, tembok ini dibangun sebagai tembok pertahanan atau benteng yang melindungi peradaban China masa lampau dari serangan Bangsa Mongol. Tembok ini dibangun dalam kurun waktu 9 tahun dan memakan banyak korban dalam pembuatannya. Selain daya tarik bangunannya yang megah dan kokoh, pemandangan yang didapatkan dari bangunan ini pun sangat luar biasa, dimana anda dapat menikmati keindahan Laut Bohai dari kejauhan.

Sehari Menjelajah Guangzhou, Aku Terinspirasi Akan Keberhasilan Pembangunannya

Hangatnya Steamboat Di Pappa’ Steamboat, Pilihan Pas Kala Hujan

2. Temple of Heaven (Kuil Langit)

Temple of Heaven

Lonely Planet

Temple of Heaven biasa disebut juga dengan Kuil Langit terletak di Distrik Chongwen. Salah satu warisan dunia ini pada zaman dahulu digunakan oleh para raja Dinasti Ming dan Qing untuk melakukan pemujaan kepada dewa dewi langit. Kuil ini dibangun dengan begitu indah, kokoh, dan detail. Berdiri setinggi 38 meter dengan lantai berlapis batu marmer. Bangunan ini memiliki fondasi dari kayu yang dicat dengan warna biru, kuning dan hijau yang melambangkan Surga dan Bumi. Kompleks Kuil Langit dilengkapi dengan paviliun, kebun bunga, altar, dan jembatan Danbi.

Baca juga :  7 Destinasi Wisata di Atambua Bikin Hati Bahagia

3. Forbidden City

Forbidden City

GetYourGuide

Forbidden City atau Istana Terlarang merupakan kompleks istana yang menjadi tempat tinggal raja-raja dari Dinasti Qing dan Ming. Istana ini terletak di jantung kota Beijing dan memiliki luas 74 hektar. Dibutuhkan waktu sekitar 3-4 jam untuk mengelilingi tempat ini secara keseluruhan. Peradaban Cina zaman dahulu meyakini bahwa Kaisar Yang Agung harus tinggal di jantung kota dan tidak sembarang orang dapat memasuki kompleks tempat tinggal tersebut kecuali mendapat izin khusus dari Kaisar itu sendiri. Oleh karena itu, tempat ini dinamakan Istana Terlarang. Bangunan di istana ini memiliki warna dominan kuning karena merupakan simbol keluarga kerajaan. Selain kemegahan bangunan dengan tiang-tiangnya yang kokoh dari kayu, bangunan ini juga memiliki taman dan sungai sehingga menambah keindahan Istana Terlarang.

4. Summer Palace Beijing

Summer Palace Beijing

China Culture Tour

Istana Musim Panas Beijing atau masyarakat lokal biasa sebut dengan Yiheyuan merupakan kompleks istana seluas 300 hektar yang pada zaman dahulu digunakan sebagai tempat kediaman keluarga kerajaan, terutama oleh Kaisar Guangxu dan Permaisuri Cixi. Istana ini merupakan taman kekaisaran yang paling terpelihara dan indah di dunia. Keindahan kompleks ini berasal dari paduan bukit-bukit hijau, Danau Kunming yang mengelilingi pulau kecil di tengahnya dan bangunan istana khas oriental yang megah. Terdapat sekitar 3.000 bangunan kuno nan indah di kompleks ini, termasuk paviliun, menara, jembatan, koridor, dan sebagainya. Anda dijamin tidak akan menyesal berkunjung ke istana ini.

5. Stadion Nasional Bird Nest

Stadion Nasional Bird Nest

arup.com

Stadion Nasional Bird Nest yang Cina miliki merupakan stadion dengan struktur baja terbesar dan stadion dengan kompleksitas tinggi yang pernah di bangun di dunia. Stadion kebanggaan masyarakat Tiongkok ini pada awalnya dibangun untuk menyambut Beijing Olympic Games pada tahun 2008. Saat ini, stadion nasional Bird Nest menjadi salah satu atraksi tempat wisata di Beijing yang sangat populer. Selain bentuknya yang unik, stadion berbentuk sarang burung ini juga memilki nilai estetika yang tinggi, terlebih jika anda mengunjungi tempat ini di malam hari, dimana stadion akan dipenuhi dengan cahaya indah. Bagi anda yang berkunjung pada musim dingin, stadion ini memiliki atraksi Happy Snow & Ice Festival yang berlangsung dari Desember hingga Februari.

Baca juga :  Pesona 7 Destinasi Musim Dingin di Tiongkok Mendebarkan Hati

6. Tiger Hill

Tiger Hill

China Discovery

Tidak hanya Italia yang memiliki Menara Pisa, Cina juga memiliki bangunan yang mirip dengan Menara Pisa, yaitu Tiger Hill Pagoda namun ukurannya lebih besar. Tiger Hill merupakan bukit besar seluas 3,5 hektar yang di dalamnya terdapat beberapa peninggalan budaya sejarah, seperti makan raja-raja kuno, pagoda, kuil dan pemandangan indah lainnya. Kuburan raja yang dimaksud di sini adalah mendiang Raja Helu. Legenda setempat mengatakan bahwa beberapa hari setelah Raja Helu dimakamkan, warga melihat harimau putih meringkuk di pusara raja tersebut. Oleh karena itu, bukit ini kemudian dinamakan Tiger Hill. Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini adalah pada musim semi, dimana taman dipenuhi bunga-bunga yang bermekaran, dan juga pada musim gugur.

7. Taman Jiangshan

Jiangshan

China Educational Tours

terletak di pusat sebelah barat kota Beijing dan hanya berjarak 20 km saja dari pusat kota. Taman ini merupakan bukit pemandangan tertinggi di Beijing dengan luas 400 hektar dan menghadap gerbang utara Istana Terlarang. Taman Jiangshan memiliki lima puncak bukit. Setiap bukit terdapat paviliun cantik. Bukit ini memiliki pohon buah-buahan dan taman bunga yang indah. Dari taman ini anda dapat menikmati pemandangan kota Beijing terutama keindahan kompleks Istana Terlarang dari ketinggian.

8. Silk Market

Silk Market

Justgola

Silk Market Beijing terletak di Distrik Chaoyang dan merupakan salah satu tempat wisata belanja yang terkenal di kalangan wisatawan. Sesuai dengan namanya, produk yang paling menarik di pusat perbelanjaan ini adalah sutra. Bahkan terdapat museum sutra di lantai tiga bangunan ini. Namun jangan khawatir, tempat ini tidak hanya menjual sutra saja. Banyak toko dan kios pedagang yang menjual barang-barang tradisional Cina seperti teh, porselen, lukisan dan kaligrafi Cina, hingga batu giok. Bagi anda yang ingin sekedar membeli oleh-oleh berupa kaos, suvenir, kain maupun tas, tempat ini juga menyediakan barang tersebut. Anda harus pintar dalam menawar harga di tempat ini karena harga yang dibanderol cenderung tinggi.

Baca juga :  13 Wisata di Pariaman dengan Pemandangan Indah bikin takjub!

9. Wang Fujing Street

Wang Fujing Street

Shopping in Beijing

Apabila anda bingung menghabiskan malam di Beijing, maka Wang Fujing Street dapat menjadi tempat wisata di Beijing yang wajib anda kunjungi. Wang Fujing Street merupakan kawasan yang sangat populer di kalangan wisatawan. Kawasan ini memiliki berbagai kios yang menyediakan aneka macam kuliner, seperti sate Xinjiang, bakso sapi, sate buah, hingga makanan ekstrim seperti sate kalajengking. Selain pusat jajanan kuliner, tak jauh dari kawasan ini juga terdapat bookstore yang cukup besar dengan 7 lantai. Anda dapat memborong berbagai jenis buku dengan harga terjangkau dari bookstrore tersebut.

10. Donghuamen Night Food Market

Donghuamen Night Food Market

Pinterest

Bagi anda yang senang berburu kuliner, tentunya tidak boleh melewatkan pusat jajanan Beijing yang satu ini. Donghuamen Night Food Market terletak di ujung utara Wangfujing, Distrik Dongcheng, Beijing. Anda bisa menikmati berbagai hidangan dan jajanan khas negeri Tiongkok, seperti berbagai hidangan mie, sup, dan gorengan. Pusat kuliner ini terkenal dengan aneka jajanan ekstrim dan cita rasa pedasnya. Beberapa kuliner ekstrem yang bisa anda temui di sini adalah sate kalajengking, lipan, jangkrik, bintang laut, kuda laur dan sebagainya. Harga yang di banderol pun sangat terjangkau. Jadi, jangan sampai anda lewatkan tempat wisata ini ya.



Leave a Reply