10 Museum di Yogyakarta Dijamin Nggak Bikin Bosan


prita  June 17, 2021  0 Comment

Yogyakarta merupakan sebuah provinsi istimewa yang ada di Indonesia. Kawasan ini terkenal memiliki banyak sekali destinasi wisata dan kuliner yang menggugah selera. Museum di Yogyakarta ini cukup beragam, mulai dari wisata alam hingga wisata edukasi. Jika kamu berencana berlibur ke Jogja dan ingin mengunjungi deretan wisata edukasinya, kamu bisa berkunjung ke museum-museum yang ada disana.

Jogya memang memiliki banyak museum yang menyimpan koleksi bersejarah hingga seni dengan nilai tinggi, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai sarana edukasi. Untuk kamu yang suka berwisata ke museum, Berikut ini adalah daftar Museum di Yogyakarta

1. Museum Monumen Jogja Kembali

Museum Monumen Jogja Kembali
ksmtour.com

Museum di Yogyakarta pertama yang wajib kamu kunjungi adalah museum yang ada di Monumen Jogja Kembali atau Monjali. Monumen yang dibangun pada tahun 1949 ini menjadi penanda kembalinya kedaulatan Republik Indonesia saat Jogja menjadi ibukota Indonesia.

Museum ini berada dalam monument dimana di dalamnya kamu bisa melihat koleksi benda bersejarah yang menjadi saksi perjuangan rakyat Indonesia, khususnya saat masyarakat Jogja merebut kembali kemerdekaan. Menariknya, pada museum ini kamu akan menemukan sebuah ruangan bernama ruang hening yang berada di lantai paling atas. Ruangan ini khusus diperuntukkan untuk merenung dan mendoakan pahlawan yang gugur.

review kuliner dan tempat wisata

Museum Ullen Sentalu

Agrowisata Bhumi Merapi, Tempat Edukasi Hingga Swafoto. Ada Santorini Disini!

2. Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu
travelspromo.com

Jika kamu ingin berkunjung ke museum yang memiliki suasana berbeda, coba berkunjung ke Museum Ullen Sentalu. Museum Ullen Sentalu menjadi salah satu museum di Jogya yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara.

Museum ini berada di lereng Gunung Merapi sehingga menawarkan suasana hutan yang sejun dan damai pada area museumnya. Museum Ullen Sentalu menyimpan ragam koleksi dokumentasi dari evolusi budaya Jawa sejak Kerajaan Mataram, Singasari, Demak, Pajang dan Singasari. Disini kamu bisa melihat koleksi di dalam rumah-rumah batu yang indah.

3. Museum Affandi

Museum Affandi
travelspromo.com

Museum Affandi juga menjadi salah satu museum di Yogyakarta yang cukup populer dan sering dikunjungi, khususnya bagi mereka yang suka dengan seni. Affandi merupakan seorang pelukis yang sangat terkenal di Indonesia.

Karya-karya dari Affandi sangat terkenal bahkan sudah diakui oleh dunia internasional. Museum ini merupakan tempat tinggal dari Affandi yang menyimpan kurang lebih 300 lukisan karyanya. Tak hanya lukisan karya Affandi, disini kamu juga bisa melihat karya dari pelukis terkenal Indonesia lainnya. Dengan berkunjung kesini, kamu bisa berwisata edukasi seni sekaligus berselfie ria, pasalnya banyak spot yang instgramable di museum ini.

4. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung Merapi
bisniswisata.co.id

Museum di Yogyakarta selanjutnya juga tak kalah menyenangkan untuk dikunjungi, yaitu Museum Gunung Merapi atau yang sering disebut dengan Museum Merapi. Museum ini menjadi tempat wisata edukasi dan penyebarluasan informasi seputar gunung berapi.

Museum yang diresmikan pada tahun 2009 ini tak hanya menjadi sarana edukasi seputar gunung berapi, namun juga menjadi sara edukasi dalam segi social budaya terkait gunung berapi tersebut. Bangunan dari museum ini bahkan dibuat meyerupai bentuk Gunung Merapi.

5. Museum Benteng Vredeburg

Museum Benteng Vredeburg
hallojogja.com

Museum Benteng Vredeburg juga menjadi salah satu museum di Jogya yang patut untuk kamu singgahi saat berkunjung kesana. Museum yang berada di kawasan Malioboro ini memang sering disinggahi wisatawan karena memiliki cerita yang menarik.

Museum ini dulunya merupakan salah satu benteng pertahanan pasukan penjajah. Bahkan sampai saat ini bentuk asli bangunan tersebut masih dipertahankan. Kamu bisa menjelajah museumnya yang memiliki sederet koleksi menarik. Terdapat empat diorama yang bisa kamu kunjungi di museum ini. Pastinya sengan berkunjung ke museum ini akan menambah wawasan kamu seputar perjuangan kemerdekaan Indonesia.

6. Museum Sandi

Museum Sandi
kartanesia.com

Museum di Yogyakarta yang tidak boleh dilewatkan selanjutnya adalah Museum Sandi. Pada masa penjajahan, sandi meripakan hal penting agar strategi para pejuang tidak mudah dibaca oleh penjajah.

Pentingnya warisan sandi ini membuat Lembaga Sandi Negara bekerjasama dengan Kementrian Budaya dan Pariwisata untuk membuat Museum Sandi satu-satunya di Indonesia. Di museum ini kamu akan menemukan beragam koleksi mesin sandi buatan Indonesia dan buatan luar negeri. Selain mesin, ada juga buka sandi dan aneka dokumentasi persandian yang berbentuk gambar juga diorama. Disini juga terdapat sepeda kurir yang mengantarkan sandi rahasia. Bahkan disini kamu juga bisa membuat dan memecahan sandi buatan kamu sendiri, lho.

7. Museum Keraton Yogyakarta

Museum Keraton Yogyakarta
travelspromo.com

Museum yang satu ini juga menjadi salah satu museum di Jogya yang sering dikunjungi. Sesuai dengan namanya, museum ini berada dalam satu komplek dengan Keraton Yogyakarta.

Museum ini terdiri dari empat bagian, yaitu Museum Sri Sultan Hamengku Buwono IX, Museum Batik, Museum Kristal dan Museum Pameran Lukisan dan Foto. Semua koleksi yang ada di empat museum tersebut memiliki kaitan dengan perjalanan sejarah Keraton Yogyakarta. Disini kamu pun bisa belajar soal budaya Keraton Yogyakarta yang penuh dengan filosofi.

8. Museum Sonobudoyo

Museum Sonobudoyo
sonobudoyo.com

Museum di Jogya yang satu ini juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, khususnya bagi kamu yang suka dengan kebudayaan. Museum Sonobudoyo ini merupakan museum kebudayaan Jawa terlengkap kedua di Indonesia setelah Museum Nasional di Jakarta.

Di museum ini kamu akan menemukan sejumlah koleksi benda bersejarah dalam budaya Jawa yang jumlahnya mencapai puluhan ribu dan selalu bertambah setiap tahunnya. Di Jogya, kamu akan menemukan dua Museum Sonobudoyo, yaitu di Alun-Alun Utara Jogja dan Jalan Trikora. Jika kamu berkunjung ke Museum Sonobudoyo yang berada di Alun-Alun Utara saat malam hari, kamu bisa menonton pertunjukan wayang kulit yang menarik untuk disaksikan.

9. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta
travel.okezone.com

Jogya memang terkenal sebagai kota batik, untuk itu jika berlibur ke Jogya rasanya belum lengkap jika belum berbelanja batik. Namun, jika amu tertarik untuk mengetahui lebih jauh soal batik, kamu bisa berkunjung ke museum yang satu ini.

Museum BatiK Yogyakarta merupakan salah satu museum di Jogya yang layak untuk dikunjungi. Disini kamu bisa mengetahui lebih dalam tentang sejarah batik. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat aneka ragam kain batik juga mengikuti pelatihan membatik dan membuat kreasi batikmu sendiri. Seru, kan?

10. Museum Wayang Kekayon

Museum di Yogyakarta
gudeg.net

Museum di Yogyakarta yang terakhir adalah Museum Wayang Kekayon. Museum ini sangat cocok kamu kunjungi jika kamu ingin tahu lebih dalam seputar dunia wayang.

Museum yang telah berdiri sejak tahun 1990 ini menyimpan berbagai koleksi topeng dan wayang. Disini kamu juga bisa belajar tentang sejarah wayang. Koleksi wayang yang ada di museum ini terbuat dari kayu, kulit, kain hingga kertas. Lengkap sekali, bukan?

Demikianlah 10 museum di Yogyakarta yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Kota Gudeg tersebut. Dijamin akan menyenangkan dan menambah ilmu pengetahuan.



Leave a Reply