10 Tempat Camping di Majalengka, Lebih Dekat dengan Alam!


Fida  July 17, 2023  0 Comment

Majalengka merupakan sebutan bagi salah satu kawasan yang terletak di Jawa Barat. Kawasan yang satu ini dikenal menawarkan banyaknya pilihan destinasi wisata. Oleh karena itu, tidak heran jika Majalengka kerap dipilih sebagai tujuan berlibur bagi wisatawan dari berbagai daerah. Di Majalengka, kamu juga dapat menjumpai beberapa tempat camping dengan pemandangan indah dan menakjubkan. Aktivitas camping tentu dapat menjadikan liburanmu semakin berkesan. Terdapat banyak pilihan tempat camping di Majalengka yang menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. 

Tidak ada salahnya jika kamu menghabiskan waktu berlibur dengan mencoba sensasi camping di beberapa pilihan tepat camping di Majalengka berikut ini. 

Tempat Camping di Majalengka :

1. Bukit Mercury Sayang Kaak

bukit mercury sayang kaak
kataomed.com

Bukit Mercury Sayang Kaak dapat menjadi tujuan tepat bagi kamu yang sedang mencari tempat camping di Majalengka. Sesuai dengan sebutannya, tempat yang satu ini merupakan kawasan perbukitan dengan suguhan pemandangan alam yang indah. Pengunjung yang datang akan dimanjakan dengan suasana yang sejuk dan masih sangat alami.

Tidak hanya itu, Bukit Mercury Sayang Kaak juga menyediakan area selfie bagi kamu yang hobi berfoto. Saat sore hari tiba, pemandangan akan tampak semakin indah dengan suguhan sunset. Suasananya yang nyaman menjadikan tempat ini sebagai pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu berlibur bersama teman maupun keluarga.

Jika ingin camping atau berkemah, pastikan kamu membawa segala peralatan dan perbekalan dari rumah. Kamu tidak perlu khawatir karena tiket masuk menuju ke Bukit Mercury Sayang Kaak terbilang sangat terjangkau. Kamu dapat merasakan sensasi menyatu dengan alam saat camping di Bukit Mercury Sayang Kaak.

Alamat : Tejamulya, Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat

2. Taman Wisata Alam Cadas Gantung

cadas gantung
insiden24.com

Tidak kalah indah dengan tempat sebelumnya, Taman Wisata Alam Cadas Gantung juga dapat menjadi tujuan bagi kamu yang sedang mencari tempat camping di Majalengka. Tempat yang satu ini merupakan kawasan dengan suguhan pemandangan indah serta suasana sejuk. Untuk menuju ke lokasi kamu perlu menempuh jarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Majalengka. Tidak hanya itu, pengunjung juga perlu mendaki untuk mendapatkan view terbaik.

Meskipun cukup menguras tenaga, tetapi rasa lelah akan terbayar lunas saat tiba di lokasi. Disini, kamu dapat membangun tenda di area camping ground yang luas. Banyaknya flora yang tumbuh alami di sekitar camping ground juga menjadi daya tarik tersendiri.

Baca juga :  Bikin Nagih! Berikut 10 Rekomendasi Pecel Lele Terkenal di Surabaya

Pemandangan sunrise dan sunset yang disuguhkan dan dapat dilihat langsung dengan jelas tentu sangat memikat pengunjung. Saat sedang berada di Majalengka, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk datang dan menghabiskan waktu berlibur di Taman Wisata Alam Cadas Gantung.

Alamat : Mirad, Leuwimunding, Majalengka, Jawa Barat.

3. Camping Ground Curug Leles

camping ground curug leles
adventureaja.com

Ada cukup banyak pilihan tempat camping di Majalengka yang menarik untuk kamu datangi, salah satunya adalah Camping Ground Curug Leles. Sesuai dengan sebutannya, camping ground yang satu ini terletak berdekatan dengan Curug Leles. Sembari berkemah, kamu dapat sekaligus menikmati indahnya pemandangan air terjun serta aliran sungai.

Adanya suara gemercik air tentu menjadikan suasana semakin tenang dan terkesan sejuk. Selain berdekatan dengan tempat wisata, camping ground yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti adanya toilet, ruang pertemuan, mushola, atau tempat makan. Untuk menghabiskan waktu berlibur di sini, pengunjung hanya perlu membayar biaya tiket masuk sekitar Rp 15.000,-. Cukup terjangkau bukan?

Jika beruntung, pengunjung Camping Ground Curug Leles juga dapat mengikuti pendidikan konservasi seperti mengamati satwa liar hingga menanam pohon. Bagi kamu pecinta alam, Camping Ground Curug Leles tentu menjadi tujuan menarik yang bisa kamu datangi.

Alamat : Jalan Padaherang, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

4. Cidewata Campground

cidewata campground
portalmajalengka.pikiran-rakyat.com

Daftar tempat camping di Majalengka urutan ke-4 kali ini jatuh kepada Cidewata Campground. Camping ground yang satu ini terbilang sudah suku populer baik di kalangan masyarakat lokal maupun wisatawan. Untuk masuk ke kawasan camping ground, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp 10.000,-.

Kamu dapat memilih untuk membawa tenda dari rumah maupun menyewa di lokasi. Hal tersebut tentu sangat memudahkan pengunjung, khususnya bagi mereka yang ingin berkemah tetapi belum memiliki tenda dan perlengkapan lainnya.

Dengan ketinggian mencapai 1078 meter di atas permukaan laut, maka tidak heran jika Cidewata Campground menyuguhkan suasana yang sangat sejuk dan segar. Suhu di kawasan ini dapat mencapai kurang dari 25 derajat Celcius. Selain memiliki keanekaragaman flora, kamu juga dapat menjumpai banyak fauna seperti jalak kebo babi hutan, dan Menjangan. Pengunjung juga dapat melihat langsung indahnya pemandangan sunrise dan sunset yang berpadu dengan perbukitan di sekeliling camping ground.

Terdapat berbagai fasilitas menarik yang ditawarkan seperti adanya warung atau tempat makan, toilet, berapa permainan, hingga mushola. Lengkap sekali bukan?

Baca juga :  10 Cagar Alam di Indonesia Memiliki Pesona yang Luar Biasa

Alamat : Payung, Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

5. Bukit Kanaga

bukit kanaga
djavatoday.com

Bagi kamu yang hobi berkemah, mengunjungi salah satu tempat camping di Majalengka untuk menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Bukit Kanaga menjadi salah satu tempat favorit dan ramai diperbincangkan akhir-akhir ini. Camping ground yang satu ini terletak di kaki Gunung Ciremai nggak tidak heran jika menawarkan udara yang sejuk dan segar.

Hal lain yang menjadi daya tarik dari Bukit Kanaga adalah lokasinya yang diapit oleh dua sungai. Kamu dapat bermalam sekaligus menikmati indahnya suguhan pemandangan alam yang ditawarkan. Di beberapa waktu, kawasan ini juga dapat diselimuti kabut.

Areanya yang luas menjadikan Bukit Kanaga mampu menampung banyak tenda. Di sela-sela camping, kamu juga dapat bersantai di atas hammock. Banyaknya spot menarik dan instagramable juga menjadikan tempat ini cocok dikunjungi bagi kamu pecinta foto.

Alamat : Ciinjuk, Cipulus, Cikijing, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

6. Bumi Perkemahan Telaga Pancar

bumi perkemahan telaga pancar
javatravel.net

Tidak hanya dapat berkemah dengan suguhan pemandangan air terjun, kamu juga dapat berkemah dengan suguhan pemandangan telaga di Bumi Perkemahan Telaga Pancar. Kawasan yang satu ini juga dikenal sebagai tempat camping di Majalengka yang menyuguhkan pemandangan indah dan menakjubkan. 

Bumi perkemahan yang satu ini telah ada sejak tahun 1992 dan dikelola dengan baik hingga saat ini. Selain berkemah, pengunjung juga dapat melakukan berbagai kegiatan lainnya seperti trekking hingga berfoto dengan latar pemandangan alam yang indah. Bumi Perkemahan Telaga Pancar juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti mushola, toilet, hingga tempat makan. Hal itu tentu membuat pengunjung semakin nyaman dan betah berlama-lama di Bumi Perkemahan Telaga Pancar.

Tidak perlu khawatir menguras kantong, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000,- untuk datang dan menikmati suguhan suasana alam yang ditawarkan. Cukup terjangkau bukan?

Alamat : Desa Lengkong Kulon, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

7. Bumi Perkemahan Desa Pajajar

bumi perkemahan desa pajajar
top-rated.online

Bumi Perkemahan Desa Pajajar juga menjadi salah satu dari banyaknya tempat camping di Majalengka yang populer. Kawasan yang satu ini juga dikenal sebagai tempat petilasan Prabu Siliwangi, raja besar di tatar Sunda. Saat datang ke Bumi Perkemahan Desa Pajajar, kamu akan dimanjakan dengan area yang luas serta udara yang sejuk. 

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Bumi Perkemahan Desa Pajajar adalah pengunjung dapat menikmati langsung indahnya mata air Selendang Bidadari. Mata air yang sangat jernih ini tentu sangat memanjakan mata. Bumi Perkemahan Desa Pajajar sangat cocok didatangi bagi kamu yang ingin melepas penat maupun menenangkan diri. 

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Majalengka Paling Indah no #5 Tersembunyi

Selain dikenal indah, Bumi Perkemahan Desa Pajajar juga sangat bersejarah. Tidak perlu mengeluarkan biaya mahal untuk menikmati keindahan alam di sekitar Bumi Perkemahan Desa Pajajar. Saat datang ke Majalengka, tidak ada salahnya jika kamu mengagendakan untuk mencoba sensasi camping di bumi perkemahan yang satu ini. 

Alamat : Desa Pajajar, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

8. Bukit Sanghyang Dora

bukit sanghyang dora
nativeindonesia.com

Rekomendasi tempat camping di Majalengka berikutnya yang tidak kalah menarik untuk didatangi adalah Bukit Sanghyang Dora. Sesuai dengan sebutannya, kawasan yang satu ini merupakan bukit dengan ketinggian mencapai 385 meter diatas permukaan laut. Karena ketinggiannya tersebut, maka tidak heran jika kamu akan merasakan udara yang sejuk dan segar saat datang ke Bukit Sanghyang Dora. 

Saat memutuskan untuk berkemah, maka kamu dapat menikmati pemandangan matahari terbit yang sangat cantik. Tidak sedikit pengunjung yang menyempatkan untuk berfoto dengan latar indahya pemandangan alam. 

Tidak hanya dikenal indah, Bukit Sanghyang Dora juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan memudahkan pengunjung diantaranya adanya toilet, mushola, hingga kantin atau tempat makan. Lengkap sekali bukan? Kamu dapat merasakan sensasi menyatu dengan alam sekaligus menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan. 

Alamat : Leuwikujang, Kecamatan Leuwimunding, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

9. Bukit Pamoroan

bukit pamoroan
cirebon.tribunnews.com

Pernah mendengar sebutan Bukit Pamoroan? Bukit Pamoroan merupakan salah satu tempat wisata sekaligus tempat camping di Majalengka yang menarik untuk kamu datangi. Bukit yang satu ini dikenal menyuguhkan indahnya pemandangan lautan awan yang sangat memanjakan mata. 

Saat memutuskan untuk berkemah, maka kamu dapat menikmati indahnya pemandangan pagi di bukit ini. Bukit Pamoroan sangat cocok dikunjungi bagi kamu pecinta alam. Meskipun harus melakukan trekking sebelum tiba di lokasi, tetapi hal itu tidak menyurutkan niat pengunjung untuk datang ke Bukit Pamoroan. 

10. Bumi Perkemahan Cipanten

bumi perkemahan cipanten
kabaralam.com

Satu lagi tempat camping di Majalengka yang tidak boleh kamu lewatkan yakni  Bumi Perkemahan Cipanten. Bumi perkemahan yang satu ini dikenal menyuguhkan indahnya jajaran pohon pinus. Tidak hanya populer di Majalengka, Bumi Perkemahan Cipanten juga dikenal sebagai tempat camping terbaik di Jawa Barat. 

 Bumi Perkemahan Cipanten menyuguhkan pemandangan indah serta fasilitas lengkap yang akan memanjakan pengunjung. Kamu juga dapat mencoba berbagai wahana serta permainan di Bumi Perkemahan Cipanten. Beberapa yang dapat kamu coba diantaranya wahana becak air, sepeda air, perahu, sepeda gantung, dan masih banyak lagi. 

Alamat : Argalingga, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

source : https://www.youtube.com/@sahabatoase

Nah, itulah daftar 10 tempat camping di Majalengka yang populer dan tidak boleh kamu lewatkan. Dari daftar di atas, tempat manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu datangi? 



Leave a Reply