5 Candi di Sidoarjo Cocok Untuk Kamu Pecinta Wisata Sejarah


Fida  October 27, 2021  0 Comment

Sidoarjo merupakan salah satu kabupaten di Jawa Timur yang juga dikenal menawarkan banyak tempat wisata. Bagi pencinta tempat wisata bersejarah, ada dapat datang ke berbagai pilihan wisata candi di Sidoarjo. Meskipun telah lama ada, beberapa candi di Sidoarjo masih tampak sangat kokoh dan menarik untuk didatangi. Beberapa wisata candi juga menawarkan pemandangan indah serta memiliki banyak spot instagramable yang tentu cocok dikunjungi bagi Anda pecinta foto. Berikut daftar candi di Sidoarjo yang dikenal unik dan menarik untuk dikunjungi

1. Candi Sumur

Candi Sumur
gotravelly.com

Beberapa dari Anda khususnya yang tinggal di Jawa Timur tentu sudah tidak asing dengan sebutan wisata Candi Sumur. Candi Sumur merupakan nama salah satu candi di Sidoarjo yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan. Candi yang satu ini memiliki bentuk bangunan yang unik dan sangat menarik serta terlihat sangat alami. Meskipun bentuk candi sudah tidak utuh, tetapi hal itu justru menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Wisata candi yang satu ini berlokasi di daerah Candipari Kulon, Candipari, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Konon katanya, candi ini dibangun untuk mengenang tempat hilangnya seorang sahabat atau adik angkat dari Putra Prabu Brawijaya. Candi yang satu ini didirikan pada masa yang sama dengan Candi Pari. Lokasinya juga tidak jauh dari Candi Pari yakni hanya berkisar 100 hingga 200 meter saja. Candi sumur merupakan salah satu cagar budaya di Kabupaten Sidoarjo yang bisa Anda kunjungi.

Gotravelly

Nggak Cuma Lumpur Lapindo, Sidoarjo Juga Punya Situs Candi Pari Yang Bersejarah

Gapura Wringin Lawang, Megahnya Gerbang Kerajaan Majapahit

2. Candi Pari

Candi Pari
phinemo.com

Selain Candi Sumur, Candi Pari juga merupakan salah satu candi di Sidoarjo yang cukup populer dan ramai didatangi wisatawan. Candi yang satu ini bisa Anda kunjungi di Jalan Purbakala, Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Pengunjung akan dimanjakan dengan bentuk bangunan candi yang megah serta taman yang sangat terawat di sekeliling candi. Mengunjungi Candi Pari saat pagi atau sore hari tentu menjadi waktu terbaik yang bisa Anda pilih.

Meskipun telah berdiri sejak lama, bangunan candi ini masih tampak cukup megah dan kokoh. Di sekeliling candi terdapat taman yang cukup menarik sebagai spot foto instagramable. Tidak hanya menarik untuk dilihat, adanya taman juga menambah kesan sejuk bagi pengunjung yang datang ke kawasan candi. Menurut batu yang ada di bagian gerbang candi, candi ini tertulis dibangun pada tahun 1293 Saka atau 1371 Masehi. Candi Pari ditemukan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda pada 16 Oktober 1906. Kemudian pada tahun 1994 hingga 1996 dilakukan pemugaran oleh Kantor Wilayah Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dan SPSB Jawa Timur.

3. Candi Tawangalun

 Candi Tawangalun
viva.co.id

Tidak perlu bingung menentukan tujuan wisata candi di Sidoarjo, candi Tawangalun menjadi destinasi yang tepat untuk Anda datangi. Candi yang satu ini berlokasi di Jalan Tawangalun, Buncitan, Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

Candi Tawangalun merupakan candi peninggalan Majapahit. Meskipun beberapa bagian candi sudah tampak tidak kokoh lagi, tetapi candi yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri dan tetap banyak didatangi oleh pengunjung. Candi Tawangalun sempat mengalami pemugaran pada bagian atap candi serta dinding candi. Lokasi candi yang berada di perbukitan dan jauh dari pemukiman menjadikan area candi menawarkan suasana yang sangat sejuk dan tenang. Pengunjung akan dimanjakan dengan banyaknya spot foto menarik dan instagramable. Menurut juru kunci, candi ini seperti di anak tirikan oleh pemerintah karena tidak memiliki pagar, papan peringatan, hingga papan nama yang tidak memadai. Tempat yang satu ini cocok didatangi bagi Anda yang suka berwisata sejarah. Saat berkunjung ke Sidoarjo, Candi Tawangalun menjadi salah satu tempat wisata bersejarah yang sangat direkomendasikan untuk Anda datangi.

4. Candi Medalem

Candi Medalem
warnainfo.blogspot.com

Ada cukup banyak pilihan wisata candi di Sidoarjo yang bisa dikunjungi. Salah satu candi yang cukup populer di kalangan warga lokal maupun wisatawan adalah Candi Medalem. Candi yang satu ini berlokasi di daerah Medalem, Tulangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Lokasinya yang mudah dicari menjadikan pengunjung dapat dengan mudah datang ke lokasi candi ini.

Candi Medalem memang tidak tampak semegah candi lainnya. Candi yang satu ini memiliki banyak cerita unik salah satunya adalah kawasan ini dulunya hanya lahan yang ditumbuhi beberapa pohon besar kemudian sang juru kunci mendapat bisikan bahwa di bawah pohon terdapat sebuah candi. Sejak saat itu kawasan ini dikenal sebagai tempat wisata candi di Sidoarjo. Candi ini memang berukuran lebih kecil jika dibanding dengan candi lainnya. Kawasan Candi Medalem kerap dipugar dan yang paling sering adalah bagian jalan candi dan atap candi. Di sekeliling candi terdapat taman serta pepohonan yang menjadikan suasana sejuk dan tenang. Candi Medalem dapat menjadi pilihan destinasi tempat wisata bersejarah yang bisa Anda kunjungi saat datang ke Sidoarjo.

5. Candi Dermo

Candi Dermo
tempatwisata.pro

Diantara Banyaknya pilihan destinasi wisata bersejarah berupa candi, Anda dapat mengunjungi salah satu yang cukup populer yakni Candi Dermo. Candi yang satu ini berlokasi di daerah dusun Candi Santren, Kecamatan Wonoayu, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Candi yang satu ini merupakan situs peninggalan dari masa klasik Hindu Budha. Beberapa ahli mengatakan bahwa candi ini diduga dibangun dari abad ke-14. Belum diketahui pasti waktu pembangunan candi karena belum terdapat sumber yang pasti dan tertulis. Pada Desember 2020, candi ini telah selesai dipugar dan diresmikan oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur.

Meskipun beberapa bangunan candi sudah tidak utuh lagi, tetapi hal itu dibiarkan alami dan justru menambah kesan unik tersendiri. Pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai spot menarik yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto. Di sekeliling candi terdapat area taman serta pepohonan yang menjadikan suasana sejuk dan rindang. Tidak perlu bingung menentukan tujuan saat ingin menangis salah satu tempat wisata bersejarah di Sidoarjo, Candi Dermo menjadi destinasi yang tepat untuk Anda kunjungi. Tidak heran jika kawasan ini juga kerap menjadi tujuan para fotografer karena Candi Dermo memiliki banyak spot menarik dan instagramable.

Nah, di atas merupakan daftar 5 candi di Sidoarjo yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan. Bagi Anda pecinta wisata bersejarah, candi-candi tersebut tentu menjadi rekomendasi menarik yang bisa Anda kunjungi. Dari 5 rekomendasi candi di Sidoarjo tersebut, candi manakah yang paling ingin Anda datangi?



Leave a Reply