10 Oleh-oleh khas Majalengka Rekomendasi Traveller


sisil angelin  May 10, 2021  0 Comment

Kamu lagi berada di Kabupaten Majalengka maka jangan pernah lewatkan untuk mencicipi beraneka hidangan khas Kabupaten Majalengka yang unik, lezat, dan pastinya wajib banget untuk kalian coba saat berada di Kabupaten Majalengka dan membawa Oleh-oleh khas Majalengka. Nah kalian bingung apa aja sih kuliner khas Majalengka yang enak, dan bisa dibeli untuk menjadi oleh-oleh orang tersayang. Maka kali ini GoTravelly bakalan kasih kalian oleh-oleh khas Kabupaten Majalengka yang rekommended banget, dan pastinya cocok untuk buah tanggan teman, keluarga, ataupun orang tersayang. Dari pada penasaran langsung aja yuk simak artikel dibawah ini!

1. Oncom Goreng

Oncom Goreng
popbela.com

Oncom Goreng yang akan kita bahas pertama ini memang menjadi camilan khas Kabupaten Majalengka yang populer, dan sellau dicari wisatawan saat berkunjung ke Kabupaten Majalengka. Jadi Oncom Goreng ini memang berbeda dengan Oncom Goreng yang ada di Kota Bandung yang menggunakan lapisan tepung untuk menggoreng Oncom Goreng. Namun di Kabupaten Majalengka biasanya Oncom Goreng ini akn diberi bumbu, dan akan dicampur dengan bawang goreng. Sehongga memberikan cita rasa asin, dan gurih! Oncom Goreng biasanya dijadikan pelengkap untuk makan bakso, ataupun mie ayam bagi masyarakat Kabupaten Majalengka. Selain menjadi pelengkap untuk makan bakso, dan mie ayam Oncom Goreng juga bisa menjadi lauk dengan nasi hangat.

Nah dari pada penasaran sama rasanya langsung aja yuk berburu Oncom Goreng di Kabupaten Majalengka. Untuk menemukan Oncom Goreng sangat mudah, kalian bisa kepusat oleh-oleh yang ada di Kota Magelang.

Gotravelly

Seblak Jeletot Teh Rani Cabang Jombang, Seblak Paling Enak Di Jombang!

Baca juga :  10 Oleh-oleh khas Kuningan Yang unik Dan Mengesankan

Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

2. Kecap Majalengka

Kecap majalengka
shopee.co.id

Di Kabupaten Majalengka memang terkenal sekali memiliki kecap yang manis, gurih, dan bikin nagih! Salah satu tempat penghasil kecap di Magelang adalah di Kecamatan Cigasing, dan untuk menemukan Kecap Majalengka sangat mudah, kalian bisa membelinya dipusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Majalengka. rasa dari Kecap Majalengka ini sangat disukai masyarakat, dan biasnaya dimakan untuk menjadi pelengkap masakan. dari pada penasaran Kecap Majalengka bisa kalian beli untuk oleh-oleh.

3. Ampas Kecap

Ampas Kecap
cookpad.com

Selain kecap di Kabupaten Majalengka ternyata ampas kecap juga dijual loh guys. Jadi ampas kecap ini akan dimasak, dan dijadikan lauk bagi masyarakat Majalengka. Nah ampas kecap ini berasal dari sisa kacang kedelai yang sudah dimelalui proses pembuatan kecap. Untuk rasa dari ampas kecap ini gurih, manis, dan asin. Meskipun warnya hitam, tapi rasa dari ampas kecap memang yummy banget! Jadi kalian bisa membeli ampas kecap ini dibeberapa warung sunda yang ada di Majalengka. kuliner yang satu ini juga bisa menjadi oleh-oleh kalian untuk dimakan dengan keluarga dirumah.

4. Tutut

Oleh-oleh khas Majalengka Tutut
travel.kompas.com

Tutut ini menjadi makanan kesukaan orang Magelang. Untuk kalian yang belum tau apa sih Tutut? Jadi Tutut ini adalah keong yang memiliki ukuran kecil, dan Tutut ini akan dimasak dengan rempah-rempah untuk mengilangkan bau amis serta lendir. meskipun tampilan dari Tutut ini tidak menarik, tapi rasanya emang sempurna! Jadi kalian bisa membeli Tutut untuk dimakan, dan dijadikan oleh-oleh. Tutut bisa dimakan langsung, dan untuk kalian yang ingin menikmati Tutut dengan nasi juga bisa. Tekstur dari Tutut ini kenyal, gurih, dan manis.

5. Kaluak Jeruk

 Kaluak Jeruk
infociwidey.com

Kaluak Jeruk ini adalah manisan yang berasal dari kulit jeruk bali yang dicampur dengan gula merah, gula kawung, ataupun gula pasir untuk menghilangkan rasa pahit dari kulit jeruk. Jadi Kaluak Jeruk ini memang menjadi camilan legendaris, dan tradisional di Kabupaten Magelang. meskipun untuk menemukan Kaluak Jeruk ini cukup susah, tapi Kaluak Jeruk ini wajib banget kalian beli saat kalian menemukan penjual Kaluak Jeruk, dan kalian coba bagaimana rasanya manisan kulit jeruk ini. Untuk rasa sih memang cendrung manis, gurih, dan bikin nagih! Jadi kalian bisa membeli Kaluak Jeruk untuk oleh-oleh keluarga, teman, atau orang tersayang.

Baca juga :  10 Negara Dengan Hidangan Vegetarian Terlezat Di Dunia

6. Rempeyek Palasah

Rempeyek Palasah Majalengka
cookpad.com

Camilan yang akan kita bahas diurutan keenam ini adalah Rempeyek Palasah. Jadi Rempeyek Palasah ini memang resepnya sudah ada sejak dahulu, dan masih terjaga kualitasnya dari turun-temurun. resep rahasia dari Rempeyek Palasah masih belum diketahui. Memang rasa dari Rempeyek Palasah sangat gurih, dan rempah yang menjadi campuran Rempeyek Palasah memang sangat kerasa. Makanya tak heran jika Rempeyek Palasah ini selalu menjadi kesukaan orang Majalengka untuk dijadikan camilan, dan pelengkap untuk makan pecel. Beberapa wisatawan yang berkunjung ke Majalengka juga biasanya berburu Rempeyek Palasah untuk dijadikan oleh-oleh. Gimana kalian tertarik mencoba Rempeyek Palasah?

7. Buah Duwet

Buah Duwet  khas Majalengka
idntimes.com

Buah Duwet sekilas memang mirip dengan buah anggur hitam, tapi rasa dari Buah Duwet memang berbeda dengan anggur yang cendrung manis, dan Buah Duwet ini lebih kearah asam. Tapi meskipun asam banyak sekali yang suka dengan Buah Duwet. Buah Duwet ini juga kaya akan manfaat, dan baik untuk tubuh. salah satu manfaat dari Buah Duwet adalah menurunkan kadar kolestrol. Buah Duwet bisa kalian temukan dipinggir jalan, dipenjual buah, dan pusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Majalengka. Dari pada penasaran langsung aja yuk beli Buah Duwet, dan cicipi rasanya!

8. Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu Majalengka
mybotanyland.com

Mangga Gedong Gincu yang menjadi ikon Kabupaten Magelang ini memag sangat terkenal dengan rasanya yang manis, fresh, dan kualitasnya yang bagus. Bentuk, dan warna dari Mangga Gedong Gincu memag terlihat cute banget! Mangga Gedong Gincu ini juga menjadi salah satu industri di Kabupaten Majalengka, dan Mangga Gedong Gincu ini sudah diekspor kebeberapa negara. Beberapa negara itu adalah Jepang, Korea, dan Arab Saudi. makanya tak heran jika Mangga Gedong Gincu ini menjamur dimana-mana, dan Mangga Gedong Gincu ini bisa menjadi pilihan kalian untuk dibeli menjadi oleh-oleh.

Baca juga :  10 Kripik Khas Indonesia Dari Berbagai Daerah Dengan Rasa Kriuk Menggoda

9. Gula Cakar

Gula Cakar
bukalapak.com

Gula Cakar ini sekilas mungkin kalian mengira adalah camilan. Namun Gula Cakar ini menjadi gula yang bisa kalian campur untuk pemanis secangkir kopi, atau teh. Gula Cakar ini terbuat dari gula batu, soda, dan diberi pewarna makanan sehingga terlihat menarik. Gula Cakar ini memang menjadi salah satu oleh-oleh khas Kabupaten Majalengka yang terkenal sekali dengan kulitas, dan rasanya yang manis. Cocok banget kalian beli untuk dicampur bersama teh, ataupun kopi dirumah. Gula Cakar juga bisa menjadi pilihan kalian untuk oleh-oleh teman, ataupun keluarga dirumah. Untuk menemukan Gula Cakar cukup mudah kalian bisa membelinya dipusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Majalengka.

10. Jalakotek

Jalakotek Majalengka
jalakotek

Oleh-oleh khas Kabupaten Majalengka yang akan kita bahas terakhir ini adalah Jalakotek. jadi Jalakotek adalah camilan yang terdiri dari tahu, dan bakso aci yang dibumbui. Sekilas Jalakotek ini mirip dengan kue pastel, dan Jalakotek ini digoreng sehingga memiliki citarasa gurih! Nah untuk menemukan Jalakotek ini bisa kalian beli untuk menjadi oleh-oleh keluarga tercinta Jalakotek juga enak dicocol dengan saus sambal. Untuk menemukan Jalakotek kalian bisa membelinya dipusat oleh-oleh yang ada di Kabupaten Majalengka.

itulah 10 oleh-oleh khas Majalengka yang bisa kalian beli untuk teman, atau keluarga tercinta! Selamat mencoba!



Leave a Reply