Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

10 Tempat Bermain Kayak Terbaik di Indonesia


sisil angelin  September 12, 2019  0 Comment

Olahraga kayak menjadi salah satu jenis permainan olahraga air yang menggunakan perahu kecil yang didayung menggunakan tenaga manusia. Permainan ini cukup diminati oleh para digemari oleh para wisatawan yang bisa dilakukan di aliran sungai maupun di laut. Bermain kayak di Indonesia bisa dilakukan di beberapa tempat yang cukup rekomen untuk dikunjungi para wisatawan. Berikut rekomendasi tempat bermain kayak di Indonesia.

Rekomendasi Tempat Bermain Kayak di Indonesia

Bermain kayak menjadi salah satu jenis olahraga air yang sekarang ini cukup diminati oleh para pencinta olahraga air. Selain dapat melatih otot tangan, bermain kayak menjadi salah satu olahraga ekstrem dengan perahu berukuran kecil lengkap dengan dayungnya. Bagi Anda yang ingin bermain kayak, Anda bisa mengunjungi tempat berikut ini untuk merasakan sensasi mengayuh dayung kayak.

1. Sungai Opak, Yogyakarta

image credit : https://travel.detik.com

Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi menegangkan dari bermain kayak di sungai Opak. Di sini anda akan merasakan sensasi melalui jeram yang menantang di sungai Opak yang akan menantang adrenalin. Selain itu, keindahan alam yang menakjubkan dikelilingi oleh dinding-dinding di pinggir sungai akan Anda nikmati selama mengayuh dayung kayak.

Menariknya, di sungai Opak ini Anda juga bisa melakukan aneka aktivitas ekstrem lainnya, seperti panjang tebing ataupun lompat dari tebing. Bagi Anda yang ingin menikmati wisata lain, terdapat eduwisata setren opak yang dikelola oleh remaja setempat, seperti menyusuri sungai, spot foto, taman bermain anak, dan aneka penjaja kuliner khas Yogyakarta.

2. Danau Toba

image credit : https://thetravelintern.com

Sebagai danau terbesar di Indonesia, Danau Toba menawarkan ragam wisata air yang bisa Anda mainkan. Salah satu olahraga air yang cukup populer untuk dimainkan di Danau toba adalah bermain kayak.

Meskipun air danau terlihat tenang, Anda akan merasakan hembusan angin yang cukup menantang saat mengarungi Danau Toba menggunakan kayak. Agar Anda tidak basah kuyup saat bermain kayak di Indonesia, Anda perlu menjaga keseimbangan agar kayak tidak terbalik saat berada di tengah danau.

3. Kepulauan Mentawai

image credit : https://www.travelblog.id

Sebagai salah satu tempat yang terkenal dengan spot surfing-nya, Kepulauan Mentawai juga banyak digunakan untuk bermain kayak yang seru. Di sini Anda akan bertemu para petualang dari berbagai negara yang akan merasakan deburan ombak besar yang menantang.

Selain ombaknya yang menantang, kondisi alam di Kepulauan Mentawai juga masih sangat alami. Sehingga tak hanya adrenalin Anda saja yang tertantang unuk bermain kayak, tetapi mata Anda juga akan tertuju pada pasir putih dan air laut yang masih jernih.

4. Sungai Mahakam

image credit : https://foto.kompas.com

Bagi Anda yang ingin bermain kayak dengan suasana di pedalaman Kalimantan, Anda bisa kayaking di sepanjang aliran sungai Mahakam. Bermain kayak di Sungai Mahakam tidak hanya membuat tubuh Anda semakin bugar, tetapi Anda akan merasakan sensasi menarik saat berpetualang melintasi hutan Kalimantan yang masih sangat rimbun. Meskipun aliran sungai Mahakam cukup tenang untuk bermain kayak, Anda tetap harus waspada jika Anda melewati hutan Kalimantan.

5. Sungai Asahan

image credit : https://akurat.co

Memiliki panjang 150 kilometer, Sungai Asahan juga memiliki aliran sungai yang cukup deras. Bagi Anda yang ingin bermain kayak di Indonesia seperti yang di Afrika atau Amerika, Anda bisa melakukan kayaking di Sungai Asahan.

Meskipun memiliki aliran sungai yang cukup deras, Sungai Asahan cukup banyak dikunjungi oleh para wisatawan untuk menantang adrenalin menyusuri derasnya jeram sungai. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba bermain kayak, ada baiknya Anda mencari spot sungai yang tidak terlalu banyak jeram dan cukup tenang aliran sungainya.

6. Raja Ampat

image credit : https://www.thesevenseas.net

Selain memiliki panorama yang sangat indah, Raja Ampat juga terkenal sebagai tempat bermain kayak terbaik di dunia. Di Raja Ampat terdapat lebih dari 1.500 pulau kecil yang bisa dieksplorasi keindahan alamnya.

Selain memiliki keindahan alam yang memukau, laut di Raja Ampat juga memiliki ombak yang khas lautan Indonesia Timur yang cukup besar. Agar keselamatan Anda tetap terjaga, ada baiknya Anda dipandu oleh seorang guide profesional.

7. Nusa Lembongan

image credit : https://bali.idntimes.com

Bagi Anda yang berkunjung ke Bali, ada baiknya Anda juga mengunjungi Pulau Nusa Lembongan yang memiliki panorama pantai yang sangat indah. Selain banyaknya destinasi wisata yang bisa dinikmati di Nusa Lembongan, Anda juga bisa mencoba sensasi bermain kayak dengan air laut yang berwarna biru.

Meskipun pengunjung Nusa Lembongan tidak seramai jika Anda berada di Pulau Bali, di sini sudah tersedia fasilitas yang cukup lengkap dan nyaman. Selain bisa digunakan untuk bermain kayak, di Nusa Lembongan Anda juga bisa melakukan snorkeling, menyelam, maupun berselancar.

8. Pantai Sanur, Bali

image credit : http://tempatwisatabersama.blogspot.com

Selain Nusa Lembongan, Anda juga bisa bermain kayak di Pulau Sanur. Pulau Sanur sendiri menjadi dermaga penyeberangan ketika Anda ingin mengunjungi Pulau Nusa Lembongan. Sehingga kondisi air laut yang ada di Pantai Sanur tidak jauh berbeda dengan kondisi air laut di Nusa Lembongan.

Selain memiliki ombak yang relatif lebih tenang, Pantai Sanur memiliki panorama pantai yang indah seperti pasir putih. Bagi Anda yang ingin bermain kayak di Indonesia, Anda bisa menyewa beragam peralatan kayak yang ada di sepanjang Pantai Sanur. Selain bermain kayak, bersama kano juga bisa dilakukan bersama-sama, terutama bagi Anda yang baru pertama kali mencobanya.

9. Batu Lumpang Garden, Pangandaran

tempat bermain kayak terbaik di indonesia
image credit : http://alampangandaran.com

Batu Lumpang Garden merupakan salah satu spot terbaik untuk bermain kayak dengan panorama yang masih alami khas selatan Pulau Jawa. Di sini ada paket bermain kayak dan kano yang disiapkan bagi Anda yang ingin menantang adrenalin menyusuri sungai di Batu Lumpang.

Untuk paket kayak dan kano sendiri dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 13.00 dengan durasi perjalanan menuju sungai hingga bermain antara 2-4 jam. Untuk menuju sungai dari titik Batu Lumpang Garden harus ditempuh dengan jarak 26 km. Meskipun cukup jauh, dengan mengambil paket yang sudah disediakan, Anda akan diantar menuju spot bermain kayak menggunakan mobil pick up.

10. Pulau Tegal Mas Lampung

tempat bermain kayak terbaik di indonesia
image credit : https://travelingyuk.com

Berlibur ke Maladewa ternyata bisa lakukan sendiri di Indonesia. salah satu tempat eksotis yang memiliki panorama mirip dengan Maladewa adalah Pulau Tegal Mas yang berada di Provinsi Lampung. Selain keindahan pantainya, Anda bisa bermain kayak ataupun menyelam melihat terumbu karang yang menghiasi Pulau Tegal Mas.

Beragam penginapan juga disediakan di Pulau ini. Menariknya, penginapan di Pulau Tegal Mas dibangun dengan gaya tradisional dengan atap jerami dan dinding yang terbuat dari kayu ataupun bambu. Anda juga bisa mengambil paket bermain aneka permainan air lengkap dengan penginapanhanya dengan biaya sekitar 3-6 juta untuk setiap orangnya.

Nah, itulah tempat bermain kayak terbaik yang ada di Indonesia. Menikmati sensasi bermain kayak di Indonesia akan membawa Anda hanyut menikmati panorama indah bumi pertiwi. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda.



Leave a Reply