Nasi Serpang khas Bangkalan: Menu Sarapan Nikmat Kaya Lauk Pauk

nasi serpang khas bangkalan

pritagizela | Tourist
Bangkalan, Jawa Timur, Indonesia | halal
29 Feb 2020


Nasi Serpang khas Bangkalan: Menu Sarapan Nikmat Kaya Lauk Pauk
Jalan-jalan di Bangkalan? Jangan lupa untuk menyantap Nasi Serpang sebagai menu sarapan kalian guys. Apa itu Nasi Serpang? Simak ulasan lengkapku ya..

 

Kalo ngomongin soal kuliner khas Madura, banyak banget yang bisa dicobain pasalnya Madura punya ragam kuliner yang lezat dan jarang bisa ditemui di daerah lain. Kebetulan kemaren aku dan salah satu temen jalan-jalan nih ke Madura tepatnya ke Kabupaten Bangkalan. Kabupaten yang berada di ujung pulau ini berada cukup dekat dari Kota Surabaya, sehingga tak heran kalo kota ini udah mulai modern. Namun, kota kecil ini juga masih banyak mempertahankan ciri khasnya misalnya aja dalam urusan kuliner. Salah satu kuliner khas Bangkalan dan jarang banget bisa ditemui di daerah lain adalah Nasi Serpang.

Kalian mungkin belum familiar dengan kuliner yang satu ini ya guys karena emang Cuma ada di Kota Bangkalan aja. Kemarin pun saat aku berkunjung kesana, sempet kesusahan dan muter-muter buat cari penjual nasi serpang ini karena udah mulai habis. Entah penjualnya yang udah berkurang atau emang aku yang dateng kesiangan. Pasalnya, nasi serpang ini hanya bisa dinikmati di pagi hari aja guys, yaitu sekitar jam 6 sampe jam 9 kadang udah habis. Cocok banget emang buat menu sarapan.

nasi serpang khas bangkalan

Lanjut ke apa itu Nasi Serpang. So, Serpang adalah sebuah nama dusun di Desa Sabiyan, Kecamatan Arosbaya yang berada sekitar 10 kilometer dari pusat kota Bangkalan. Nah, nasi serpang ini asalnya memang dari sana guys yang kemudian diwariskan secara turun-temurun. Namun, ada juga yang berpendapat jika kuliner ini bukan berasal dari dusun Serpang melainkan dari dusun tetangganya yang kemudian dijajakan di kawasan dusun Serpang.

nasi serpang khas bangkalan

Aneka lauk dari Nasi Serpang

nasi serpang khas bangkalan

Nasi Serpang adalah kuliner berupa nasi yang kaya akan lauk pauk. Seporsi nasi serpang ini berisikan nasi pulen dan aneka lauk pauk seperti bihun goreng, dendeng sapi, sambal goreng kerang, pepes tongkol, telur asin, serundeng, rempeyek dan kuah sik-usik yang merupakan kulit sapi berkuah santan kental. Nasinya emang terlihat sedikit guys, tapi cukup bikin perut kenyang.

nasi serpang khas bangkalan

nasi serpang khas bangkalan


Rasa dari masing-masing lauk ini beda-beda pastinya guys. Rempeyak di nasi ini menghadirkan rasa yang gurih, lalu sambal goreng kerangnya juga gurih namun ada rasa pedas dan manisnya. Rasa asin juga dihadirkan dalam pepes tongkol, telur asin dan serundengnya. Dan yang paling khas dan unik menurutku adalah kuah sik-usik yang sangat terasa kuat santannya.

nasi serpang khas bangkalanKuah Sik-usik

Seporsi nasi serpang ini dibanderol dengan harga Rp 15.000 aja dan porsinya emang pas banget untuk sarapan. Untuk mencicipi nasi serpang ini, sekarang kalian ngga perlu jauh-jauh menuju dusun Serpang karena di kawasan kota Bangkalan sudah ada beberapa penjualnya. Kemaren yang aku cobain adalah nasi serpang di kawasan Lebak, Pejagaan, Bangkalan.

nasi serpang khas bangkalanNasi Serpang Rp 15.000,-

Lokasinya kaki lima gitu guys, namun ada meja dan kursi plastik untuk tempat makannya. Kebanyakan pembelinya dibungkus, makanya ngga banyak meja dan kursi yang tersedia. Penjualnya sendiri udah berjualan sekitar 17 tahun dan sekarang udah generasi kedua. Cukup legend sih guys nasi serpang yang satu ini. Detail lokasinya nanti kalian bisa cek di maps ya.

nasi serpang khas bangkalanIni warungnya guys

So guys, kalo kalian kebetulan bertandang ke kota Bangkalan dan pengen nyobain sajian khasnya, wajib banget deh cobain Nasi Serpang ini. Dijamin kalian bakal suka banget, tapi saran aku sih kalian harus siap bangun pagi ya karena penjual nasi serpang ini mulai berjualan jam 5 pagi hingga jam 10 pagi aja. Selamat mencoba!

Video by Gotravelly

 

Opening Hours
Buka setiap hari mulai jam 05.00 - 10.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY