10 Rekomendasi Tahu Petis Enak Di Jawa Tengah


sisil angelin  May 15, 2019  0 Comments

Tahu Petis Enak Di Jawa Tengah- Indonesia kaya akan makanan dan juga masakan khas Nusantara, Setiap daerah memiliki makanan khas yang dapat menjadi magnet bagi wisatawan dan bisa menjadi buah tangan. Terdapat banyak sekali makanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa yang luar biasa.

Nah untuk kali ini kita akan membahas salah satu makanan Khas Indonesia yang wajib untuk dicoba karena memiliki cita rasa yang bikin nagih. Salah satu makanan yang sangat dicari oleh banyak orang apalagi para wisatawan. Makanan tersebut berasal dari Jawa Tengah merupakan daerah yang terdapat banyak khas yang sangat wajib untuk dicicipi.

Salah satu makanan tersebut adalah tahu petis yang merupakan jajanan yang khas dari kota Semarang. Makanan ini berupa tahu goreng yang dimakan dengan petis yaitu saus yang berwarna hitam dan kental yang terbuat dari udang yang ada di tengah-tengah bagian tahu. Tahu ini memiliki rasa yang tidak asing dan goreng sampai warnanya berubah menjadi kecoklatan dan hanya dibumbui dengan larutan garam dan juga bawang putih, Dan untuk petis memiliki rasa yang sedikit asing yang dapat menggugah selera maka ditambah dengan cabai rawit.

Memiliki keunikan dari rasa petis yang memiliki bahan dasar udang yang beraroma harum dan enak. Semarang yang merupakan kota besar yang ada Di Jawa Tengah  yang memiliki banyak tempat wisata dan juga jajanan tahu petis yang enak. Tahu petis tidak dapat dipisahkan dari kota Semarang karena hampir semua daerah Semarang menjual petis, Di Desa, Perkotaan, bahkan juga di pusat keramaian. Dan berikut ini kita akan membahas 10 Rekomendasi tahu petis enak di Jawa Tengah yang wajib untuk kamu coba :Kamu dapat mengunjungi beberapa tempat yang menjual makanan tradisional khas Semarang yang memiliki rasa yang enak. Kamu dapat menemukannya di Warung tradisional yang letaknya berada di Semarang.

Rekomendasi Tahu Petis Enak Di Jawa Tengah

1. Tahu Petis Prasojo

Disini kamu akan menemukan tahu petis yang lezat dengan isian bumbu petis yang memiliki rasa gurih dan lezat. Dan ini merupakan tempat yang sangat populer untuk menemukan tahu petis yaitu di Tahu petis Prasojo. Disini selain isiannya yang gurih, tahu petis juga disajikan dengan tambahan cabai rawit . Usaha tahu petis Prasojo sudah ada sejak tahun 1980. Rasanya yang khas tetap dijaga dari mulai awal berjualan hingga sampai sekarang. Dan bumbu petis yang dijadikan isian tahu petis juga diproduksi sendiri sehingga rasanya tetap sama.

Baca juga :  7 Jajanan Khas Banten Bercita Rasa Legit Hingga Gurih Menggoda

Petis dibuat dari olahan campuran udang dan cumi dengan ditambahkan gula dan juga garam. Untuk sehari saja warung Prasojo bisa menghabiskan delapan kilogram cumi dan juga udang untuk diproduksi. Disini rasa dan juga aroma petisnya sangat kuat dan tahu yang digunakan pun tidak sembarangan. Ia menggunakan tahu jenis pong atau tahu tanpa isian karena akan diisi dengan petis. Di warung Prasojo kamu juga dapat menemukan bumbu petis botolan yang dapat kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

tahu petis enak

Bakpia Pathok 25 : Oleh-Oleh Yang Harus Banget Dibeli Saat Ke Jogja!

Nikmat Menyantap Nasi Pecal Saat CFD Di Lapangan Bajra Sandhi Renon

Kekeyalan Es Siwalan Khas Gresik Bikin Ketagihan

2. Tahu Petis Mataram

Kamu dapat mengunjunginya di Jalan Mataram, Haryono Kota Semarang. Disini juga menyediakan tahu petis yang enak dan legendaris. Menyediakan tahu petis yang enak dan gurih harganya juga sangat terjangkau.

3. Tahu Petis Rasamala

Terletak di Jalan Rasamala Raya, Kios pasar Jati, Banyumanik, kota Semarang. Disini menjual tahu petis yang tak kalah enak yang memiliki bumbu yang gurih manis dan juga rasa pedas dari cabenya.

4. Tahu petis Bu Aning

Untuk kamu yang mencicipi tahu petis, kamu juga dapat mengunjungi tahu petis yang enak yang terdapat di tempatnya bu Aning. Terletak di Kuningan, kota Semarang.

5. Tahu petis Yudhistira

Tahu petis Yudhistira
atemalem.com

Terletak di Jalan Yudistira No. 21, Pendrikan Kidul, Semarang, Disini menyajikan Tahu petis yang merupakan jajanan andalan kota Semarang. Disini tersedia tahu petis yang enak yang disajikan dengan panas-panas dan ditemani dengan cabe rawit. Kamu juga dapat menjadikan tahu petis sebagai oleh-oleh karena disini tersedia bumbu petis dalam kemasan botol.

Baca juga :  9 Oleh-oleh Khas Cilacap Wajib Di Bawa Pulang + Rekomendasi Toko

6. Tahu Petis Prayogi

Tahu Petis Prayogi
palembang.tribunnews.com

Kamu dapat mengunjunginya di Jalan Yudistira disamping Unidus. Disini kamu akan menemukan Tahu petis yang lezat dan gurih.

7. Tahu petis Amirah

Terletak di Jalan Depok No 47-49 , Kembangsari kota Semarang. Tahu petis ini buka setiap harinya dan menyediakan tahu petis yang enak. Selain itu tempatnya juga sangat nyaman dan bersih. Untuk harganya pun sangat bersahabat dan terjangkau.

8. Tahu petis Simpang lima Semarang

Untuk kamu yang sedang mencari Tahu petis kamu dapat langsung ke simpang lima Semarang dan disana kamu akan menemukan tahu petis yang gurih dan lezat.

9. Tahu petis Mantep Pak Min

 Tahu petis Mantep Pak Min
mediasemarang.com

Terletak di Jalan Kedungmundu Depan Asrama TNI AD Mrican, Kota Semarang. Tempat ini buka setiap harinya dan menyediakan tahu petis yang lezat dan sudah ada sejak tahun 1989 dan juga menjual tahu petis kemasan siap saji.

10. Tahu petis Pak Noto

Tahu petis Pak Noto
budaya-indonesia.org

Dan yang terakhir adalah tahu petis Pak Noto yang berada di Jalan Ra. Kartini No 30, Keputran Pekalongan, Jawa Tengah. Buka setiap harinya dan dikenal sebagai tempat yang menjual tahu petis dengan rasa gurih dan enak. Kamu wajib datang dan mencobanya.

Dan ini adalah resep Tahu petis Khas Semarang:

  • Tahu 4 buah
  • Gula merah sebanyak 1 Sendok
  • Lengkuas 1 Ruas
  • Petis udang 1 sendok makan
  • Bawang putih 3 siung
  • Kecap manis 1 sendok
  • air
  • Garam secukupnya
  • Tepung Tapioka
  • Lada secukupnya

Cara membuatnya:

  • Mula-mula goreng tahu hingga berwarna kekuningan dan matang, lalu angkat dan tiriskan.
  • Selanjutnya tumis bawang putih dan juga lengkuas sampai harum, lalu masukan gula merah, kecap, garam, merica dan juga petisnya. Aduk hingga rata dan tambahkan air.
  • Masukan Tepung tapioka kedalam saus, aduk hingga rata, tambahkan tahu goreng dan siramkan saus petisnya.
  • Tahu petis siap untuk disantap.
Baca juga :  8 Jajanan Khas Ponorogo Kelezatannya Bikin Melongo

Inilah 10 Rekomendasi tahu petis enak di Jawa Tengah yang wajib untuk kamu kunjungi dan kamu cicipi. Tahu petis yang merupakan makanan khas Semarang yang memiliki yang mampu menggugah selera. Maka tunggu apalagi ayo kunjungi beberapa tempat diatas dan rasakan cita rasa dari Tahu petis khas Semarang. Untuk kualitas rasa jangan diragukan lagi karena memang enak dan wajib untuk dicoba. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca. Terima kasih.



Leave a Reply

One Response
  1. ligaxxi says:

    sepertinya mantab sekali ya. sampai ngiler saya baca artikel ini sama nontonin gambarnya. wkwkwk