9 Makanan Khas Berbagai Negara Menyambut Hari Kemerdekaan


Fida  August 16, 2022  0 Comment

Memperingati hari kemerdekaan tentu menjadi hal yang akan dilakukan oleh setiap negara. Saat menyambut hari kemerdekaan, masyarakat tentu akan menyiapkan berbagai perayaan, acara, hingga makanan khas untuk dihidangkan. Ada banyak makanan khas menyambut hari kemerdekaan yang disajikan oleh setiap negara dan tentu sangat bervariasi. Inilah daftar hidangan yang biasa disuguhkan untuk menyambut hari kemerdekaan yang wajib kamu ketahui.

Makanan Khas Berbagai Negara Menyambut Kemerdekaan :

1. Masakan Tiga Warna, India

Makanan Khas dari Berbagai Negara untuk Menyambut Hari Kemerdekaan
magicpin.in

Makanan yang satu ini memiliki sebutan tricolor dishes atau masakan tiga warna. Tricolor dishes juga dikenal sebagai makanan khas menyambut hari kemerdekaan di India. Masakan tiga warna ini disajikan dengan warna putih, orange, dan juga hijau. Warna dan hiasan pada hidangan ini dibuat mirip dengan Bendera India.

Tricolor dishes dapat dengan mudah dijumpai di India pada tanggal 15 Agustus, tepatnya di hari kemerdekaan India. Tanggal tersebut merupakan tanggal dimana negara India sudah terbebas dari penjajahan Inggris. Saat mencoba tricolor dishes, kamu dapat menikmati perpaduan rasa nasi putih, olahan curry, dan juga sayuran hijau.

Gotravelly

Jelajah Monumen Tugu Pahlawan & Museum 10 November Surabaya

Gedung Sate: Ikon Kota Bandung Yang Bersejarah

2. Nasi Tumpeng, Indonesia

nasi tumpeng indonesia
peluangusaha.kontan.co.id

Makanan khas menyambut hari kemerdekaan berikutnya berasal dari Negara Indonesia yakni nasi tumpeng. Nasi tumpeng merupakan hidangan yang disajikan dalam porsi besar dan dikenal dengan ciri khasnya yakni nasinya yang dicetak berbentuk kerucut besar.

Baca juga :  10 Makanan Kering Khas Semarang Yang cocok Buat Oleh Oleh

Selain nasi yang dicetak khas berbentuk kerucut, nasi tumpeng juga disajikan dengan banyak lauk di sekelilingnya seperti olahan telur, ayam, dan juga sayur. Nais Tumpeng dapat dengan mudah kamu jumpai saat hari kemerdekaan Indonesia, tepatnya yanggal 17 Agustus.

3. Nasi Lemak, Malaysia

nasi lemak
pinterest.ca

Malaysia yang merupakan negara tetangga dari Indonesia juga memiliki makanan khas menyambut hari kemerdekaan, lo! Malaysia memperingati hari kemerdekaannya setiap tanggal 31 Agustus. Nasi lemak menjadi salah satu makanan khas Malaysia yang juga banyak dihidangkan saat hari kemerdekaan tiba.

biasa disajikan dengan tampilan berbentuk bendera Malaysia. Nasi yang disajikan memiliki cita rasa gurih karena diolah menggunakan santan, mirip dengan nasi uduk khas Indonesia. Tidak lupa nasi lemak juga disajikan bersama dengan beberapa lauk pelengkap seperti olahan ikan teri dan telur rebus. Tidak hanya tampilannya yang menggugah selera, hidangan yang satu ini juga memiliki rasa yang membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

4. Quiche Lorraine, Perancis

quiche lorraine
dapurkintamani.com

Perancis memiliki hari kemerdekaan yang juga biasa disebut la Fete nationale atau Bastille Day. Hari kemerdekaan Perancis dirayakan setiap tanggal 14 Juli. Saat hari kemerdekaan tiba, Perancis juga menghidangkan makanan khas menyambut hari kemerdekaan yakni quiche lorraine. Jika dilihat dari tampilannya, quiche lorraine memiliki bentuk menyerupai pie yang sangat menggugah selera.

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat hidangan ini adalah bawang, susu, bacon, dan lain lain. Hidangan lezat dengan rasa gurih dan tekstur yang lembut ini banyak disukai oleh masyarakat lokal Perancis maupun wisatawan. Saat mencoba quiche lorraine, dijamin kamu akan dibuat ketagihan dengan kelezatannya.

5. Qatayef, Mesir

qatayef
196flavors.com

Tidak kalah dengan negara lainnya, Mesir juga memiliki makanan khas menyambut hari kemerdekaan yakni qatayef. Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing mendengarnya bukan? Qatayef merupakan makanan khas Mesir yang dapat dengan mudah kamu jumpai di pedagang kaki lima saat Ramadhan. Hidangan yang satu ini juga selalu ada untuk dihidangkan saat hari kemerdekaan tiba.

Baca juga :  9 Lokasi Romantis di Surabaya Bikin Baper Rekomended

Mesir merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 28 Februari setiap tahunnya. Saat mencoba qatayef, kamu akan dimanjakan dengan rasa khas keju dan kacang. Di hari kemerdekaan, makanan ini biasa dihidangkan dengan ditata di atas piring saji. Selain menawarkan cita rasa lezat, hidangan ini juga memiliki tekstur yang lembut dan tentu membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

6. Feijoada, Brasil

feijoada
hilahcooking.com

Makanan khas menyambut hari kemerdekaan berikutnya adalah feijoada yang berasal dari Brasil. Makanan yang satu ini dikenal memiliki cita rasa serta tampilan yang khas. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat feijoada diantaranya daging dan juga kacang. Kacang terlebih dahulu harus direbus dengan waktu yang cukup lama sebelum diolah.

Di Indonesia, kamu juga dapat mencoba hidangan ini di daeah Pulau Timor. Tampilannya yang unik berhasil membuat beberapa orang penasaran dan ingin mencoba feijoada. Di Brasil, hidangan ini dapat dengan mudah dijumpai pada tanggal 7 September, tepatnya saat hari kemerdekaan tiba.

7. Kleftiko, Yunani

kleftiko
id.depositphotos.com

Saat ingin mencoba salah satu makanan khas menyambut hari kemerdekaan di berbagai negara, kamu dapat mencoba lezatnya kleftiko. Kleftiko merupakan hidangan khas Yunani yang dapat dengan mudah kamu jumpai saat hari kemerdekaan tiba, tepatnya pada 25 Maret. Negara yang satu ini merayakan kemerdekaan pada tahun 1821, tepat setelah bebas dari kekaisaran Ottoman.

Kleftiko memiliki artian makanan pencuri. Makanan yang satu ini dibuat dengan bahan khas yakni menggunakan daging domba. Daging somba yang telah dibumbui menghasilkan rasa yang menggugah selera. Tidak hanya itu, proses memasak yang cukup lama juga menjadikan daging domba memiliki tekstur yang empuk saat dihidangkan. Tertarik untuk mencoba hidangan yang satu ini?

Baca juga :  10 Makanan Khas Dari Negara Ini Mirip Dengan Bakso Lho

8. Ayam Bakar, Kanada

ayam bakar kanada
majalahinfovet.com

Kanada memiliki makanan khas menyambut hari kemerdekaan yang menarik untuk kamu coba yakni ayam bakar. Di Indonesia, hidangan yang satu ini juga sangat mudah dijumpai. Kanada merayakan hari kemerdekaan dengan sederhana dan memilih ayam bakar sebagai hidangannya. Meskipun begitu, kebersamaan saat menikmati ayam bakar menjadi momen penting bagi warga Kanada.

Kemerdekaan Kanada diperingati pada tanggal 1 Juli. Pada tanggal itu pula kamu dapat menjumpai banyaknya hidangan ayam bakar khas Kanada. Dilihat dari tempilannya sangat menggugah selera bukan?

9. Hamburger & Hotdog

hamburger dan hotdog
cnnindonesia.com

Kita tentu sudah tidak asing dengan hidangan hotdog serta hamburber bukan? Hidangan yang satu ini memang dikenal berasal dari Amerika dan dapat dengan mudah dijumpai disana. Hotdog dan hamburger ternyata juga menjadi makanan khas menyambut hari kemerdekaan di Amerika.

Lezatnya hotdog dan hamburger memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Kamu dapat menikmati perpaduan daging, sayur, keju, dan bahan lainnya yang ada pada hidangan ini. Rasanya yang lezat juga menjadikan hotdog dan hamburger disukai oleh banyak kalangan.

Hari kemerdekaan Amerika jatuh pada tanggal 4 Juli. Setiap tanggal itu pula masyarakat merayakan dengan menikmati hidangan hotdog dan hamburger bersama-sama. Kompak sekali, ya?

Nah, itulah daftar beberapa makanan yang dihidangkan saat hari kemerdekaan tiba. Setelah melihat daftar makanan di atas, manakah yang tampak paling unik dan menggugah selera?



Leave a Reply