aldilasalma | Traveler
Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia | halal
06 Jan 2020


Bakpia Pathok 25 : Oleh-oleh yang Harus Banget Dibeli Saat ke Jogja!
Liburan ke Jogja nggak lengkap kalau belum bawa pulang oleh-olehnya yaitu bakpia pathok. Kali ini aku berburu dan melihat langsung pembuat Bakpia Pathok 25 ini di outletnya. Seperti apa rasanya ya?

Lanjut review lagi yaakk! Nah setelah paginya kami mengisi perut dengan sarapan di malioboro Mencari Sarapan Pagi di Malioboro. Soto dan Bakso Kaki Lima yang Rasanya Nikmat! selanjutnya kami langsung pada tujuan awal yaitu berburu oleh-oleh! Kalian pasti udah tau kan kalau di Jogja wajib banget beli oleh-oleh bakpia pathok. Maka dari itu aku sempetin untuk membelinya. Untung jarak dari tempat aku makan dan storenya nggak terlalu jauh jadi tinggal jalan kira-kira 200 meter lah.

bakpia pathok 25
bakpia pathok 25
Yang aku kunjungi ini adalah Bakpia Pathok 25 yang di cabang deket Malioboro aku lupa nama jalannya, tapi kalau kalian bingung bisa tanya sama penjual atau orang di deket situ pasti tau. Atau kalian juga bisa pakai maps dong tentunya. Jujur kalau ke Jogja dan mau beli bakpia pathok aku nggak ada toko yang harus aku wajibin untuk beli sih. Jadi semacam random aja merk bakpia pathok apa yang mau aku beli. Dan selama ini entah itu merk apapun ya enak-enak aja ya di lidah aku. Kalau nurutin merk bisa bingung sendiri soalnya, kan ciri khasnya merk bakpia pathok itu kan pakai angka, dan semuanya klaim kalau mereka pencetus bakpia pathok Jogja pertama dan legend. Yaaa bingung juga jadi saran aku kalian bisa pilih sesuai selera berdasarakan store yang dekat dengan posisi kita saat ini hehe, itu tips aku sih. Tapi buat kalian yang udah punya langganan sendiri yaa itu kembali ke selera masing-masing ya!

bakpia pathok 25
bakpia pathok 25
Karena yang aku kunjungi ini adalah Bakpia Pathok 25 jadi aku mau cerita sedikit sejarahnya. Aku juga nggak tau persisnya tapi ini berdasarkan data yang aku kumupulin dan aku baca di internet ya! Bakpia pathok ini pertamakali diproduksi di Jogja sejak tahun 1948 dan merupakan warisan yang turun temurun. Lokasi produksinya berada di Jl. AIP II Tubun 1/504, Desa Pathuk, Yogjakarta. Kalau untuk sejarah awal mula adanya bakpia ini merupakan makanan asli dari warga Tionghoa yang sudah dimodifikasi.  Kalau di Tionghoa asli, bakpia ini isiannya berupa daging babi yang diolah. Karena di Indonesia merupakan mayoritas muslim maka disini di modifikasi dengan isian kacang hijau. Iya, pertama bakpia pathok hanya berisi kacang hijau, karena mengikuti perkembangan zaman jadi sekrang rasanya semakin bervariasi mulai dari keju, coklat, dan selai buah-buahan. Sedangkan untuk angka 25 ini diambil dari nomor rumah si pemilik yaitu Tan Aris Nio. Sejak saat itu angka 25 digunakan untuk merk dagang dari tahun 1980. Nah begitulah singkat cerita terciptanya makanan lezat yang satu ini!

bakpia pathok 25
Begitu masuk ke outletnya yaa seperti biasa, selalu ramai dan nggak pernah sepi. Sambil memilih oleh-oleh yang akan aku beli ternyata di samping outlet ada tempat produksinya. Kalian bisa melihat para pekerja yang sedang menguleni adonan, memberi isian, hingga memanggang. Seru sekali! Andai dibolehin ikut membuat pasti lebih seru lagi.

bakpia pathok 25
bakpia pathok 25
Di outlet ini tidak hanya menjual bakpia pathok aja, melainkan ada oleh-oleh lain yang bisa kalian beli. Mulai dari wingko babat, kue mochi, kemplang, kelantink, dan masih banyak lagi. Aku hanya membeli bakpia pathok yang mix varian dan satu cemilan yaitu keripik ubi ungu. Untuk yang varian mix ini isinya ada bakpia pathok kacang hijau, coklat, keju, dan nanas. Harganya juga berbeda dengan bakpia pathok original. Yang mix dihargai dengan Rp. 40.000 isinya ada 20pcs.

bakpia pathok 25
Untuk rasanya tentu saja enak dan bikin nagih. Kulitnya garing dan isiannya full. Yang aku suka sih nggak terlalu manis, jadi pas makan nggak bikin eneg deh. So, buat kalian yang liburan ke Jogja wajib banget ya bawa oleh-oleh bakpia pathok, karena sangat rekomended!

Opening Hours
06:00 - 00:00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY