10 Makanan Khas Kutai Kartanegara Kelezatannya Masuk Kedalam Jiwa


Fida  May 6, 2021  0 Comment

Makanan Khas Kutai Kartanegara benar benar unik dan enak dan wajib banget kamu coba. Berlibur ke berbagai daerah di Indonesia tentu menjadi hal menyenangkan yang bisa Anda coba. Makanan Khas Kutai Kartanegaramenjadi salah satu kawasan di Kalimantan Timur yang cukup populer dan menyimpan banyak wisata serta kuliner khas. Kawasan yang satu ini juga dikenal dengan budayanya yang cukup kental.

Puas mengunjungi tempat wisata di Kutai Kartanegara, tidak ada salahnya jika Anda mencoba berbagai kuliner lezat yang ditawarkan. Ada cukup banyak pilihan makanan khas Kutai Kartanegara yang memiliki citarasa sedap serta tampilan yang menggugah selera.Berikut daftar makanan khas Kutai Kartanegara yang sayang untuk tidak dicoba.

1. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor
cookpad.com

Salah satu makanan khas Kutai Kartanegara yang sayang untuk dilewatkan adalah nasi bekepor. Kuliner yang satu ini tentu sudah cukup populer dan banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Nasi bekepor dikenal sudah ada sejak zaman kerajaan Kutai. Dulunya kuliner yang satu ini disajikan untuk anggota keluarga kerajaan.

Nasi bekepor biasa disajikan dengan berbagai tambahan seperti daging masak bumi hangus, sayur asam kukar, serta sambal raja. Hidangan yang satu ini sangat direkomendasikan untuk Anda coba saat berkunjung ke Kutai Kartanegara.

Gotravelly

Pawon Chef Rudy Keputih

Soto Ayam Ambengan Pak Sadi

2. Sambal Raja

Sambal Raja
food.detik.com

Sambal Raja menjadi salah satu makanan khas Kutai Kartanegara yang cukup populer dan banyak diburu hingga saat ini. Selain memiliki tampilan yang menggugah selera, Anda juga akan dimanjakan dengan cita rasanya yang khas.

Saat mengkonsumsi nasi bekepor, Anda tentu sudah tidak asing dengan tampilan sambal yang satu ini karena sambal raja biasa disajikan bersama dengan nasi bekepor. Sambal yang satu ini juga biasa disajikan bersama dengan berbagai tambahan seperti sayuran, bawang merah yang digoreng, serta telur rebus yang dicincang.

3. Buras Berendam

 Buras Berendam
kaltim.idntimes.com

Salah satu makanan khas Kutai Kartanegara yang sayang untuk dilewatkan adalah buras berendam. Dilihat dari namanya saja, makanan yang satu ini terdengar cukup unik.

Buras berendam merupakan sajian nasi yang dicampur dengan santan dan dimasak dengan daun pisang. Nasi yang telah diolah biasa disajikan bersama dengan kuah santan, sambal udang papai, dan daging ikan gabus. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa lezat dan gurih saat mencobanya. Adanya tambahan rempah rahasia menjadikan cita rasa makanan yang satu ini sangat khas dan menarik untuk dicoba.

4. Sayur Asam Kutai

Sayur Asam Kutai
sajiansedap.grid.id

Saat berkunjung ke kawasan Kutai Kartanegara, tidak ada salahnya jika Anda memutuskan untuk mencoba salah satu kuliner khasnya. Salah satu makanan khas Kutai Kartanegara yang sangat menarik untuk dicoba adalah sayur asam Kutai. Yang membedakan sayur asam Kutai dengan sayur asam pada umumnya adalah terletak pada bahan utama yang digunakan yakni kepala ikan gabus.

Kepala ikan gabus diolah dengan berbagai tambahan seperti potongan talas, kangkung, dan jantung pisang batu. Adanya tambahan asam sunti menambah cita rasa asam pada makanan yang satu ini. Saat berkunjung ke kawasan Kutai Kartanegara, makanan khas yang satu ini tentu sayang untuk dilewatkan.

5. Pulut Nasi

Pulut Nasi
rri.co.id

Pernah mendengar sebutan makanan pulut nasi? Pulut nasi merupakan nama makanan khas Kutai Kartanegara yang cukup populer. Hidangan yang satu ini biasa dipilih sebagai menu untuk sarapan pagi.

Pulut nasi merupakan olahan nasi yang dibuat dengan bahan beras dan santan serta tambahan garam. Pulut nasi dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan melakukan proses pengukusan selama 2 jam. Anda dapat mencoba pulut nasi dengan berbagai pilihan rasa seperti pedas, gurih, dan manis. Sangat menarik untuk dicoba bukan?

6. Sate Payau

Sate Payau
merahputih.com

Ada cukup banyak pilihan makanan khas Kutai Kartanegara yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah sate payau. Sate payau merupakan sate khas Kutai yang dibuat dengan bahan utama daging rusa.

Jika dilihat sekilas, tampilan satu yang satu ini memang tidak jauh berbeda dengan sate pada umumnya. Daging rusa yang telah diolah disajikan bersama dengan saus kecap dan cabai merah kering. Anda akan dimanjakan dengan tekstur daging rusa yang khas serta bumbu yang lezat. Sate payau tentu sangat menarik untuk dicoba saat berada di kawasan Kutai Kartanegara.

7. Ayam Cincane

Ayam Cincane

Ayam cincane merupakan salah satu makanan khas Kutai Kartanegara yang banyak diburu oleh warga lokal maupun wisatawan. Jika dilihat sekilas, ayam cincane tampak seperti ayam bakar pada umumnya. Namun hal yang membedakan adalah cita rasa serta bumbu yang digunakan.

Dulu, ayam cincane hanya dipilih sebagai suguhan berbagai acara seperti upacara adat dan pernikahan. Namun saat ini menu ayam cincane lebih mudah dijumpai di berbagai warung kaki lima hingga restoran. Anda dapat mencoba langsung cita rasa serta rempah khas yang digunakan pada menu makanan yang satu ini.

8. Roti Pisang

Roti Pisang
cookandrecipe.com

Roti pisang menjadi salah satu makanan yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai dengan namanya, roti yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama pisang.

Jika dilihat sekilas, roti pisang memang memiliki bentuk yang sedikit mirip dengan bingka. Cetakan yang dibuat untuk membuat roti yang satu ini adalah dengan cetakan yang sama dengan martabak atau kue terang bulan. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa manis yang khas saat mengkonsumsi roti pisang. Selain cocok untuk dinikmati langsung, roti pisang juga kerap dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Kutai Kartanegara.

9. Bingka

Bingka
youtube.com

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan bingka. Bingka juga menjadi salah satu makanan khas Kutai Kartanegara yang bisa dikonsumsi saat tidak ingin makan berat.

Kue yang satu ini menawarkan cita rasa manis dan legit. Bahan utama yang digunakan adalah kentang yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bahan lainnya seperti telur, tepung terigu, dan santan.

10. Gence Ruan

Makanan Khas Kutai Kartanegara
merahputih.com

Pernah mendengar sebutan kuliner gence ruan? Gence Ruan merupakan salah satu makanan khas Kutai Kartanegara yang cukup populer dan banyak diburu oleh wisatawan. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama ikan gabus atau yang juga dikenal dengan sebutan ikan haruan.

Cara pembuatan makanan yang satu ini adalah dengan membakar ikan pada bara api. Ikan terlebih dahulu ditaburi garam sebelum dibakar. Saat proses penyajian, ikan yang telah dibakar biasa ditambahkan dengan tumisan bumbu bawang. Tidak hanya tampilannya saja yang menggugah selera, anda juga akan dimanjakan dengan sensasi gurih dan lezat saat mencobanya.

Nah, di atas merupakan daftar pilihannya. Makanan manakah yang tampak paling menggugah selera dan ingin Anda coba?



Leave a Reply