Kuliner

5 Sajian Khas Paskah di Indonesia

Meskipun bukan mayoritas, ada cukup banyak penduduk Indonesia yang merayakan hari paskah. Namun karena hal ini perayaan paskah di Indonesia tidak begitu memiliki tradisi. Namun meski begitu, momen ini sering kali digunakan untuk berkumpul keluarga sehingga ada beberapa sajian khas paskah di Indonesia yang disebut wajib ada. Apa saja hidangan ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Paskah di Indonesia

Perayaan paskah di Indonesia sering kali lebih cenderung sebagai acara untuk anak-anak. Hal inilah yang menyebabkan banyak hidangan yang digunakan dalam paskah berkaitan dengan anak-anak. Meski lebih banyak dikaitkan dengan anak-anak tapi perayaan paskah juga merupakan sebuah momen berarti untuk orang dewasa. Banyak dari orang dewasa yang melakukan pengakuan iman sehingga momen paskah ini menjadi sebuah momen yang sangat berarti bagi umat Kristen dan Katolik.

Untuk merayakan momen yang berharga ini, ada beberapa jenis makanan yang sering kali dihadirkan. Apa saja? Berikut ini adalah ulasannya.

Telur rebus

Salah satu hidangan utama yang paling khas untuk disajikan di kala paskah adalah telur rebus. Telur rebus saat paskah biasa digunakan sebagai acara utama dalam kegiatan paskah. Biasanya di Indonesia dalam perayaan paskah akan ada rangkaian kegiatan yang melibatkan telur yaitu dari kegiatan pencarian telur hingga lomba menghias telur.

Kegiatan pencarian telur ini biasanya dilakukan oleh anak-anak, jadi orang dewasa menyembunyikan telur dan memberikan tugas bagi anak-anak untuk mencari telur yang disembunyikan tersebut. Makin banyak telur yang ditemukan, maka akan makin menyenangkan rasanya. Selanjutnya, telur bisa dihias dan hasil akhir telur bisa dinilai untuk memberikan hadiah pada anak-anak tersebut.

Rangkaian kegiatan menggunakan telur rebus ini menyebabkan momen paskah bisa disebut sebagai salah satu momen untuk anak-anak terutama di Indonesia. Jadi keberadaan telur rebus menang menjadi sajian khas paskah di Indonesia yang esensial bukan? Namun penggunaan telur sebagai komponen utama dari paskah tidak hanya terjadi di Indonesia. Ada banyak negara lain yang menjadikan telur rebus sebagai hidangan paskah yang wajib.

Mengapa telur menjadi hal yang sangat istimewa di saat paskah? Hal ini disebabkan karena dalam filosofinya telur diibaratkan sebagai momen untuk lahir baru, kesuburan dan juga hidup yang baru. Jadi diharapkan pada saat paskah orang-orang mengingat bahwa mereka sudah lahir baru dan meninggalkan kehidupan lama mereka. Hal inilah yang menyebabkan telur menjadi sajian khas paskah di Indonesia dan di berbagai dunia.

Makanan khas liburan dan kumpul keluarga

reseptina.com

Salah satu hidangan khas liburan adalah hidangan rumahan. Dalam acara paskah, ada banyak kegiatan yang dilakukan. Seperti menghias telur, mencari telur dan yang paling penting adalah acara berkumpulnya keluarga besar. Dalam acara kumpul keluarga pasti akan ada hidangan khas dari masing-masing keluarga untuk disajikan. Biasanya hidangan khas yang dimiliki oleh keluarga satu dengan keluarga lainnya berbeda tergantung dengan budaya yang diusungnya. Contohnya seperti hidangan yang banyak ditemukan di Jawa.

Seperti yang kita tahu, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pemeluk agama islam yang besar. Hal ini menyebabkan banyak hal yang berhubungan dengan budaya dan agama yang saling bercampur hingga tidak bisa dibedakan lagi. Salah satu contohnya adalah hidangan opor yang sering kali muncul dalam kebiasaan lebaran. Padahal hidangan opor bukan merupakan hidangan yang wajib saat lebaran tapi ia menjadi hidangan yang cukup esensial saat lebaran.

Karena sering melihat hal ini, maka banyak keluarga yang bukan muslim kemudian ikut menyediakan makanan ini untuk menyambut tamu keluarga mereka dan akhirnya budaya penggunaan makanan opor menjadi salah satu makanan yang wajib di musim liburan termasuk salah satunya menjadi sajian khas paskah di Indonesia. Selain opor ada juga hidangan lain yang cukup populer untuk paskah yaitu soto dan juga rawon.

Kue basah

kuebasah2.blogspot.com

Dalam sebuah perayaan paskah, di Kebaktian sering kali dilakukan perjamuan kudus sebagai pengingat makan malam terakhir yesus bersama dengan murid pertamanya. Pada saat malam tersebut yesus membagikan roti dan juga anggur yang melambangkan darah dan dagingnya yang akan dikorbankan. Hal ini juga sering digunakan dalam perayaan paskah di mana orang Kristen akan memakan roti tanpa ragi dan minum anggur. Hal ini menyebabkan kue atau roti tanpa ragi dan juga anggur menjadi salah satu hidangan penting dalam perayaan paskah.

Kue-kue kering

Hidangan selanjutnya yang wajib ada saat paskah adalah kue kering. Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa dalam suasana paskah banyak keluarga yang berkumpul. Saat berkumpul, maka sering terjadi saling tukar cerita antara orang-orang dewasa. Dalam acara kumpul ini salah satu hal yang paling penting kehadirannya tentu saja camilan dan juga kue kering. Contoh kue kering yang sangat populer untuk menemani kumpul keluarga antara lain adalah nastar, pastel dan kue kering lainnya.

Hidangan kue kering untuk menyambut tamu ini juga merupakan salah budaya yang sering dilakukan ketika lebaran. Akan tetapi budaya ini saat ini sudah merembet ke budaya lain sehingga ketika liburan seperti wajib bagi sebuah keluarga tuan rumah untuk menghadirkan camilan berupa snack dan juga kue kering. Karena kebiasaan inilah keberadaan snack dan juga kue kering menjadi salah satu sajian khas paskah di Indonesia.

Permen

hellosehat.com

Selanjutnya adalah permen. Secara makna, kehadiran makanan berupa permen ini memang bukan merupakan hal yang memiliki arti. Keberadaan permen ini juga tidak selalu dilakukan. Namun seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa paskah adalah sebuah perayaan yang sangat populer bagi anak-anak. Seperti yang kita tahu anak-anak dan permen adalah 2 hal yang tidak bisa dipisahkan. Dengan keberadaan permen anak-anak akan menjadi lebih aktif dan lebih senang.

Karena kegiatan paskah banyak digunakan untuk anak-anak, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk menyediakan manisan dan juga permen untuk sajian paskah anda. Anda juga bisa menjadikan permen sebagai hadiah untuk anak yang menemukan telur paskah terbanyak atau anak-anak yang menghias telur paskahnya dengan indah.

Tidak seperti negara-negara di dunia, di Indonesia perayaan paskah memang bukan sesuatu yang besar. Apalagi tidak ada libur khusus yang diberikan pada masa paskah ini. Hal inilah yang menyebabkan tradisi dan budaya paskah tidak berkembang dengan baik di Indonesia. Akibatnya mengenai sajian paskah memang tidak ada yang tetap.

Dari antara jenis makanan khas paskah di Indonesia yang disebutkan di atas, sebetulnya yang wajib ada adalah kue untuk perjamuan, anggur dan juga telur. Makanan lainnya yang disebutkan selain itu adalah jenis makanan tambahan yang mungkin berbeda antara satu keluarga dengan keluarga yang lainnya. Apalagi Indonesia adalah sebuah negara yang populer dengan keberagamannya. Hal ini menyebabkan kebiasaan sajian khas paskah di Indonesia juga sangat beragam.

Join The Discussion