Kedai Pak Cik Abin: Tempat Bersantap Sajian khas Aceh & Melayu Terbaik

kedai pak cik abin

pritagizela | Tourist
Sidoarjo, Jawa Timur, Indonesia | halal
14 Mar 2020


Kedai Pak Cik Abin: Tempat Bersantap Sajian khas Aceh & Melayu Terbaik
Suka aneka sajian khas Melayu dan Aceh? Kalian bisa datang ke Kedai yang satu ini. Pilihan menunya beragam!

Minggu lalu, tiba-tiba aku rindu dengan sajian khas Melayu yang beberapa bulan lalu sempet aku cicipi saat bertandang ke Malaysia. Kalian pasti udah pada tau dong ya kalo kuliner khas Melayu rasanya bikin ketagihan dan selalu ngangenin. So, daripada aku jauh-jauh terbang ke Malaysia akhirnya aku iseng searching soal restoran yang menyajikan masakan Melayu di Sidoarjo. Akhirnya, ketemulah dengan Kedai Pak Cik Abin.

kedai pak cik abin

Sebelumnya, aku udah sempet lewat kedai ini beberapa kali dan emang selalu rame. Lokasi Kedai Pak Cik Abin ini di Jalan Pagerwojo no 1, Sidoarjo. Tempatnya persis di sebelah Transmart Sidoarjo, ngga susah kok nemuinnya. Kawasan ini emang banyak banget tempat nongkrong yang hits dan kedai ini jadi salah satunya.

Seperti yang aku sebutin sebelumnya, kedai ini memang menyajikan kuliner khas Melayu yang sangat menggugah selera. Tapi sebelum aku bahas soal menunya, aku mau bahas soal tempat makannya dulu nih guys. Kedai Pak Cik Abin ini punya dua lantai dengan area makan indoor dan outdoor. Di lantai satu, semua area makannya indoor dengan kursi dan meja kayu yang muat diisi sekitar 50 orang. 

kedai pak cik abinarea makan lantai 1

Karena area makan di lantai satu ini kurang terang menurutku, akhirnya aku mutusin buat naik ke lantai dua. Area makan di lantai dua ini terdiri dari indoor dan outdoor area. Karena saat itu cuaca kurang mendukung untuk makan di outdoor area, akhirnya aku mutusin buat duduk di indoor areanya yang lumayan luas. Indoor area di lantai dua ini cukup minimalis, terdiri dari beberapa meja kursi kayu dan penuh dengan ornament khas Aceh atau Melayu. 

kedai pak cik abinoutdoor area di lantai dua

kedai pak cik abin
indoor area lantai dua

Seorang pria pun memberikan daftar menu dan aku pun bingung karena menunya lumayan bervariatif. Setelah berpikir ngga terlalu lama, aku memesan Mie Laksa, Nasi Goreng Rendang full topping, Kopi Aceh, Es mentimun dan the tarik. Aku dateng kesini kebetulan berdua sama temenku, jadi ngga pesen terlalu banyak menu juga.

kedai pak cik abinkedai pak cik abin

Kebetulan aku pengen banget nyobain kopi aceh di kedai ini, makanya aku pesen datu gelas sambal ngobrol dan nungguin pesananku yang lain datang. Kopi Aceh ini aku pesen yang rasa mocca guys. Meskipun aku pesen rasa mocca, tapi rasa original dari kopi Aceh ini sama sekali ngga hilang. Kayaknya sih mereka emang beneran pake Kopi Aceh Gayo, makanya ada rasa asam dan pahit di aftertaste nya. Not bad!

kedai pak cik abinKopi Aceh Mocca Rp 13.000,- (exclude ppn 10%)

Ngga lama, pesanan kami pun tiba. Punyaku adalah Nasi Goreng Rendang dengan topping lengkap, yaitu telur dadar dan daging rending. Tampilan nasi goring ini emang minimalis, tapi aromanya bener-bener menggugah selera. Aroma rempahnya bener-bener bikin perut keroncongan, so tanpa berlama-lama akupun langsung melahapnya.

kedai pak cik abinNasi goreng rendang full topping Rp 25.000,- (exclude ppn)

Rasa nasi goreng rendang ini enak banget. Meskipun aroma rempahnya tercium kuat, tapi rasanya ngga terlalu strong. Rempahnya pas banget, pedesnya juga pas. Apalagi dipadukan dengan daging rendang yang teksturnya sangat lembut. Mantap banget guys! 

kedai pak cik abin

Next, rasanya belom afdol kalo ngga nyobain punya orang lain. Wkwkwk.. Temenku yang pesen mie laksa bener-bener ketagihan sama rasanya. Akhirnya aku penasaran buat nyobain. Laksanya bener-bener enak guys, mienya lembut meskipun ngga selembut mie laksa yang aku cobain di Malaysia. Kuahnya juga enak kok guys, bumbunya ngga terlalu strong juga. Mantap lah pokoknya.

kedai pak cik abinMie Laksa Rp 25.000,- (exclude ppn)

`kedai pak cik abin

kedai pak cik abin

Lembut banget mienya guys

Sebagai penetralisir, aku minum es mentimun. Sesuai dengan namanya, es ini menggunakan parutan mentimun dan air sirup yang sangat segar. Rasanya manis dan bikin seger tenggorokan.

kedai pak cik abinEs Mentimun Rp 10.000,- (exclude ppn)

kedai pak cik abin
Es teh tarik Rp 12.000,- (exclude ppn)

Overall, Kedai Pak Cik Abin bisa kalian kunjungi kalo kalian pengen makan masakan Aceh atau Melayu. Tempat cozy, harga menunya terjangkau dan perlayanannya juga ramah. Yuk buruan cobain!

Video by Gotravelly

Opening Hours
Senin - Jumat: 10.00 - 22.00 Sabtu - Minggu: 10.00 - 24.00
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY