Kuliner

10 Sajian Khas Paskah dari Berbagai Negara

Paskah adalah salah satu perayaan yang paling meriah di dunia. Hal ini disebabkan karena sebagian besar penduduk di dunia merayakannya. Seperti di Indonesia, dalam perayaan hari besar ada makanan khas yang disajikan, berikut adalah sajian khas paskah di berbagai negara di seluruh dunia.

Makanan khas paskah di Italia

Salah satu hidangan khas paskah pertama yang akan kami bahas adalah akan dari Italia. Di sini ada 2 jenis makanan yang sangat populer ketika suasana paskah tiba. Salah satunya adalah kue-kue manis. Kue manis adalah salah satu makanan khas yang biasa digunakan di Italia untuk merayakan liburan. Salah satunya adalah kue panettone yang populer pada musim liburan natal.

Jika pada musim liburan natal kue panettone adalah yang populer, maka pada saat liburan paskah kue Colomba di Pasqua adalah makanan yang paling populer. Roti ini merupakan roti yang memiliki bentuk seperti merpati yang merupakan lambang dari kedamaian. Seperti yang disebutkan sebelumnya, roti ini merupakan roti manis. Roti ini merupakan roti manis yang isiannya adalah manisan buah dan dihiasi dengan potongan almond dan juga gula kristal di atasnya.

Hidangan kedua yang paling banyak digunakan dalam paskah di Italia adalah Pizza Ciena. Makanan ini khas daerah Naples di Italia. Memiliki nama pizza tapi memiliki bentuk seperti pie. Hal ini disebabkan karena makanan ini memang merupakan persilangan antara pizza dan juga pie. Untuk artinya, nama makanan ini memiliki arti pizza yang berisi. Sedangkan untuk isiannya, makanan ini berisi telur, daging dan juga keju.

Makanan khas paskah di Inggris

sajian khas paskah di berbagai negara
goodhousekeeping.com

Kedua adalah makanan khas paskah dari Inggris. Di inggris juga dikenal 2 jenis makanan yang populer pada musim liburan paskah yaitu simnel cake dan juga Hot cross Buns. Simnel cake adalah kue buah yang biasanya dimakan pada hari Minggu. Kue ini memiliki toping berupa pasta manis dan memiliki hiasan berupa bola-bola dari pasta manis berjumlah 11 atau 12 bola. Banyaknya bola sejumlah 12 ini merupakan lambang dari 12 rasul atau 12 murid.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, selain simnel cake sajian khas paskah di berbagai negara yaitu negara Inggris ini adalah hot cross buns. Hot Cross Buns ini merupakan sajikan yang memiliki tampilan berupa kue. Kue ini memiliki rasa manis dan rempah. Jenis kue ini banyak disajikan pada Jumat Agung dan merupakan simbol dari akhir masa Pra Paskah. Di bagian atas dari kue ini dihiasi dengan raisin dan juga gambar silang yang merupakan salah satu cara untuk menggambarkan masa penyaliban yesus.

Makanan khas paskah di Rusia

sajian khas paskah di berbagai negara
marthastewart.com

Untuk makanan khas paskah di Rusia namanya adalah Pashka. Kue ini merupakan kue yang dibuat dari bahan keju cottage dan juga cream cheese. Makanan ini merupakan jenis makanan dessert dan biasanya dimakan sendiri atau bisa juga dengan menggunakan kue. Di Bagian luar dari makanan ini biasanya dihiasi dengan buah kering dan juga memiliki tulisan XB yang memiliki arti “Christ is Risen”

Makanan khas paskah di Argentina

sajian khas paskah di berbagai negara

Satu lagi jenis makanan khas untuk perayaan paskah datang dari Argentina. Di Argentina, makanan khas paskah ini memiliki nama Torta pascualina. Pascua adalah bahasa Spanyol yang artinya paskah jadi arti dari torta pascuaina adalah tart untuk paskah. Uniknya meski namanya tart tapi kue ini memiliki isian yang asin seperti keju riccota, telur kukus, bayam, parsley dan juga artichoke.

Makan ini merupakan salah satu makanan yang sangat populer digunakan pada masa persiapan paskah. Dalam budaya yang berkembang, masa persiapan paskah adalah sebuah masa di mana umat yang merayakannya harus menjalankan puasa terlebih dahulu. Salah satu cara berpuasa yang dilakukan berbeda-beda. Di Argentina salah satu cara untuk berpuasa adalah tidak makan daging. Hal inilah yang menyebabkan makanan Torta Pascualina ini sangat populer di masa prapaskah karena di dalamnya tidak ada isian daging.

Makanan khas paskah di Meksiko

sajian khas paskah di berbagai negara
hispanickitchen.com

Di Meksiko, sajian khas paskah di berbagai negara yang dimilikinya bernama Capirotada. Makanan ini merupakan sebuah makanan yang bentuknya berupa pudding roti. Pudding roti ini sangat populer terutama pada hari Jumat agung. Sebetulnya hidangan ini bukan hidangan khas Meksiko. Anda bisa menemukan banyak negara yang memiliki hidangan ini. Hanya saja di Meksiko, hidangan ini banyak digunakan sebagai sajian khas paskah di Meksiko.

Makanan khas paskah di Prancis

Sajian istimewa paskah selanjutnya adalah masakan dari Prancis. Di Prancis makanan yang populer adalah Kaki domba masak. Untuk nama umumnya di Prancis masakan ini diberi nama Le Gigot d’agneau Pascal. Sesuai namanya, makanan dibuat dari daging kaki domba yang dibumbui dengan menggunakan bawang putih dan juga herb seperti daun rosemary kemudian di panggang. Penggunaan kaki domba dalam hidangan ini adalah salah satu hal yang esensial. Hal ini disebabkan karena domba adalah lambang dari hewan yang dipersembahkan

Makanan khas paskah di Finlandia

Di Finlandia, sajian khas paskah memiliki nama Mammi. Makanan ini merupakan makanan yang unik karena harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum penyajiannya. Persiapan dari makanan ini dilakukan bahkan hingga 3 hari hingga 4 hari sebelum disajikan. Mammi sendiri merupakan sebuah sajian yang masuk dalam golongan dessert atau makanan penutup. Ketika mengkonsumsinya biasanya dicampurkan dengan menggunakan susu satu cream.

Makanan khas paskah di Polandia

sajian khas paskah di berbagai negara
makeitlikeaman.com

Selanjutnya sajian khas paskah di berbagai negara datang dari Polandia. Di Polandia, makanan khas paskah yang digunakan adalah White broscht. Makanan ini memiliki nama lain juga yaitu zurek. Sesungguhnya bukan merupakan makanan khas untuk paskah tapi merupakan makanan yang populer saat hari libur. Makanan ini memiliki bentuk sup. Dibuat dari bahan-bahan yang cukup mengenyangkan untuk dikonsumsi.

Makanan khas paskah di Ekuador

Selanjutnya makanan khas yang akan dibahas berasal dari Ekuador. Di Ekuador ini makanan yang digunakan untuk hidangan khas paskah bernama Fanesca. Hidangan ini merupakan sebuah sup yang dibuat dari ragam bahan seperti biji-bijian dan juga kacang-kacangan. Totalnya ada 12 jenis kacang dan bijian. Penggunaan 12 bahan dalam pembuatan sup Fanesca ini merupakan salah satu lambang perwakilan dari jumlah 12 murid pertama.

Makanan khas paskah di Yunani

Sajian paskah terakhir datang dari Yunani. Di Yunani, makanan khas paskah memiliki nama Tsoureki. Makanan ini merupakan sebuah kur panggang yang memiliki bentuk dikepang dan memiliki rasa manis. Kepangan terdiri dari 3 lembar yang mewakili sifat trinitas dalam Kristen. Selain kue ini dalam sajian ini ada juga sebuah telur kukus yang memiliki warna merah. Dalam hidangan ini telur merah digunakan sebagai lambang dari darah kristus.

Demikian ulasan mengenai sajian khas paskah di berbagai negara semoga bermanfaat untuk anda.

Join The Discussion