Cegah Corona Dengan Sajian 10 Jamu Tradisional Indonesia


Fida  March 15, 2020  0 Comment

Jamu Tradisional merupakan sebutan dari obat tradisonal khas Indonesia. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami seperti akar tumbuhan, daun, batang, rempah, hingga buah-buahan. Di Indonesia, jamu dipercaya memiliki manfaat yang tidak kalah dengan obat-obatan dari dokter atau apotek.

Jamu biasanya disajikan dalam bentuk minuman. Tradisi meminum jamu masih terjaga hingga saat ini. Jamu juga dikenal dengan sebutan minuman herbal. Dibuat dengan berabagai bahan alami dan kaya manfaatBerikut jamu tradisional Indonesia yang wajib kamu tahu

1. Jamu Kunyit Asam

jamu kunyit asam
cookpad.com

Jamu tradisional Indonesia yang pertama adalah kunyit asam. Sesuai dengan namanya, jamu kunyit asam memiliki bahan dasar kunyit dan asam jawa. Adanya tambahan gula merah, temulawak, dan beberapa rempah lain juga menambah manfaat dari jamu kunyit asam.

Beberapa manfaat dari jamu kunyit asam diantaranya bisa meredakan sakit perut untuk wanita saat datang bulan. Tidak sedikit juga orang yang menyebut bahwa jamu kunyit asam bisa membantu mencerahkan kulit, hal itu dikarenakan kunyit mengandung antioksidan. Selain itu, jamu kunyit asam juga memiliki manfaat lain seperti meningkatkan fungsi otak, mencegah resiko kanker, hingga menurunkan berat badan lho.

Gotravelly

Makan Enak, Murah, Dan Banyak Varian Di Ikan Bakar Keputih

Nostalgia Kuliner Tradisional Jawa Yang Lezat Di Sar Londho, Milenial Wajib Coba!

2. Jamu Sinom

jamu sinom
cookpad.com

Sinom merupakan jamu tradisional Indonesia yang banyak digemari. Hal itu dikarenakan sinom memiliki rasa yang sedikit manis jika dibanding minuman jamu lainnya. Saat ini, jamu sinom cukup mudah dijumpai di beberapa pusat perbelanjaan. Dijual dengan botol dan kemasan modern, Anda bisa membeli minuman jamu kaya manfaat ini. Jamu sinom dibuat dengan bahan temulawak, kunyit, kapulaga, pala, gula merah, gula pasir, kayu manis, dan tambahan daun asam yang masih muda.

Jamu sinom dipercaya memiliki banyak manfaat seperti mengatasi keputihan pada wanita. Selain itu, jamu sinom juga bisa digunakan untuk mengatasi peradangan lambung atau maag, mengatasi masuk angin, hingga melancarkan pernafasan.

3. Jamu Pahitan

jamu pahitan
twitter.com

Jamu tradisional Indonesia selanjutnya adalah pahitan. Jamu pahitan memiliki warna yang khas yakni hitam, hampir mirip dengan minuman kopi. Sesuai dengan namanya, jamu pahitan memiliki rasa yang sangat pahit.

Jamu pahitan dibuat dengan bahan dasar daun sambiloto dengan tambahan brotowali. Jamu pahitan juga memiliki banyak manfaat diantaranya dapat mencegah resiko diabetes, menghilangkan rasa pegal-pegal, menambah nafsu makan, mencegah penyakit jantung, menyembukan flu dan pilek, hingga digunakan sebagai terapi cuci darah.

4. Jamu Beras Kencur

jamu beras kencur
doktersehat.com

Jamu beras kencur merupakan salah satu jamu yang paling digemari selain sinom dan kunyit asam. Hal itu dikarenakan jamu beras kencur memiliki rasa yang sedikit manis. Sesuai dengan namanya, jamu beras kencur dibuat dengan bahan dasar beras yang dihaluskan. Tambahan rempah seperti kencur, gula merah, gula pasir, dan asam jawa juga menambah manfaat dari jamu beras kencur.

Jamu beras kencur dipercaya bisa mengembalikan kebugaran tubuh. Bagi Anda yang merasa kurang fit, mengonsumsi jamu beras kencur bisa menjadi pilihan tepat. Selain mengembalikan kebugaran tubuh, jamu beras kencur juga memiliki manfaat lain seperti membantu merawat kulit hingga membantu mendapatkan tubuh yang ideal.

5. Jamu Wedang Secang

wedang secang
hipwee.com

Pernah mencoba jamu tradisional Indonesia yang satu ini? Wedang secang adalah minuman tradisional yang memiliki warna merah dan kaya akan manfaat. Cara pembuatan wedang secang adalah dengan merebus serutan kayu secang dengan tambahan berbagai rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan kapulaga.

Berbagai bahan wedang secang biasanya dijual satu paket. Setelah merebusnya, Anda bisa menambahkan gula dan es batu untuk yang suka menikmati jamu dingin. Kayu secang sebagai bahan dasar wedang secang dipercaya mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sensasi hangat di tubuh juga akan Anda rasakan setelah mengonsumsi wedang secang.

6. Jamu Wedang Jahe

jamu wedang jahe
hot.liputan6.com

Wedang jahe tentu sudah tidak asing di kalangan pecinta jamu. Jamu tradisional Indonesia ini dikenal bisa menghilangkan rasa dingin dan menghangatkan tubuh. Cara pembuatan wedang jahe cukup sederhana yakni dengan merebus jahe yang sudah dipotong dengan air dan gula. Sebelum dipotong, kupas tipis kulit jahe. Pastikan Anda menggunakan jahe yang segar untuk mendapatkan cita rasa wedang jahe yang pas.

Banyak olahan wedang jahe yang bisa Anda nikmati diantaranya bandrek, sekoteng, hingga diseduh bersama susu.  Wedang jahe cukup banyak dicari sebagai obat mual hingga pereda kembung. Selain itu, wedang jahe juga dipercaya bisa memperlancar pencernaan.

7. Jamu Temulawak

jamu temulawak
merahputih.com

Jika dilihat sekilas, jamu temulawak hampir mirip dengan jamu kunyit asam. Bedanya, jamu temulawak memiliki rasa yang lebih pahit jika dibandingkan jamu kunyit asam. Tambahan air gula merah juga sering digunakan untuk sedikit menghilangkan rasa pahit dari jamu temulawak.

Jamu berwarna kuning ini memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan nafsu makan, melancarkan pencernaan, dan juga memperkuat tulang. Selain itu, jamu temulawak juga bermanfaat sebagai antibakteri dan antijamur, serta dapat digunakan sebagai obat jerawat.

8. Jamu Gula Asam

Jamu gula asam
tokopedia.com

Jamu gula asam merupakan salah satu jamu tradisional Indonesia yang memiliki rasa segar saat diminum. Sesuai dengan namanya, jamu gula asam memiliki dominan rasa manis dan asam. Jamu gula asam lebih segar dinikmati jika diberi tambahan es batu.

Jamu gula asam memiliki banyak manfaat seperti dapat mengembalikan kebugaran tubuh serta mengendalikan kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, jamu gula asam juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan lho.

9. Jamu Uyup-uyup

Jamu uyup uyup
suaramuslim.net

Jamu uyup-uyup memiliki nama lain jamu gepyokan. Jamu uyup-uyup sering dikenal dengan manfaat meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. Selain manfaat tersebut, jamu uyup-uyup juga bermanfaat untuk menghilangkan bau badan dan mendinginkan perut.

Jamu uyup-uyup dibuat dengan berbagai bahan alami seperti jahe, kencur, lengkuas, daun katu, cabe puyang, kunyit, dan beberapa bahan lainnya. Berbagai bahan alami tersebut membawa banyak manfaat bagi tubuh. Jamu uyup-uyup merupakan salah satu jamu tradisional Indonesia yang masih banyak dicari hingga saat ini.

10. Jamu Galian Singset

jamu galian singset
lifestyle.sindonews.com

Jamu galian singset merupakan salah satu jamu yang dikenal dengan banyak manfaat untuk wanita. Beberapa manfaat jamu galian singset diantaranya untuk mencegah timbulnya jerawat, membuat badan menjadi wangi, merapatkan organ intim, mengatasi keputihan, hingga dipercaya membuat awet muda.

Jamu galian singset dibuat dengan berbagai bahan yang bermanfaat untuk tubuh seperti kencur, temu kunci, temu giring, jahe, dan masih banyak lagi. Jamu galian singset merupakan pilihan tepat saat mencari jamu tradisional Indonesia yang memiliki banyak manfaat khususnya untuk wanita.



Leave a Reply