Diyakini Bisa Cegah Corona, Berikut 10 Kuliner Indonesia Kaya Rempah


Reni  March 13, 2020  0 Comments

Di tengah mewabahnya virus Corona di berbagai belahan dunia, hingga akhirnya mulai menyerang wilayah Indonesia. Berbagai upaya pun bisa dilakukan untuk mencegah diri kita agar tidak terjangkit Virus Corona jenis Covid-19 ini. Salah satu upaya untuk mencegah terjangkitnya dari virus ini adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh. Sistem kekebalan tubuh menjadi kunci utama bagi manusia untuk menangkal berbagai penyakit dan salah satu cara untuk meningkatnya adalah dengan mengonsumsi rempah-rempah tradisional. Rempah-rempah banyak ditemukan di Indonesia, salah satunya dalam makanan. Indonesia sendiri memiliki banyak sajian kuliner khas yang menggunakan rempah-rempah. Berikut ini adalah kuliner Indonesia yang kaya akan rempah

1. Rendang

rendang daging
travistory.com

Siapa sih yang tak kenal dengan kuliner khas Indonesia yang satu ini? Rendang adalah kuliner yang berasal dari Padang, Sumatera Barat yang sudah mendunia. Kuliner yang satu ini tak hanya lezat, tapi juga bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena Rendang adalah salah satu kuliner Indonesia yang kaya akan rempah.

Rendang menggunakan bahan dasar sapi yang kemudian diolah dengan berbagai bumbu yang berasal dari rempah-rempah, seperti kunyit, cabe, serai, bawang putih, bawang merah dan masih banyak lagi lainnya. Hal inilah yang membuat rendang menjadi sajian yang tak hanya lezat tapi juga memiliki gizi tinggi. Tak hanya itu, rendang juga mengandung protein tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan otot dan tulang. Selain itu, kuliner ini memiliki kandungan anti oksidan yang berfungsi menyehatkan jantung dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Gotravelly

Nikmatnya Patin Bakar Dalam Bambu Khas Karimata

Warung Nasi Kuning LILY Murah Meriah Porsi Personal Berkualitas Tinggi

2. Kaldu Kokot

 Kaldu Kokot
pesona.travel

Selain Sate, Madura juga memiliki sajian khas bernama Kaldu Kokot yang tak kalah lezat. Kaldu kokot ini juga menjadi salah satu kuliner Indonesia yang kaya akan rempah, lho.

Kaldu kokot merupakan sajian berkuah dengan tekstur sedikit kental yang berasal dari kacang hijau. Kaldu kokot ini berbahan dasar kaki sapi yang direbus bersama bumbu rempah-rempah seperti bawang putih, bawang merah, lada, kemiri, jahe, pala dan lainnya.

Biasanya, untuk menikmati semangkok kaldu kokot Anda bisa menambahkan potongan lontong yang lembut. Tak lupa juga siapkan satu batang sedotan yang akan digunakan untuk menyeruput isi dari tulang kaki sapi.

3. Soto

Soto
masakapahariini.com

Soto adalah kuliner Indonesia yang kaya akan rempah dan dapat dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah nusantara. Biasanya, tiap-tiap daerah memiliki resep khusus untuk membuat soto. Misalnya seperti, Soto Lamongan, Soto Makassar, Soto Banjar, Soto Madura, Soto Medan dan masih banyak lagi lainnya.

Soto dibuat dengan kaldu daging, bisa dengan daging sapi ataupun daging ayam. Kemudian di dalamnya diberi beberapa rempah seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas dan masih banyak lagi lainnya.

Karena mengandung banyak rempah, tak heran soto memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Soto juga memiliki kandungan vitamin C yang berasal dari jeruk nipis yang berguna untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Tak hanya itu, daging dan rempah juga bisa menjadi sumber protein, zat antioksidan dan melancarkan pencernaan.

4. Nasi Penggel

 Nasi Penggel
masakapahariini.com

Pernahkan Anda mencicipi Nasi Penggel? Sajian khas Kebumen ini dikenal memiliki keunikan tersendiri. Nasi Penggel terdiri nasi putih yang disajikan bersama sayur pada piring yang kemudian dikepal menggunakan tangan agar bentuknya menjadi bulat.

Nasi yang telah dibentuk menjadi bulat kemudian akan diguyur dengan gurihnya sayur nangka dan tumis kikil. Sayur nangka ini menggunakan nangka yang masih muda dengan campuran beberapa rempah seperti cabe, bawang merah dan bawang putih. Kuliner Indonesia yang kaya akan rempah ini disajikan diatas piring yang dialasi dengan daun pisang sehingga menghadirkan aroma yang khas.

5. Gangan Humbut

Gangan Humbut
cookpad.com

Kuliner Indonesia yang kaya akan rempah berikutnya adalah Gangan Humbut. Gangan Humbut adalah sajian khas Kalimantan yang berkuah santan dengan bahan berupa potongan iga sapi dan rebung. Namun, seiring berkembangnya jaman, masyarajat Kalimantan menambahkan labu kuning atau ubi dalam olahan gangan humbut ini.

Kuah dari Gangan Humbut ini terdiri dari beberapa rempah seperti lengkuas, kunyit, serai, jintan, kemiri dan masih banyak lagi lainnya. Kuliner ini memiliki citarasa yang khas dan biasa digunakan sebagai lauk pauk. Bahkan, kuliner kaya rempah ini sangat dicari saat bulan Ramadhan karena kerap menjadi santapan saat berbuka.

6. Arsik Ikan Mas

 Arsik Ikan Mas
indonesia.go.id

Saat musim hujan, Arsik Ikan Mas biasa menjadi menu pilihan yang mampu menghangatkan tubuh. Kuliner ini berasal dari Sumatera Utara dan dikenal sebagai salah satu kuliner Indonesia yang kaya akan rempah.

Arsik Ikan Mas merupakan olahan ikan mas yang dimasak dengan cara direbus bersama bumbu kaya rempah, seperti jahe, lengkuas, serai, kunyit, andaliman, bawang dan lainnya. Arsik Ikan Mas memiliki rasa sedikit pedas yang akan lebih nikmat jikan disantap bersama dengan sepiring nasi hangat.

7. Gudeg

Gudeg
medium.com

Jika Anda pernah ke Jogja, Anda pasti pernah mencicipi lezatnya Gudeg yang merupakan sajian khas Jogja. Gudeg dibuat dari bahan dasar nangka yang masih muda kemudian diolah dengan rempah-rempah, gula aren, daun jati dan santan.

Gudeg biasanya disajikan bersama sambal krecek, areh dan beberapa lauk seperti tahu, tempe, ayam dan telur. Kuliner Indonesia yang kaya akan rempah ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan yaitu sumber energi, penyedia karbohidrat, lemak, kalsium, zat besi dan fosfor.

8. Rawon

Rawon
unileverfoodsolutions.co.id

Kuliner Indonesia yang kaya akan rempah selanjutnya masih berasal dari Pulau Jawa tepatnya Provinsi Jawa Timur, yaitu Rawon. Kuliner ini memiliki ciri khas yaitu kuahnya berwarna hitam.

Sajian yang juga dikenal sebagai Black Soup ini dibuat dari bahan dasar daging dengan tambahan rempah-rempah seperti kluwek, bawang putih, bawang merah, ketumbar, daun jeruk, lengkuas dan masih banyak lagi lainnya.

9. Angeun Lada

Angeun Lada
tripzilla.id

Kuliner Indonesia yang kaya akan rempah ini mudah ditemukan saat hari raya tiba, khususnya di wilayah Banten. Angeun Lada hampir sama dengan kaldu kokot, karena menggunakan kacang pada racikan lezatnya. Bedanya, Angeun Lada menggunakan kacang merah.

Kuliner ini berbahan potongan daging atau jeroan sapi yang kemudian diberi bahan lainnya seperti kacang merah, kacang panjang, daun kecombrang dan rebung. Rasa dari Angeun Lada ini perpaduan dari gurihnya kaldu dan pedas segarnya jahe serta cabai yang mampu membuat Anda ketagihan.

10. Sayur Ares

 Sayur Ares
bobo.grid.id

Di Lombok, Nusa Tenggara Barat, juga terdapat kuliner khas Indonesia yang kaya akan rempah. Sajian ini bernama Sayur Ares. Sayur Ares terbuat dari batang pisang atau gedebog. Tak hanya terkenal di Lombok, Sayur Ares juga cukup terkenal di Bali, lho.

Sayur Ares dibuat dari batang pisang yang kemudian dicampur dengan bumbu yang terdiri dari berbagai rempah seperti jae, kunyit, lengkuas, merica, ketumbar, kemiri dan bawang putih.



Leave a Reply

One Response
  1. Yuni says:

    di lihat dari foto nya bikin perut lapar lagi…
    Kalau Rawon , sayur ares, rendang, sama soto sudah sering. Saya penasaran dengan yang lainnya. di Bali ada gak ya..