Menengok Wat Phra Singh, Kuil Tertua di Chiang Mai yang Menakjubkan

wat phra singh

sugengcool | Traveler
Chiang Mai, Chiang Mai, Thailand | Religious Place
21 Feb 2020


Menengok Wat Phra Singh, Kuil Tertua di Chiang Mai yang Menakjubkan
Banyak sekali kuil yang bisa dikunjungi di Chiang Mai, entah itu untuk beribadah ataupun untuk sekedar berwisata. Bagi kalian penyuka wisata religi ataupun wisata sejarah, berkunjung ke kuil tertua ini ngga ada salahnya..

How to Get There

Next destination di Chiang Mai setelah Wat Suan Dok adalah Wat Phra Singh. Kuil ini berlokasi di Singharat Road, Subdistrict Phra Sing, Chiang Mai, Thailand. Lokasinya ngga jauh dari Chiang Mai University.

wat phra singh

What to Do

Wat Phra Singh dikenal sebagai salah satu kuil tertua di Chiang Mai karena sudah dibangun sejak tahun 1345 oleh Kerajaan Lanna. Kuil ini termasuk menjadi salah satu kuil penting dari tiga kuil terpenting di Thailand. Wat Phra Singh juga disebut-sebut sangat merepresentasikan budaya Thailand Utara karena bagian utara Thailand sangat dipengaruhi oleh Buddha Burma dan suhunya yang lebih dingin sehingga bentuk bangunannya pun menyesuaikan.

wat phra singh

Perbedaan bentuk bangunannya emang terlihat banget sih guys dibandingkan dengan kuil-kuil lainnya yang ada di Bangkok. Misalnya aja seperti banyaknya ornamen ukiran emas yang menghiasi Wat Phra Singh di bagian luar dan candinya.

wat phra singh

Pengunjung yang ingin berkeliling di kuil ini harus berjalan searah jarum jam. Hal ini udah jadi aturan sejak lama, meskipun ngga ada mitos ataupun efek negatif apapun yang berkaitan dengan hal ini, cuma etika aja sih.

wat phra singh

Wat Phra Singh memiliki sekitar tujuh bangunan yang bisa kalian kunjungi. Tiap bangunan punya fungsinya tersendiri, mulai dari aula utama, tempat sembahyang masal, tempat biksu utama dan tempat biksu baru.  

wat phra singh

Dari tempat biksu tersebut, jalan sedikit kalian akan menemukan museum biksu. Di bagian belakang, kalian bisa melihat sebuah candi emas yang besar dengan ornamen gajah di setiap sisinya. Candi disini memiliki kaki kubus dengan kubah bulat.

Setelah itu, kalian akan melewati asrama pendidikan biksu dan perpustakaan. Kalian bisa masuk ke dalam aula utama hanya dengan membayar 20 bath per orang untuk donasi. Tapi, sebelum masuk pengunjung wajib membuka alas kaki ya.

wat phra singh

Sekali lagi, kunjungan ke kuil kali ini emang kita berniat untuk beribadah guys. Tapi kalo kalian ingin berwisata aja juga bisa kok guys, siapkan kamera kalian untuk mengabadikan moment disini karena memang bentuk bangunan kuil ini sangat unik.

Nah, gimana guys? Tertarik untuk berkunjung ke Wat Phra Singh? Kalo kalian ada rencana liburan ke Chiang Mai, jangan lupa mampir ya.

Video by OldManTriple

Tips and Trick
  • War Phra Singh buka setiap hari mulai jam 9 pagi hingga jam 6 sore.
  • Karena tempat ini adalah kuil, pastikan kalian menggunakan pakaian yang sopan ya.
  • Jaga kebersihan selalu. 
  • Jaga ketertiban agar ngga ganggu orang yang beribadah.
  • Jangan lupa bawa kamera.
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
SUGGESTED CULINARY