10 Obyek Wisata di Pemalang Keindahannya Bikin Malas Pulang


Reni  April 9, 2019  0 Comment

Obyek Wisata di Pemalang didominasi oleh wisata alam yang menyegarkan. Jawa Tengah tak hanya memiliki Semarang atau Magelang yang punya deretan tempat wisata menarik. Propinsi yang berbatasan langsung dengan Yogjakarta ini memiliki kabupaten Pemalang yang tak kalah istimewa. Ada banyak potensi wisata alam menjanjikan yang dimiliki oleh Pemalang lho! Penasaran? Yuk, simak obyek wisata Pemalang yang tak kalah indah dengan destinasi wisata lain berikut ini!

Tempat Wisata di Pemalang

1. Kedung Bening

 Kedung Bening
Photo via wartadesa.net


Mau mencari obyek wisata Pemalang yang masih perawan dan belum banyak dikunjungi wisatawan? Datang saja langsung ke Kedung Bening yang beralamat di perbatasan antara Desa Bodas dan Desa Majalangu, Kecamatan Watukumpul. Jika ditempuh dari pusat kota, Anda harus menempuh jarak sekitar 41 kilometer atau sekitar 1 jam berkendara menggunakan roda dua. Cukup jauh ya?
Perjalanan yang cukup melelahkan tersebut bakal terbayar lunas saat menyaksikan keindahan telaga kecil yang terbentuk akibat proses erosi ini. Cekungan yang membentuk telaga kecil ini menampilkan air berwarna hijau tosca akibat reaksi mineral. Pokoknya foto Anda bakal terlihat lebih keren di Kedung Bening.

wisata terdekat

Berfoto Di Spot-Spot Instagramable, Yang Ada Di Candi Cetho

Candi Prambanan ~ Bukti Tingginya Peradaban Di Indonesia Pada Masa Lampau

2. Kedung Bunder

Kedung Bunder
photo via WisatadiPemalang.com


Salah satu obyek wisata Pemalang yang paling hits karena memiliki pemandangan alam luar biasa adalah Kedung Bunder. Lokasi obyek wisata bak surga ini tak jauh dari Kedung Bening. Keindahan telaga kecil yang memiliki kedalaman hingga 4,5 meter ini dijamin bakal membuat Anda betah berlama-lama.
Namun, Anda memang harus menempuh perjalanan cukup sulit sebab melewati ladang dan kebun warga serta menuruni jalan dengan kemiringan 35 derajat serta menyusuri sungai. Pastikan membawa perbekalan sendiri mengingat kawasan wisata ini masih belum terkelola dengan baik. Jangan lupa untuk membawa kembali sampah Anda ya!

Baca juga :  8 Nasi Liwet Paling Enak di Jawa Tengah Rasanya Menggugah Selera

3. Hutan Mangrove Pemalang

 Hutan Mangrove Pemalang


Obyek wisata Pemalang yang tak pernah sepi dari kunjungan wisatawan adalah hutan mangrove yang berada di Desa Mojo, Kecamatan Ulujami. Kawasan hutan yang memiliki luas 2.350 hektare ini terdiri dari hamparan bakau dan pertambakan. Anda bisa menikmati setiap jengkal keindahan hutan mangrove dengan menyewa perahu sekali jalan yaitu 10 ribu rupiah saja.
Ingin mencoba kemampuan Anda di bidang fotografi? Datangs aja ke hutan mangrove di Pemalang. Anda tidak akan menyesal dengan hasil foto nuansa alam hutan mangrove kebanggaan kabupaten Pemalang ini.

4. Rafting di Sungai Comal

 Rafting di Sungai Comal
photo via superadventure.co.id


Ingin mencoba liburan yang anti mainstream dan menantang adrenalin? Yuk, ajak teman-teman Anda mencoba rafting di Sungai Comal. Anda bisa mengunjungi lokasi rafting di Jalan Raya Randudongkol-Moga, KM 5 nomor 99, Desa Kecepit, Kecamatan Randudongkol, Pemalang.
Rafting seru yang baru dibuka beberapa tahun terakhir ini sudah diakomodasi oleh pemerintah. Rupanya Kementerian Pariwisata sudah membidik potensi wisata alam yang menyedot animo pelancong dari luar daerah ini. Harga rafting yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Anda hanya perlu menyiapkan uang kurang dari dua ratus ribu rupiah saja. Tertarik menyusuri Sungai Comal?

5. Goa Gunung Wangi

 Goa Gunung Wangi
photo via malaspulang.com


Goa Gunung Wangi merupakan obyek wisata Pemalang yang buka mulai pukul 08.00 pagi sampai 6 petang. Alamat tempat wisata ada di Desa Glandang, Bantarbolang, Pemalang. Anda hanya perlu membayar biaya masuk sebesar 5 ribu rupiah saja untuk menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang ada di Goa Gunung Wangi.
Gugusan Goa Gunung Wangi terdiri dari lima goa yaitu Goa Penganten, Goa Buyung, Goa Laren, Goa Bandung dan Goa Siluman. Dibalik cerita mistis yang masih ada di gugusan goa, Anda bisa mendapatkan pemandangan alami yang masih perawan.

Baca juga :  21 Wisata Alam Jogja yang Jarang Diketahui Wisatawan

6. Telaga Rengganis

 Telaga Rengganis
photo via wisataBagus.net


Telaga Rengganis adalah obyek wisata Pemalang yang paling terkenal dikalangan pengunjung. Telaga yang memiliki luas hingga 1 hektare ini berlokasi di Desa Gapura, Kecamatan Watukumpul atau sekitar 60 kilometer dari pusat kota Pemalang. Meski harus menempuh perjalanan cukup jauh, banyak wisatawan yang tak menyesal sebab telaga memiliki daya pikat.
Air di Telaga Rengganis sangat jernih dilengkapi pohon-pohon pinus di sekelilingnya. Pemandangan alam yang indah tersebut berpadu dengan panorama bukit hijau. Tak heran kalau banyak pengunjung memilih bermalam di sekitar telaga dengan mendirikan tenda. Yuk, menikmati keindahan senja di Telaga Rengganis yang memukau!

7. Pantai Widuri

 Pantai Widuri
photo via seputarpemalang.com


Kabupaten Pemalang juga memiliki obyek wisata berupa pantai lho! Kalau Anda berada di kota ini, jangan lupa untuk singgah sejenak di Pantai Widuri. Akses yang mudah dan dekat dengan kota membuat Pantai Widuri menjadi ikon wisata Pemalang. Toh, fasilitas yang ada di kawasan pantai sudah lengkap sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi.
Tak hanya bisa menikmati hembusan angin sepoi-sepoi atau bermain di hamparan pasir Pantai Widuri, Anda juga bisa mengajak si kecil bermain wahana air di Widuri Water Park yang ada di kawasan ini. Jangan lupa mengajak seluruh anggota keluarga menikmati santapan seafood di obyek wisata Pemalang ini!

8. Pantai Joko Tingkir

Pantai Joko Tingkir
photo via tukanginfo.com


Nama Joko Tingkir tentu bukan ha lasing di teling sebab ia merupakan Raja Pajang pertama. Ya, nama sang menantu Sultan Trenggono diabadikan menjadi nama obyek wisata Pemalang yang terkenal. Anda wajib mengunjungi pantai yang masih alami ini saat berkunjung ke Petarukan, Pemalang.
Pantai Joko Tingkir menawarkan keindahan berupa pemandangan air laut yang biru, pohon cemara di sepanjang pantai atau bermain ayunan dan perosotan di sekitar pantai. Cocok banget menjadi destinasi liburan akhir pekan Anda bersama keluarga tercinta.

Baca juga :  Indahnya Taman Laut Nasional Bunaken Surga Tersembunyi

9. Bukit Kukusan

Bukit Kukusan
photo via candradanue.blogspot.com


Salah satu obyek wisata Pemalang yang hits dikalangan anak muda karena memiliki banyak spot foto instagramable ada di Bukit Kukusan. Lokasi wisata sangat strategis untuk Anda yang hendak bertolak ke Pekalongan atau Semarang. Bukit Kukusan menawarkan pemandangan alam nan hijau untuk merelaksasi pikiran.
Anda bisa bersantai bersama teman atau keluarga dengan menikmati suasana hijau di sekitar Bukit Kukusan. Menyaksikan kegagahan Gunung Slamet setinggi 3.428 mdpl dari gardu pandang akan membuat Anda betah berlama-lama. Tak hanya menampilkan pemandangan berupa perbukitan, hamparan sawah dan suasana hijau saja, Bukit Kukusan juga menjadi favorit traveler malam hari. Anda bisa mengajak si dia menikmati suasana romantis dengan menyaksikan jutaan bintang dari Bukit Kukusan.

10. Curug Sibedil

Curug Sibedil
photo via jalantraveller.blogspot.com


Salah satu obyek wisata Pemalang yang harus dikunjungi adalah Curug Sibedil. Lokasi wisata ada di lembah Gunung Slamet atau tepat berada di Dusun Karangbulu, Desa Sima, Kecamatan Moga, Pemalang. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 10 meter ini memiliki kolam air yang cocok untuk berendam. Spot wisata yang hanya mematok biaya masuk sekitar 5 ribu ini juga menjadi tempat favorit menggelar pemotretan prewed. Anda tertarik berkunjung ke Curug Sibedil?
10 rekomendasi obyek wisata Pemalang wajib masuk dalam daftar akhir pekan Anda. Tentu masih ada banyak tempat wisata menarik lain di Pemalang yang wajib Anda kunjungi bersama keluarga tercinta. Yuk, refresh sejenak tubuh dan pikiran dengan liburan bernuansa alam di Pemalang, Jawa Tengah!





Leave a Reply