10 Spot Foto Pantai Indrayanti Jogja + Rute dan Tiket Masuk


sisil angelin  June 7, 2018  0 Comment

Pantai Indrayanti adalah salah satu destinasi wk. isata yang wajib untuk dikunjungi bagi anda para traveller khususnya pecinta wisata pantai. Pantai yang satu ini rasanya memang menyimpan banyak sekali keindahan sehingga tak heran jika akhirnya Pantai Indrayanti ini menjadi salah satu wisata andalan di kota Yogyakarta.

Mengenal Sejarah Nama Pantai Indrayanti

Pantai Indrayanti

Piknikdong.com

Kota Yogyakarta memang menjadi salah satu daerah tujuan wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing. Yang unik dari tempat wisata yang ada di Yogyakarta ini adalah dimana hampir semua tempat wisatanya memiliki latar belakang sejarah. Sehingga kadangkala hal seperti inilah yang menjadikan lokasi wisata menjadi lebih menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung.

Tak berbeda jauh dengan Pantai Indrayanti ini dimana pantai yang satu ini juga memiliki sejarah yang membuatnya semakin unik. Sebenarnya perlu anda ketahui bahwa nama Indrayanti bukanlah berasal nama yang sebenarnya. Karena sebenarnya pemerintah setempat memberikan nama pantai ini dengan nama Pantai Pulang Sawal.

Sedangkan nama Indrayanti sendiri sebenarnya adalah diambil dari nama sebuah restoran atau rumah makan yang lokasinya berada tak jauh dari pantai ini. Restoran Indrayanti milik Pak Indra dan Ibu Yanti ini memang populer diwilayah tersebut, terutama dikalangan pengunjung pantai. Karena kepopuler nama restoran inilah akhirnya dari mulut ke mulut beredar dengan nama pantai Indrayanti.

Pemerintah sudah sangat sering mengkampanyekan nama pantai yang resmi yaitu Pantai Pulang Sawal. Namun tetap saja masyarakat dan pengunjung tetap mengenal pantai yang satu ini dengan nama Pantai Indrayanti. Sehingga sampai saat inilah wisatawan lebih mengenal pantai ini dengan sebutan Pantai Indrayanti.

Baca juga :  8 Hotel Dekat Stasiun Tugu Terkenal Bagus dan Murah

Keindahan Pantai Indrayanti yang Sayang Dilewatkan

rute menuju Pantai Indrayanti

sharetempatwisata.com

Setiap tempat wisata yang ada di Indonesia memang memiliki ciri khas, keunikan dan keindahan tersendiri. Begitu pula keindahan yang ada di Pantai Indrayanti ini yang memang sangt sayang untuk dilewatkan begitu saja. Pantai ini memang selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan, terlebih ketika weekend dan musim liburan tiba. Di waktu tertentu anda juga bisa melihat banyak sekali ubur – ubur dipantai ini, namun sangat dianjurkan untuk tidak menyentuhnya.

Selain itu, agar anda bisa leluasa menikmati keindahan antainya juga dianjurkan untuk mengunjungi ktika weekdays saja atau ketika hari biasa. Karena diwaktu inilah kondisi pantai agak lengang dan tidak terlalu banyak pengunjung. Jika anda berniat untuk menginap, sepertinya anda wajib untuk menikmati sunset. Karena sunset di Pantai Indrayanti ini terkenal sangatlah indah dan sayang sekali jika harus dilewatkan.

Pantai Indrayanti terkenal indah karena memang kondisi pantainya yang bersih terawat serta memiliki air yang sangat jernih. Hal ini tentunya tidak terlepas dari peran pemerintah setempat yang memang dengan sengaja membudayakan peraturan denda kepada siapa saja yang membuang sampah sembarangan dikawasan pantai ini. Jika ada pengunjung yang ketahuan membuang sampah tidak pada tempatnya maka akan dikenakan denda sebesar Rp. 10.000.

Meskipun nominal dendanya mungkin terbilang kecil, namun siap sangka justru karena peraturan inilah akhirnya pengunjung dan masyarakat setempat semakin peduli dengan kebersihan lingkungan pantai ini. Sehingga tak heran jika pantai yang satu ini memang dikenal sebagai pantai yang bersih dan bebas dari sampah. Perlu diketahui bahwa Pantai Indrayanti ini berbatasan langsung dengan memang dikenal dengan ombaknya yang besar. Sehingga bagi anda yang mengunjungi pantai ini untuk bermain air sangat disarankan untuk selalu mematuhi peraturan keamanan yang sudah ditentukan untuk menghindari berbagai hal buruk yang tidak diinginkan.

Baca juga :  5 Desa Wisata di Jogja Keasrian Alamnya Bikin Betah

Akses Jalan Menuju Pantai Indrayanti

Pantai ini berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Sebenarnya sangatlah mudah untuk menemukan lokasi pantai ini karena memang masih berada dalam satu kawasan wisata pantai Gunung Kidul lainnya seperti Pantai Krakal, Pantai Sundak, Pantai Pok Tunggal dan yang lainnya. Untuk akses jalannya sendiri meskipun berkelok – kelok namun kondisi jalannya sudah aspal mulus. Sehingga mudah untuk diakses dengan menggunakan berbagai alat transportasi apapaun.

Untuk jarak tempuhnya sendiri sekitar jam dari pusat kota Yogyakarta. Selain itu jika sudah memasuki kawasan wisata antai ini akan terdapat plakat yang bisa menjadi petunjuk bagi anda untuk menuju lokasi wisata Pantai Indrayanti ini. sehingga anda cukup mengikuti petunjuk arah yang sudah disediakan. Untuk rutenya sendiri bisa melalui beberapa hal seperti :

· Jl. Imogiri – Siluk – Panggang – Saptosari – Trowono – Baron

Setelah sampai di Pantai Baron anda bisa mengambil arah timur agar bisa sampai ke Pantai Indrayanti. Untuk jaraknya kurang lebih berjarak sekitar 10 meter saja.

· Yogyakarta – Jl. Wonosari – Piyungan – Patuk – Wonosari – Karangrejek – Hargosari – Tepus

Setelah sampai ditepus anda bisa langsung mengikuti petunjuk atau arah jalan yang sudah tersedia.

Berbagai Fasilitas yang Bisa Anda Nikmati Di Pantai Indrayanti

Tidak bisa dipungkiri bahwa nama Pantai berada di Selatan Jogja ini memang semakin populer dikalangan wisatawan. Tak hanya wisatawan lokal saja, bahkan wisatawan asingpun juga sudah banyak yang berkunjung ke pantai yang satu ini. Kondisi seperti inilah yang akhirnya membuat pemerintah setempat untuk melengkapi fasilitas dikawasan wisata Pantai Indrayanti ini.

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Slovenia Favourite Wisatawan Mancanegara

· Fasilitas Bermain Air

fasilitas Pantai Indrayanti

garispantai.com

Meskipun sudah merupakan wisata pantai, namun di Pantai segala keindahannya ini jiga dilengkapi dengan tempat bermain khusus untuk anak. Dan bagi anda yang menyukai jetski, tenga saja karena disini juga tersedia penyewaan jetski dengan tarif kisaran rp. 250.000/15 menit.

· Tempat Makan

harga tiket Pantai Indrayanti

wideopeneats.com

Berwisata pantai rasanya tak lengkap jika tidak mencicipi kuliner lautnya. Bukan? Tapi anda tak perlu merasa khawatir karena dikawasan wisata Pantai Indrayanti ini terdapat banyak sekali tempat makan yang bisa anda gunakan untuk mencicipi aneka kuliner seafood sembari berteduh.

· Payung Pantai dan Gazebo

Fasilitas Pantai Indrayanti

Jarangpanas.com

Menikmati keindahan Pantai berlaut biru ini tentunya akan sangat terganggu ketika terik matahari begitu menyengat. Namun disini disediakan beberapa payung pantai serta gazebo yang bisa anda anfaatkan untuk berteduh dan bersantai sembari menikmati pesona Pantai Indrayanti. Namun untuk bisa menggunakan dua fasilitas ini anda diwajibkan membayar sejumlah nominal sewa sebear Rp. 20 000 untuk sewa payung pantai dan juga Rp.30.000 untuk sewa gazebo.

· Toilet Umum

Aktifitas bermain air pantai tentu membuat badan terasa tidak enak sehingga anda perlu untuk membilas maupun hanya sekedar untuk. Disini tersedia toilet umum yang jumlahnya terbilang cukup banyak. Sehingga anda tak perlu khawatir harus antri.

Pantai berombak liar ini juga sudah dilengkapi dengan menara lifeguard dimana dimenara inilah akan ada tim keamanan yang mengawasi sekaligus memantau keamanan para pengunjung. Namun meskipun begitu tetap disarankan agar para pengunjung pantai ini untuk tetap waspada dan berhati – hati ketika bermain air laut. Hal ini mengingat ombak besar yang sewaktu – waktu bisa datang kapan saja tanpa diduga sekaligus sebagai upaya antisipasi demi menjaga keamanan dan kenyamanan anda dan juga pengunjung lainnya.



Leave a Reply