11 Oleh-oleh Khas Medan yang Habis Dibeli Wisatawan


Reni  April 27, 2018  0 Comment

Oleh – oleh khas medan memang menjadi salah satu barang yang wajib untuk dibeli ketika sedang singgah di kota Medan. Berbagai macam oleh – oleh khas ini akan membuat liburan anda makin berkesan.

Pada dasarnya, kota Medan memang dikenal memiliki berbagai macam destinasi wisata yang sangat menarik sekali. Oleh karena itu tidak heran ada banyak sekali wisatawan yang tertarik untuk mengunjungi kota Medan sebagai salah satu destinasi wisata dan berlibur bersama kerabat dan keluarga.

Selain dikenal oleh wisatawan lokal, berbagai macam objek wisata di Medan ini juga banyak mengundang para wisatawan asing untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata yang berada di kota ini.

Selain menyediakan berbagai macam objek wisata menarik saja, kota medan juga menyediakan berbagai macam jenis makanan – makanan yang sangat enak dan khas dan kota ini juga menawarkan berbagai macam jenis oleh – oleh khas medan yang wajib untuk dibeli dan dibawa pulang sebagai buah tangan untuk yang ada di rumah. Penasaran,bukan?

1. Bika ambon

Bika ambon

ceritamedan.com

Pada dasarnya ada banyak orang yang menyebut bahwa makanan bika ambon berasal dari kota ambon. Namun hal tersebut ternyata salah. Makanan yang mempunyai rasa lezat ini ternyata asli dari kota Medan.

Bika merupakan jenis makanan yang terbuat dari tepung tapioka, gula, santan dan telur yang memberikan rasa legit dan memiliki tekstur yang berserat. Tempat jual bika ambon paling terkenal di Medan adalah bernama Bika Ambon Zulaikha yang berada di Jalan Mojopahit 62. Ada berbagai macam varian rasa dari bila ambon yang bisa anda pilih.

Baca juga :  11 Makanan Khas Bukittinggi, Lezat dan Menggugah Selera!

Review kuliner

Mikie Funland (Mikie Holiday), Family Trip , Berastagi

Danau Siombak Salah Satu Ikon Wisata Kota Medan

2. Kue bolu Meranti Medan

Kue bolu Meranti Medan

medan.panduanwisata.id

Jika anda sering mengunjungi kota Medan, pastilah sudah tidak asing lagi dengan yang namanya kue bolu Meranti, bukan ? Kue bolu meranti merupakan oleh – oleh kue khas dari kota medan yang mempunyai tekstur rasa yang sangat lembu dan lembut.

Selain itu juga tersedia dalam berbagai macam rasa misalnya strawberry, mocca, nanas, keju, kacang dan sebagainya. Karena tanpa ada kandungan bahan pengawet, kue bolu ini hanya bisa tahan 3 hari saja dan 7 hari apabila dimasukkan ke dalam kulkas. Anda bisa menemukan kue ini di Kalan Kuring 2K dan juga di Jalan Sisingamangaraja 13B .

3. Pancake durian legit khas Medan

Pancake durian legit khas Medan

kulinerkhasmedan.com

Siapa sih yang tidak suka dengan buah durian? Sudah bisa dipastikan bahwa setiap orang menyukai durian. Buah satu ini menjadi sebuah buah primadona karena rasanya yang sangat enak. Di kota Medan, buah durian diolah menjadi sajian pancake durian yang mempunyai bentuk seperti dadar gulung yang dipandukan dengan adonana kulit tepung dengan diisi daging durian yang sangat enak sekali.

Karena rasanya yang enak ini, banyak orang yang menjadikan pancake durian menjadi salah satu oleh – oleh yang wajib di bawa ketika berkunjung ke kota Medan. Anda bisa menemui pancake ini di Jalan Sekip 67.

4. Durian Ucok

Durian Ucok

tokopedia.com/imtermuda

Ternyata tidak hanya olahan dari durian saja yang bisa dicicipi dan dibawa pulang sebagai oleh – oleh dari kota Medan. Namun, anda juga bisa membawa pulang durian khas Medan yang bernama Durian Ucok. Durian Ucok adalah sebuah kedai yang terletak di Jalan Wahid Hasyim yang menyediakan berbagai macam jenis durian yang berkualitas.

Baca juga :  11 Makanan Khas Toraja Enaknya Bikin Nagih + Rekomended Oleh-Oleh

Anda bisa langsung melahapnya di sana atau membawa pulang sebagai oleh – oleh. Pokoknya, di sini anda bisa mendem duren, deh. Jika anda ingin membawa pulang, jangan khawatir takut tidak bisa membawanya karena ketika anda ingin membawanya pulang, duren akan dikemas dalam kotak – kotak kecil sehingga baunya akan tersamarkan.

5. Kain ulos khas Medan

Kain ulos khas Medan

akurat.co

Selain makanan, anda bisa membawa pulang kain ulos sebagai oleh – oleh yang bisa dibawa pulang. Ulos merupakan sebuah kain kebanggaan dari masyarakat Sumatera Utara yang mana biasanya digunakan dalam berbagai macam acara dan upacara adat masyarakat Medan.

Kain ulos berbentuk selendang panjang yang cara penggunaanya adalah dengan diselepangkan di badan atau juga bisa digunakan sebagai ikat kepala. Jika anda ke Medan, kain ini sangat mudah dijumpai karena banyak orang yang menjualnya.

6. Sirup Markisa

Sirup Markisa

travelbon.com

Buah markisa memang sering digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan berbagai macam minuman segar karena rasa buahnya ini sangat segar. Nah, di kota Medan sirup markisa juga dikemas dalam sebuah sajian minum sirup yang menjadi ciri khas dari kota Medan.

Jenis sirup ini bisa tahan lama sehingga anda bisa membawanya sebagai oleh jarak jauh. Sirup ini kaya akan vitamin C dan kandungan antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Oleh – oleh sirup markisa ini banyak dijual di toko oleh – oleh khas medan.

7. Ikan teri Medan

Ikan teri Medan

tutoba.com

Pada dasarnya ikan teri dari memang sangat mudah ditemui dimanapun. Namun ikan teri yang berasal dari medan ini berbeda dengan jenis ikan teri yang sering anda jumpai, Bentuk dari teri medan ini kecil – kecil namum banyak sekali penggemarnya.

Baca juga :  8 Oleh Oleh khas Papua Barat, Cocok Buat Buah Tangan

Selain itu teri ini memiliki warna putih dan akan sangat nikmat sekali apabila dimakan dengan sambal kacang dan nasi putih. Jika anda berminat membeli ikan teri ini, biasanya sudah tersedia teri yang cepat saji dan juga ada juga yang masih mentah.

8. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang

bukalapak.com/u/mandheling

Bagi para pencinta kopi, anda harus membeli kopi sidikalang. Rasa kopi khas Medan ini sangat nikmat sekali jika dibandingkan dengan jenis kopi yang lain. Kandungan kafein pada kopi ini sangat tinggi sehingga kopi sidikalang bisa disebut dengan rajanya kopi sumatra dan juga menjadi pesaing kopi Brazil yang populer.

9. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk

tokopedia.com/-aisha-zia-

Oleh – oleh khas dari kota Medan yang wajib dibeli selanjutnya adalah bernama kacang sihobuk yang berasal dari desa Sihobuk Tapanuli Utara. Kacang ini mempunyai rasa gurih dan manis serta teksturnya yang garing dan renyah. Uniknya lagi, Kacang ini di goreng dengan pasir bukan minyak tanah sehingga non kolesterol.

10. Manisan Jambu biji

Manisan Jambu biji

resepmasakannusantaraoriginal.blogspot.co.id

Jika anda pencinta yang manis – manis, maka cicipilah manisan jambu biji. Rasanya sangat manis dan sangat cocok untuk di makan pada siang hari. Jambu biji yang digunakan adalah jambu bangkok sehingga rasanya tidak diragukan lagi nikmat dan mantap. Uniknya, kalau kita sering melihat manis biasanya buahnya di potong – potong, manisan jambu biji ini biasanya disajikan dalam bentuk bulat.

11. Kerupuk Sanjay

"</p

Kerupuk sinjay juga salah satu jenis oleh – oleh khas medan yang recomended untuk dibeli.  sangat terkenal dan renyah sekali. memiliki rasa ikan asin yang mantap dan selain itu jenis oleh – oleh dari kota Medan ini bisa bertahan sangat lama dan sangat enak jika dijadikan sebagai teman makan atau kudapan.



Leave a Reply