10 Makanan Legendaris di Surabaya Rasanya Menggugah Selera


Reni  August 24, 2019  0 Comment

Kota Surabaya yang juga disebut sebagai Kota Pahlawan, menyimpan banyak sekali cerita, keunikan, dan ciri khas yang tidak bisa ditemukan di kota lain yang ada di Indonesia. Dan salah satu keunikan dari kota ini adalah banyaknya Makanan legendaris di Surabaya yang sudah terkenal memiliki cita rasa yang otentik, dan menggugah selera sejak lama.
Sebagai kota yang memiliki sejarah panjang hingga saat ini, kemajuan yang dimiliki oleh Kota Surabaya ternyata tidak membuat makanan legendaris di Surabaya tersebut hilang atau mati tergerus oleh jaman, justru makanan legendaris tersebut semakin dikenal sebagai sebuah kekayaan yang dimiliki oleh kota ini.

Kota Pahlawan yang juga Memiliki Banyak Kuliner Legendaris


Bukan menjadi sebuah rahasia lagi jika Kota Surabaya dijuluki sebagai kota pahlawan karena bersejarahnya kota ini sebagai salah satu kota yang berperan penting pada masa perjuangan Indonesia menuju kemerdekaan. Selain itu, Kota Surabaya juga dikenal memiliki banyak kuliner yang sudah melegenda dan berdiri sejak bertahun-tahun yang lalu. Makanan legendaris di Surabaya ini menjadi bukti betapa kayanya kota ini dengan sejarah dan juga kuliner yang menggugah selera.
Terdapat banyak sekali kuliner legendaris yang ada di Surabaya. Anda bisa mengunjungi Surabaya dan melakukan wisata kuliner di kota ini. Selain itu, terdapat banyak sekali macam olahan dari makanan legendaris di Surabaya ini mulai dari makanan yang berkuah hingga tidak. Berikut ini rekomendasi makanan legendaris di Surabaya yang bisa Anda coba.

Makanan Legendaris dari Surabaya


1. Bebek Goreng Tugu Pahlawan

 Bebek Goreng Tugu Pahlawan
image credit : @the.lucky.belly


Rekomendasi makanan legendaris di Surabaya yang pertama adalah bebek goreng tugu pahlawan Surabaya. Menu hidangan yang satu ini merupakan olahan bebek goreng yang sudah terkenal di Surabaya sebagai salah satu yang terenak. Warung bebek goreng ini sudah berdiri sejak tahun 1989.
Warung bebek goreng tugu pahlawan ini merupakan warung milik dari Hajah Minhah. Anda bisa mengunjungi warung bebek goreng ini di Jalan Tembaan No. 19A Bubutan, Surabaya. Namun perlu Anda ingat jika warung ini baru buka pada pukul 6 sore.

Baca juga :  10 Rekomendasi Gado-gado enak di Surabaya, Bumbu Kacangnya Juara!
Gotravelly

Lontong Balap Garuda

Nasi Pecel Aiola Eatery Surabaya


2. Tahu Telor Pak Jayen

Tahu Telor Pak Jayen
image credit : @gitoeste


Berbeda dari jenis olahan yang pertama, menu makanan legendaris di Surabaya yang kedua adalah tahu telor. Kedai tahu telor Pak Jayen ini sudah terkenal karena cita rasa tahu telornya yang beda dari tahu telor lainnya. Kedai tahu telor ini baru buka pada pukul 4 sore hari, jadi Anda hanya bisa mendatanginya setelah jam tersebut.
terletak di Jalan Dharmahusada Mojo, Gubeg No.112, Surabaya. Untuk satu porsi tahu telor cukup Anda nikmati dengan 14 ribu Rupiah saja.


3. Rawon Kalkulator

Rawon Kalkulator
image credit : @surabayafoodies


Makanan legendaris di Surabaya yang ketiga adalah menu rawon kalkulator. Menu rawon ini dinamakan kalkulator karena ketangkasan para pramuniaganya dalam menggunakan kalkulator sehingga masyarakat lebih akrab menyebutnya dengan rawon kalkulator.
Rawon kalkulator ini berlokasi di daerah sentra warung-warung makanan di daerah Taman Bungkul.


4. Tahu Campur Pak Kahar

Tahu Campur Pak Kahar
image credit : @surabayafoodies


Kemudian, makanan legendaris di Surabaya yang selanjutnya adalah tahu campur milik Pak Kahar. Tahu campur memang cukup familiar dikalangan masyarakat Surabaya, dan salah satu warung tahu campur paling legendaris yang ada di kota ini adalah milik Pak Kahar.
Anda bisa menemukan warung tahu campur ini di Jalan Embong Malang No. 78, Genteng, Surabaya.


5. Lontong Balap Pak Gendut

Lontong Balap Pak Gendut
image credit : @sasmitaedo


Salah satu menu makanan legendaris di Surabaya yang paling terkenal adalah lontong balap. Dan kedai lontong balap paling terkenal di Surabaya yang telah buka sejak tahun 1960-an adalah lontong balap Pak Gendut. Banyak orang yang menuturkan bahwa cita rasa lontong balap ini tidak pernah berubah walaupun sudah sejak lama.
Anda bisa menikmati makanan ini di Jlan Prof. Dr. Moestopo No.11, Surabaya.

Baca juga :  11 Jamu Minuman Tradisional Indonesia Untuk Pengobatan


6. Sego Sambel Mak Yeye

Sego Sambel Mak Yeye
image credit : @kenyangmakan


Makanan legendaris di Surabaya yang satu ini akan sangat cocok bagi Anda pecinta makanan pedas. Menu ini adalah sego sambel Mak Yeye, walaupun baru buka pukul 9 malam, namuan kedai sego sambel ini selalu ramai dipadati oleh pembeli. Anda bisa menikmati sego sambel dengan cita rasa pedas yang meggugah selera ini di daerah Jagir, Wonokromo.
Anda juga bisa menambahkan beberapa pilihan lauk yang tersedia untuk melengkapi hidangan sego sambel Anda. Untuk harga dari menu ini sendiri bisa terbilang cukup murah, karena dengan kisaran 15 ribu saja Anda sudah bisa menikmati hidangan sego sambel yang nikmat ini.


7. Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo Ondomohen
image credit : @laparlagimakanlagi


Menu makanan legendaris di Surabaya yang satu ini merupakan olahan sate klopo yang terkenal karena rasa rempah yang kuat serta bumbu yang tidak pernah berubah walaupun sudah didirikan 70 tahun yang lalu. Ini adalah sate klopo Ondomohen. Varian dari sate ini sendiri terdiri atas dagin ayam dan juga sapi sehingga Anda bisa memilih varian mana untuk Anda nikmati.
Untuk satu porsi dari sate klopo ini dibandrol dengan harga 25 ribu dengan isi 10 tusuk sate pada setiap porsinya. Anda wajib mengunjungi sate klopo ini untuk merasakan bagaimana kuatnya rempah dan bumbu yang ada di sate klopo yang satu ini.


8. Nasi Cumi Waspada

 Nasi Cumi Waspada
image credit : @eat.inc


Salah satu kuliner khas Surabaya yang paling melegenda adalah nasi cumi waspada yang sudah ada sejak tahun 1917 dan saat ini sudah dikelola oleh generasi ke-4. Anda bisa menemukan warung nasi ini di Jalan Waspada, Kota Surabaya. Dalam satu porsi nasi cumi, Anda akan mendapatkan nasi putih yang pulen dan hangat, kemudian daging empal, cumi, telor, dan juga pelengkap yaitu peyek udang.

Baca juga :  8 Restoran Korea di Surabaya Murah tapi Enak Banget


9. Es Krim Zangrandi

Es Krim Zangrandi
image credit : @zangrandi.icecream


Tidak lengkap rasanya jika ketika kita membicarakan makanan legendaris di Surabaya tidak menyebutkan es krim yang satu ini. Es krim ini memiliki nama Zangrandi, kedai es krim Zangrandi lebih tepatnya. Kedai es krim ini telah berdiri sejak tahun 1930 silam di masa penjajahan Belanda.
Kedai es krim ini bisa Anda kunjungi di Jalan Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya.


10. Rujak Cingur Achmad Jais

Rujak Cingur Achmad Jais
image credit : @kokobuncit


Walaupun memiliki harga yang mahal yaitu, mencapai 50 ribu rupiah untuk satu porsinya, akan tetapi rujak cingur yang satu ini dapat dijamin memiliki rasa yang lezat dan unik dibandingkan rujak cingur lainnya, hal ini dikarenakan penggunaan kacang mede yang digunakan pada bumbu dari rujak cingur ini.
Rujak cingur ini terletak di Jalan Achmad Jais No. 40, Wonokromo, Surabaya. Namun, perlu diingat bahwa warung rujak cingur ini hanya buka selama 5 jam saja setiap harinya, yaitu mulai pukul 12 siang hingga pukul 5 sore saja.



Leave a Reply