10 Sup Khas Polandia, Tekstur Creamy-nya Bikin Nagih Loh!


Jehan  November 13, 2022  0 Comment

Mendekati akhir tahun, apa kamu sudah memiliki rencana ingin liburan ke mana? Jika ingin berlibur ke mancanegara, kamu bisa mencoba liburan ke Polandia. Negara yang memiliki warna bendera putih dan merah ini, memiliki beragam destinasi yang bisa kamu kunjungi loh!

Selain itu, Polandia juga bisa menjadi destinasi kuliner yang mengasyikkan. Kali ini, Go Travelly akan memberikan rekomendasi kuliner sup khas Polandia yang bisa kamu cobain. Apa saja menunya? Simak di bawah ini yuk.

1. Zurek

zurek
tasteatlas.com

Saat kamu bingung menentukan menu pesanan ketika berada di restoran khas Polandia, Zurek bisa menjadi menu yang kamu pilih. Sup satu ini merupakan menu yang mudah kamu temui di banyak restoran yang menyajikan hidangan khas Polandia.

Menu sup Zurek, tidak hanya disajikan saat Paskah saja melainkan bisa kamu temui di setiap waktu. Di setiap daerah Polandia, masing-masing memiliki varian sup Zurek yang berbeda dan beragam.

Biasanya, Zurek disajikan dengan cara tradisional, dimana ada telor rebus di dalamnya. Namun tidak jarang menu yang satu ini juga menggunakan kentang sebagai bahannya. Biasanya kentang dicincang atau ditumbuk. Selain itu ada juga yang menggunakan wortel, seledri atau daging asap di dalamnya.

Sup Zurek adalah makanan yang cukup mengenyangkan, terlebih ditambahkan irisan roti yang akan semakin membuat nikmat.

Gotravelly

Patdua Eatery, Sudut Nyaman Dengan Menu Enak Yang Siap Menemanimu

The Amazing Batu Screet Zoo, Kebun Binatang Modern Dengan Banyak Wahana Di Kota Batu

2. Barszcz Bialy

barzcz bialy
praktykulinarni.com

Barzcz Biały adalah sup dengan isian sosis putih, smoke beef, dan kuah rasa asam yang dibuat dari fermentasi tepung terigu. Apa kamu sulit membayangkan rasanya?

Kamu tidak perlu takut dan khawatir mengenai rasa dari sup ini, karena Barszcz Bialy akan memberikanmu rasa yang sangat enak! Awal kamu mencoba mungkin akan terasa sedikit aneh, tapi semakin kamu menambah suapan ke dalam mulut, rasanya akan semakin nikmat loh.

Sup dengan isian daging ini memiliki tekstur kental, creamy, dengan rasa segar asam. Biasanya sup ini menjadi makanan yang disajikan saat Paskah, namun belakangan ini Barszcz Bialy menjadi semakin populer.

Jika dilihat, sup ini hampir mirip dengan Zurek ya. Tapi, bahan dari kedua sup ini menggunakan tepung pengasam yang berbeda. Selain itu, Barzcz Biały juga menggunakan lebih banyak krim dibandingkan dengan Zurek.

3. Zupa Jarzynowa

zupa jaryznowa
winiary.pl

Zupa Jarzynowa adalah sup khas Polandia dengan bahan sayuran. Sup ini menjadi makanan tradisional pokok dari Polandia. Bahan utamanya menggunakan kaldu daging atau kaldu sayur. Biasanya diisi dengan wortel, kentang, kacang polong, kacang buncis, dan kembang kol.

Zupa Jarzynowa memiliki tekstur kentang yang berasal dari krim, sehingga memberi rasa yang rich dan heavy di mulut. Aroma dan rasa segar yang khas ada dari daun dill yang ada dalam sup semakin membuat sup ini nikmat. Biasanya Zupa Jarzynowa dimakan bersama roti mentega sebagai hidangan pembuka.

4. Barszcz Czerwony

barszcz czerwony
posilkiwchorobie.pl

Barszcz Czerwony adalah sup bit khas Polandia, dengan rasa unik. Jika kamu mencobanya, jangan kaget saat merasakan berbagai sensasi rasa yang menyatu. Rasanya enak, ada sedikit manis dan asam yang sempurna.

Biasanya sup Barszcz Czerwony ini disajikan dengan kentang yang ditumbuk, dan bawang yang ditumis. Tidak lupa topping irisan bacon di atas Barszcz Czerwony semakin membuat sup ini enak.

Sup yang satu ini termasuk jenis sup yang memiliki cara masak sederhana. Tapi jangan keliru dengan varian sup lainnya ya, karena Polandia juga memiliki sup yang sejenis dan dikenal dengan sebutan Barszcz Zabielany.

5. Zupa Ogorkowa

zupa ogorkowa
anediblemosaic.com

Zupa Ogorkowa adalah sup acar yang cukup sering dikonsumsi sebagai makanan penghilang mabuk atau obat pengar. Bahan utamanya dari mentimun dan kentang yang diasinkan atau diasamkan menghasilkan rasa yang segar.

Selain itu rasa lezat dari Zupa Ogorkowa dihasilkan dari kaldu ayam atau daging yang digunakan di dalam sup. Tidak hanya itu saua, Zupa Ogorkowa biasa ditambah dengan parutan sayuran serta krim asam di dalamnya. Jangan lupa tambahkan roti saat mencobanya ya!

6. Zupa Golabki

zupa golabki
aniagotuje.pl

Zupa Golabki adalah sup isi kubis yang menjadi salah satu menu sup khas Polandia. Sesuai dengan namanya, sup yang satu ini memiliki isian kubis gulung yang diisi dengan beberapa bahan yang kamu miliki lainnya.

Bahan yang digunakan terdiri daun kubis matang yang diisi dengan daging diling atau nasi, lalu digulung.

Rasa dari Zupa Golabki sangat sempurna, makanan ini sangat cocok untukmu yang menyukai kubis dengan cara sajian sederhana. Biasanya Zupa Golabki dihidangkan dengan atau tanpa nasi.

Apa kamu tertarik mencoba Zupa Golabki?

7. Zupa Pomidorowa

zupa pomidorowa
everyday-delicious.com

Zupa Pomidorowa adalah sajian sederhana menggunakan tomat sebagai bahan dasarnya. Saking sederhananya, untuk memasak sup ini kamu hanya membutuhkan tiga bahan saja, yakni kaldu, tomat, dan krim.

Meski menggunakan bahan sederhana, tapi rasa dari Zupa Pomidorowa sangat nikmat loh. Saat memakan sup ini, kamu bisa menambahkan nasi atau mie sebagai pelengkapnya. Yakin kamu gak ingin coba sup yang satu ini?

8. Kapusniak

kapusniak
skinnyspatula.com

Kapusniak adalah salah satu sup khas Polandia yang cukup populer sebagai menu tradisional. Sup ini memiliki warna kuah yang tidak begitu pekat seperti sup-sup lain milik Polandia.

Bahan yang biasa digunakan untuk memasak makanan ini adalah asinan kubis atau biasa dikenal dengan sauerkraut, kentang, dan daging iga babi atau bacon.

Sup yang satu ini juga menggunakan bahan sederhana seperti lada, garam, miyak zaitun, jinten, bawang bombai, dan bumbu tradisinal marjoram. Sup Kapusniak juga menjadi sup yang biasa disajikan bersama dengan roti hitam gandum (rye bread).

Selain itu, saat sup ini dimasak dan disajikan setelah musim Paskah sebagai hidangan puasa, maka bahan yang digunakan dalam masakan tidak menggunakan daging.

9. Rosol

rosol
kitchenstories.com

Rosol adalah salah satu jenis sup khas Polandia yang memiliki rasa enak dan lezat. Bahkan tak jarang orang Polandia menyebutnya sebagai ratu sup mereka. Sup Rosol menjadi sangat penting bagi orang Polandia.

Fokus bahan dari sup ini adalah kaldu ayam, kalkun atau daging sapi. Kuah dari sup Rosol sangat bening, oleh karena itu mereka tidak menggunakan daging babi sebagai bahannya. Karena daging babi tidak bisa menghasilkan warna kaldu yang jernih.

10. Flaczki

flaczki
aniagotuje.pl

Flaczki adalah sup Polandia yang cukup populer sejak lama. Bahkan setiap ibu rumah tangga di Polandia memiliki resep yang berbeda-beda. Biasanya sayuran, tulang sapi, dan daging babat menjadi isian dari Flaczki.

Sup Flaczki dibuat dengan menggunakan daging sapi yang dimasak dengan sangat lambat. Hal itu dilakukan agar mendapatkan kaldu yang super lezat. Semakin lama daging direbus maka akan menghasilkan kuah kaldu yang semakin nikmat.  

Biasanya Flaczki menjadi sajian yang dihidangkan dengan potongan roti pada acara pernikahan di Polandia. Rasa sup Flaczki akan semakin mantap dengan campuran merica, jahe, dan pala sebagai bumbu dasarnya.

Bagaimana menurutmu, apakah beragam sup khas Polandia di atas membuatmu merasa lapar? Apa kamu tertarik mencobanya?



Leave a Reply