10 Oleh Oleh Khas Cilegon Bikin Yang Tersayang Hepi


Fida  January 14, 2022  0 Comment

Berkunjung ke berbagai daerah tentu sayang rasanya jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh. Cilegon merupakan salah satu daerah di Indonesia yang tidak hanya dikenal dengan banyaknya tempat wisata dan kuliner lezat tetapi juga oleh-olehnya yang sangat beragam. Kamu dapat membeli berbagai oleh-oleh khas Cilegon mulai dari makanan hingga souvenir. Tidak perlu bingung, berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Cilegon yang menarik untuk dibawa pulang.

1. Bakso Ikan Lele

bakso ikan lele
kompas.com

Bakso pernah menjadi salah satu kuliner yang sudah tidak asing dan pernah kalian coba bukan? Berbeda dengan bakso lainnya yang biasa dibuat dengan menggunakan bahan utama daging ayam atau sapi, di Cilegon terdapat bakso yang dibuat dengan bahan utama ikan lele. Bakso ini tentu saja membuat banyak wisatawan penasaran dan ingin mencobanya. Selain mencoba langsung, beberapa wisatawan juga membeli bakso ikan lele sebagai oleh-oleh khas Cilegon untuk dibawa pulang.

Bakso ikan lele dikemas dengan kemasan sangat praktis dan rapi sehingga sangat memudahkan wisatawan untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh. Selain rasanya yang unik, bakso ini juga dikenal memiliki banyak protein. Bakso ikan lele biasa dijual dengan harga sekitar Rp 15.000,- per bungkus.

Gotravelly

Serunya Nongkrong Di Phinisi Resto Lakeside, Pemandangannya Juara

Nikmatnya Batagor & Cuankie Serayu, Bikin Rela Ngantri

2. Sate Bandeng

sate bandeng
travel.kompas.com

Tidak hanya bakso ikan lele, salah satu rekomendasi kuliner sekaligus oleh-oleh khas Cilegon yang sayang untuk dilewatkan adalah sate bandeng. Sate yang satu ini tentu memiliki tampilan yang unik dan jauh berbeda dengan sate pada umumnya. Selain tampilannya yang unik, kuliner yang satu ini juga memiliki aroma yang sangat menggugah selera karena dibuat dengan berbagai tambahan bumbu dan rempah khusus.

Sate Bandeng Bu Mamak menjadi salah satu rekomendasi sate bandeng yang populer dan bisa kamu coba saat datang ke Cilegon. Untuk membelinya, kamu hanya perlu menyiapkan biaya sekitar Rp 40.000,- per tusuk. Sate ini juga dijual dengan kemasan yang sangat praktis dan menarik sehingga banyak dipilih sebagai oleh-oleh yang sayang untuk dilewatkan.

3. Kerupuk Dapros

kerupuk dapros
bukalapak.com

Rekomendasi oleh-oleh khas Cilegon berikutnya yang tidak kalah menarik adalah kerupuk dapros. Berapa dari kamu tentu masih asing dengan sebutan kerupuk yang satu ini karena kerupuk dapros merupakan jajanan tradisional khas Cilegon. Meskipun termasuk jajanan tradisional, tapi kerupuk dapros masih banyak diburu hingga saat ini baik oleh warga lokal maupun para wisatawan.

Sesuai dengan sebutannya yakni kerupuk, makanan yang satu ini memiliki tekstur yang renyah dan dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung terigu. Kerupuk ini juga memiliki bentuk khas dan menarik yakni menyerupai bentuk bunga mekar. Saat datang ke Cilegon, kamu dapat membeli kerupuk dapros di berbagai toko oleh-oleh di Cilegon.

4. Gegetas

gegetas
cookpad.com

Tidak kalah menarik dengan oleh-oleh khas Cilegon lainnya, gegetas juga banyak diburu oleh para wisatawan yang datang ke Cilegon. Makanan yang satu ini merupakan keripik yang dibuat dengan menggunakan bahan utama tepung beras. Selain tepung beras, bahan lain yang digunakan adalah kelapa parut.

Gegetas tentu sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Cilegon. Makanan yang satu ini juga biasa dijual dengan berbagai varian rasa mulai dari original, balado, hingga pedas. Kamu tidak perlu khawatir karena makanan ini dijual dengan harga yang cukup terjangkau yakni sekitar Rp 10.000,- saja per kemasan.

5. Kue Gipang

kue gipang
ihategreenjello.com

Ada banyak pilihan oleh-oleh khas Cilegon yang sayang untuk tidak kamu coba, salah satunya adalah kue gipang. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan utama beras ketan dan terkenal dengan teksturnya yang khas yakni sedikit lengket. Saat mencoba kue gipang, kamu akan dimanjakan dengan cita rasa manis yang ditawarkan.

Kue gipang tentu dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Cilegon. Selain harganya yang terjangkau, kue ini juga biasa dijual dengan kemasan praktis sehingga sangat memudahkan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Tertarik untuk mencoba manisnya kue gipang saat datang ke Cilegon?

6. Kue Engkak

kue engkak
idntimes.com

Tidak kalah menarik dengan kue gipang, kue enak juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Cilegon yang sayang untuk dilewatkan. Kue yang satu ini merupakan kue lapis legit yang dibuat dengan resep turun temurun. Oleh karena itu, lezatnya kue engkak tidak perlu diragukan lagi.

Karena kelezatannya, ini tidak hanya berhasil menarik minat masyarakat lokal saja tetapi juga membuat banyak wisatawan penasaran. Salah satu tempat paling populer untuk membeli kue engkak adalah di Kue Engkak H. Saidah. Kue engkak biasa dibanderol dengan harga sekitar Rp 250.000,- per loyang.

7. Serundeng

serundeng
idntimes.com

Selain jajanan yang unik dan menggugah selera, serundeng juga menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Cilegon yang sayang untuk dilewatkan. Makanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan kelapa pilihan dan tambahan rempah serta bumbu khusus. Kamu dapat membeli serundeng dengan beberapa pilihan rasa seperti pedas dan manis.

Serundeng biasa dijual dengan kemasan praktis dan dapat kamu jumpai di beberapa toko oleh-oleh di Cilegon. Selain cocok untuk dinikmati langsung, makanan yang satu ini juga sangat direkomendasikan untuk dinikmati bersama dengan satu porsi nasi hangat. Karena kelezatannya, tidak heran jika serundeng diminati oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

8. Emping

emping
kompas.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan makanan emping bukan? Makanan yang satu ini merupakan camilan yang dibuat dengan bahan utama melinjo. Melinjo diolah dengan cara dihancurkan dan dikeringkan di bawah terik matahari. Emping biasa dijual dengan kemasan praktis dalam keadaan mentah maupun siap dikonsumsi.

Makanan yang satu ini juga dapat dengan mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh di Cilegon. Kamu tidak perlu khawatir karena emping dijual dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp 10.000,- per bungkus.

9. Batik Krakatoa

batik krakatoa
app.emaze.com

Tidak hanya makanan, batik krakatoa juga menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Cilegon yang cocok untuk dibawa pulang. Batik krakatoa merupakan batik khas Cilegon yang penamaannya diambil dari nama gunung Krakatau.

Saat berkunjung ke Cilegon, kamu dapat membeli batik krakatoa berupa lembaran maupun siap pakai seperti baju. Harga yang ditawarkan juga sangat beragam tergantung motif, jenis kain, dan juga bentuk.

10. Miniatur Landmark

miniatur landmark
shopee.co.id

Berkunjung ke berbagai kota tentu sangat disayangkan jika pulang tidak membawa oleh-oleh. Membeli oleh-oleh berupa miniatur landmark menjadi pilihan tepat. Saat datang ke Cilegon, kamu juga dapat membeli berbagai miniatur yang unik dan menarik sebagai kenang-kenangan.

Berbagai miniatur dijual dengan harga yang sangat beragam mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah. Unik sekali bukan?



Leave a Reply