10 Oleh-Oleh Khas Bosnia Herzegovina Wajib Kamu Bawa


Reni  October 22, 2022  0 Comment

Yang namanya jalan jalan ke suatu tempat, pastinya tidak lengkap, jika tidak membeli oleh oleh khas daerah setempat. Seperti halnya ketika Anda mengunjungi negara Bosnia dan Herzegovina. Negara yang beribukota di Sarajevo, ini bertetangga dengan negara Serbia, Hungary, Kroatia dan juga Montenegro ini, selain mempunyai deretan tempat wisata menarik untuk dikunjungi, juga mempunyai beberapa oleh-oleh khas Bosnia Herzegovina yang pastinya sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

1. Burek

burek
tasteatlas.com

Adapun oleh-oleh khas Bosnia Herzegovina yang pertama adalah makanan khas dari Bosnia dan Herzegovina, bernama Burek. Ini adalah kue, seperti roti, yang isinya terdiri dari bayam, daging yang sudah dihaluskan dan juga keju.

Para pengunjung mudah menemukan oleh oleh tersebut di toko roti, restoran atau juga café. Bahkan beberapa diantaranya ada yang menjual kue tersebut dengan harga yang ramah di kantong.

Salah satu alasan kenapa Anda sebaiknya membawa kue yang satu ini. Selain karena cita rasa yang khas, dan mampu menggoyang lidah Anda, juga karena kue jenis ini termasuk jenis yang tahan lama. Sehingga aman ketika dibawa untuk jangka waktu tertentu.

Gotravelly

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Borong Oleh-Oleh Di Bakpia TelO Yang Lezat Dan Beraneka Camilan Dengan Harga Terjangkau Bisa Kalian Temukan Disini Loh!

2. Aksesoris

Oleh-Oleh Khas Bosnia Herzegovina
travel.kompas.com

Ketika Anda mengunjungi Bosnia dan Herzegovina, jangan lupa untuk membeli aneka aksesoris khas daerah setempat. Ini akan jadi oleh oleh khas setempat yang paling mudah untuk dibawa, namun juga dapat dibagikan ke banyak orang.

Adapun yang dimaksud dengan aksesoris, khas dari Bosnia dan Herzegovina ini seperti magnet kulkas, tas, syal, gantungan kunci, dan yang lainnya. Aneka aksesoris atau pajangan tersebut, dapat dengan mudah Anda temukan di pusat oleh oleh yang ada di Old Town.

Desain dari aksesoris tersebut, sangat mencirikan objek wisata yang ada di kawasan tersebut, atau juga hal hal unik lainnya dari negara tersebut. Untuk harga aksesoris yang ditawarkan sendiri terbilang sangat murah, sekitar 3 Bosnian Marks, atau sekitar Rp 26.000.

3. Pajangan unik khas Bosnia Herzegovina

pajangan bosnia
travel.kompas.com

Selain aneka aksesoris, di Old Town tersebut Anda juga dapat berburu aneka peralatan pecah belah rumah tangga unik, mulai dari aneka piring, mug, gelas, dan yang lainnya. Semua peralatan tersebut didesain dengan motif khas dari Bosnia, yang kaya aneka aneka macam warna.

Selain aneka barang pecah belah, di tempat ini, Anda juga akan menemukan lampu gantung, degan aneka macam desain dan warna. Adapun harga untuk aneka hiasan tersebut, ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau.  

4. Kopi Bosnia

kopi bosnia
travel.kompas.com

Bagi Anda para pecinta kopi, atau ada saudara yang menyukai kopi, tentunya ini akan jadi oleh oleh yang menarik. Yang perlu Anda ketahui adalah kopi sendiri, termasuk salah satu jenis minuman yang difavoritkan oleh hampir semua masyarakat di negara Bosnia dan Herzegovina. Walaupun pada kenyataannya negara yang satu ini bukan negara penghasil kopi, melainkan sebagai negara pecinta kopi.

Bahkan yang menarik, terdapat, sebuah ritual khusus untuk meminum kopi, ketika bersama keluarga atau teman, di halaman belakang rumah. Dimana untuk menyuguhkan kopi tersebut, akan digunakan peralatan kopi khusus, mulai dari grinder, teko, hingga cangkir yang digunakan. Tujuannya tidak lain untuk menciptakan cita rasa kopi yang menarik.

Dari sisi harga, kopi yang ditawarkan relatif terjangkau. Untuk 50 g kopi, biasanya ditawarkan dengan harga sekitar Rp 88.000. Sedikit tips tambahan untuk Anda. Ada baiknya jika membeli biji kopi ketimbang kopi bubuk, agar aroma dan cita rasanya senantiasa terjaga dengan baik.

Akan lebih baik, jika Anda juga membeli set pembuat kopi dan juga penyeduh kopi khas Bosnia, untuk menciptakan kembali, sensasi mengkonsumsi kopi khas negara yang satu ini.

5. Lokum

lokum bosnia
baklava.ba

Oleh-oleh khas Bosnia Herzegovina yang satu ini, pastinya tidak hanya disukai oleh orang dewasa saja, namun juga anak anak. Karena Lokum sendiri adalah sejenis permen kuno, yang juga sering disebut dengan Turkish Delight.

Terdapat beragam pilihan cita rasa, mulai dari rasa jeruk, kurma, hazelnut dan yang lainnya. Selain itu ada juga beberapa varian rasa unik, seperti permen dengan rasa bunga mawar. Lantaran mempunyai aroma seperti bunga mawar.

Permen yang satu ini berbentuk persegi dengan ukuran yang kecil kecil. Terdiri atas tepung jagung, dan gula, kemudian diuleni, hingga nantinya kalis, dan tidak terlalu lengket.

6. Kerajinan tembaga   

kerajinan tembaga
travel.kompas.com

Selain mempunyai aneka aksesoris dan terbilang unik, negara yang satu ini juga terkenal akan kerajinan tembaganya yang cantik, dengan bentuk yang menarik. Kerajinan tembaga tersebut, dibentuk menjadi berbagai macam, fungsi seperti gelas, mug, nampan, atau aneka peralatan makan lainnya.

Yang menjadi tempat favorit wisatawan dalam berburu tembaga adalah Kazan Jiluk. Terdapat berbagai macam kerajinan tangan dari tembaga yang ditawarkan di tempat tersebut. Bahkan di tempat ini, Anda juga akan menemukan kerajinan set minum kopi, khas Bosnia Herzegovina, mulai dari desain tekonya yang unik, cangkir dan yang lainnya.

Adapun harga yang ditawarkan untuk aneka kerajinan tembaga tersebut juga relatif tidak terlalu mahal, sekitar 30 Bosnian Marks atau sekitar Rp 250.000.

7. Perhiasan dari logam

perhiasan logam bosnia
id.aliexpress.com

Selain dapat membuat aneka peralatan rumah tangga, ternyata kerajinan logam dari Bosnia ini juga dibuat menjadi aneka perhiasan cantik. Bukan sembarang perhiasan, namun dengan detail yang terbilang cukup rumit. Beberapa ada yang didesain dengan ukuran yang besar, namun ada juga yang didesain dengan ukuran yang kecil. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan siapa yang akan diberikan oleh oleh perhiasan tersebut.

Sedikit tips tambahan untuk Anda, ketika akan membeli perhiasan tersebut, sebaiknya cari tahu harga dari perhiasan tersebut.   

8. Karpet dengan motif khas Bosnia

karpet bosnia
islamicartsmagazine.com

Di sekitar Bascarsija, yang masih ada di Sarajevo, terdapat berbagai macam toko yang menjual karpet dengan motif khas Bosnia. Adapun karpet tersebut disebut dengan Kilim. Tidak seperti karpet umumnya.

Karpet khas Bosnia tersebut ditenun menggunakan tangan. Sehingga mempunyai desain dan rajutan khusus. Untuk motifnya sendiri, cukup dipengaruhi oleh budaya Turki. Terutama pada saat kekaisaran Ottoman, sedang berkuasa di wilayah Bosnia dan Herzegovina.

Mempunyai beragam warna, namun dengan warna merah yang dominan, berbentuk menyerupai kaleidoskop.

9. Tenunan khas Bosnia

tenunan bosnia
mirandalovestravelling.com

Selain karpet, ada juga sweater dan juga kaos kaki yang juga dirajut, dengan motif yang kurang lebih sama dengan motif karpet. Adapun sweater dan kaos kaki tersebut juga dapat para wisatawan beli di toko karpet.

Sweater tersebut juga dapat Anda beli, untuk melawan hawa dingin, ketika mengunjungi Sarajevo pada musim dingin. Atau bahkan dibeli sebagai oleh oleh khas dari Sarajevo.    

10. Sandal khas Bosnia

sandal bosnia
id.aliexpress.com

Sandal khas Bosnia ini memang sedikit berbeda dengan sandal lainnya. Dimana sandal yang satu ini memang paling pas jika digunakan di rumah, apalagi pada saat musim dingin tiba. Pada bagian bawah menggunakan alas dari bahan karet. Sedangkan pada bagian atas menggunakan rajutan yang dipadukan dengan bahan beludru lainnya.

Artinya dengan menggunakan sandal jenis ini, maka kaki Anda akan sentiasa hangat. Juga ketika Anda membawa sandal tersebut, tentunya akan jadi buah tangan menarik sekaligus unik.

Jadi ketika Anda mengunjungi Bosnia d Herzegovina, kini tidak perlu kebingungan lagi, aneka oleh oleh khas Bosnia Herzegovina tersebut. Pastinya dengan membawa oleh oleh tersebut, seakan Anda membawa kembali kenangan selama berada di negara tersebut.



Leave a Reply