10 Oleh-Oleh Khas Tanjung Pinang Banyak Diburu Wisatawan


Fida  September 2, 2021  0 Comment

Tanjung Pinang menjadi salah satu kawasan yang dikenal memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tidak heran jika Tanjung Pinang menjadi salah satu kawasan yang kerap didatangi wisatawan dari berbagai daerah. Puas berkeliling ke tempat wisata sekaligus mencoba kuliner lezatnya, tentu sangat disayangkan bagi Anda jika tidak pulang dengan membawa oleh-oleh Khas Tanjung pinang.

1. Tepung Gomak

Tepung Gomak
komparan.com

Pernah mendengar sebutan tepung gomak? Tepung gomak merupakan salah satu oleh oleh khas Tanjung Pinang yang sangat menarik untuk Anda coba. Meskipun memiliki sebutan tepung, tetapi tepung gomak bukan seperti yang Anda bayangkan.

Tepung gomak merupakan kue yang memiliki bahan dasar tepung kacang hijau. Kue yang satu ini berisi gula merah yang dicampur dengan santan dan kelapa parut. Pandan juga digunakan sebagai pengharum alami pada hidangan yang satu ini. Bagian luar tepung gomak adalah kacang hijau yang sudah dihaluskan. Cita rasanya yang lezat dan harus menjadikan tepung gomak sayang untuk tidak Anda coba.

paket wisata murah

Berburu Pudak Cap Kuda Salah Satu Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Berburu Oleh Oleh Khas Surabaya, Krupuk Ikan Di Pantai Kenjeran, Surabaya

2. Gonggong

Gonggong
liputan6.com

Ada cukup banyak pilihan oleh oleh khas Tanjung Pinang yang sayang untuk dilewatkan, salah satunya adalah gonggong. Gonggong merupakan salah satu hidangan yang direkomendasikan untuk Anda coba saat berkunjung ke Tanjung Pinang.

Bagi Anda pecinta siput, kuliner yang satu ini tentu sayang untuk Anda lewatkan. Cara membuat olahan gonggong cukup mudah yakni dengan merebus dan membumbui kemudian hidangkan bersama dengan saus. Selain cocok untuk dinikmati langsung, tidak jarang hidangan ini juga dipilih sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang dari Tanjung Pinang.

3. Deram deram

Deram deram
cookpad.com

Mencoba lezatnya kuliner deram deram? Hidangan yang satu ini merupakan salah satu oleh oleh khas Tanjung Pinang yang cukup populer. Jika dilihat sekilas, kue yang satu ini memiliki tampilan hampir mirip seperti donat. Tetapi meskipun begitu, bahan yang digunakan sebenarnya berbeda.

Jika biasanya donat dibuat dari tepung terigu dan kentang, namun jajanan yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar tepung beras dan gula merah. Sesuai dengan bahan yang digunakan, jajanan yang satu ini memiliki rasa cenderung manis. Bentuknya yang unik serta cita rasanya yang khas menjadikan jajanan ini sayang untuk tidak Anda coba.

4. Otak-otak

Otak-otak
dapurkobe.co.id

Beberapa dari Anda tentu sudah tidak asing dengan kuliner otak-otak. Kota-kota juga menjadi salah satu oleh oleh khas Tanjung Pinang yang sangat mudah Anda jumpai. Otak otak khas Tanjung Pinang sedikit berbeda dengan otak-otak pada umumnya yakni dibuat dari daging ikan tenggiri yang telah dicincang dan dihaluskan.

Cara membuatnya adalah dengan cara membungkus daging yang telah dihaluskan menggunakan daun pisang. Setelah itu, proses memasaknya adalah dengan cara dibakar. Jajanan yang satu ini memiliki warna cenderung coklat kemerahan. Hal itu dikarenakan adanya tambahan cabai yang digunakan dalam proses pembuatan. Berbagai rempah-rempah juga menghasilkan cita rasa lezat dan khas.

5. Bingke Pandan

Bingke Pandan
yummy.co.id

Pernah mendengar sebutan jajanan bingke pandan? Hidangan yang satu ini merupakan salah satu makanan sekaligus oleh oleh khas Tanjung Pinang yang sayang untuk dilewatkan. Sesuai dengan namanya, Anda akan dimanjakan dengan aroma khas pandan saat mencobanya.

Jangan yang satu ini sangat mudah dijumpai di pasar atau kedai kopi tarempa. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yakni berkisar Rp15.000,- saja. Rasanya yang lezat dan khas menjadikan jajanan ini kerap dipilih oleh wisatawan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

6. Teh Obeng

Teh Obeng
kaskus.co.id

Saat berkunjung ke Tanjung Pinang, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba berbagai kuliner unik dan khas yang cocok dibeli sebagai oleh-oleh salah satunya adalah teh obeng.

Meskipun namanya terdengar cukup unik dan aneh, tetapi cita rasa teh yang satu ini tidak perlu diragukan lagi. Yang membedakan teh obeng dengan teh lainnya adalah baunya yang harum dan berbau khas mawar dan vanili saat diseduh. Selain cocok untuk dinikmati langsung, teh ini juga banyak dipilih sebagai oleh-oleh.

7. Angko Bilis

Angko Bilis
lupalibur.com

Diantara banyaknya pilihan oleh-oleh khas Tanjung Pinang, Angko Bilis menjadi salah satu yang cukup populer dan sayang untuk dilewatkan. Jajanan yang satu ini juga kerap disebut sebagai bilis gulung dan bilis berselimut. Sesuai dengan namanya, jajanan ini memiliki bentuk layaknya gulungan selimut.

Selain cocok dinikmati untuk bersantai, camilan ini juga banyak diburu oleh wisatawan sebagai oleh-oleh. Proses pembuatannya yang masih menggunakan cara tradisional juga menjadi daya tarik tersendiri. Anda akan dimanjakan dengan cita rasa yang gurih dan sedap saat mencobanya. Jajanan itu sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang cukup terjangkau.

8. Luti Gendang

 Luti Gendang
kekpisangvilla.com

Saat bingung menentukan oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang cocok untuk dibawa pulang, Anda dapat memilih luti gendang. Jajanan yang satu ini memiliki bentuk lonjong dan dimasak dengan cara digoreng. Selain dikenal lezat dan khas, jajanan ini juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau.

Luti gendang menawarkan berbagai isian diantaranya ayam, ikan tongkol, dan lain-lain. Jajanan yang satu ini cocok dinikmati bersama dengan secangkir teh atau kopi. Luti gendang juga dijual dalam keadaan mentah sehingga sangat praktis untuk digoreng di rumah kapan saja. Anda dapat menyimpan dalam kulkas agar dapat tahan lebih lama.

9. Mie Tarempa

Mie Tarempa
travel.kompas.com

Saat berkunjung ke Tanjung Pinang, sayang rasanya bagi Anda jika tidak mencoba mie tarempa. Hidangan yang satu ini dikenal kaya akan rempah-rempah sehingga menawarkan cita rasa lezat.

Bahan baku yang digunakan untuk membuat mie diantaranya telur, tepung, dan rempah-rempah. Selain cocok untuk dinikmati langsung saat berada di Tanjung Pinang, mie tarempa juga kerap dipilih sebagai oleh oleh untuk dibawa pulang oleh para wisatawan. Sebutan mie tarempa diambil dari nama salah satu pulau yang di Pulau Tarempa.

10. Mie Lendir

Mie Lendir
travel.detik.com

Selain mie tarempa, salah satu makanan sekaligus oleh-oleh khas Tanjung Pinang yang sayang untuk dilewatkan adalah mie lendir. Meskipun memiliki nama yang terdengar menjijikkan, tetapi mie yang satu ini menawarkan cita rasa gurih dan lezat yang sayang untuk dilewatkan.

Mie lendir dibuat dengan menggunakan bahan kacang tanah dan ubi jalar. Mie yang satu ini disajikan dengan berbagai topping tambahan seperti suwiran ayam dan irisan telur rebus. Tidak sedikit wisatawan yang menjadikan mie ini sebagai oleh-oleh dengan cara membungkus terpisah antara mie dan kuahnya.



Leave a Reply