10 Oleh-oleh Khas Kalimantan Timur Terkenal Paling di Cari Wisatawan


Dila  June 18, 2018  0 Comment

Aktivitas traveling ke berbagai daerah pastinya membuat Anda ingin mencari buah tangan ataupun oleh-oleh khasnya. Jika kita melihat secara detail banyak potensi menarik dimana setiap oleh-oleh memiliki ciri khas masing-masing sehingga Anda bisa membelinya sebagai buah tangan untuk keluarga ataupun teman. Kalimantan Timur ternyata masih menyimpan berbagai macam tempat menarik kemudian dari oleh-olehnya juga tidak kalah menarik. Kini ada berbagai macam oleh-oleh khas Kalimantan Timur bisa Anda beli sehingga orang dirumah dapat menikmati hasil dari liburan.

Mencari oleh-oleh khas dari Kalimantan Timur ternyata tidak sulit karena sudah ada banyak gerai khusus yang menawarkan banyak souvenir dan berbagai macam bentuk produk. Akan tetapi apakah Anda sudah mengetahui berbagai macam oleh-oleh khas dari Kalimantan Timur?

1. Souvenir dan Aksesoris Suku Dayak

Souvenir dan Aksesoris Suku Dayak

jonimaanyan.blogspot.com

Kalimantan Timur menyimpan segala keunikannya dalam banyak bentuk salah satunya ada souvenir dan aksesoris Suku Dayak dimana banyak dijual sebagai oleh-oleh. Aksesoris khas dari Suku Dayak memang dikenal memiliki nilai seni tinggi bahkan beberapa gelang sampai kalung dibanderol cukup mahal. Anda bisa melihat berbagai macam keunikan souvenir dan aksesoris Suku Dayak yang dijual dalam bentuk gelang, kalung, anting, hingga tas. Tidak hanya dalam bentuk perhiasan saja, Anda bisa membeli baju adat dari Suku Dayak sebagai cinderamata. Untuk membeli berbagai souvenir dan aksesoris Suku Dayak kamu bisa mengunjungi Pasar Impres ataupun Pasar Kebun Sayur.

2. Amplang Ikan

Amplang Ikan

haloselebriti.net

Satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur berupa Amplang Ikan juga menjadi perburuan para pelancong. Amplang menjadi salah satu kerupuk dengan bahan dasar daging ikan pipih. Untuk segi rasanya terbilang gurih dan lezat,kemudian harganya juga terbilang murah. Anda bisa membeli Amplang Ikan sebagai teman cemilan di perjalanan ataupun bisa sebagai oleh-oleh saudara di rumah.

Baca juga :  8 Toko Oleh Oleh di Manado, Lengkap Banget!

3. Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-Onde Ubi Ungu

cookpad.com

Berikutnya masih ada oleh-oleh berupa kuliner khas Kalimantan Timur berupa Onde-Onde Ubi Ungu. Dari segi rasa sudah tidak diragukan lagi karena mampu memberikan banyak keunikan. Bahan dasar yang digunakan dalam membuat onde-onde ubi ungu juga terbilang aman sehingga layak dijadikan cemilan sekaligus oleh-oleh khas Kalimantan Timur. Dari Onde-Onde Ubi Ungu khas Kalimantan Timur ini juga diberi topping berupa keju, kacang hijau, ataupun cokelat.

4. Makanan Olahan Kepiting

Makanan Olahan Kepiting

resepenak.top

Anda dapat membeli oleh-oleh berupa makanan olahan kepiting yang sudah terkenal di Kalimantan Timur. Dari olahan kepiting tersebut sangat baik dikonsumsi bahkan menjadi kuliner favorit di Kalimantan Timur. Ada beberapa menu olahan dari kepiting mulai dari kepiting asam manis, kepiting tauco, hingga kepiting saus tiram. Bahkan saat ini sudah ada olahan berupa abon kepiting kemudian keripik kepiting khas Balikpapan yang juga gemar dibeli sebagai buah tangan dari Kalimantan Timur.Jadi masih banyak buah tangan khas Kalimantan Timur dengan tema kuliner yang mudah dibeli hingga prakits untuk dijadikan oleh-oleh.

5. Mantau

Mantau

balikpapan-info.blogspot.com

Anda mungkin belum mengetahui tentang salah satu makanan khas dari Balikpapan bernama Mantau. Banyak anggapan bahwa Mantau menjadi kuliner khas dari Tiongkok akan tetapi sebenarnya Mantau ini menjadi makanan khas Balikpapan. Dari segi rasa, Mantau terbilang unik karena terkenal gurih dan lezat. Sedangkan dari aspek harga juga tidak terlalu mahal dimana Anda dapat membeli satu porsi dengan isian 10 Mantau dengan kisaran harga di bawah 50 ribu saja. Bila berminat cobalah datang ke berbagai toko oleh-oleh di Balikpapan yang sudah memberikan menu oleh-oleh Mantau khas Kalimantan Timur.

Baca juga :  11 Makanan Khas Malang Paling Enak Wajib Coba

6. Bakpia

Bakpia

omiyago.com

Salah satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur lainnya adalah bakpia dimana masih sering dibeli traveller ketika liburan ke Balikpapan. Muungkin masih ada anggapan bahwa bakpia menjadi menu favorit berasal dari Yogyakarta, akan tetapi sekarang di Kalimantan Timur Anda bisa menemukannya. Ada ciri khas oleh-oleh khas Kalimantan Timur ini yakni dari segi ukuran lebih besar dibandingkan bakpia Yogyakarta, sehingga lebih puas saat menyantapnya. Ada berbagai macam varian rasa bisa Anda coba diantaranya keju, cokelat, hingga kacang hijau.

7. Bingka

Bingka

dwbckalbagtim.blogspot.com

Anda juga dapat membeli salah satu oleh-oleh dari Kalimantan Timur berupa Bingka.menu Bingka menjadi salah satu kue tradisional yang sampai sekarang menjadi oleh-oleh saat berlibur ke Balikpapan. Wujud dari kue basah ini memang cukup unik karena terbuat dari kentang, mentega, susu, santan, dan gula. Sedangkan dari segi rasanya juga terbilang lezat dan manis sehingga cocok dijadikan buah tangan bagi saudara di rumah. Anda juga dapat memilih berbagai macam rasa menarik dari Bingka ini mulai dari pisang, cokelat, gula merah, keju, pandan, dan vanilla. Jadi cobalah menu kuliner Bingka yang sudah terkenal sebagai oleh-oleh khas Kalimantan Timur.

8. Batik Khas Balikpapan

Batik Khas Balikpapan

ikmcenterbalikpapan.blogspot.co.id

Jika Anda ingin membei oleh-oleh menarik dari Kalimantan Timur cobalah membei kain batik khas Balikpapan. Sudah banyak traveller membeli kain batik khas Kalimantan Timur ini sebagai oleh-oleh. Maka dari itu ada banyak motif hingga corak warna bisa Anda lihat kemudian membelinya sebagai buah tangan saudara ataupun teman. Banyak kalangan menilai bahwa batik khas Balikpapan ini memiliki corak warna lebih berani kemudian dari segi motifnya juga lebih beragam. Jadi tidak ada salahnya jika Anda membeli batik khas Balikapapan sebagai oleh-oleh.

Baca juga :  7 Kuliner Medan Halal yang Wajib Kamu Coba

9. Kain Songket Balikpapan

Kain Songket Balikpapan

pinterest.com

Selain batik, ada satu oleh-oleh khas Kalimantan Timur berupa kain songket dimana Anda dapat menjadikannya sebuah cinderamata untuk saudara ataupun teman di rumah. Kain songket memang dikenal mampu memperlihatkan corak warna hingga motif keren, ditambah lagi kesan elegan sudah bisa ditampilkan secara sempurna sehingga cocok dijadikan sebuah oleh-oleh. Maka dari itu jika Anda berlibur ke Kalimantan Timur cobalah membeli kain songket ini sebagai cinderamata meskipun dari segi harga terbilang cukup mahal.

10. Batu Mulia

toko oleh oleh terdekat

duniawirausaha.com

Terakhir ada satu buah tangan khas dari Kalimantan Timur berupa batu mulia. Jika berbicara soal batu mulia pastinya ada banyak keunikan yang terpancarkan. Ada banyak pengrajin batu mulia di Balikpapan karena memang sampai sekarang masih menjadi pusat penjualan batu mulia
terbesar. Tidak hanya itu, Pulau Kalimantan juga kaya akan batu mulia sehingga cocok sebagai tempat mendapatkan batu mulia berkualitas terbaik.

Untuk mendapat batu mulia terbaik khas Balikpapan cobalah kunjungi pasar Impres Kebun Sayur dimana sudah banyak tempat penjualan batu mulia dengan kualitas terbaik bahkan harganya masih bisa Anda negosiasi. Terdapat dua tipe batu mulia paling dicari di Balikpapan mulai dari batu masak yang dibuat memakai bahan campuran hingga tampilannya cantik serta elegan, kemudian batu alami yang dbuat tanpa menggunakan bahan campuran akan tetapi masih memperlihatkan keindahan.

Itulah berbagai macam oleh-oleh khas Kalimantan Timur yang sampai sekarang masih terkenal hingga banyak wisatawan mencarinya. Cobalah berbagai macam cara untuk mendapatkan oleh-oleh terbaik dari Kalimantan Timur kemudian jangan lupa bawalah oleh-oleh dengan berbagai macam bentuk baik kuliner ataupun kerajian seni agar orang lain berminat mendatangi Kalimantan Timur.



Leave a Reply