10 Oleh Oleh Khas Toraja Mulai Yang Unik Hingga Yang Enak


Fida  July 12, 2022  0 Comment

Menghabiskan waktu berlibur dengan mengunjungi Toraja tentu menjadi hal menarik yang bisa kamu coba. Selain mengunjungi banyaknya tempat wisata yang ditawarkan, kamu juga dapat memutuskan untuk berburu oleh-oleh sebelum pulang. Berikut daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Toraja yang populer dan menarik untuk kamu bawa pulang.

1. Deppa Tori’

deppa tori
cookpad.com

Deppa tori’ dikenal sebagai salah satu oleh oleh khas Toraja yang tidak boleh kamu lewatkan.Jika dilihat sekilas, jajanan yang satu ini memiliki tampilan yang sekilas sekilas mirip dengan kue cucur. Meskipun terlihat mirip, tetapi bahan yang digunakan serta cita rasa yang disuguhkan sangatlah berbeda. Bahan utama pembuatan deppa tori’ ini adalah campuran tepung beras dan gula merah.

Saat mencoba deppa tori’, kamu akan dibacakan dengan perpaduan rasa manis dan gurih yang ditawarkan. Makanan yang satu ini sangat cocok dipilih sebagai teman bersantai dan dinikmati dengan satu cangkir teh atau kopi. Deppa tori’ dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Toraja. Kemasannya yang praktis serta harganya yang terjangkau juga menjadikan deppa tori’ sayang untuk kamu lewatkan.

Gotravelly

Air Terjun Kogawuna Baubau Yang Tetap Segar Di Musim Hujan

Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari

2. Bannang Bannang

bannang bannang
libur.co

Pernah mendengar sebutan bannang bannang? Bannang bannang merupakan salah satu makanan sekaligus oleh oleh khas Toraja yang cukup populer di kalangan wisatawan. Makanan yang satu ini sangat populer salah satunya karena bentuknya yang unik dan berbeda dengan makanan lainnya. Bannang bannang juga kerap disebut sebagai kue rambut karena bentuknya yang menyerupai rambut.

Selain bentuknya yang unik dan mampu menarik perhatian, jajanan yang satu ini juga dikenal menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih yang pas. Saat berkunjung ke Toraja, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu dan mencoba lezatnya bannang bannang.

3. Kopi Toraja

kopi toraja
shopee.co.id

Tidak hanya jajanan, kamu juga dapat membawa pulang oleh-oleh khas Toraja berupa kopi. Oleh-oleh yang satu ini tentu menjadi primadona dan paling banyak diburu, khususnya bagi pecinta kopi. Cita rasa kopi khas Toraja memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Aroma serta rasanya yang khas menjadikan kopi ini memiliki banyak penggemar.

Kopi khas Toraja di tanam di lereng Gunung Sesean yang memiliki ketinggian mencapai 1400 sampai 2100 mdpl. Semua kopi yang ditanam di kawasan lereng gunung ini dikenal menawarkan rasa yang khas dan banyak disukai tidak hanya oleh masyarakat lokal tetapi juga para wisatawan. Kopi khas Toraja dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh dan biasa dijual dengan kemasan praktis.

4. Kerupuk Jintan

kerupuk jintan
rasalapar.com

Sebagai masyarakat Indonesia, kerupuk tentu menjadi salah satu makanan yang sangat mudah dijumpai dan tidak asing lagi. Di Toraja, kamu akan menjumpai jajanan kerupuk yang khas yakni kerupuk jintan. Selain banyak diburu untuk dinikmati langsung, kerupuk yang satu ini juga kerap dipilih sebagai salah satu oleh-oleh khas Toraja.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk ini diantaranya tepung terigu yang dicampur dengan tambahan jintan. Adanya tambahan jintan tentu menjadikan kerupuk ini memiliki aroma yang sangat menggugah selera.

5. Kue Kurma

kue kurma
libur.co

Tidak kalah menarik dengan berbagai pilihan oleh-oleh khas Toraja lainnya, kamu juga dapat mencoba lezatnya kue kurma. Beberapa dari kamu tentu berpikiran bahwa kue kurma dibuat menggunakan bahan kurma, tapi sebenarnya tidak. Kue yang satu ini memiliki sebutan kue kurma karena memiliki bentuk yang mirip dengan kurma. Kue yang satu ini menawarkan perpaduan rasa manis dan gurih yang berhasil membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Terdapat beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue ini diantarnya tepung maizena, telur, mentega, karamel, dan juga potongan kacang. Kue kurma juga dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Toraja. Tertarik untuk mencoba uniknya kue yang satu ini?

6. Kacang Sembunyi

kacang smebunyi
tokopedia.com

Beberapa dari kamu tentu sudah tidak asing dengan sebutan jajanan kacang sembunyi, bukan? Jajanan dengan isian kacang yang berbalut adonan tepung ini menjadi salah satu jajanan yang mudah dijumpai di beberapa daerah di Indonesia. Kacang sembunyi juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Toraja yang menarik untuk kamu bawa pulang.

Saat mencoba jajanan yang satu ini, kamu akan dimanjakan dengan perpaduan rasa manis dan gurih. Jajanan kacang sembunyi tentu sangat mudah dijumpai di berbagai toko oleh oleh di Toraja. Jajanan ini juga dikenal mampu bertahan lama sehingga kamu tidak perlu khawatir saat ingin membelinya sebagai untuk dibawa pulang.

7. Kain Tenun Toraja

kain tenun toraja
shopee.co.id

Selain jajanan, kamu juga dapat membeli oleh-oleh khas Toraja berupa kain tenun. Kain tenun khas Toraja dikenal memiliki motif yang indah dan khas. Tidak jarang kain tenun Toraja menjadi oleh-oleh favorit yang banyak diburu oleh wisatawan.

Karena dibuat dengan proses yang memakan waktu lama, tidak heran jika kain tenun Toraja biasa dijual dengan harga yang cukup fantastis. Harga yang ditawarkan tentu sesuai dengan motif serta tingkat kerumitan pembuatan kain tenun. Di Toraja, kain tenun biasa digunakan dalam acara seperti upacara adat. Tentu sangat menarik jika kamu membeli kain tenun Toraja sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

8. Miniatur Rumah Adat Tongkonan

miniatur rumah adat tongkonan
biggo.id

Tongkonan merupakan rumah adat Toraja yang memiliki bentuk unik dan dikenal dengan ciri khasnya yakni memiliki atap berbentuk melengkung. Selain itu, rumah adat yang satu ini juga memiliki ciri khas yaitu adanya tanduk kerbau di bagian atasnya. Saat jalan jalan ke Toraja, tidak ada salahnya jika kamu memutuskan untuk berburu miniatur rumah adat Tongkonan sebagai oleh-oleh khas Toraja untuk dibawa pulang.

Miniatur rumah adat yang satu ini dapat dengan mudah kamu jumpai di berbagai toko oleh-oleh di Toraja. Harga yang ditawarkan untuk 1 miniatur tentu sangat beragam yakni berkisar ratusan ribu per buah.

9. Ukiran khas Toraja

ukiran khas toraja
antarafoto.com

Selain miniatur rumah adat, kamu juga dapat membeli ukiran sebagai oleh oleh khas Toraja untuk dibawa pulang. Karya seni yang satu ini dibuat di atas papan kayu dan membutuhkan alat ukir khusus untuk membuatnya. Biasanya, ukiran khas Toraja dipilih sebagai hiasan pada jendela 3 pintu rumah adat.

Ada sekitar 130 jenis ukiran yang dapat kamu pilih. Ukiran-ukiran kecil menjadi salah satu yang cocok untuk dipilih sebagai hiasan dinding untuk diberikan kepada keluarga atau kerabat di rumah.

10. Tau Tau

Oleh Oleh khas Toraja
tokopedia.com

Pernahkah kamu mendengar sebutan Tau Tau? Tau Tau merupakan patung yang dibuat dari kayu dan dibentuk menyerupai manusia. Patung berbentuk manusia ini populer di Toraja dan ditujukan untuk mengenang orang yang sudah meninggal.

Selain dibuat untuk kepentingan religi, Tau Tau dapat dibeli dalam bentuk souvenir dengan ukuran yang lebih kecil. Tidak sedikit wisatawan yang datang ke Toraja dan memutuskan untuk berburu souvenir unik yang satu ini.

Nah, itulah daftar 10 rekomendasi oleh-oleh khas Toraja yang menarik untuk kamu bawa pulang. Saat berkesempatan datang ke Toraja, oleh-oleh manakah yang tampak paling menarik dan ingin kamu beli?



Leave a Reply