8 Makanan Khas Taiwan, Sajikan Kelezatan!


Jehan  February 15, 2023  0 Comment

Makanan khas Taiwan – Sebagai salah satu negara di Asia, Taiwan merupakan negara yang dikenal memiliki beragam lokasi wisata alam yang menarik loh. Tapi tidak sekadar memiliki berbagai tempat menarik sebagai destinasi wisata saja, melainkan ada berbagai menu kuliner yang patut untuk dieksplor lebih jauh.

Taiwan memiliki beragam makanan khas dengan resep dan rasa otentik yang sangat layak untuk dicicipi. Trivia menarik untuk sobat GoTravelly, makanan khas Taiwan telah dipengaruhi oleh resep Jepang dan China yang terkenal lezat loh. Nah, penasaran apa saja makanan khas Taiwan yang semakin melengkapi waktumu selama berada di sana? Yuk simak di bawah ini.

Makanan Khas Taiwan:

1. Lu Rou Fan

lu rou fan makanan khas taiwan
flickr.com

Lu Rou Fan atau yang disebut juga Braised Pork Rice ini merupakan salah satu makanan khas Taiwan yang cukup popular. Menu ini menjadi menu rumahan yang sangat dicintai oleh orang lokal.

Lu Rou Fan adalah nasi hangat yang dihidangkan dengan perut babi cincang yang dimasak dengan cara digoreng atau dimasak dengan perlahan menggunakan kecap hingga memiliki tekstur empuk. Selain itu, semangkuk nasi dengan perut babi tersebut juga ditambahkan dengan telor rebus yang dimasak dengan campuran kecap khas Taiwan.

Ketika mencicipi Lu Rou Fan, siapa saja akan merasakan cita rasa umami. Perpaduan rasa manis dan gurih yang berbaur dalam irisan tipis perut babi akan melumer di mulutmu. Terdengar sangat lezat, bukan?

2. Gua Bao

gua bao makanan khas taiwan
flickr.com

Gua Bao saijan yang tampak sederhana dari Taiwan ini sesungguhnya adalah menu dengan cita rasa luar biasa loh. Roti lapis dengan isian daging babi bernama Gua Bao ini menjadi salah satu makanan khas Taiwan yang super lezat. Warna putih dari roti kukus yang melapisi Gua Bao adalah pelengkap yang luar biasa untuk dinikmati.

Baca juga :  Alhamdulillah, 10 Tempat Menikmati Makanan Halal di Taiwan

Di dalam Gua Bao ada tambahan lain seperti daun ketumbar, acar sawi, dan kacang tumbuk yang membuat rasanya semakin enak. Banyak orang yang jatuh hati pada roti lapis ala Taiwan ini karena memiliki perpaduan sempurna dari lembut dan empuknya tekstur roti dan daging perut babi yang gurih.

Roti ini seringkali dinikmati oleh teh oolong khas Taiwan yang terkenal. Apabila kamu menginginkan Gua Bao, makanan yang satu ini tidak akan sulit untuk ditemui. Biasanya pedagang kaki lima di pasar malam Taiwan banyak yang menjual roti ini. Apa kamu menginginkannya?

3. Turkey Rice

turkey rice makanan khas taiwan
epicurious.com

Hampir serupa dengan Lu Rou Fan, hanya saja hidangan Turkey Rice ini disajikan dengan daging kalkun. Sajian yang satu ini dikenal sebagai salah satu makanan tradisional Taiwan yang banyak menawan para pecinta kuliner.

Saat melihat tampilan dari Turkey Rice tentu saja kamu dapat melihatnya sebagai makanan yang cukup sederhana. Meskipun menjadi makanan sederhana, Turkey Rice banyak dicari dan tentu saja sangat dinikmati oleh banyak orang.

Jika memesannya, kamu akan mendapatkan sajian daging kalkun suwir yang tersaji di atas nasi putih hangat. Selain itu, sajian tersebut biasanya juga dilengkapi dengan lobak dan bumbu kecap. Apabila kamu menginginkan Turkey Rice, datanglah ke kedai makan yang banyak di pasar Taiwan. Turkey Rice ini menjadi salah satu menu yang sangat umum dijual oleh penduduk lokal.

4. Popcorn Chicken Rice

popcorn chicken rice makanan khas taiwan
flickr.com

Makanan khas Taiwan selanjutnya adalah sajian dengan irisan daging ayam yang digoreng dalam balutan tepung. Sajian yang satu ini merupakan salah satu menu makanan klasik Taiwan.

Ayam yang akan disajikan telah dimarinasi dengan resep tradisional yang memadukan kecap, bawang putih, jahe, anggur beras, dan berbagai herb lainnya. Sehingga tak heran saat mencicipi makanan yang satu ini, siapa saja akan mendapatkan rasa khas di setiap gigitan. Setelah dibumbui, ayam akan dilapisi dengan tepung dan digoreng hingga renyah.  

Baca juga :  10 Street Food Italia, Usus Domba Hingga Ikan Laut Segar!

Saat ini Popcorn Chicken Rice menjadi salah satu menu yang banyak dipilih oleh para turis, selain karena terlihat sederhana makanan ini juga akan memberi pengalaman rasa yang tak pernah salah. Bagaimana menurutmu dengan menu yang satu ini?

5. Beef Noodle Soup

beef noodle soup makanan taiwan
flickr.com

Apabila kamu bertanya-tanya makanan khas Taiwan apa yang sangat lezat untuk dicoba, maka jawabannya akan banyak. Namun menu yang satu ini adalah andalan dari Taiwan yang paling popular.

Beef Noodle Soup merupakan sajian mie dengan irisan daging sapi. Rasa yang mendominasi dari hidangan ini adalah gurih dan pedas yang sempurna. Meski banyak yang mengatakan bahwa Beef Noodle Soup ini sangat cocok dinikmati saat musim dingin, namun tetap saja ini adalah menu yang dapat dinikmati setiap saat.

Selain dihidangkan dengan irisan daging sapi, sajian mie khas Taiwan ini juga biasa disajikan dengan sayuran dan kuah kaldu penuh rasa rempah. Saat ini Beef Noodle Soup lebih banyak divariasikan, ada yang mengkombinasikannya dengan rumput laut atau kulit tahu yang enak. Apa kamu tertarik untuk memesan semangkuk makanan khas Taiwan ini?

6. Bubble Tea

bubble tea minuman khas taiwan
unsplash.com

Iya ini bukanlah makanan melainkan minuman, tapi tetap saja karena lezat dan popularnya kamu tak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi sajian minuman khas Taiwan yang satu ini. Tapi selain meminuman, alih-alih kamu akan mengunyah bagian dalam teh ini juga, bukan?

Meski minuman ini menjadi salah satu sajian yang telah mendunia, namun saat memesan dan menikmatinya di Taiwan itu akan memberimu pengalaman yang berbeda. Minuman ini telah ada sejak tahun 1980-an di mana segelas teh yang dicampur dengan susu atau buah disajikan bersama bola-bola kecil yang terbuat dari tapioka dan gula merah. Apa kamu tertarik memesannya?

Baca juga :  10 Tempat Wisata di Taiwan Paling Indah dan Exotis

Baca Juga:

Rekomendasi Rumah Makan Halal di Taiwan

Jajanan Ala Taiwan di Indonesia

7. Ba Wan

ba wan makanan khas taiwan
freepik.com

Makanan khas Taiwan selanjutnya yang patut untuk dicicipi adalah bakso ala Taiwan yang dikenal dengan Ba Wan. Makanan yang satu ini merupakan salah satu menu street food dari Taiwan yang banyak dinikmati.

Berbeda dengan bakso di Indonesia, Ba Wan Taiwan memiliki tampilan yang lebih mirip dengan sajian dumpling. Ba Wan terbuat dari adonan tepung beras dan tepung maizena yang diisi dengan daging babi dan jamur. Setelah itu, Ba Wan akan dikukus atau digoreng

Makanan ini biasa disajikan dengan tambahan saus khas yang memiliki rasa manis serta pedas. Tak hanya itu saja, kaldu sedap juga melengkapi sajian Ba Wan. Apabila kamu ingin menu makanan yang satu ini, kamu akan dengan mudah menemukannya hampir di setiap sudut kota Taiwan. Yuk, cobain!

8. Sishen Soup

makanan khas taiwan sishen soup
flickr.com

Menu makanan khas Taiwan selanjutnya yang dapat kamu coba adalah sajian yang berasal dari Tiongkok. Sishen Soup dikenal sebagai sup menyehatkan yang dimasak dengan berbagai macam campuran herba.

Bahan lainnya yang digunakan dalam sup ini adalah daging perut babi tanpa lemak, sehingga akan memberikan rasa light yang menyegarkan. Saat ini sup tradisional ini menjadi salah satu menu yang banyak di variasikan dengan berbagai macam herba untuk menambah khasiatnya. Namun apapun herbanya, Sishen Soup merupakan salah satu menu comfort food yang dapat kamu nikmati setiap saat. Siap menambah stamina dengan Sishen Soup? Bagaiamana, setelah mengikuti ulasan di atas apakah menurutmu makanan khas Taiwan merupakan salah satu sajian lezat yang menggoda?



Leave a Reply