10 Daerah di Indonesia Dengan Budaya Ngopi yang Kental


sisil angelin  July 1, 2020  0 Comment

Siapa disini pencinta kopi? Nah jika kalian pencinta kopi wajib banget baca artikel ini, karena kalian bisa tau jenis-jenis kopi yang mantap di Indonesia, dan wajib kamu coba saat berada didaerah tersebut. Kali ini saya akan membahas 10 daerah di Indonesia dengan budaya ngopi yang kental. Dari pada penasaran baca artikel dibawah ini!

10 Daerah Dengan Budaya Ngopi yang Kental

1. Kopi Aceh Gayo (Aceh)

kopi aceh gayo
berdesa.com

Kopi yang berada diurutan pertama ini berada di Aceh, dan masyarakat Aceh memang menjadikan kopi sebagai teman terbaik untuk dinikmati saat pagi hari, sore hari, dan malam hari. Karena aromanya yang tajam, pahit, dan saat dinikmati kalian akan merasakan kopi jenis aceh gayo ini terasa gurih.

Kopi Aceh Gayo ini adalah kopi Arabica terbaik di Seluruh Dunia loh guys, karena kopi ini memiliki kandungan asam yang sedikit rendah dibanding kopi pada umumnya, namun meskipun tingkat keasaman dari kopi Aceh Gayo ini rendah, Rasa pahit dari kopi ini sangat nikmat di bandingkan jenis kopi Arabica lainnya yang ada di Seluruh Dunia. Makanya tak salah jika Kopi Aceh Gayo ini menjadi kopi Arabica terbaik didunia.

Gotravelly

Mengulik Sejarah Vietnam Di Hoa Lu Ancient Capital

Explore Shinjuku, Kawasan Hectic Tokyo Dengan Pemandangan Kota Yang Menakjubkan

Bersantai Di Cat Cat Village, Sapa – Vietnam. Betahh!

2. Kopi Bali Kintamani (Bali)

budaya ngopi di Indonesia
kintamani.id

Kopi Bali Kintamani ini rekommended banget untuk kamu yang gak suka dengan rasa kopi yang strong, dan aroma yang menyengat. Yups kopi jenis ini memiliki rasa yang lebih lembut dibanding kopi-kopi lainnya yang ada di Indonesia, dan aroma dari kopi Bali Kintamani ini segar. Hal ini dikarenakan cara penanaman kopi ini, ditanam bersamaan dengan buah jeruk, dan sayur-sayuran. Makanya Kopi Bali Kintamani ini memiliki rasa buah-buahan didalam satu cangkirnya. Kopi Bali Kintamani ini juga disukai wisatawan mancanegara, saat berlibur ke Bali loh.

Masyarakat bali juga termasuk daerah pencinta kopi loh guys, kopi menjadi teman mereka untuk menikmati kuliner khas Bali, ataupun camilan saat di pagi hari maupun sore hari.

3. Kopi Arang (Jember dan Malang)

kopi arang
goodnewsfromindonesia.id

Jika kamu berada di Jawa Timur maka kalian bisa menemukan kopi Arang yang terbilang unik ini. Karena pembuatan kopinya yang menggunakan arang jadi 1 cangkir kopi itu akan diberi arang yang sudah dibakar. sehingga menciptakan aroma kopi yang wangi, dan rasa kopi arang ini tidak terlalu pahit.
Kopi arang ini adalah kopi terbaik di Pulau Jawa. Nah sebenarnya kopi Arang ini berasal dari kota Malang dan, Jember guys. Tradisi minum kopi menggunakan arang ini memang mendarah daging bagi masyarakat Malang dan, Jember.

4. Kopi Toraja (Sulawesi)

kopi toraja
cafebrick.co.id

Kopi yang ada diurutan ke empat ini berasal dari Sulawesi, dan menjadi salah satu kopi yang sangat terkenal di Seluruh Dunia, karena aromanya yang kuat, dan kadar asam dari Kopi Toraja ini sangat tinggi, hal ini lah menjadikan kopi Toraja memiliki ciri khas diantara kopi-kopi lainnya. Orang Sulawesi memang sangat suka dengan kopi yang memiliki kadar asam yang tinggi. Kata Masyarakat sekitar kopi yang asam membuat badan lebih bertenaga, saat setelah meminumnya.

5. Kopi Luwak (Pulau Jawa)

kopi luwak
tabloidbijak.blogspot.com

Kopi yang berada diurutan kelima ini memang menjadi salah satu kopi yang sangat terkenal di Pulau Jawa, dan Sumatera. kopi ini memiliki sejarah yang cukup mengharukan… karena dulu Pada Abad ke-18 Belanda mendirikan kebun kopi di Hindia, Jawa, dan Sumatra.
Perkebunan kopi ini berjenis Arabica. Pada tahun 1830-1870 belanda menanamnya secara paksa, dan melarang petani Pribumi untuk menanam kopi sendiri, untuk mendapatkan untung sendiri. Saat itu ada pertani pribumi yang ingin mencicipi kopi arabica yang sangat terkenal ini. Namun mereka tidak bisa mencobanya karena saat itu tidak diperbolehkan, Saat petani itu berjalan dan melihat musang yang memakan buah kopi, lalu luwak tersebut meninggalkan kotoran, yang berupa biji kopi yang tidak sempurna tercerna, bisa dibilang utuh guys.

Saat itu pertani tersebut mengolah kotoran luwak itu dengan cara, mencucinta , memanggangnya, dan menggilingnya, sehingga petani itu bisa mencicipi kopi tersebut. Karena kopi luwak ini memiliki rasa yang sempurna, dan aroma yang harum. Pada saat itu juga kopi ini terkenal di dunia, dan menjadi salah satu jenis kopi termahal di dunia.

6. Kopi Lampung (Lampung)

kopi lampung
detik.com

Kopi yang berada di urutan ke enam ini adalah Kopi Lampung. Menjadi salah satu kopi terbaik di Indonesia, karena memiliki aroma yang khas, dan rasanya yang sempurna, membuat masyarakat Lampung menyukai kopi jenis ini. Makanya jangan heran jika orang Lampung suka banget sama kopi. Kopi ibarat kan air putih bagi mereka guys, jadi secangkir kopi ini, biasanya mereka nikmati dengan camilan. berupa gorengan.

7. Kopi Sidikalang (Sumatera)

kopi sidikalang
bp-guide.id

Kopi Sidikalang ini adalah salah satu kopi Sumatera yang paling dicari didunia, dan menjadi kopi terlaris di dunia loh.. Yups Kopi Sidikalang ini memiliki aroma rempah, dan rasanya yang khas membuat pencinta kopi terkagum-kagum dengan rasanya yang sempurna. Makanya Sumatera menjadi salah satu daerah yang budaya kopinya masih kental. jadi saat bertamu biasanya kopi sidikalang ini, akan menjadi andalan mereka. Selain kopi jenis Sidikalang. ternyata di sumatera juga ada jenis Kopi Lintong, dan Kopi Mandheling yang tidak kalah enak dari Kopi Sidikalang.

8. Kopi Flores Bejawa (Flores)

kopi flores bajawa
blibli.com/

Kopi yang berada di Kabupaten Ngada ini memang memiliki aroma yang khas, yaitu aroma buah, dan tembakau yang menciptakan rasa nikmat saat meneguknya. masyarkat yang berada di Ngada ini memang sangat cinta dengan kopi, dan ngopi juga menjadi salah satu aktivitas yang wajib saat pagi ataupun sore. Jadi saat kalian berada di Flores pastiin kalian harus cobain Kopi Flores Bejawa yah!

9. Kopi Papua Wamena (Papua)

kopi papua wamena
pegipegi.com

Biji kopi yang ditanam didataran tinggi ini memang memiliki rasa yang unik, karena kopi ini memiliki rasa yang ringan, namun herannya aroma dari Kopi Papua Wamena cukup tajam. keistimewaan dari Kopi Papua Wamena adalah cara tanamnya secara organik tanpa adanya campuran kimia loh. Makanya Kopi Papua Wamena ini aman di kosumsi untuk kalian yang memiliki asam lambung yang tinggi. Kopi Papua Wamena ini juga menjadi satu minuman yang selalu dinikmati orang Papua loh, saat pagi ataupun sore hari.

10. Kopi Preanger (Pulau Jawa)

daerah dengan budaya ngopi yang kental
cafebrick.co.id

Kopi yang ada diurutan terakhir ini juga berada di Pulau Jawa guys, Jawa memang terkenal banget dengan biji kopinya yang unik, aromanya yang khas, dan rasanya yang nikmat. Makanya jangan heran jika kopi Preanger ini sangat terkenal di Eropa, dan biasanya jika kalian pergi ke eropa kalian bisa menemukan Kopi Preanger dengan mudah. Kopi Preanger jenis ini juga menjadi salah satu kesukaan Masyarakat yang tinggal di Pulau Jawa, dan menjadi kebiasaan orang Jawa untuk ngopi saat pagi atau sore hari. Jangan heran jika kalian bertamu di Pulau jawa, jika kalian disuguhi secangkir kopi, karena ngopi sendiri menjadi budaya turun menurun bagi mereka.

Gimana kopi yang ada diatas bikin kalian ngiler gak? Jadi jika kalian tertarik mencobanya kalian bisa mampir kedaerah-daerah pencinta kopi yang ada diatas ya!



Leave a Reply