Menakjubkan! 9 Hutan Terindah di Dunia


Jehan  December 31, 2022  0 Comment

Berpetualang ke dalam hutan lalu menghirup udara segar dari rimbunan lahan hijau tentu akan menjadi pengalaman yang menakjubkan bagi siapa saja. Tapi, apakah kamu tahu ada beberapa hutan terindah di dunia yang siap menyambutmu dengan petualangan yang mendebarkan? Yuk, simak ulasan dari GoTravelly di bawah ini!

Hutan Terindah di Dunia:

1. Redwood National and State Parks

redwood national and state parks
unsplash.com

Redwood National and State Parks merupakan salah satu hutan terindah yang ada di California, Amerika Serikat. Taman Nasional yang telah berdiri sejak tahun 1968 ini memiliki ukuran 139.000 hektar. Pemandangan yang indah ada di dalam hutan Redwood ini. Pohon-pohon redwood yang menjulang hampir menyentuh ketinggian 350 kaki ini menjadi ikon cantik dari dalam hutan.

Redwood menjadi salah satu hutan kayu merah yang menakjubkan, ketika memasuki hutan seakan berpetualang dengan dunia fantasi yang penuh keajaiban. Taman Nasional Redwood memiliki musim yang sangat sejuk. Suasana saat musim panas di dalam hutan Redwood terasa sangat sejuk.

Sehingga berkunjung ke Taman Nasional Redwood saat itu adalah pilihan tepat. Tidak hanya itu saja, pemandangan indah dari pepohonan raksasa yang memiliki berat lebih dari 500 ton ini menjadi rumah alami yang sangat cantik untuk segala jenis biota di Hutan Redwood.

2. Monteverde Cloud Forest

monteverde cloud forest
unsplash.com

Hutan terindah di dunia selanjutnya adalah Monteverde Cloud Forest yang ada di Costa Rica. Dataran tinggi dengan luas 26.000 hekttar yang ada di Costa Rica ini adalah lanskap cantik yang sempurna untuk didatangi. Seringkali diselimuti oleh kabut akan membuat takjut pada siapa saja yang datang ke sana.

Hutan awan adalah rumah bagi beraneka ragam hayati yang mempesona. Hutan Monteverde cukup terkenal dengan kehijauannya, Ia memiliki tanaman jenis anggrek liar. Anggrek di hutan Monteverde tumbuh dengan baik, ada sekitar 1.400 jenis anggrek liar di sana.

Baca juga :  Jelajah 10 Hutan Paling Indah di Eropa Bikin Betah Jelajah

Hutan ini cenderung memiliki suhu yang sama sepanjang tahun, sekitar 29°c. Waktu yang baik untuk berkunjung ke hutan ini jatuh pada bulan Desember hingga Mei. Tentunya berpetualang ke Monteverde akan mengajak siapa saja masuk ke dalam lorong penjelajahan yang luar biasa.

3. Amazon Rainforest

amazon rainforest
unsplash.com

Hutan hujan Amazon terletak di bentangan yang melintasi Brasil, Kolombia, dan Peru. Bentangan dari hutan Amazon ini mencakup hampir dari seluruh benua. Sekitar 60 persen lahan dari hutan Amazon berada di Brasil.

Hutan Amazon adalah salah satu hutan terindah di dunia karena menjadi rumah dari lahan hijau, suku-suku terpencil serta satwa liar eksotis. Bentangan Amazon yang luas menjadikannya tempat yang sangat seru untuk dijelajahi. Setiap wilayah yang menjadi bagian dari Hutan Amazon ini memiliki karakteristik yang berbeda.

Banyak hal dengan mudah ditemui dalam setiap langkah perjalanan menelusuri hutan hujan ini. Misalnya, di Brasil lanskap yang disajikan adalah sungai dengan ukuran paling lebar. Di sana juga terdapat lahan kering yang mana pohon-pohon memiliki ukuran lebih tinggi dengan usia lebih tua.

Selain itu, di Hutan Amazon bagian Ekuador, keindahan lain akan disampaikan melalui suku-suku terpencil di dalam hutan. Terdapat suku Huaorani yang sampai saat ini masih menjaga dan melestarikan gaya hidup tradisional mereka. Di sini, siapa saja bisa belajar banyak hal dari kehidupan yang ada di Huaorani.

4. Bwindi Impenetrable Forest

bwindi impenetrable forest
unsplash.com

Bwindi Impenetrable Forest terletak di sisi Barat Daya Uganda. Hutan terindah di dunia ini terkenal karena satwa gorilla yang menjadi penghuni terbanyak di dalam hutannya. Hutan  yang mencakup luas sekitar 32.000 hektar ini juga menjadi rumah bagi primata lain.

Terdapat 120 spesia mamalia termasuk di dalamnya ada gajah hutan. Selain itu Bwindi Impenetrable Forest juga menjadi rumah baik bagi 310 spesies kupu-kupu. Termasuk jenis kupu-kupu Swallowtail yang saat ini hampir punah keberadaanya.

Selain itu, Bwindi Impenetrable Forest juga terkenal dengan hutan rimbunnya dan satwa liar tropisnya. Pemandangan indah akan dijumpai saat berada di dalam hutan. Di dalam Bwindi Impenetrable Forest terdapat pegunungan dengan rerumputan yang lebat, tanaman merambat, serta beragam jenis tumbuhan yang mengakar. Oleh karena itulah hutan ini dijuluki sebagai “impenetrable” yang artinya tak tertembus.

Baca juga :  17 Tradisi Perayaan Maulud Nabi Paling Meriah di Dunia

Waktu terbaik untuk menjelajahi hutan Bwindi ini adalah bulan September. Namun tak menutup kemungkinan jika Bwindi tetap akan menakjubkan dan luar biasa untuk dikunjungi sepanjang tahun.

5. Arashiyama Bamboo Grove

arashiyama bamboo grove
unsplash.com

Arashiyama Bamboo Grove merupakan hutan bambu tercantik yang berlokasi di Kyoto, Jepang. Hutan Arashiyama ini seringkali ramai dikunjungi para wisatawan setiap saat. Namun tetap saja hal tersebut tidak mengubah atau mengurangi kecantikan dari hutan bambu.

Berjalan masuk ke dalam hutan Arashiyama akan mengajak siapa saja menjelajahi ruang yang luar biasa menakjubkan. Pengunjung akan disuguhi pemandangan indah dari batang-batang bambu yang tak pernah terputus sepanjang jalan.

Tak jauh dari lokasi hutan bambu Arashiyama ini terdapat banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi selama berlibur di Kyoto. Tak hanya itu saja, Jepang juga akan menyambut pengunjung dengan keragaman kuliner yang nikmat dicoba.

6. Dancing Forest

dancing forest
flickr.com

Dancing Forest adalah salah satu hutan terindah di dunia yang ada di Kaliningrad, Rusia. Hutan cantik ini memiliki lanskap pepohonan yang unik. Dancing Forest menjadi salah satu hutan yang juga dianggap aneh.

Bentuk pohon yang ada di sana melengkung dan jika dilihat tampak seperti menari. Tak jarang orang menjuluki Dancing Forest sebagai hutan mabuk. Uniknya, ada kepercayaan yang melekat dengan Dancing Forest, saiap saja yang memanjat pohonnya akan mendapatkan keuntungan seperti umur yang Panjang.

Hal yang sedikit menakjubkan dan sedikit terdengar aneh dari Dancing Forest selanjutnya adalah di hutan ini tidak tampak kehidupan dari binatang seperti butung atau hewan lainnya. Batang pohon yang terlihat seperti dipelintir ini akan menarik perhatian untuk siapa saja yang datang berkunjung ke sana.

7. Daintree Rainforest

daintree forest
daintree-ecolodge.com.au

Daintree Rainforest menjadi salah satu situs warisan dunia yang terdaftar di UNESCO pada tahun 1988. Hutan hujan Daintree ini menjadi salah satu kekayaan alam milik Australia. Keindahan dan kecantikan hutan yang alami membuat Daintree menjadi rumah sempurna bagi beragam flora dan fauna.

Baca juga :  Pilihan Gunung di Sulawesi Selatan dengan Panorama Alam Terbaik

Beberapa satwa yang dilindungi di Hutan Hujan Daintree adalah burung Kasuari. Saat memasuki hutan, pengunjung akan seringkali disapa dengan burung cantik yang memiliki leher biru meyala itu.

Tidak hanya itu saja, masih banyak satwa lainnya yang dapat ditemui selama penjelajahan. Menjelajah Hutan Daintree adalah kesempatan yang menyenangkan untuk dicoba. Hutan berusia lebih dari 180 tahun ini akan menyambut setiap pengunjung dengan sesuatu yang menakjubkan.

Waktu terbaik untuk berpetualang di dalam hutan Daintree adalah bulan Mei hingga Oktober. Bulan tersebut adalah waktu di mana Australia masuk ke musim dingin dan kemarau.

8. Dragon’s Blood Forest

dragon's blood forest
unsplash.com

Panorama unik menjadikan Dragon’s Blood Forest menjadi salah satu hutan terindah di dunia. Dragon’s Blood Forest adalah salah satu keindahan dunia yang terletak di Socotra, yakni sebuah pulau terpencil di Arab.

Di hutan tersebut menjadi rumah dari jenis pohon yang bernama Dracaena Cinnabari atau lebih dikenal dengan julukan Dragon’s Blood. Berkunjung ke Dragon’s Blood Forest akan membuat siapa saja terpukau oleh bentuk unik pohon yang ada di sana.

Baca Juga :

Wisata You and I Garden : Taman Bunga Bernuansa Jepang di kaki Gunung Semeru

Pohon tersebut tumbuh dan Nampak seperti bentuk sebuah payung yang terbuka. Bentuk unik dari pohon Dragon’s Blood tersebut membuatnya mampu mengangkut air dari daun ke cabang serta batang ke akar. Hal itu menjadi salah satu bentuk adaptasi pohon yang tumbuh di tempat gersang.

9. Gorbea Natural Park

gorbea natural park
flickr.com

Gorbea Natural Park adalah salah satu taman hutan yang memiliki lanskap indah yang terletak di Spanyol. Tidak hanya itu saja, Gorbea juga menjadi tempat tenang sekaligus hutan menantang untuk dijelajahi.

Baca Juga :

10 Wisata Hutan di Jawa Timur Yang Instagenic

Taman hutan ini menjadi salah satu destinasi yang menarik dijelajahi oleh para pendaki gunung Basque. Siapa saja yang memasuk Gorbea akan disambut dengan panorama yang menarik. Tidak hanya sekadar lahan hijau, melainkan ada padang rumput yang landai, hutan beech dan oak yang  menarik.

Baca Juga :

Warung Kopi Gunung, Tawarkan Sensasi Ngopi di Tengah Hutan Pinus

Gorbea menjadi taman hutan yang terletak di atas Gunung Georbia, sehingga membuatnya memiliki iklim pegunungan yang khas. Saat berkunjung ke sini, pengujung juga dapat menghabiskan waktu di tempat rekreasi yang tersedia di sana.



Leave a Reply