Share your paradise and culinary and get chance to win IDR 1.000.000

Keunikan 10 Kuliner Khas Suriname Perpaduan Afrika, India, Cina dan Jawa


sisil angelin  March 19, 2020  0 Comment

Negara Suriname ini tidak hanya memiliki wisata yang indah, dikawasan Suriname juga memiliki banyak kuliner khas yang wajib dicoba, saat berkunjung ke Suriname.
Untuk kamu yang belum tau dimana si Suriname ini? yaps Suriname ini berada di Amerika Selatan, menjadi salah satu Negara yang kecil. Yang menarik disini kulinernya yang memiliki perpaduan masakan dari beberapa negara diantaranya ada Afrika, India, China, dan Masakan Jawa Indonesia, kok bisa yah? karena Mayoritas era kolonial China, India, dan suku Jawa, Indonesia ini dulu pernah menetap disana, karena keadaan negara saat itu dijajah. Jadi ada beberapa orang suku Jawa yang tinggal disana dan menjadi kebiasaan makanan suku Jawa, ini menjadi daya tarik bagi masyarakat Suriname, untuk mencobanya guys. Seperti itulah sekilas Sejarah kenapa makanan Jawa hampir sama dengan Kuliner suku Jawa di Indonesia.
Nah dari pada penasaran inilah beberapa makanan Suriname yang Mirip dengan masakan suku Jawa, yang pastinya tidak asing dilidah kamu jika kamu tinggal dipulau Jawa.

Berikut 10 Kuliner Khas Suriname

1. Pitjel (Pecel)

kuliner khas suriname
strongbody.nl


Dari namanya dan tampilannya pasti kalian sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini. Petjel ini mirip sekali dengan Pecel di Indonesia. Petjel juga terdiri dari beberapa sayur yaitu kacang panjang, cambah, kol, sayur seperti kangkung, yang direbus lalu disiram dengan bumbu kacang, yang dihaluskan bersama cabai. Tapi rasa bumbu kacangnya berbeda sedikit, dari bumbu kacang di Indonesia. Namun Pitjel ini disukai masyarakat Suriname, dan cocok dilidah mereka. Untuk 1 porsi Petjel ini bisa kamu dapat sekitar 5 Euro.

2. Saoto (Soto)

makanan khas suriname
tessascupoftea.com


Tampilan dari Saoto ini memang mirip sekali dengan Soto yang ada di Indonesia terdiri dari bihun, telur, kentang, nasi, dan kuah yang bening. Saoto ini juga harganya masih bersahabat cuma 7 Euro. Nah kalian tau gak si apa yang membuat Saoto dengan Soto? biasanya orang Suriname makan saoto bersamaan dengan Bakabana yaitu pisang goreng unik bukan.

3. Nasi (Nasi Goreng)

kuliner suriname
peggytjin.com


Jika kalian berada disalah satu restoran yang ada di Suriname menemukan salah satu menu yang bertulisan Nasi itu berarti Nasi Goreng guys, bukan cuma 1 porsi nasi putih. Kalo nasi putih disini bukan di sebut ‘Nasi’ tapi ‘Witte Rijst’.
Apa sih perbedaannya dengan nasi goreng yang ada di Indonesia? Nasi disini terdiri dari 1 porsi jumbo yang berwarna kemerahan, ditambah dengan daging suwir. Nasi ini menjadi makanan favorite bagi masyarakat Suriname, karena rasanya gurih, asin, dan bikin nagih! Jika kalian memesan Nasi kalian bisa memilih ingin toping apa ada daging babi, sapi, ayam, bahkan bebekpun ada loh…Untuk harga Nasi sendiri cukup terjangkau hanya 8 Euro kalian bisa menikmati 1 porsi Nasi jumbo yang lezat.

4. Telo Terie (Singkong Goreng)

makanan khas negara suriname
Makanabis.com


Telo Terie ini menjadi gorengan yang sangat mudah ditemukan jika kamu berada di Indonesia, cuma 500 rupiah saja kalian bisa menikmati 1 buah singkong goreng. Nah apasih yang membuat Telo Terie, ini berbeda dengan Singkong Goreng/Singkong Keju. Orang Suriname biasanya memakan Telo Terie ditambah dengan cocolan seperti saus kacang, dan yang paling unik adalah menambahkan toping ikan teri, yang disuir-suir lalu dimasak dengan bumbu balado pedas/goreng kering. sehingga menjadi camilan masyarakat Suriname, untuk nongkrong dicafe atau restoran. Berbeda dengan Singkong Goreng yang ada di Indonesia, kalian hanya bisa menemukannya dipinggir jalan/pasar.

5. Sambal

kuliner terkenal di suriname
commons.wikimedia.org


Diurutan kelima ini adalah sambal dari namanya memang sama seperti di Indonesia, yang membedakan sambal ini adalah jenis cabainya jika di Indonesia pada umumnya menggunakan cabai rawit, namun di Suriname masyarakat sekitar menggunakan cabai jenis Madame Jeanette yang memiliki cita rasa sama pedasnya dengan cabai rawit.
Sambal ini bisa kalian temukan saat makan-makanan India atau China yang biasanya menambahkan sambal pada makanan mereka.

6. Roti

roti suriname
steemit.com


Memang kuliner yang keenam ini memiliki nama yang tidak asing dibagi masyarakat Indonesia, nah yang memberdakannya adalah sebutan Roti di Suriname ini berupa makanan khas India yang terdiri dari buncis, kentang, canai, telur, disiram dengan kuah kari khas india yang lezat. membuat Roti sendiri menjadi makanan yang digemari masyarakat Suriname.

7. Bakabana (Pisang Goreng)

kuliner khas suriname
gramho.com


Bakabana ini adalah salah satu snack yang menjadi favorite bagi masyarakat Suriname, namun bakabanan ini berbeda dengan pisang goreng yang ada di Indonesia, karena untuk menikmati 1 potong Bakabana dengan saus kacang yang yummy banget. Saking sukanya dengan Bakabana, maka tak jarang masyarakat Suriname biasanya akan mencamil bakabana ini setelah makanan berat seperti Saoto, Nasi, dan beberapa makanan berat yang mereka kosumsi.

8. Oseng-oseng

kuliner suriname
kumparan.com


Yang ke delapan ini Oseng-oseng kok namanya oseng-oseng sama banget ya guys sama di Indonesia, Nah yang ada di Suriname Oseng-oseng ini berupa jeroan seperti hati ayam, daging ayam, udang dan daging. Oseng-oseng di Suriname biasanya dijadikan sebagai isian untuk makan roti. Untuk rasanya, tidak perlu ditanya lagi karena lezat!

9. Moksi-alesi (Nasi Campur)

kuliner suriname
parbode.com


Moksi alesi ini terdiri dari Nasi, udang, ikan, daging, sayuran, dan sambal. Nah moksi alesi ini mirip sekali bukan dengan makanan Indonesia yang bisa kalian temui diwarteg. Nah untuk Moksi alesi ini juga mudah untuk kamu temui dibeberapa depot di Suriname loh, harga nya sekitar 7 Euro saja.

10. Goedangan

kuliner khas suriname
Latendresseencuisine.com


Yang terakhir ini adalah Goedangan yang terdiri dari salad sayur diguyur dengan saos kelapa yang menjadi makanan penutup favorite di Suriname. Nah di Suriname sendiri olahan kelapanya memang paling yummy, cita rasa gurih, asin, manis, itu adalah perpaduan yang pas saat dimakan dengan salad sayur guys. Nah saat kalian berada di Suriname wajib banget cobain kuliner khas Suriname yang satu ini ya!


Nah itulah 10 kuliner khas Suriname menarik bukan? menu-menunya yang yummy, unik, dan harganya pun bersahabat dikantong, untuk kamu yang pengen liburan di Suriname dengan budget yang murah. Jadi saat kalian berlibur kesini selain mengunjungi Wisata Suriname yang unik, pastikan kalian juga mencoba kulinernya yang Yummy, Unik, dan pastinya membuat liburan mu sempurna. Selamat mencoba!



Leave a Reply