Kuliner

10 Makanan Khas Tidore Kepulauan

Makanan khas Tidore menjadi salah satu hal yang menarik perhatian wisatawan ketika liburan disana. Apakah Anda tidak tertarik untuk mencoba masakan kuliner Tidore? Bila Anda pergi kesana maka, jangan lupa untuk mencoba kuliner makanan Tidore.
Setiap daerah memiliki makanan khas yang berbeda-beda, semua makanannya pasti memiliki rasa yang unik berbeda dengan masakanan lainnya. Oleh sebab itu Anda harus merasakan makanan khas Tidore yang berbeda dari lainnya.
Tidore merupakan kepulauan yang menghasilkan rempah-rempah berkualitas unggul. Banyak sekali jenis rempah-rempah seperti lada, pala, cengkeh dan lainnya. Tidak heran jika makanan yang berada disana memiliki rasa nikmat, karena bumbu rempah yang digunakan mempengaruhi cita rasa masakannya. Berada di Tidore memang cocok melakukan perjalanan wisata dan dilanjutkan menikmati minuman serta makanan khas Tidore.

 

Rekomendasi Minuman dan Makanan Khas Tidore Paling Enak

 

Apakah Anda tertarik melakukan wisata kuline di Tidore? Tentu saja Anda pasti tertarik. Bila Anda melihat situs kuliner yang berada di internet maka, Anda bisa menemukan berbagai macam pilihan makanan khas Tidore. Melihat gambar makanannya saja pasti sudah membuat perut Anda terasa lapar, sehingga tidak sabar melakukan kuliner disana.
Coba makanan khas Tidore dengan melihat daftar rekomendasi makanan dan minuman paling enak di Tidore pada berikut ini.

 

1. Tela gule

bungeko.com

Pernahkah Anda memakan tela gule? Makanan ini hanya bisa ditemui di Tidore saja. Tela gule merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar jagung. Bahan tersebut digiling hingga halus lalu dikukus dan dijadikan nasi. Biasanya tela gule disajikan dengan menggunakan makanan lainnya. Makanan yang dapat dinikmati bersama tela gule ada dalo waho, ikan goreng, foki pele, dan wabil.
Rasa tela gule sedap sekali, meski dimakan langsung rasanya sudah enak. Apalagi kalau dimakan dengan tambahan masakan lainnya. Pasti rasanya membuat semua wisatawan yang mencobanya makin ketagihan dengan tela gule.

 

2. Asidah

cookpad.com

Makanan khas Tidore salah satunya yaitu kue asidah. Kue ini termasuk kedalam jajanan pali populer di kota Tidore. Pasalnya rasa asidah begitu lezat dan membuat ketagihan. Semua orang penasaran dengan kue asidah, karena kuenya memiliki bentuk yang berbeda dari kue lainnya. Dari bentuk yang berbeda, pasti cita rasa kue yang ditawarkan juga akan berbeda pula.
Kue asidah berwarna cokelat dikarenakan bahan yang dipakai adalah kurma. Ada beberapa orang Tidore juga membuat kue asidah dengan menggunakan gula aren namun, keduanya memiliki rasa yang nikmat. Hal menarik dari kue asidah yaitu penyajiannya, asidah disajikan dalam bentuk setengah lingkaran kemudian diletakkan pada piring. Ditambahkan dengan topping ghee atau disebut mentega India yang lezat.

 

3. Popeda

mytravelandfooddiary.wordpress.com

Popeda merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar sagu. Cara memasak popeda yaitu sagu tinggal direbus saja hingga tekstur nya berubah. Masakan popeda yang telah matang menunjukkan tekstur kenyal dan agak sedikit lengket. Rasanya juga hambar, oleh sebab itu popeda dimakan dengan menggunakan sayur dan ikan pelangkap.
Menyantap kelezatan popeda harus dengan sayur berkuah, lebih sedap kalau kuah yang digunakan dari ikan kuning. Pasti rasanya sangat nikmat, membuat orang ingin menambah makanan lagi.

 

4. Sagu lempeng

Sumber.com

Jangan bosan mencicipi kuliner makanan sagu yang sangat lezat. Meski dilihat dari bentuknya kuliner sagu tidak begitu menarik, tetapi rasanya tidak diragukan lagi karena sangat enak.
Sagu lempeng makanan khas Tidore yang wajib dicoba, makanan ini tentu saka terbuat dari bahan sagu yang dipanggang. Sebagian besar orang Tidore menyebut sagu lempeng dengan nama sagu lombo. Makanan sagu lempeng biasa dimakan bersama gohu. Rasakan kelezatan makanan ini sekarang juga.

 

5. Kopi Dabe

ngadtemie.blogspot.com

Sekarang Anda harus mencoba minuman khas Tidore. Kopi dabe, bagi para pecinta kopi harus mencicipi kelezatan minuman tersebut. Kopi dabe terbuat dari bahan kopi dan campuran rempah-rempah pilihan. Bahannya sangat berbeda bukan dengan kopi biasanya? Justru itu Anda harus mencobanya, karena rasanya begitu berbeda dan nikmatnya sungguh tidak bisa dilukiskan dalam kata-kata.
Aroma wangi yang dikeluarkan oleh kopi dobe, membuat semua orang ingin menikmatinya. Kopi ini sangat legenda, karena sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Bahkan kopi dobe dulunya digunakan sebagai minuman untuk tamu kehormatan sultan Tidore.

 

6. Nasi Jaha

Belanga.id

Kenikmatan nasi jaha makanan khas Tidore selalu menggunggah selera makan. Nasi jaha terbuat dari bahan beras biasa namun, cara memasaknya agak berbeda. Nasi ini dimasak menggunakan tungku, sebelum dimasak nasik harus dimasukkan kedalam bambu terlebih dahulu.
Bagian dalam bambu dilapisi dengan menggunakan daun pisang, beras kemudian dimasukkan dan siap dimasak diatas tungku. Nasi jaha yang telah makan baunya harus dan bisa dinikmati dengan menggunakan aneka lauk khas Tidore.

 

7. Sagu Jai

ngofalingalamo.blogspot.com

Makanan sagu jai terbuat dari olahan bahan sagu. Makanan ini dimasak dengan menggunakan cara sangria, bila sudah selesai disangrai kemudian dikasih berbagai warna untuk membuat makanan lebih menarik. Memberikan warna makanan dengan pewarna alami membuat makanan ini aman untuk dikonsumsi. Bentuk makanannya biasanya kotak dan ada juga yang memiliki bentuk segitiga.

 

8. Kasbi

Steemit.com

Kasbi memiliki bentuk seperti roti tawar namun terbuat dari bahan singkong. Kasbi sangat berbeda dengan roti tawar, karena memiliki rasa yang sangat legit. Makanan ini teksturnya agak kasar sehingga Anda harus mengunyah makanan dengan tenaga ekstra. Rasa manisnya membuat siapa saja cepat kenyang jika memakan kasbi, sehingga makanan ini cocok digunakan pada waktu santai sambil minum secangkir teh atau kopi.

 

9. Gohu

Phinemo.com

Tidore juga memiliki makanan ala sashimi, namanya yaitu Gohu. Makanan ini terbuat dari ikan segar yang diberi bumbu lalu dimakan. Sebagian besar masyarakat Indonesia tidak menyukai makanan ikan mentah. Coba dulu makanan gohu ini, dijamin Anda pasti ketagihan memakannya.
Kelezatan gohu dikarenakan ada bumbu yang dibuat secara khusus. Bumbu tersebut terdiri atas cabe, bawang, perasan air lemon, kemangi dan sayuran lainnya. Tambahan bahan terakhir, gohu diberi minyak kelapa yang sudah didihkan. Anda bisa mencicipi makanan gohu yang super lezat, sama lezatnya dengan sashimi yang berada di Jepang.

 

10. Kakap dabu-dabu

Kumparan.com

Makanan khas Tidore selanjutnya yaitu ada kakap dabu-dabu. Sebenarnya makanan ini terdiri dari ikan kakap yang diberi sambal dabu-dabu. Rasa sambalnya pedas dan menarik sekali untuk dicoba. Ikan kakap digoreng kering, kemudian ditambahkan sambal dabu-dabu dan bisa disantap selagi hangat. Rasanya sangat nikmat, tambahkan sedikit nasi agar perut makin kenyang.
Makanan khas Tidore memiliki nama yang unik dan menarik. Dibalik nama makanan khas Tidore tersebut tersimpan rasa masakan yang lezat membuat orang ketagihan untuk merasakannya. Bila Anda ingin sekali merasakan makanan khas Tidore, harus mencobanya langsung ke Tidore karena pada daerah Anda pasti jarang atau sama sekali tidak ada yang menjual masakan khas Tidore tersebut.

2 Comments

  1. V October 10, 2018
    • sisil angelin October 11, 2018

Join The Discussion