Kuliner

20 Makanan Khas Sunda Terkenal Enak Banget dan Rekomended

Saat anda berkunjung ke Jawa Barat, anda mungkin ingin mencicipi berbagai makanan khas sunda. Ada banyak sekali makanan khas sunda yang wajib anda coba, seperti berikut ini:

Nasi Timbel

makanan khas sunda

Tentunya banyak sekali orang yang sudah mengenal nasi timbel, karena nasi ini sering disajikan di berbagai rumah makan. Sebenarnya, nasa timbel adalah makanan khas sunda yang sangat terkenal. Awalnya, nasi timbel dihidangkan untuk para petani. Dengan menggunakan daun pisang untuk membungkusnya, nasi timbel menjadi pulen dan memiliki aroma harum. Nasi ini bisa dinikmati dengan berbagai lauk, seperti ayam goreng, pepes ikan, ikan asin, dan masih banyak lagi. Apalagi jika anda menyantapnya dengan sambal terasi, pasti rasa nasi timbel akan semakin nikmat.

Nasi Tutug Oncom

Berbeda dengan nasi timbel yang dibungkus daun pisang, nasi tutug oncom dihidangkan setelah ditumbuk dengan oncom bakar. Nasi ini diberi nama nasi tutug oncom karena kata tutug berarti tumbuk. Nasi ini rasanya nikmat karena ditumbuk bersama oncom bakar, juga disajikan dalam keadaan hangat. Kenikmatan nasi tutug oncom akan semakin sempurna jika anda menikmati nasi ini dengan berbagai lauk, seperti tempe goreng, tahu goreng, atau ayam goreng. Nikmati juga nasi ini dengan sambal dan lalapan agar rasanya semakin sempurna. Sebenarnya, nasi ini adalah nasi khas Tasikmalaya, namun sekarang makanan ini pun sudah terkenal sebagai makanan khas sunda yang wajib untuk anda cicipi.

Nasi Liwet

makanan khas sunda

Tidak lengkap rasanya bila anda tidak mencoba nasi liwet saat berkunjung ke tanah sunda. Meskipun nasi liwet pun bisa anda temukan di Solo, namun nasi liwet sunda tidak boleh anda lewatkan. Meski tidak dimasak dengan santan, nasi liwet sunda terasa sedap dan gurih karena penggunaan berbagai rempah-rempah. Rempah-rempah untuk nasi liwet biasanya adalah serai, cabe rawit, bawang putih, kemangi, daun salam, dan lain-lain. Masyarakat sunda biasanya menyantap nasi liwet dengan ikan asin. Ada juga yang menyantapnya dengan tahu, tempe, sayur asem, dan lain-lain. Untuk menunya bisa disesuaikan dengan keinginan anda.

Gepuk

Makanan khas sunda lainnya yang wajib anda coba adalah empal gepuk. Pastinya anda sudah tidak asing dengan empal. Ya, empal adalah irisan daging sapi yang sudah digoreng dengan bumbu-bumbu. Di tanah sunda sendiri, empal gepuk umumnya digoreng dengan bumbu-bumbu dan kelapa, sehingga rasanya menjadi sangat nikmat dan gurih. Gepuk biasanya disajikan dengan nasi hangat. Anda pun bisa menyantapnya dengan sambal yang pedas sekaligus lalapan agar rasanya makin nikmat. Rasa gurih gepuk sering membuat banyak orang ketagihan akan makanan ini. Jadi, jangan lupa untuk mencicipi makanan ini saat berkunjung ke tanah sunda. Banyak sekali rumah makan khas sunda yang menyajikan makanan ini.

Soto Bandung

makanan khas sunda

Soto memang sangat terkenal di Indonesia. Tak jarang kita menemukan berbagai jenis soto yang rasanya berbeda-beda. Di Bandung sendiri, anda bisa mencicipi soto Bandung. Berbeda dengan soto lainnya, soto Bandung terbuat dari tetelan daging sapi. Untuk membuat cita rasanya menjadi sedap, berbagai bumbu digunakan seperti jahe, serai, lengkuas, gula, serai, bawang merah, merica, bawang putih, dan berbagai rempah lainnya. Soto Bandung akan disajikan dengan irisan lobak, kacang kedelai, bawang goreng, dan irisan seledri. Untuk menambah cita rasanya, anda pun bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan juga sambal.

Kupat Tahu

rinaldimunir.wordpress.com

Saat anda berkunjung ke Bandung, anda akan menemukan banyak penjual kupat tahu. Kupat tahu adalah makanan khas sunda yang wajib anda cicipi karena rasanya enak. Terbuat dari ketupat atau lontong dan juga tahu goreng yang disiram dengan kuah kacang, kupat tahu terasa cocok untuk dijadikan menu sarapan. Dengan memakan satu piring kupat tahu, pastinya perut anda langsung kenyang. Anda bisa menyesuaikan cita rasa kupat tahu sesuai selera anda. Misalnya saja untuk anda yang suka makanan pedas, anda bisa menambahkan sambal. Lalu untuk anda yang suka makanan manis, anda bisa menambahkan kecap. Saat menikmatinya dengan kerupuk, kupat tahu akan semakin nikmat saat disantap. Tak hanya kuah kacang, sebagian pedangan kupat tahu pun menyajikan kupat tahu dengan kuah santan yang gurih.

Baso Tahu

makanan khas sunda

Makanan khas sunda lainnya yang wajib untuk anda cicipi adalah baso tahu. Baso tahu terbuat dari adonan ikan yang dimasukkan ke dalam tahu, lalu dikukus. Kemudian, baso tahu disajikan dengan saus kacang yang gurih dan sedikit pedas. Masyarakat pada umumnya sering menyebut baso tahu sebagai siomay. Namun di Bandung sendiri, masyarakat sering menyebutnya baso tahu. Tak hanya tahu yang disisipi adonan dari ikan, baso tahu pun sering digabungkan dengan telur rebus, kol rebus, kentang rebus, dan pare rebus. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan anda. Untuk anda yang suka pedas, anda bisa menambahkan sambal sehingga rasanya semakin nikmat dan pedas.

Karedok

Untuk anda yang suka sekali makan sayuran, anda harus mencicipi karedok. Karedok adalah makanan khas sunda yang sudah sangat terkenal. Banyak sekali pedagang karedok yang bisa anda temui. Terbuat dari berbagai sayuran mentah seperti kol, timun, dan terong hijau, makanan ini tak hanya enak, namun juga segar. Bumbu kacang dari karedok sangat gurih. Tak heran bila banyak orang sunda yang memakan karedok dengan nasi hangat, karena karedok sangat nikmat jika dimakan dengan nasi hangat. Apalagi jika anda menyantap karedok dengan tahu goreng dan kerupuk. Pastinya rasa karedok akan lebih nikmat dan mantap.

Lotek

makanan khas sunda

backpackology.me

Tak lengkap rasanya bila melewatkan lotek setelah menyebutkan karedok sebelumnya. Lotek dan karedok sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Sunda. Masyarakat sunda umumnya menyantap lotek atau karedok di siang hari karena rasanya nikmat dan segar. Berbeda dengan karedok, lotek terbuat dari sayuran yang sudah direbus, seperti kol, kacang panjang, taoge, dan kangkung. Sama-sama menggunakan saus kacang, lotek memiliki sedikit perbedaan karena rasa sayuran matang cenderung lebih empuk jika dibandingkan sayur mentah yang ada pada karedok. Sama dengan karedok, anda bisa menyantap lotek dengan nasi hangat. Anda pun bisa menyantapnya dengan lontong. Apalagi bila anda menyantapnya dengan kerupuk, rasa lotek akan semakin nikmat.

Pepes Ikan

Makanan khas sunda lainnya yang tidak bisa anda lewatkan adalah pepes ikan. Orang sunda biasa menyebutnya dengan pais. Pepes ikan sendiri banyak jenisnya, seperti pepes ikan asin, pepes ikan teri, pepes ikan mujair, dan masih banyak lagi. Ikan yang telah dibumbui akan dibungkus dengan daun pisang, lalu dikukus. Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan adalah kunyit, daun salam, serai, irisan bawang merah, cabe rawit, jahe, dan lain-lain. Sebagian bumbu akan dihaluskan, dan sebagian lagi akan diiris kasar. Saat pepes dibuka, maka harum yang menggugah selera akan menguar dan membuat anda ingin segera menyantap makanan ini. Anda bisa menikmati makanan ini dengan nasi hangat dan sayur asem agar rasanya semakin nikmat.

Bakakak Hayam

makanan khas sunda

Bakakak atau ayam bakar khas Bandung wajib untuk anda cicipi saat berkunjung ke tanah sunda. Bakakak adalah makanan khas sunda yang terbuat dari ayam utuh, yang kemudian dipanggang dengan menggunakan bumbu-bumbu tertentu. Anda bisa menyantap satu porsi bakakak hayam dengan anggota keluarga dan teman anda. Untuk membuat rasanya semakin nikmat, anda bisa menyantap makanan khas sunda ini dengan nasi hangat, sambal terasi, dan juga lalapan. Pasti rasanya akan semakin nikmat, apalagi jika lalapannya timun segar atau selada air. Nafsu makan anda pasti akan makin meningkat.

Mie Kocok Bandung

makanan khas sunda

Saat anda berkunjung ke Bandung, anda akan menjumpai banyak pedagang mie kocok Bandung. Anda wajib mencicipi makanan khas sunda ini karena rasanya sangat enak, apalagi bila disantap saat cuaca dingin. Mie kocok adalah mie kuning yang disajikan dengan kuah kaldu. Mie ini sangat nikmat karena disajikan dengan kikil, irisan seledri, dan bawang goreng. Ada juga pedagang mie kocok yang menambahkan daging sapi, baso, dan juga babat agar rasa mie kocok menjadi semakin nikmat. Untuk anda yang sangat suka makanan pedas, anda bisa menambahkan sambal pada mie kocok anda, sehingga rasa mie kocok anda semakin mantap dan lezat. Namun untuk anda yang suka makanan manis, anda bisa menambahkan kecap.

Batagor

ayomaensini.blogspot.co.id

Salah satu makanan khas sunda lainnya yang wajib anda cicipi saat datang ke tanah sunda adalah batagor. Sebenarnya, batagor cukup mirip dengan baso tahu karena sama-sama disajikan dengan saus kacang. Namun, cara memasaknya yang membuat batagor berbeda dari baso tahu. Jika baso tahu dikukus, maka batagor dimasak dengan cara digoreng. Batagor sendiri merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Makanan ini disajikan dengan irisan mentimum, saus kacang, dan juga ditambahkan perasan jeruk purut. Rasanya yang mantap akan membuat anda ketagihan untuk menyantap batagor terus menerus.

Empal Gentong

makanan khas sunda

Tentunya anda mungkin tak asing dengan makanan ini. Sebenarnya, empal gentong adalah makanan khas Cirebon, jadi tentu saja makanan ini termasuk makanan khas sunda yang wajib untuk anda coba. Karena dimasak dalam gentong, maka makanan ini disebut empal gentong. Bahannya sendiri terbuat dari daging sapi dan juga berbagai rempah-rempah yang yang membuat cita rasa empal gentong menjadi sangat nikmat. Anda bisa menyantap empal gentong dengan nasi hangat atau lontong. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keinginan anda. Empal gentong sangat cocok untuk disantap saat cuaca dingin karena hangatnya empal gentong akan menghangatkan tubuh anda juga. Untuk menambah cita rasa, anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis dan juga sambal. Nantinya empal gentong akan semakin enak dan nikmat.

Surabi

makanan khas sunda

Makanan khas sunda lainnya yang wajib untuk anda cicipi adalah surabi. Surabi umumnya bisa ditemukan di kawasan Bandung. Makanan khas sunda ini terbuat dari tepung beras yang dibakar dalam tungku yang terbuat dari tanah liat. Cita rasanya sangat unik, padahal bahan-bahannya sangat sederhana. Awalnya, surabi hanya disajikan dengan gula yang telah dicairkan. Namun saat ini, banyak pedagang yang sudah mengkreasikan surabi menjadi makanan yang sangat nikmat. Saat ini, surabi bisa dinikmati dengan berbagai toping, seperti keju, selai strawberry, dan masih banyak lagi. Untuk anda yang tidak suka makanan manis, anda bisa memesan surabi yang rasanya asin, dengan tambahan toping telur, ayam, dan kornet.

Tahu Sumedang

makanan khas sunda

cepiman.files.wordpress.com

Makanan khas sunda ini begitu terkenal dan mudah anda temukan di tanah sunda. Banyak sekali pedagang tahu sumedang yang bisa anda temukan di Jawa Barat. Dinamakan tahu Sumedang karena memang diproduksi langsung di Sumedang. Berbeda dari jenis tahu lainnya, tahu Sumedang memiliki cita rasa yang gurih. Tak heran bila saat ini banyak orang yang sangat menyukai makanan khas sunda ini. Anda bisa menikmati tahu sumedang dengan cabe rawit atau sambal pedas. Anda juga bisa menikmatinya dengan kecap yang sudah diberi irisan cabe rawet. Sekarang pun banyak orang yang membuat kreasi makanan dari tahu sumedang, seperti tahu sumedang yang diberi adonan baso.

Tahu Gejrot

makanan khas sunda

berbagipadasahabat.blogspot.co.id

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, banyak orang yang membuat makanan unik dari tahu Sumedang, misalnya saja tahu gejrot. Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon yang terkenal sebagai makanan khas sunda juga. Tahu gejrot terbuat dari tahu Sumedang yang sudah dipotong-potong, kemudian tahu tersebut disajikan dengan bumbu segar. Bumbu segar umumnya terbuat dari kencur, bawang putih, bawang merah, dan cabe rawit. Makanan khas ini sangat terkenal karena rasanya enak dan segar. Untuk anda yang suka makanan pedas, anda bisa memesan tahu gejrot dengan bumbu yang super pedas.

Bala-bala

makanan khas sunda rekommended

Bila anda berkunjung ke Bandung, anda akan menjumpai banyak pedagang gorengan yang menawarkan bala-bala. Bala-bala sendiri mirip sekali dengan bakwan karena terbuat dari tepung terigu yang dicampur dengan irisan sayuran, lalu digoreng hingga renyah. Sayuran yang biasanya dijadikan bala-bala adalah wortel, kol, dan tauge. Bala-bala nikmat sekali disantap di pagi hari atau sore hari. Apalagi bila anda menyantapnya dengan cabe rawit atau saus pedas. Rasa bala-bala yang nikmat akan membuat anda ketagihan untuk menyantapnya terus menerus. Agar semakin nikmat, anda bisa menyediakan teh hangat atau kopi. Menikmati bala-bala dan meminum minuman hangat pastinya membuat waktu ngopi anda semakin nikmat.

Gehu

makanan khas sunda

Tak lengkap rasanya bila kita tidak menyebutkan gehu. Gehu biasanya dijual dengan bala-bala. Gehu sendiri merupakan makanan khas sunda, atau lebih dikenal sebagai gorengan khas sunda. Terbuat dari tahu yang diisi dengan irisan sayuran, gehu sudah populer di berbagai daerah di Indonesia. Kita biasa mengenalnya dengan sebutan tahu isi. Namun, gehu merupakan singkatan dari taoge dan tahu. Jadi, gehu khas sunda umumnya terbuat dari tahu sumedang yang diisi dengan taoge, lalu dicelupkan pada adonan tepung terigu sebelum digoreng. Gehu cocok disantap saat masih hangat, apalagi bila menyantapnya dengan cabe rawit. Sebenarnya, ada banyak gorengan khas sunda lainnya yang bisa anda cicipi seperti misro, comro, dan cireng.

Colenak

makanan khas sunda

kepointasik.blogspot.co.id

Bandung terkenal dengan tape singkongnya. Bila anda ingin menikmati tape singkong dengan cita rasa yang berbeda, anda bisa mencicipi colenak. Colenak terbuat dari tape singkong yang dibakar, kemudian disajikan dengan saus gula yang terbuat dari gula aren dan parutan kelapa. Rasanya sangat nikmat, apalagi bila anda sudah menyiapkan teh hangat. Nikmatnya colenak berpadu dengan teh hangat akan membuat anda ketagihan untuk menikmati makanan khas sunda ini.

Itulah 20 makanan khas sunda yang bisa anda cicipi saat berkunjung ke tanah sunda. Sebenarnya, masih banyak makanan khas sunda yang bisa menjadi rekomendasi anda. Namun, semoga beberapa makanan yang telah disebut di atas bisa menjadi rekomendasi anda saat berkunjung ke tanah sunda.

Join The Discussion