26 Makanan Khas Sumatera Barat Paling Enak Bikin Lidah Goyang


Reni  April 23, 2018  6 Comments

Makanan Khas Sumatera Barat – Sumatera Barat merupakan sebuah Provinsi yang cukup menarik untuk dikunjungi. Tak hanya kaya akan destinasi wisata, Sumatera Barat juga sangat kaya akan budaya dan kuliner. Kuliner khas Sumatera Barat memang sangat terkenal di seluruh Indonesia, hal ini terlihat dengan banyaknya Rumah Makan Masakan Padang yang bisa Anda temui hampir di seluruh Indonesia.

Masakan khas Minang memang menjadi salah satu kuliner yang paling banyak digemari di Indonesia. Bahkan, rendang menjadi salah satu makanan khas Indonesia yang telah mendunia. Tak hanya ada rendang, kuliner khas Sumatera Barat lainnya juga tak kalah nikmat untuk dicoba. Nah, jika Anda berencana untuk berlibur ke kawasan Sumatera Barat, Berikut ini adalah daftar makanan khas Sumatera yang wajib untuk anda coba.

1. Kacimuih

Kacimuih

indonesiakaya.com

Jika umunya berbicara mengenai Sumatera Barat atau kota Padang, tentu saja bagi sebagian orang akan terlintas masakan rendang. Namun tahukah Anda jika kota Padang ini tidak hanya terkenal dengan olahan rendangnya saja ternyata masih banyak lagi olahan makanan yang sangat mengirukan.

Meskipun tidak bisa kita pungkiri jika rendang ini masuk dalam urutan nomor tiga makanan yang terlezat didunia. Nah selain rendang dengan cita rasanya yang pedas tentu saja masih banyak lagi olahan makanan lainnya yang bisa Anda cicipi.

Anda tidak perlu panik, meskipun makanan khas sumatera barat terkenal dengan cita rasa yang pedas, namun Anda juga bisa mendapatkan makanan atau aneka kuliner lainnya yang manis dilidah Anda dan juga sangat cocok untuk cemilan di sore hari saat berkumpul bersama keluarga.

Nah makanan manis tersebut dikenal dengan kacimuih. Tahukah Anda jika kacimuih ini terbuat dari singkong yang diparut dan juga dicampurkan dengan kelapa muda yang diparut serta juga diberikan gula merah sehingga memberikan rasa yang manis.

Tahukah Anda jika ada cara yang sangat unik saat menikmatinya, dimana gula arennya dicairkan sehingga seperti caramel saat Anda memakannya. Sungguh nikmat bukan.

Berburu Kuliner Ayam Goreng Lezat Bu Bejo Do Kaki Gunung Lawu

Warung Wader Bu Tin Asli Majapahit. Sambelnya Nagih!

2. Gajeboh

archipelagos.id

Siapa bilang jika makanan khas sumatera barat hanya rendang saja, tahukah Anda jika masih banyak lagi makanan yang bisa Anda nikmati jika Anda berkunjung ke kota yang satu ini. Salah satunya adalah gajeboh atau juga masyarakat menyebutnya dengan sandung lamur.

Nah masakan yang satu ini menggunakan daging sapi sebagai bahan dasarnya, hanya saja yang digunakan adalah bagian punuk daging sapi tersebut karena dibagian ini terdapat banyak lemaknya. Cita rasanya selain nikmat tentu saja gurih karena berasal dari lemak daging sapi tersebut.

Makanan khas sumatera barat yang satu ini menggunakan kuah seperti kuah gulai berwarna merah dan tidak dimasak dengan santan. Nah lemak yang berasal dari daging sapi tersebut memberikan sensasi rasa yang sangat berbeda dan juga tentu saja nikmat.

Bahkan beberapa orang menyebutkan jika gajeboh ini adalah makanan yang paling enak dan juga nikmat terlebih jika disantap dengan nasi panas.

3. Asam Padeh Daging

Asam Padeh Daging

anekaresepmasakanpadang.blogspot.co.id

Bisa dikatakan jika kota Padang adalah surganya olahah daging yang sangat lezat. Nah salah satu makanan khas sumatera barat yang bisa Anda cicipi dan berasal dari olahahan daging adalah asam pandeh daging.

Sesuai dengan namanya dimana rasa dari makanan khas yang satu ini memiliki cita rasa yang pedas karena manggunakan cabai yang sangat banyak serta juga rasa asam yang berasal dari asam kandis.

Sekilas biasanya masakan yang satu ini mirip dengan masakan rendang, hanya saja rasanya tentu saja berbeda karena rendang tidak menggunakan asam kandis dalam proses memasaknya.

Baca juga :  9 Wisata Kuliner Enak di Solo yang Jarang Diketahui Orang

Selain itu makanan yang satu ini sangat cocok untuk Anda santap disiang hari bersama keluarga Anda.

4. Lompong Sagu

Lompong Sagu

twitter.com/semenku

Nah setelah lidah Anda menikmati makanan yang pedas- pedas, maka Anda bisa sedikit mengistirahatkannya dengan mencoba untuk mencicipi makanan khas sumatera barat yang satu ini yaitu lompong sagu.

Tahukah Anda jika lompong sagu ini merupakan salah satu jenis kue yang wajib Anda cicipi. Bahan utama kue ini adalah tentu saja tepung sagu dengan menggunakan kelapa parut serta juga gula merah dan santan, tidak ketinggalan juga dilengkapi dengan pisang baik itu pisang raja atau juga pisang kapok. Biasanya keu ini dipanggang dan juga diberikan taburan kelapa parut diatasanya sebelum Anda nikmati. Sehat serta juga bergizi.

5. Sate Padang

Sate Padang

goodindonesianfood.com

Makanan khas sumatera barat yang satu ini tentu saja sudah sering untuk Anda nikmati, bahkan makanan yang satu ini bisa dengan mudah untuk Anda temui diberbagai kota selain kota Padang. Yup, makanan tersebut adalah sate padang.

Meskipun Anda sudah biasa menikmatinya, tentu saja jika menikmatinya langsung di kota asalnya dan juga dibuat langsung oleh orang asli Padang tentu saja rasanya akan berbeda. Sate padang ini juga umumnya dibuat dengan menggunakan olahan daging sapi, dan beberapa menggunakan lidah sapi dengan menggunakan siraman kuah yang sangat khas yang sangat kental berwarna kuning yang berasal dari kunyit dan juga rempah- rempah lainnya.

6. Sate Lokan

Sate Lokan

yoyoijonk.wordpress.com

Nah jika Anda bosan dengan olahan daging terus menerus, maka Anda bisa mencicipi makanan khas sumatera barat lainnya yaitu sate lokan. Nah sate lokan ini adalah olahan yang menggunakan kerang hijau sebagai bahan dasar pengganti daging sapi atau daging ayam.

Sama dengan sate lainnya dimana sate lokan ini juga dibakar dan disiram dengan kuah yang sangat kental pula. Sate lokan ini juga biasanya disajikan dengan tambahan ketupat.

7. Rendang Paru

Rendang Paru

tokopedia.com/rendangcogaku

Jika pada umumnya rendang identik dengan olahan daging sapi, namun ternyata di Sumatera Barat ada salah satu makanan khas sumatera barat yang menggunakan paru sapi sebagai olahan utama rendangnya.

Rendang paru ini tentu saja berbeda dengan rendang daging sapi pada umumnya karena menggunakan rempah- rempah yang khusus dan juga menggunakan beberapa dedaunan yang sudah dirajang, dan menggunakan santan yang lebih banyak daripada rendang pada umumnya.

8. Galamai

Galamai

ksmtour.com

Apakah Anda menyukai dodol atau juga jenang? Nah ternyata Anda bisa menemukan olahan kuliner yang satu ini dikota Padang. Makanan khas sumatera barat yang mirip dodol atau jenang tersebut dikenal dengan sebutan galamai.

Sekilas penggunaan bahan serta komposisinya hampir sama pada umumnyanya hanya saja pada galamai Anda bisa menemukan kacang tanah yang ditabur diatas galamai tersebut.

9. Bareh Rendang

Bareh Rendang

bukalapak.com/u/grosir_masakan_padang

Jika berkunjung ke kota Padang dijamin Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan makanan yang enak- enak, salah satu makanan khas sumatera barat yang wajib Anda nikmati adalah berupa bareh rendang.

Nah makanan ini bisa Anda jadikan sebagai cemilan Anda karena terbuat dari olahan tepung beras yang dicampur dengan gula serta juga santan cair dan proses memasaknya dengan cara disangrai. Cemilan yang satu ini memiliki cita rasa yang manis dan juga gurih.

10. Sala Lauak

Sala Lauak

nailandra.blogspot.co.id

Tahukah Anda ternyata makanan khas sumatera barat juga ada yang terbuat dari olahan ikan segar. Biasanya ikan ini akan dimasak dengan cara digoreng, tentu saja tidak sampai disitu saja, karena pada saat proses penggorengan dimana daging ikan yang sudah dihaluskan terlebih dahulu dicampurkan dengan tepung dan juga dibentuk berupa adonan bulat atau juga pipih. Olahan ikan yang satu ini sangat nikmat jika Anda cicipi dengan sambal yang pedas dan nasi putih hangat.

11. Kalio

Kalio

resepkoki.id

Makanan khas Sumatera Barat yang wajib untuk dicoba selanjutnya adalah Kalio. Kalio ini merupakan sebutan untu olahan rending setengah jadi karena warnanya kecokelatan dibandingkan dengan rendang yang berwarna cokelat kehitaman.

Baca juga :  5 Kuliner Khas Toyama yang Super Lezat!

Sama halnya dengan rendang, kalio biasanya dibuat dari daging sapi, ayam, jengkol atau hati sapi. Biasanya kalio dijual sebagi rending di Rumah Makan Padang di luar kawasan Sumatera Barat karena proses pengolahannya lebih cepat dan praktis. Kalio ini memiliki cita rasa yang tidak terlalu pedas dan teksturnya tidak sekeras rendang.

12. Gulai Itiak

Gulai Itiak

ksmtour.com

Gulai Itiak menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang tak boleh dilewatkan selanjutnya. Sesuai dengan namanya, gulai itiak ini menggunakan itik sebagai bahan utamanya.

Gulai Itiak ini merupakan kuliner yang terkenal dari Koto Gadang Agam di Bukittinggi. Gulai itiak ini terdiri dari ragam rempah seperti laos, kunyit, jahe, cabe keriting hijau, daun jeruk, daun salam dan daun kunyit. Itik yang digunakan adalah bebek yang masih muda dipotong kemudian dibakar terlebih dahulu sebelum diolah dengan kuah gulai. Hasilnya gulai itiak ini memiliki warna hijau.

13. Soto Padang

Soto Padang

cookpad.com

Tak hanya Sate Padang, Soto Padang juga menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang layak untuk anda cicipi. Sajian yang satu ini juga cukup populer di Indonesia dan banyak ditemukan di luar kawasan Sumatera Barat.

Soto Padang ini merupakan soto kaldu sapi yang dihidangkan dengan irisan daging sapi yang telah digoreng kering, perkedel kentang dan bihun. Kuah kaldu sapi pada soto ini terasa lebih kuat karena diberi berbagai rempah, seperti cengkeh, daun jeruk, bunga lawing hingga kapulaga. Sebagai pelengkapnya, soto Padang ini diberi tambahan kerupuk merah muda yang terbuat dari tepung tapioka sehingga memperkaya rasa dan tekstur dari Soto Padang ini.

14. Nasi Sala

Nasi Sala

paticbaradja.blogspot.com

Makanan khas Sumatera Barat yang wajib untuk anda cicipi selanjutnya adalah Nasi Sala. Nasi Sala ini merupakan kuliner khas yang berasal dari kawasan Pariaman dan menjadi salah satu kuliner yang populer disana.

Nasi Sala terdiri dari nasi yang disajikan dengan menggunakan daun pisang, kemudian ditambah dengan sayuran kukus tanpa bumbu serta sambal balado. Istimewanya, nasi sala ini diberi ikan goreng sebagai menu pendampingnya. Ikan yang paling sering digunakan sebagai pendamping nasi sala ini adalah ikan gembulo atau ikan gembung.

15. Nasi Kapau

Nasi Kapau

pergikuliner.com

Selain nasi sala, Nasi Kapau juga menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang cukup populer dan banyak penggemarnya. Nasi Kapau ini memang tidak jauh berbeda dengan nasi padang yang sangat terkenal, perbedaannya adalah dari penyajiannya saja.

Lauk dari nasi kapau ini umumnya langsung dipajang di atas meja dan lauknya sendiri ada yang berbeda dengan lauk yang biasa disajikan pada nasi padang, yaitu adanya Gulai Kapau. Gulai Kapau ini merupakan sajian yang terbuat dari nangka, kol dan kacang panjang. Gulai Kapau memiliki cita rasa sedikit asam dengan kuah berwarna kuning. Nasi Kapau ini juga bisa ditemukan dengan di kawasan Sumatera Barat.

16. Ayam Kurma

Ayam Kurma

cookpad.com

Ayam Kurma juga masuk dalam daftar makanan khas Sumatera Barat yang wajib untuk Anda coba. Ayam Kurma ini menjadi salah satu kuliner tradisional yang cukup populer dan digemari wisatawan yang datang kesana.

Meskipun namanya adalah Ayam Kurma, namun sajian yang satu ini sama sekali tidak menggunakan kurma sebagai bahannya. Ayam kurma ini merupakan olahan yang memiliki tampilan seperti gulai dengan rempah-rempah yang kuat, seperti cengkih, jahe, kapulaga dan bunga lawang.

17. Ayam Pop

Ayam Pop

masakapahariini.com

Selain ayam kurma, ayam pop juga menjadi salah satu makanan khas Sumatera Barat yang wajib untuk anda coba. Ayam pop adalah salah satu menu andalan yang bisa anda temukan di warung masakan Padang dan biasanya menu ini menjadi andalan banyak orang.

Ayam Pop merupakan sajian yang terbuat dari ayam kampung yang diberi ragam bumbu rempah seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, jeruk nipis, garam dan air kelapa. Meskipun secara tampilan ayam pop ini terlihat sederhana, namun sajian ini memiliki cita rasa yang gurih dan kaya rempah sehingga sangat cocok dinikmati bersama nasi hangat dan sambal khas Padang.

18. Pinyaram

Pinyaram

harianhaluan.com

Makanan khas Sumatera Barat yang satu ini memang memiliki tampilan bagaikan kue cucur khas Betawi. Perbedaan pinyaram dan kue cucur ini ada pada warnanya saja. Pinyaram memiiki warna yang lebih pekat karena menggunakan gula yang dipanaskan hingga berbentuk caramel.

Baca juga :  20 Makanan Khas Sunda Terkenal Enak Banget dan Rekomended

Bahan pembuatannya sendiri masih sama dengan kue cucur yaitu menggunakan tepung beras sebagai bahan utaanya. Pinyaraman memiliki bentuk yang kering pada bagian pinggirannya dan pada tengahnya memiliki tekstur yang lembut dan tebal.

19. Martabak Kubang

Martabak Kubang

cookpad.com

Martabak kubang juga masuk dalam daftar makanan khas Sumatera Barat yang tak kalah nikmat dibandingkan dengan kuliner lainnya. Disebut sebagai martabak kubang karena sajian ini berasal dari Nagari Kubang.

Sajian yang juga disebut dengan nama Martabak Mesir ini terdiri dari adonan tepung yang berisikan telur, rendang yang dicincang dan daun bawang. Martabak ini biasanya disajikan bersama kuah cuka yang segar. Jika diperhatikan sekilas, kuliner ini memang mirip dengan martabak telur, namun cita rasanya berbeda. Martabak Kubang ini memiliki cita rasa perpaduan dari cita rasa India – Timur Tengah dengan cita rasa local Minang.

20. Dendeng

Dendeng

inews.id

Makanan khas Sumatera Utara yang wajib untuk anda coba selanjutnya adalah dendeng. Dendeng merupakan daging yang dipotong tipis hingga menjadi serphan yang lemaknya dipangkas.

Daging tersebut kemudian dibumbui dengan saus asam, asin atau manis dan dikeringkan dengan api kecil atau diasinkan lalu dijemur, Dendeng ini menjadi salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang diawetkan. Dendeng ini terdapat dua jenis yang bisa Anda beli, yaitu dendeng balado dan dendeng batokok.

21. Gulai Banak

Gulai Banak

cookpad.com

Gulai Banak juga masuk dalam daftar makanan khas Sumatera Barat yang wajib untuk anda coba saat berkunjung kesana. Gulai Banak ini memang tidak jauh berbeda dengan gulai pada umumnya, bedanya adalah gukali ini tidak menggunakan daging sapi atau ayam, melainkan otak sapi sehingga memberikan tekstur yang lembut juga nikmat.

22. Lapek Bugih

Lapek Bugih

kidalnarsis.com

Makanan khas Sumatera Barat yang tak kalah nikmat selanjutnya adalah Lapek Bugih. Lapek Bugih ini merupakan sajian yang terbuat dari tepung ketan yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang.

Lapek Bugih ini biasanya diberi isian gula merah atau parutan kelapa. Sehingga memiliki cita rasa manis dan gurih yang khas. Menariknya lagi, Lapek Bugih ini memiliki bentuk kerucut bagaikan piramida dan teksturnya agak kenyal serta agak lengket.

23. Gulai Cancang

Gulai Cancang

yummy.co.id

Gulai Cancang merupakan salah satu makanan khas Sumatera Barat yang cukup populer dan banyak ditemui di rumah makan Padang. Gulai Cancang ini juga biasanya menggunakan daging kambing yang dipotong kotak-kotak kemudian diolah bersama kuah gulai yang pedas.

Kuah dari gulai ini dibuat dengan menggunakan ragam rempah-rempah dan santan sehingga memiliki cita rasa pedas yang nikmat. Tak hanya menggunakan daging kambing, gulai cancang ini juga bisa anda temukan dengan menggunakan daging sapi, jerohan sapi hingga tetelan. Gulai cancang tentu menjadi salah satu kuliner tradisional Minang yang bisa membuatmu ketagihan.

24. Gulai Paku

Gulai Paku

croftlog.com

Meskipun nama dari kuliner ini adalah gulai paku, namun bukan berarti bahan yang digunakan untuk makanan khas Sumatera Barat ini adalah paku untuk alat bangunan. Paku yang dimaksud disini adalah tumbuhan paku atau pakis.

Gulai Paku ini biasanya menggunakan tumbuhan paku muda dengan jenis semanggi, bracken dan ostrich fern. Tak hanya itu, gulai ini juga biasanya disajikan dengan tambahan ikan teri, ikan asin jambal dan udang.

25. Teh Talua

Teh Talua

bisniswisata.co.id

Teh Talua memang bukanlah makanan khas Sumatera Barat, namun minuman khas Sumatera Barat. Teh Talua dalam Bahasa Indonesia memiliki arti Teh Telur.

Minuman tradisional ini memang cukup populer dan banyak dicari oleh wisatawan. Sesuai dengan namanya, minuman ini terdiri dari teh dan telur ayam kampong. Teh Talua ini menjadi menu minuman wajib di warung tradisional hingga restoran yang ada di seluruh Sumatera Barat. Tak hanya nikmat, Teh Talua ini juga dipercaya bisa menambah stamina bagi tubuh dan baik untuk kesehatan.

26. Dadih

Dadih

genpi.co

Terakhir, ada dadih yang menjadi minuman khas Sumatera Barat. Dadih merupakan minuman khas Minangkabau yang bisa langsung dikonsumsi dan memiliki rasa yang sangat segar.

Dadih dikenal juga sebagai yoghurt khas Minang yang terbuat dari susu kerbau. Proses pembuatannya pun juga masih tradisional, yaitu menggunakan tabung bambu yang ditutup dengan daun pisang, kemudian didiamkan selama sehari dengan suhu ruangan hingga teksturnya berbentuk menjadi gumpalan. Tak hanya memiliki rasa yang segar, dadih juga sangat baik untuk tubuh.

Demikianlah daftar makanan khas Sumatera Barat yang wajib untuk anda coba saat berkunjung ke Sumatera Utara. Ternyata, kuliner khas Sumatera Barat tak hanya ada rendang saja yang bisa dicoba. Selamat mencoba.



Leave a Reply

6 Comments
  1. duta pesona says:

    makanananya sangat enak,bagus sekali

  2. Kyndaerim says:

    Sala lauak kalo di Medan bilangnya sala bulat deh kalo gk salah, haha..
    Sate Padang, Asam Padeh.. Juwarak!!

  3. Arsil Ahmad says:

    Kuliner khas Sumatera Barat memang lezat & bercita rasa tinggi..!! Makan ngga kenyang – kenyang., pengen nambah terus.

    Tambuah Ciek !! I Love West Sumatera

  4. Putri nabila says:

    Assalamualaikum. Saya izin Salin Ke buku Tulis ya,,, Kakak.

  5. Putri nabila says:

    Assalamualaikum, izin salin ke buku tugas ya kak.

  6. fauzi says:

    Dadih ini yang pengen sekali dicoba, sepertinya sih sangat lembut dan lumer dilidah