11 Makanan Khas Sulawesi Terkenal Enak Banget, No 7 Wajib Dicoba


Reni  March 9, 2018  0 Comment

Makanan khas Sulawesi cukup populer di Indonesia, dengan citarasa yang unik dan bumbu rempah yang cukup kuat membuat makanan dari pulau yang berbentuk huruf K ini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sulawesi sendiri merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia dengan kekayaan budaya dan juga sumber daya alam yang luar biasa. Pulau Sulawesi punya potensi pariwisata yang cukup besar karena keindahan alam dan juga budayanya yang cukup unik dan menarik untuk dikenali dan dipelajari.

Berbicara mengenai potensi pariwisata tentu tidak lepas dari makanan khas untuk menambah pengalaman kunjungan Anda ketika ke Sulawesi. Penasaran dengan makanan wajib apa saja yang bisa Anda cicipi di Sulawesi? Berikut adalah daftar Makanan Khas Sulawesi

Coto Makassar

Coto Makassar

facebook H_Hasan Dg-Tayang

Coto adalah makanan khas Sulawesi yang paling populer dan pasti sudah tidak asing di telinga Anda. Bahkan di luar Sulawesi sendiri pun banyak rumah makan yang menyediakan coto sebagai menunya. Coto merupakan soto ala Sulawesi dengan bahan dasar kaldu sapi yang kental dan gurih, dipadu dengan berbagai macam rempah seperti membuat kuah soto hanya dengan tambahan bahan lain seperti jahe dan juga kacang tanah.

Isinya kadang ditambah dengan jeroan sapi yang gurih seperti babat, jantung, maupun hati sapi. Untuk menyantapnya biasanya disajikan ketupat atau burasa yang mirip dengan lontong dengan bentuknya yang pipih dan tambahan santan yang gurih.

Sop Kikil By Pass, Kuliner Legendaris Khas Kota Kendari

Kasoami Dan Hugu-Hugu Khas Buton, Olahan Singkong Penunda Lapar

Sarabba

Sarabba

sajiansedap

Jika orang Jawa punya minuman hangat STMJ, maka orang Bugis punya Sarabba. Sarabba merupakan minuman yang khas di Sulawesi, dibuat dari bahan jahe, merica bubuk, gula aren, kuning telur, dan santan. Rasanya manis dan gurih, disajikan hangat dan sedikit kental sehingga cocok untuk cuaca yang dingin sambil ngobrol dengan santai.

Baca juga :  10 Makanan Khas Indonesia Dalam Film Aruna dan Lidahnya

Orang Bugis biasanya minum sarabba untuk menambah stamina dan juga menghangatkan badan. Bagi Anda yang sedang tidak enak badan pun bisa minum sarabba untuk membuat badan kembali segar bugar dan jauh dari penyakit seperti flu dan meriang.

Sop Konro

Sop Konro

laurentiadewi.com

Makanan khas Sulawesi yang tidak kalah populer karena kenikmatannya adalah sop konro. Adalah makanan dengan dasar kuah iga sapi yang direbus sampai pekat. Bisa juga iga yang dibuat kaldu dibakar terlebih dahulu untuk rasa yang lebih gurih dan kandungan lemak yang lebih sedikit untuk menjadi menu sop konro iga bakar.

Sop konro adalah sajian khas Sulawesi yang spesial karena untuk mendapatkan kuah kaldu yang sedap dan nikmat membutuhkan proses memasak yang cukup kompleks dan lama. Iga yang digunakan harus direbus sampai benar-benar empuk agar lebih mudah untuk disantap. Semangkuk sop konro hangat disajikan dengan nasi putih atau burasa adalah cara favorit untuk menikmatinya.

Pallubasa

Pallubasa

qubicle.id

Dilihat dari bumbu dan juga tampilannya, pallubasa mirip dengan coto Makassar. Hanya perbedaan yang paling unik adalah adanya telur mentah yang nampak menyembul di atas permukaannya terutama bagian kuning telurnya.

Pallubasa termasuk makanan khas Sulawesi dengan bentuk sup yang pekat, masih menggunakan bahan daging sapi sebagai dasar kaldunya. Kadang-kadang menggunakan daging kerbau juga. Pallubasa lebih banyak disantap bersama dengan nasi putih.

Pallukacci

Pallukacci

Jika sudah bosan dengan sup berbahan dasar dan berisi daging, atau bagi yang tidak bisa makan daging karena kolesterol yang tinggi, Anda bisa menyantap pallukacci yang menggunakan bahan dasar ikan sebagai kaldunya. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan tuna, ikan bandeng, atau ikan cakalang yang dimasak bersama dengan asam jasa, tomat, kunyit, bawang merah, cabai, dan gula sehingga citarasanya lebih asam.

Baca juga :  10 Oleh-oleh khas Kuningan Yang unik Dan Mengesankan

Cocok untuk Anda yang ingin makan yang segar-segar dengan tekstur yang lebih ringan. Makanan khas Sulawesi ini pun mudah membuatnya, sehingga bagi Anda yang suka bisa mencontek resep cara membuatnya sendiri di rumah.

Gogoso

Gogoso

resepnusantara.id

Bagi Anda yang suka dengan makanan praktis bahkan bisa dibawa sebagai bekal, gogoso bisa jadi makanan favorit Anda. Makanan khas Sulawesi ini merupakan makanan yang mirip dengan lontong. Dibuat dengan menggunakan beras ketan, diisi dengan kambu yang merupakan abon sapi atau abon ayam.

Dibungkus dengan menggunakan daun pisang kemudian dibakar di atas bara api sampai matang. Untuk membuat rasanya lebih gurih, gogoso juga menggunakan santan, garam, dan juga daun salam untuk menambah aromanya agar terasa lebih nikmat. Bagi Anda yang berkunjung ke Makassar, gogoso banyak dijumpai di sepanjang Pantai Losari.

Panada

Panada

Orang Jawa biasanya menyebut makanan kecil atau jajanan pasar pastel sebagai panada. Padahal, pastel dengan panada memiliki perbedaan yang cukup mendasar. Jika pada pastel bahan kulit yang digunakan adalah bahan pastry sehingga lebih renyah, pada panada bahan kulitnya adalah adonan roti yang empuk.

Makanan khas Sulawesi ini isinya juga unik yaitu menggunakan ikan cakalang yang dibumbu panpis khas Sulawesi. Konon katanya makanan tradisional ini merupakan hasil peninggalan dari jaman Spanyol dan Portugis dulu.

Halua Kenari

Halua Kenari

bukalapak

Kenari merupakan salah satu hasil alam di Sulawesi Utara yang cukup melimpah. Karena itu tidak heran apabila kenari dimanfaatkan menjadi berbagai macam makanan khas Sulawesi yang lezat dan nikmat. Halua kenari sendiri bisa jadi cemilan yang sedap dan pas untuk jadi oleh-oleh karena tahan lama.

Halua kenari dibuat dari kacang kenari yang dihancurkan kasar kemudian dicampur dengan lelehan gula merah. Sebelum mengeras, campuran ini kemudian dibentuk menjadi panjang-panjang dan akhirnya jadilah halua kenari yang manis dan gurih dari kacangnya.

Baca juga :  8 Tempat Belanja Oleh Oleh di Surabaya, Mulai Makanan Hingga Pakaian

Bubur Sagela

Bubur Sagela

wisatalah.com

Bubur sagela adalah salah satu street food atau makanan yang gampang dijumpai di pinggir jalan khas Sulawesi dengan citarasa yang wah sedapnya. Makanan khas Sulawesi ini cukup unik yaitu terdiri dari bubur yang menggunakan bahan ikan roa yang dikeringkan kemudian dagingnya diambil untuk dibuat menjadi makanan pendamping bubur.

Sagela sendiri memiliki arti dikeringkan. Daging ikan roa kering kemudian ditumbuk sampai halus bersama dengan bumbu tomat, cabai, dan bawang. Sambal ikan roa ini kemudian disajikan bersama dengan bubur yang gurih dengan citarasa yang agak pedas. Sebagai tambahan biasanya didampingi dengan irisan timun yang segar serta kerupuk yang renyah.

Sate Kambing Balanga

Sate Kambing Balanga

Makanan khas Sulawesi yang juga wajib untuk Anda coba adalah sate kambing balanga. Balanga adalah cara memasak dengan menggunakan wajan. Sate kambing ini adalah sate tanpa daging kambing yang ditusuk.

Melainkan daging kambing yang dimasak dengan rempah seperti jahe, cabai merah, bawang merah dan putih, ketumbar, dan juga serai. Ditambah dengan bumbu lainnya yang disangrai sehingga menghasilkan daging kambing yang empuk, gurih, manis, dan pas untuk menu makan siang terlezat.

Kabuto

Kabuto

Jika lebih suka dengan makanan kecil yang mengenyangkan, kabuto bisa jadi pilihan cemilan yang pas. Bentuknya sekilas mirip dengan gathot yang ada di Jawa Tengah. Bahan pembuat utamanya pun sama yaitu singkong atau ketela pohon.

Yang membedakan adalah topping yang melengkapinya. Jika pada gathot lebih sebagai makanan yang manis, kabuto adalah makanan dengan citarasa yang lebih gurih. Bahan pelengkapnya biasanya menggunakan ikan asin meski kadang ditaburi juga dengan parutan kelapa yang gurih. Sebagai makanan khas Sulawesi masyarakat di sekitar pesisir Pantai Muna masih mengonsumsinya sebagai makanan pokok.



Leave a Reply