11 Makanan Khas Semarang Terkenal Paling Enak Bikin Nagih


Reni  April 2, 2018  0 Comment

Makanan khas Semarang memiliki citara rasa gurih dan manis yang pas di lidah. Ada banyak pilihan, mulai dari Nasi hingga jajanan yang bisa dicoba. Pastikan Anda tidak melewatkan hidangan kuliner terbaik khas Semarang jika tidak ingin menyesal nantinya. Berikut rekomendasi makanan khas Semarang yang wajib Anda dicicipi.

Makanan Khas di Semarang

Nasi Ayam Semarang

Nasi Ayam Semarang

yummysemarang.blogspot.co.id

Makanan khas Semarang yang paling enak dan bikin nagih yang pertama ialah nasi ayam Semarang. Makanan yang satu ini berisikan nasi liwet plus telur rebus plus suwiran ayam yang disiram menggunakan kuah opor dan tambahan sambal goreng jipan, dijamin rasanya akan membuat Anda ketagihan ingin mencobanya lagi dan lagi.

Sekilas, nasi ayam Semarang memang menyerupai nasi liwet Solo, namun nasi ayam Semarang disajikan menggunakan sate telur puyuh, usus dan teh hangat sebagai menu pelengkapnya. Pastikan Anda telah mencicipi menu dengan kuah opor kuning khas Semarang yang satu saat berkesempatan mengunjungi kota Semarang.

The Blue Lotus Coffee House

Jajan Hemat Di Semarang? Cobain Mie Kopyok Yuk!

Bandeng Presto

Bandeng Presto

sajiansedap.com

Bendeng presto juga menjadi salah satu kuliner terbaik khas Semarang yang layak Anda cicipi saat mengunjungi Semarang. Bandeng presto terbuat dari olahan ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto gula melunakkan dan menghilangkan duri ikan bandeng yang terlampau banyak.

Presto merupakan sebuah teknik memasak dengan menggunakan tekanan uap air yang tinggi, dan biasanya panci akan dikunci rapat agar airnya tidak meluap. Selain itu, tambahan daun pisang juga dibutuhkan untuk memasak dengan cara presto di bagian bawahnya. Namun, ingat jangan lupa bumbu yang harus di baluri pada ikan bandeng sebelum memasaknya.

Baca juga :  10 Jajanan Khas Perancis Enak Dinikmati Sambil Ngopi

Tahu Gimbal

Tahu Gimbal

pipitwidya.com

Namanya saja sudah sangat unik bukan? Tahu gimbal merupakan kuliner khas Semarang yang terbuat dari olahan tahu dan penyajian gimbal yang terlihat semakin menarik. Di dalam menu yang satu ini juga terdapat tambahan potongan lonting dan kol yang kemudian disiram bumbu kacang plus petis sehingga semakin menggugah selera semua orang yang menatapnya.

Gimbal sendiri ialah sejenis makanan olahan udang yang telah ditepungkan, bisa dibilang hampir menyerupai bakwan udang. Jika Anda ingin menikmati satu porsi tahu gimbal, biasanya akan ada tambahan kerupuk udang renyah sehingga semakin lezat dan gurih untuk dinikmati.

Garang Asem

Garang Asem

javafoodie.co

Garang asem merupakan salah satu kuliner tradisional di kota Semarang yang berisi ayam plus kuah santan yang dimasak hingga menguarkan aroma memikat yang mustahil di abaikan. Tahukah Anda? Garang asem merupakan makanan berbumbu belimbing wuluh yang dimasak dalam bungkus daun pisang dan ditutup menggunakan lidi.

Hal inilah yang membuat para pemburu kuliner khas nusantara semakin tertarik mencicipi kuliner terbaik khas Semarang ini. Agar lebih nikmat, biasanya garam asem akan dimasak dengan tambahan nasi hangat, jeroan ayam, tempe goreng dan perkedel. Dijamin, Anda akan jatuh cinta pada menu yang satu ini.

Mie Kopyok

Mie Kopyok

meiluki.blogspot.co.id

Mie kopyok merupakan salah satu makanan terenak di Semarang. Mie kopyok sendiri di buat dengan bahan utama mie yang ditambahkan tetelan daging dan beberapa lauk lainnya. Satu yang membuat mie kopyok berbeda ialah tambahan keupuk gendar, yakni sejenis kerupuk yang dibuat dari adonan nasi yang sangat gurih dan renyah.

Sebagian masyarakat juga mengenai mie kopyok dengan nama mie teng-teng dan mie lontong. Disebut mie teng-teng karena para penjual sering mendagangkan mie kopyok dengan cara membunyikan suara teng-teng. Sedangkan dikatakan mie lontong, karena juga bisa ditambah irisan lontong di dalam mie kopyok.

Baca juga :  10 Oleh Oleh Khas Blora, Ada Kerajinan Hingga Jajanan

Soto Bangkong

Soto Bangkong

jajanankuliner.wordpress.com

Menu terbaik khas kota Semarang selanjutnya ialah soto bangkong yang telah terkenal dengan kelezatannya yang tidak main-main. Bagi Anda yang tertarik, soto bangkong bisa dengan mudah ditemukan di rumah makan jalan Brigjen Katamso. Hingga saat ini, rumah makan yang memperkenalkan menu soto bangkong ini semakin laris dan teru berkembang dengan membuka cabang di hampir seluruh pulau jawa.

Soto bangkong disajikan dalam mangkuk kecil dengan irisan sueiran ayam, tauge, irisan tomat, bihun dan taburan bawang putih dan merah. Dijamin, rasanya akan membuat lidah Anda tergoyang dan ingin memakannya lagi dan lagi.

Tahu Petis

Tahu Petis

ppitiongkok.org

Sesuai namanya, kuliner yang satu ini pasti terbuat dari tahu dan petis sebagai bahan dasar pembuatannya. Tahu yang akan diolah biasanya akan disayat terlebih dahulu dan diisi dengan petis. Pastikan irisan tahu tidak sampai terbelah dan juga tidak terlalu padat. Tahu petis kemudian akan digoreng hingga garing.

Akan semakin nikmat jika menikmati tahu petis dengan tambahan cabai rawit, terlebih bagi Anda yang menggilai makanan pedas. Petis sendiri merupakan sejenis olahan dari sisa cairan perebusan udang atau ikan yang kemudian dipanasi hingga kental dan menjadi saus kehitam-hitaman.

Nasi Goreng Babat Gongso

Nasi Goreng Babat Gongso

pesansambellayah.blogspot.com

Nasi goreng babat gongso oalah nasi goreng lezat yang sajiannya itu semakin lengkap karena tambahan babat atau kulit sapi yang dipotong berukuran 3 x 4 cm. Dengan tambahan bumbu bawang merah dan putih, terasi, kecap dan cabai merah, nasih goreng babat akan berwarna kecoklatan dan dijamin memiliki rasa yang sangat lezat dan membuat Anda ketagihan.

Akan semakin nikmat jika Anda menambahkan telur untuk di orak-arik di atas hidangan nasi goreng babat gongso. Bagi Anda yang tertarik, Anda juga bisa menambahkan limpa, paru rebus dan iso sebagai urapan yang membuat nasi goreng babat gongso semakin nikmat untuk dicicipi.

Baca juga :  8 Kue Jadul Belanda Yang Menjadi Oleh Oleh Khas Semarang

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

wikipedia.org

Lumpia memang telah terkenal sebagai salah satu kuliner khas Semarang yang wajib dicicipi saat Anda berkesempatan mengunjungi kota Semarang. Dalam Bahasa Inggris, lumpia dikenal dengan nama spring roll karena bentuknya yang dibuat bundar. Lumpia terbuat dari adonan tepung yang diberikan isian yang dan digulung untuk dicelupkan ke dalam minyak panas.

Selain itu, untuk isiannya lumpia juga sangat bervariasi, mulai dari daging ayam, telur orak-arik, bawang putih, potongan sayuran, ebi, hingga rebung. Perpaduan semua rasa ini akan membuat cita rasa lumpia Semarang semakin nikmat saja. Pastikan Anda bisa mencicipi menu yang satu ini saat berkunjung ke Semarang.

Tahu Pong

Tahu Pong

buatresep.blogspot.co.id

Tahu pong memiliki bentuk bulat dengan isian kopong yang telah populer beberapa waktu lalu. Prose penyajian tahu pong juga biasanya akan ditambahkan gimbal udang plus cabe rawit sehingga semakin lezat saat dinikmati. Rasanya yang gurih dan empuk membuat kuliner tahu pong layak dicicipi oleh para pemburu kuliner atau makanan khas Semarang.

Pisang Plenet

Pisang Plenet

instagram @radjagowphal

Sebagian besar dari kita pasti merasa asing dengan kuliner yang satu ini. Jelas, menu pisang plenet memang tidaklah seterkenal mochi, lumpia hingga banden presto, namun jangan pernah menyepelekan citarasa nikmat dari salah satu menu khas kota Semarang ini. Sesuai namanya, pisang plenet di buat dari olahan pisang dengan rasa manis yang sangat nikmat dan bentuk pipih (plenet).

Proses pembuatannya ialah dengan memotong pisang kepok matang dan dibakar menggunakan api kecil hingga berwana kecoklatan. Kemudian pisang ditiriskan di baluri olesan margarin dengan tambahan neises, coklat, selai nanas, gula bubuk dan lainnya. Terakhir, pisang plenet akan kembali di tutupi dengan pisang pilih sehingga bentuknya hampir menyerupai roti tawar asi.



Leave a Reply