10 Kuliner Olahan Bandeng Khas Dari Berbagai Daerah di Indonesia


Fida  May 12, 2021  0 Comment

Kuliner Olahan Bandeng khas Indonesia dikenal sebagai salah satu kuliner yang menawarkan rasa gurih mendominasi. Anda dapat mencoba berbagai olahan masakan khas Indonesia dengan bumbu dan rempah yang menghasilkan cita rasa lezat.Bagi Anda pecinta olahan ikan, lezatnya berbagai olahan ikan khas Indonesia tentu sayang untuk tidak dicoba. Bandeng menjadi salah satu ikan yang kerap dipilih sebagai bahan utama pembuatan masakan olahan ikan. Selain menawarkan tekstur yang lembut, ikan bandeng juga memiliki aroma serta cita rasa yang khas. Berikut daftar kuliner olahan bandeng khas Indonesia yang lezat dan sayang untuk Anda lewatkan

1. Pepes Bandeng Presto

 Pepes Bandeng Presto
cookpad.com

Bandeng presto tentu menjadi salah satu kuliner olahan bandeng yang cukup populer. Dikenal sebagai salah satu ikan yang memiliki banyak duri. Saat diolah dengan cara di presto, maka Anda dapat dengan mudah menikmatinya karena duri bandeng menjadi lunak dan dapat dikonsumsi.

Pepes bandeng presto salah satu olahan yang sangat lezat dan sayang untuk tidak dicoba. Selain dagingnya yang empuk, Anda juga akan dimanjakan dengan aroma serta cita rasa yang khas. Adanya tambahan daun kemangi dan berbagai bumbu lainnya menjadikan kuliner yang satu ini memiliki cita rasa lezat.

Gotravelly

Otak Otak Bandeng Bu Muzanah, Pusat Oleh Oleh Khas Kota Gresik

Menikmati Sensasi Letupan Endog Bader

2. Abon Bandeng

 Abon Bandeng
mesinabonikansapi.wordpress.com

Salah satu kuliner olahan bandeng yang cukup populer adalah abon bandeng. Tidak hanya dikenal lezat, kuliner yang satu ini juga dikenal cukup tahan lama jika dibandingkan dengan olahan bandeng lainnya.

Berbagai bahan yang digunakan untuk membuat abon bandeng diantaranya daging ikan bandeng, bawang putih, jahe, gula merah, sereh, dan lain-lain. Sebelum diolah, kandang terlebih dahulu dipisahkan dengan durinya. Kuliner yang satu ini tentu sangat direkomendasikan untuk Anda coba.

3. Bandeng Bakar Manis

 Bandeng Bakar Manis
cookpad.com

Saat ingin menikmati salah satu kuliner olahan bandeng khas Indonesia, Anda dapat mencoba lezatnya bandeng bakar manis. Sesuai dengan namanya, Anda akan dimanjakan dengan cita rasa pedas manis dengan tampilan yang sangat menggugah selera.

Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan yang satu ini diantaranya ikan bandeng segar, cabai merah besar, kemiri, bawang putih, kecap manis, bawang merah, cabe rawit, garam, serta jeruk nipis. Anda dapat mencoba lezatnya olahan yang satu ini di berbagai restoran atau memilih untuk membuatnya sendiri di rumah. Bandeng bakar manis menawarkan aroma yang khas karena dibakar di atas bara api. Bagi Anda pecinta kuliner ikan, olahan yang satu ini tentu sayang untuk Anda lewatkan.

4. Bandeng Bumbu Rujak

Bandeng Bumbu Rujak
kumparan.com

Pernah mencoba lezatnya olahan bandeng bumbu rujak? Bandeng bumbu rujak menjadi salah satu kuliner olahan bandeng yang dikenal menawarkan cita rasa lezat. Berbagai bumbu dan rempah yang digunakan menghasilkan aroma dan kelezatan yang luar biasa.

Kuliner yang satu ini tentu cocok dinikmati langsung maupun bersama dengan nasi putih. Berbagai bahan yang mudah dijumpai menjadikan kuliner yang satu ini dapat dengan mudah dibuat sendiri di rumah. Anda juga dapat membuat bandeng bumbu rujak dengan tingkat kepedasan sesuai selera.

5. Bandeng Goreng Tepung

 Bandeng Goreng Tepung

Salah satu kuliner olahan bandeng yang cukup mudah dibuat dan populer adalah bandeng goreng tepung. Sesuai dengan namanya, bandeng diolah dengan cara dilumuri tepung dan digoreng.

Selain tepung, berbagai bahan lain yang dibutuhkan diantaranya telur, ketumbar, dan bawang putih. Kuliner yang satu ini cocok dinikmati langsung maupun disajikan bersama dengan sambal dan nasi putih. Anda akan dimanjakan dengan tekstur daging bandeng yang lembut serta cita rasa gurih. Bandeng goreng tepung menjadi salah satu olahan bandeng yang sayang untuk tidak Anda coba.

6. Gulai Ikan Bandeng

 Gulai Ikan Bandeng
selerasa.com

Saat ingin mencoba salah satu kuliner olahan bandeng yang berkuah, Anda dapat mencoba lezatnya gulai ikan bandeng. Kuliner yang satu ini memiliki tampilan yang sangat menggugah selera serta cita rasa lezat.

Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan yang satu ini diantaranya asam jawa, serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, merica, jahe, cabe, dan masih banyak lagi. Tekstur daging bandeng yang lembut dan lezatnya kuah gulai tentu menjadi perpaduan yang menarik dan cocok untuk Anda coba. Hidangan yang satu ini sangat cocok dinikmati bersama dengan nasi hangat.

7. Bandeng Balado

Bandeng Balado
cookpad.com

Salah satu kuliner olahan bandeng yang sangat direkomendasikan untuk Anda coba adalah bandeng balado. Sesuai dengan namanya, kuliner yang satu ini memiliki tampilan berwarna merah dengan cita rasa pedas.

Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat olahan yang satu ini diantaranya ikan bandeng, bawang merah, bawang putih, tomat, garam, gula, dan lain-lain. Tampilannya yang menggugah selera serta cita rasanya yang lezat menjadikan kuliner olahan bandeng yang satu ini sangat menarik untuk dicoba. Anda dapat memilih untuk membuatnya sendiri di rumah karena prosesnya yang mudah dan bahan yang dibutuhkan cukup mudah dijumpai.

8. Asem-asem Bandeng

 Asem-asem Bandeng
lifestyle.okezone.com

Asem-asem bandeng menjadi salah satu kuliner olahan bandeng yang cukup populer khususnya di Indonesia. Kuliner yang satu ini menawarkan cita rasa asam dan gurih yang menarik untuk dicoba.

Asem-asem bandeng dibuat dengan proses pertama yakni menumis bandeng yang telah dilumuri jeruk nipis dan garam. Hal itu bertujuan agar bau amis pada bandeng hilang. Berbagai bumbu lain yang dibutuhkan untuk membuat olahan yang satu ini diantaranya jahe, kunyit, bawang putih, bawang merah, serai, lengkuas, dan lain-lain. Selain memiliki tampilan dan aroma yang menggugah selera, asem-asem bandeng juga menawarkan cita rasa khas dan lezat.

9. Semur Bandeng

Semur Bandeng
cookpad.com

Saat ingin mencoba salah satu kuliner olahan bandeng, semur bandeng dapat menjadi rekomendasi tepat yang bisa Anda coba. Kuliner yang satu ini menawarkan cita rasa lezat dan tidak kalah dengan semur daging.

Berbagai bahan yang dibutuhkan untuk membuat semur bandeng diantaranya bawang putih, bawang merah, jahe, kemiri, dan cabai. Adanya tambahan daun salam, daun jeruk, dan serai juga menjadikan aroma semakin sedap dan menggugah selera. Hidangan yang satu ini tentu sangat cocok dinikmati dalam keadaan hangat bersama dengan nasi.

10. Bandeng Kuah Kemangi

Bandeng Kuah Kemangi
pontianak.tribunnews.com

Salah satu kuliner olahan bandeng sangat lezat dan menarik untuk dicoba adalah bandeng kuah kemangi. Dilihat dari namanya saja, hidangan yang satu ini tentu menawarkan aroma khas daun kemangi.

Berbagau bahan yang dibutuhkan diantaranya kunyit, asam jawa, cabai, daun kemangi, dan masih banyak lagi. Selain menawarkan aroma yang sedap, hidangan yang satu ini juga memiliki cita rasa lezat dan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya.

Nah, diatas merupakan daftar kuliner olahan bandeng khas Indonesia yang sangat menarik untuk dicoba. Kuliner olahan bandeng manakah yang menjadi favorit Anda?



Leave a Reply