11 Makanan Khas Pulau Jawa Terkenal Di Dunia Buruan Wisatawan


Reni  April 3, 2018  0 Comments

Siapa yang bisa membantah kelezatan Makanan Khas pulau Jawa ? Pulau jawa memang terkenal sebagai surganya kuliner lezat dengan citarasa menakjubkan. Petis menjadi andalan di wilayah timur jawa dengan rasa yang pedas. Sedangkan di jawa tengah citarasa mansi gurih mendominasi.

Tahu Petis

Tahu Petis

rmputri.wordpress.com

Makanan khas pulau jawa yang memang telah terkenal di dunia dan selalu diburu pawa wisatawan lokal hingga mancanegara ialah tahu petis. Makanan yang satu ini dibuat dengan bahan dasar utama berupa tahu.

Tahu petis juga menjadi salah satu makanan khas Semarang yang sering dijadikan sebagai makanan cemilan untuk bersantai. Namun, tidak ada salahnya menjadikan tahu petis sebagai teman makanan Anda. Jangan lupa mencicipi tahu petis saat berkunjung ke kota Semarang ya.

review kuliner

Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

Rawon

Rawon

rachman14.wordpress.com

Satu lagi makanan khas pulau jawa yang berhasil membius lidah para pecinta kuliner di seluruh dunia, rawon namanya. Kuliner yang satu ini sangat mudah dijumpai di beebrapa daerah di Jawa Timur.

Rawon sendiri merupakan sebuah menu dengan kuah berwarna coklat kehitam-hitaman yang didapatkan dari resep rahasia bernama kluwek khas Pasuruan, Jatim. Akan semakin nikmat jika Anda menyantap rawon bersama kerupuk, nasi plus bawang goreng. Ingat, jangan lupa mencicip menu ini saat Anda berhasil menginjakkan kaki di pulau jawa.

Lumpia Semarang

Lumpia Semarang

wikipedia.org

Hampir semua orang pasti mengetahui jika kota Semarang memiliki satu makanan khas dengan cita rasa yang sangat nikmat, lumpia namanya. Makanan ini sangat nikmat apabila di santap saat masih hangat, terlebih jika ditambah cabe rawit atau saus pasti akan lebih menggoda dan menggugah selera Anda.

Baca juga :  6 Ayam Krispi Ala Taiwan Yang Hits di Indonesia, Sudah cobain?

Lumpia Semarang mempunyai isi yang beragam, mulai isi ayam, telur, rebung, udang hingga sayuran. Jangan lupa untuk mencicipi makanan yang satu ini saat Anda berkunjung ke Semarang.

Soto Lamongan

Soto Lamongan

foodwikipedia.blogspot.co.id

Soto lamongan merupakan salah satu makanan khas pulau jawa, tepatnya khas Jawa Timur. Makanan ini telah mendunia dan telah berhasil memikat banyak pecinta kuliner untuk mencobanya saat berkunjung ke Jawa Timur. Soto lamongan sangat mudah dijumpai hampir di semua daerah di pulau jawa.

Pasti Anda bertanya-tanya apa yang membedakan soto lamongan dengan soto lainnya bukan? Jelas, soto lamongan memiliki satu bumbu rahasia yang menambah cita rasanya menjadi semakin nikmat, koya namanya. Yakni sejenis bubuk dengan rasa yang sangat gurih yang terbuat dari bawang putih dan kerupuk udang. Pastikan Anda telah mencicipi kuliner khas pulau jawa yang satu ini saat berkunjung kesana.

Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

youtube.com

Tempe mendoan ialah salah satu menu khas Jawa Tengah, tepatnya dari daerah Banyumas dan Purwokerto. Sangat mudah menemukan pedagang yang menjajal tempe mendoan di berbagai lokasi di sana. Hampir menyerupai tempe goreng biasanya, hanya saja tempe mendoan terkenal karena di goreng menggunakan minyak panas dengan proses yang sangat cepat sehingga tidak terlalu matang.

Namun, hal inilah yang disukai para pemburu wisata kuliner terbaik. Saat ini, tempe mendoan bisa dijumpai di hampir seluruh pelosok Jawa Tengah dan sekitarnya. Jangan lupa mencicipinya saat Anda berkunjung ke pulau jawa.

Rujak Cingur

Rujak Cingur

life-style.cepamagz.com

Rujak cingur juga telah menjadi salah satu kuliner khas pulau jawa yang memiliki banyak penggemar dari dalam hingga para wisatawan asing. Kuliner yang satu ini berasal dari Jawa Timur, namun kini Anda bisa menemukannya di hampir semua daerah di pulau jawa bahkan di luar pulau jawa.

Baca juga :  5 Bubur Manado Paling Enak di Manado

Rujak cingur sendiri terbuat dari irisan buah-buahan dan sambel pedas manis serta sayuran dan beragam bahan lainnya. Perpaduan antara petis, gula merah, kacang tanah plus cabe membuat rujak cingur semakin menggugah selera para pecinta kuliner.

Telur Asin

Telur Asin

endogasinsite.wordpress.com

Tahukah Anda? Ternyata ada salah satu kota di pulau jawa yang amat sangat terkenal dengan produksi telur asinnya, yaitu daerah Brebes, Jawa Tengah. Hampir sebagian besar masyarakat pulau Jawa selalu menyediakan telur asin sebagai menu pelengkap hidangan lezatnya.

Bahkan tidak hanay dijadikan teman nasi, terdapat pula masyarakat yang mengkonsumsinya begitu saja tanpa menggunakan nasi. Pastikan Anda tidak melewatkan menu yang satu ini saat mengunjungi pulau jawa. Akan lebih berkesan saat Anda bisa langsung mencicipinya dari daerah penghasil telur asin terbaik, Brebes.

Enting-Enting Gepuk

Enting-Enting Gepuk

tokopedia.com

Sebagian dari kita pasti pernah mendengar enting-enting bukan? Ya, ini merupakan salah satu kuline khas pulau jawa yang bahkan telah sering diiklankan di televisi. Enting-enting gepuk sendiri merupakan menu khas Jawa Tengah, tepatnya di daerah Salatiga yang telah berhasil membius lidah penikmat kuliner khas nusantara.

Bahan dasar pembuatan enting-enting gepuk ialah kacang tanah yang telah ditubuk dan selanjutnya dipadatkan. Kemudian bahan ini akan dicampur dengan gula jawa sehingga menjadi satu, baru setelahnya akan di goreng. Rasanya yang manis dan gurih membuat banyak pecinta kuliner rela memburunya hingga ke pulau jawa.

Bakso Malang

Bakso Malang

baksokebumen.com

Satu lagi kuliner khas pulau jawa yang telah dikenal oleh seantero masyarakat pulau jawa, yakni bakso Malang. Sesuai namanya, bakso dengan cita rasa lezat ini berasal dari kota Malang, Jawa Timur. Bagi Anda para pecinta bakso belum komplit rasanya jika belum mencicipi khas pulau jawa yang satu ini.

Baca juga :  10 Makanan Viral 2021 Ala TikTok, Unik Hingga Bikin Geleng Kepala

Bakso Malang terbuat dari beragam jenis yang sangat disukai masyarakat, mulai dari bakso biasa, bakso berisikan telur, udang, bakso goreng dan beragam jenis isi lainnya. Bahkan Anda juga bisa menikmati bakso Malang dengan tambahan pangsit goreng atau basah, ampela, siomay, hati, mie, lonting dan berbagai perpaduan lainnya yang membuat cita rasa bakso Malang semakin juara. Jangan lewatkan kuliner yang satu ini saat Anda berhasil mengunjungi pulau jawa ya.

Rondo Royal

Rondo Royal

chanelmuslim.com

Memang namanya terdengar agak nyentrik ya? Rondo Royal merupakan sebuah kuliner khas pulau jawa yang menjadi salah satu hidangan terbaik masyarakat disana. Ronda royal sangat mudah ditemukan di Jawa Tengah, tepatnya di Jepara dan tidak tahu juga mengapa namanya bisa rondo royal.

Bagaimana tidak, rondo dalam bahasa jawa berarti Janda sehingga agak aneh saat kita menyebutnya. Rondo royal terbuat dari tape singkong, yakni tape yang di goreng yang dimasukkan ke dalam adonan tepung. Pastikan Anda mencicipnya saat mengunjungi pulau jawa agar lebih berkesan dan menghilangkan rasa penasaran Anda.

Nasi Gandul

Nasi Gandul

oknusantara.com

Berikutnya ada nasi gundul dengan kelezatan yang berhasial membius lidah semua pecinta kuliner di Indonesia hingga wisatawan asing yang mencicipinya. Nasi gundul sangat mudah dijumpai di daerah Jati, Jawa Tengah. Berbeda dengan nasi uduk lainnya, nasi gundul akan disajikan menggunakan daun pisang dengan cita rasa yang sangat gurih dibandingkan nasi uduk biasanya.

Wanginya semakin menggugah selera dengan tambahan daun pandan saat proses pembuatannya. Dengan tambahan kuah segar dan lauk daging sapi, dijamin Anda akan semakin jatuh cinta dengan nasi gundul sebagai salah satu makanan khas jawa.



Leave a Reply

One Response
  1. Adithya says:

    Makasih artikelnya sangat membantu.
    Bagi yang mau mencicipi rempeyek kacang tanah gurih, bandeng asep, dan ayam goreng frozen bisa cek IG: djawa.kitchen dan website kami yaaa ????