Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing

Jalur putus asa puncak sejati gunung sumbing

ony | Sightseeing
Magelang, Jawa Tengah, Indonesia | Hiking & Trekking
12 Nov 2020


Jalur Putus Asa Menuju Puncak Sejati Gunung Sumbing
Gunung Sumbing merupakan gunung yang termasuk dalam seven summits of Java. Gunung Sumbing terletak di Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

How to Get There

Basecamp Sumbing via adipuro terletak di Prampelan, Adipuro, Kaliangkrik, Magelang, Jawa Tengah. Saya berangkat dari kota Magelang untuk menuju basecamp membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit. Sesampainya di basecamp pendakian, saya dan teman-teman melakukan packing dan simaksi sebelum melakukan pendakian.

puncak sejati gunung sumbing

Setelah mengurus simaksi pendakian, kami berdoa terlebih dahulu sebelum berangkat. perjalanan di mulai pukul 10 pagi tim kami dipisah menjadi 2 ada yang naik ojek dan langsung jalan dari basecamp. biaya ojek disini 20.000 sudah sampai di pos 2. yang tidak naik ojek bisa langsung jalan menyusul tim yang satunya karena sudah lebih dulu sampai di pos 2. alasan tidak naik ojek karena ingin tahu medan dan pemandangan yang dilalui jika jalan dari basecamp karena kami baru pertama kali lewat jalur ini.

jalur puncak sejati gunung sumbing

What to Do

Basecamp - Pos 1

    Waktu tempuh dari basecamp menuju pos 1 kurang lebih 45 menit. Kita harus melewati jalan permukiman desa kemudian setelah masuk gapura selamat datang pendakian, kami mulai melewati jalan berbatu dengan vegetasi berupa perkebunan warga setempat. Ketika melewati jalan di perkebunan kita harus mengalah karena warga desa banyak yang berlalu lalang disini mulai dari membawa hasil panen, kayu bakar dan lainnya.

tips nanjak puncak sejati gunung sumbing  pendakian gunung sumbing

 

Pos 1 - Pos 2

    Sampai di pos 1 kita istirahat sejenak sambil mengumpulkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan ke pos 2 karena tim 1 sudah menunggu dan menyiapkan makan siang di sana. perjalanan dari pos 1 ke pos 2 membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 30 menit. vegetasi sudah berupa pohon pinus di sepanjang jalur menuju pos 2. Setibanya di pos 2 kami istirahat makan dan sholat terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan ke pos 3.

jalur putus asa puncak sejati gunung sumbing

Pos 2 - Pos 3

    Selesai isoma kami memutuskan untuk melanjutkan perjalanan agar tidak terlalu malam ketika sampai di pos 4 atau camp area terakhir Gunung Sumbing via adipuro. Tenaga benar-benar terkuras ketika berada di jalur menuju pos 3 dimana jalurnya naik tidak landai sedikitpun dan berkelok-kelok medan pada jalur ini tanah berpasir dengan vegetasi didominasi oleh semak-semak tinggi. Karena jalurnya yang panjang, naik serta curam oleh sebab itu dinamakan tanjakan putus asa. Waktu tempuh dari pos 2 ke pos 3 kurang lebih 2 jam.

jalur puncak sejati gunung sumbing

Pos 3 - Pos 4

     Sampai di Pos 3 kami mulai bisa bernafas santai karena kontur jalan yang landai, sebelum melanjutkan perjalanan ke pos 4 kami istirahat dulu, karena perjalanan kurang lebih masih 2 jam lagi untuk bisa sampai di pos 4. Di pos 3 ini ada pertemuan 3 jalur antara adipuro, butuh dan mangli. Kontur jalan relatif landai karena jalurnya yang melipir bukit mulai agak naik ketika menyeberang dari bukit 1 ke bukit yang lain, di jalur ini juga ada sumber air karena di lalui beberapa jalur sungai dengan bebatuan besar. kami tiba di pos 4 pukul 18.00 WIB kurang lebih menempuh perjalanan selama 8 jam dari basecamp pendakian. Kami mendirikan tenda lanjut makan kemudian istirahat karena besok pagi setelah shubuh berencana untuk summit ke puncak sejati Gunung Sumbing.

puncak sejati gunung sumbing  jalur puncak sejati gunung sumbing

Pos 4 - Puncak Sejati 3.371 MDPL

    Saya memutuskan untuk tidak ikut kepuncak dan memilih menjaga tenda karena kondisi tubuh saya yang kurang fit. Mungkin lain waktu saya bisa ke puncak sejati Gunung Sumbing sebab puncaknya juga tidak akan kemana-mana. beruntung pada waktu itu saya dapat menyaksikan keindahan alam yang sangat luar biasa yaitu lautan awan dan sunrise dengan view background gunung merbabu dan merapi. Terkadang di pos 4 ini juga masih terdapat signal yang masuk di beberapa provider.

tips pendakian lewat puncak sejati gunung sumbing  pendakian di gunung sumbing

di pos 4 ini juga terdapat beberapa tanaman edelweis dan cantigi.

pendakian lewat jalur puncak sejati gunung sumbing  tips pendakian jalur puncak sejati gunung sumbing

Begitu teman-teman saya turun dari puncak, kami bergegas merapikan tenda dan membawa sampah kami kembali turun. tujuan mendaki gunung bukanlah puncak melainkan dapat pulang kembali ke rumah dengan selamat dan sehat.

puncak sejati gunung sumbing

Tips and Trick
  1. Olahraga minimal H-14 hari sebelum pendakian
  2. Menyiapkan fisik, mental, dan attitude yang baik
  3. Menyiapkan perlengkapan, logistik, dan obat-obatan
  4. Jangan ambil apapun kecuali foto
  5. Jangan bawa apapun kecuali sampah
  6. Jangan tinggalkan apapun kecuali jejak
  7. Jangan bakar apapun kecuali semangat
  8. Jangan bunuh apapun kecuali waktu
Where to Stay
SUGGESTED PARADISE
No data.
SUGGESTED CULINARY
No data.